A Great Story Comes With Great Stupidity : Love Guide For LDR.

Love Guide For LDR.


“Kalo entar kita ketemu, kamu mau ngapain?”

“Aku bakal meluk kamu erat-erat sampe tanganku muter di punggungku!”

“AAAAAKKK SO SWEEEETTT!!”

Pasti tau kan biasanya dialog ini dilakukan oleh siapa? Bukan, ini bukan dialog antara bocah idiot dan seorang pembunuh. Itu adalah dialog basi orang yang lagi LDR-an.

LDR. Pasti sudah gak asing kan sama istilah ini? Jika belum tau, tolong jangan cari arti kata LDR di media social, karena kepanjangannya bakal melenceng jauh dari arti sebenernya dan bikin hati pelaku LDR seperti tersayat silet terus disiram cuka. Pedih! Ada yang artiin LDR itu Lupa Dimana Relationshipnya (karena lama gak ketemu sampe lupa kalo pacaran). Lu Doang Relationship (karena berjuang sendiri, pacar yang di luar kota diem-diem udah punya pacar lain). Lu Diselip Rahmad. (kampret, siapa Rahmad ini?)

Temen gue, Dana, baru saja gugur sebagai pejuang LDR. Dia di Balikpapan sedangkan pacarnya di Malang. Komunikasi yang jadi alasan Dana mengakhiri perjuangannya. Kebetulan Dana kerja malam, pulang pagi (bukan, Dana bukan gigolo) kadang juga dapet shift kerja sore, pulang malam.  Ketika Dana pulang pagi, pacarnya berangkat kuliah. Ketika Dana pulang malam, pacarnya udah tidur karena capek kuliah. Ditambah jarak dan lama gak ketemu, akhirnya Dana gugur.

Gue juga mengalami nasib yang sama tragisnya seperti Dana. Gugur di medan LDR-an.
Gue di Balikpapan, pacar gue (oke, mantan) kuliah di Samarinda. Dibandingkan Dana, gue dan pacar (oke, mantan) masih lebih beruntung LDR-an masih dalam 1 provinsi. Jarak Balikpapan-Samarinda gak terlalu jauh. Gue ngapel ke rumah pacar (oke, mantan) bolak-balik 2 kali juga udah sama kayak jarak Balikpapan-Samarinda. Jarak Balikpapan-Samarinda bisa ditempuh paling lama 3 jam kalo naik bis, tiap minggu kita masih bisa ketemuan. Tapi, nasib berkata lain, gue pun gugur juga menyusul Dana.

Gue pun ngobrol sama Dana dan kita saling curhat menemukan sedikit tips agar hubungan LDR bisa (agak) awet, agar kalian yang LDR-an bisa menyelesaikan dengan bahagia apa yang udah kalian komitmenkan dengan pasangan,

1.KABARIN
Banyak yang sinis soal poin pertama ini. Katanya, ‘Pacaran aja sama reporter kalo minta dikabarin terus.’

‘KAMPRET! JANGAN BAWA PROFESI GUE!’ Kata reporter.

Oke. Emang sih terdengar klise, tapi dalam hubungan LDR, sebaiknya kalian ngabarin pasangan kalian. Jangan pas lagi smsan tiba-tiba balasnya lama atau menghilang. Ini bikin pasangan kalian khawatir dan mikir yang enggak-enggak kayak,

‘Ah, pasti ketiduran.’ (Tipe positive thinking)

‘Jangan-jangan dia sibuk smsan sama yang lain.’ (Tipe suudzon)

‘Jangan-jangan dia kejatohan eek cicak lalu ketelan terus… meninggal?’ (Tipe idiot).

Oiya, maksud ngabarin di sini bukannya sms, “sayang, aku lagi bernafas nih.” Bukan! Bukan kayak gitu. Lebih ke arah misalnya kalian sibuk dan daripada balas smsnya lama dan bikin khawatir, apa salahnya izin, “Sayang, aku lagi sibuk nih, maaf ya balasnya kalo lama.”

Pacar kalian pun akan berusaha mengerti dan membalas, “Oh yasudah gak apa-apa. Emang sibuk apa? Nugas?”

“Sibuk balas sms kakak senior aku nih di kampus.”

“......”

Jadi, menurut gue ngabarin pasangan kalian itu penting untuk menjaga kelangsungan hubungan, apalagi LDR. Jangan suka ngilang terus malah muncul di twitteran. Pacar kalian pasti sedih.

2.JANGAN BIKIN KHAWATIR.
“Sayang, sudah makan?”

“belum.”

“Makan gih, ntar sakit. Mandinya? Udah?”

“belum juga.”

“MANDI LOH! KAMU INI BIKIN KHAWATIR AJA. MAKAN GAK MAU, MANDI GAK MAU!! TAU GAK EFEKNYA APA?”

“Emangnya kenapa kalo aku gak makan sama mandi?”

“Ntar kamu jadi suka makan sikat wc!!”

“…..”

“Atau jadi mandi pake nasi bungkus!!”

“…..”

Dalam LDR-an, ketika pasangan nanya udah makan apa belum dan kalian jawab belum. Ini bikin pasangan kalian sedikit khawatir tentang kesehatan kalian. Sedikit ya. Lebih khawatir ada yang ngajak makan langsung daripada cuma nyuruh doang. 

Tapi ada benernya juga, kalo gak makan terus sakit. Ini kan bikin khawatir pasangan kalian. Mereka bakal ngerasa useless karena gak bisa ada saat dibutuhkan. Tau-tau ada senior di kampus yang datang ke kost-an bawain makanan dan obat. Kalian nyaman diperhatiin gitu, pasangan kalian galau merangkai kata di handphone agar seolah-olah ‘ada’ di samping kalian.
Gak cuma soal makan. Kalian jalan sama temen sampe malem kan juga bikin khawatir. Kalo dijalan dipalak preman cakep terus malah jatuh cinta? Kan repot.

3.JANGAN NGETWEET GALAU.
Balas sms gak pake emoticon. Balas sms singkat-singkat. Pacar kalian mulai bingung balas gimana. Pacar kalian berinisiatif cari tau lewat twitter, tau-tau kalian ngetweet, “yang selalu ngabarin bakal kalah sama yang selalu ada.”
Pacar kalian? Ngerasa useless dan cari tali buat gantung diri.

Kalo kalian ngetweet gitu sama aja pesimis dengan hubungan LDR yang udah kalian komitmenkan di awal. Itu sama aja kayak bilang, ‘gue suka makan sambel’ tapi giliran dikasih malah nangis dan mencret-mencret. Lain di bibir, lain di hati.

4.JANGAN BIKIN TWEET KODE DAN AMBIGU.
Kata orang, ‘tweet kok diseriusin?’

Tapi, bagi pelaku LDR. Update-an sebuah tweet, itu sangat berarti untuk sebuah informasi. Jangan bikin pasangan kalian bertanya-tanya dengan update-an tweet kalian yang kesannya ngasih kode atau pun ambigu.

Kalo udah punya pacar ngapain masih main kode coba? Emangnya PDKT?
Contoh nih, tiba-tiba pacar kalian update, “aaaaakkk… manisnya senyumnya.” Senyumnya siapa yang manis? Kalo mau muji pacar kenapa gak mention langsung aja?

Atau tweet ambigu lainnya,

“jadi semangat kuliah biar bisa ketemu kamu.”

Ini bisa dua kemungikinan:
-semangat kuliah, biar pas UAS gampang ngerjainnya, gak kena semester pendek, cepet pulang dan ketemu pacar.

-semangat kuliah, karena ada yang lebih ganteng di kampus.

5.CIPTAIN CARA BARU DALAM HUBUNGIN PACAR.
SMS-an isinya “lagi apa?” dan “udah makan belum?” sampe 20x dalam sehari adalah mimpi buruk bagi pelaku LDR. Ini bikin hubungan kalian merenggang karena kayak smsan sama mesin penjawab otomatis. Kalo salah satu dari kalian bosan? Gugurlah perjuangan kalian.

Gak mau hal itu terjadi? Coba deh ciptain gaya atau cara baru dalam hubungin pacar.

a.Gunakan huruf alay. (Resiko mata mimisan)

b.Ciptain becandaan atau gombalan baru. (masih pake ‘Bapak kamu…?’ oh shit!)

c.Jangan cuma smsan, coba sekali-kali telponan atau skype-an. (INI!)

d.Kirim voice note ucapan selamat pagi/malam. (INI JUGAK!)

e.Telponan pake Voice Note (kreatif dan gak mau rugi emang beda tipis).

f.Balas sms pake nomer hape senior kampus. (PASTI SERU NIH!)

Biar pacar kalian gak bosan, apalagi dengan jarak dan pastinya dia kesepian. Lo emang dituntut untuk selalu kreatif dalam hubungin pacar.

6.JANGAN CURHAT.
Tiap orang pasti punya temen curhat. Gue sendiri juga punya temen curhat, kadang malah gue yang jadi tempat curhat. Kenapa poin ini gue tulis? Ketika lo punya masalah sama pasangan lo, alangkah baiknya selesaikan berdua, gak perlu curhat ke orang lain apalagi dia lawan jenis.

Kalo pun curhat bukan masalah antara hubungan lo. Kenapa gak curhat ke pacar aja? Bukannya salah satu fungsi pacar adalah sebagai teman curhat? Selain bikin pacar ngerasa dihargai, ini juga menghilangkan rasa suudzon daripada kalian curhat ke temen yang lawan jenis.

7.BIKIN DIA SEMANGAT UNTUK KETEMU KAMU.
Emang sih LDR-an kadang bikin ngerasa pacaran sama handphone ketimbang secara fisik. Tapi pas sudah ketemu setelah berbulan-bulan memendam rindu, rasanya? Beeeeeuuuhhhh. Priceless.

Yang bikin ‘priceless’ itu timbul adalah bagaimana lo bikin pasangan kalian berimajinasi dan berdelusi akan ngapain aja untuk melepas rindu. Jika kalian gak bisa bikin dia ngerasa kayak gitu, balasan sms, “aku juga kangen,” itu positive bullshit dan sekedar formalitas untuk jaga perasaan.

8.TAKE IT OR LOSE IT!!
Ketika mendapatkan sebuah kesempatan untuk bertemu untuk melepas rindu. Menurut gue kesempatan itu harus diambil. Biar temen ngajak jalan, pacar harus diutamakan. Kecuali kalo halangannya adalah acara keluarga. Dimana-mana keluarga selalu harus jadi prioritas. Kangen boleh, egois jangan. Itu prinsip gue.

Tapi, kalo udah ada kesempatan tiba-tiba pacar lo mendadak gak bisa ketemu dengan alasan gak logis kayak,

“beb, maaf ya gak bisa ketemuan, bulu mataku jatoh, katanya bulu mata jatoh itu artinya…. Ummmm…. Pokoknya kita gak bisa ketemu.”

Atau,

“sayang, maaf ya kayaknya kita gak bisa ketemuan, ada siluman naga tidur di depan rumahku.”

Kalo udah sering ngasih alasan gak logis gitu, udah tinggalin aja. Karena menurut gue, orang yang dikasih kesempatan tapi gak mau manfaatin sebaik-baiknya, artinya dia gak menginginkan kesempatan itu. Yang artinya adalah dia gak mau ketemu kamu, siap-siap deh gugur dalam medan LDR-an.

Kayaknya segitu aja tips dari gue. Walaupun gue telah gugur, gue harap dengan tips ini bisa bikin yang LDR-an makin awet. LDR-an menurut gue itu hubungan yang mendewasakan kita, bagaimana caranya menjaga komitmen, menjaga kepercayaan orang yang kita sayang, dan yang tersulit… percaya sepenuhnya terhadap pasangan kita tanpa pengawasan.

Banyak kisah di luar sana tentang pejuang LDR yang berhasil. Kedua orang tua gue dulu juga LDR-an. Bapak seorang tentara yang ditugaskan ke Kalimantan timur, sedangkan Ibu di jawa timur. Walaupun terpisah jarak akhirnya mereka menikah juga dan menghasilkan gue. Komunikasi? Waktu itu pake surat coy. Zaman sekarang udah makin maju, banyak cara untuk saling menghubungi. Bukannya media social katanya berprinsip, “mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat?”

Mendekatkan yang LDR-an, menjauhkan yang berusaha nyelip.

Seharusnya begitu. Seharusnya….




Sumber gambar:

http://www.examiner.com/article/tips-to-consider-before-entering-into-a-long-distance-relationship
http://www.hackcollege.com/blog/2012/09/28/seven-tips-for-making-a-long-distance-relationship-work.html
http://www.naruto-boards.com/924500/na-noob-memes/4/
http://www.the-marketeers.com/archives/ini-dia-tweet-tweet-pertama-presiden-sby.htmlOALAim123 WOI PLN PANDA!!apahink las,
a jam lagi? trims. emosi warga. Biasanya mention yang masuk ke akun  mengetahui kapan kira-kira pemadamannya sel
http://olahraga.plasa.msn.com/football/republika/wenger-khawatir-moral-arsenal-anjlok
 

40 comments

Gue juga telah gugur dalam menghadapi LDR ini. :')

Bikin buku "LDR Guidebook for Dummies" asik nih.

Reply

Gue ldr nih. Apa yg lo bilang kebanyakan bener. Yg bikin khawatir tuh. Ah cowo emang gitu ya :') #digebukin. Nice post bro *krn gue ldr garis keras* bahhahahaa xD

Reply

cuhiyeeee LDR~
gudlack ya muahahaha

Reply

muahahahaha *TOSS*
Eh iya, bisa nih :))

Reply

yah gue juga udah lama gugur dalam medan LDR. seperti apa yang lo bilang tadi kalo ada saat dimana kita pengen ketemu tapi pasangan kita nggak mau. itu emang harus diputusin, nyesek abis. duh gue curhat -_-

semoga yang LDRan kuat iman, dan nggak ngabisin sabun dirumah.. amin

Reply

satu lagi...kalo bukan tipe setia, mending jangan LDRan...hahahaha

dipikir2 iya juga sih..LDR emang susah dijalanin...kalo LDR mending menyibukkan diri se-sibuk2nya...biar nggak kepikiran pacar mulu...

Reply

bener banget semua yang lo tulis bang, intinya emang harus jaga komunikasi dan jaga perasaan, jaga iman juga. tapi biasanya cowok tuh yg seringa ga ngabarin dan sering menghilang, entah emang sibuk beneran atau sibuk nyari gebetan juga ga tau *oke ini curhat* dan semoga gue ga gugur dari meda LDRan -_-

Reply

turut sedih buat seluruh pasangan ter-LDR di Indonesia, semoga tetap tabah menjalaninya, tetap setia dan saling percaya itu penting banget dalam sebuah hubungan.

Reply

turut berduka bagi mantan pejuang LDR ya.. aku pacaran cuma sekali dan nggak LDR, jd mgkn g sbrp ngerti juga. hehehe... tapi ini tipsnya cocok bgt d print jd smcam brosur, trus d sebarin ke rumah2 para LDR yg lain, biar greget ._.

Reply

Waaah terharu :') *lho
mending masih ngerasain LDR, nah aku belum ldr udah keder putus duluan -.-

Reply

Gue belum pernah LDR-an. Kata orang-orang itu menyeramkan. Setelah gue rangkum, yang penting itu komunikasi dan kreatif ya, biar ngga bosen. :))

Reply

Gue LDR. Jarak paling jauh dari para pejuang LDR lainnya..

...LDR beda perasaan. *hik* *lari di bawah hujan*

Reply

Wah keren tipsnya. Kalo LDR sama jodoh di masa depan, gimana Bang?

Reply

KAMPREEEET!! LDR BEDA PERASAAN :)))))

Reply

Cobain deh, rasakan sensasinya #lah
iya, kira2 kesimpulannya gitu.. berlaku juga untuk pacaran normal

Reply

ah gue sedih bbelum pernah ldr-an bang. tapi tadi di atas saran yang gaul. mogga itu bisa jadi pegangan gue ketika enggak sengaja ldr-an.

Reply

huahahaha... cobain deh, baru rasain pas udah lama ldr tau2 putus :')

Reply

:')
faaaak dijadiin brosur x))

Reply

YOIH. SETIA DAN SALING PERCAYA ( '_')9

Reply

ah cewek juga gitu, suka ngilang #eh
gudlaaaak ya ldr-annya :3

Reply

kalo saling sibuk malah gugur deh kayaknya. saling sibuk itu cocoknya untuk proses move on :")

Reply

i told ya :))

faaak sabun dibawa2 :)))

Reply

iya, ini panduan praktis kok. #lah

Reply

Hanjr yang ini jahat banget lu, Yog.

Reply

Gue belum pernah ngerasain LDR, ga.
Sekalinya baru mau rencana mau pindah rumah. Gue langsung mengakhirinya.
Menurut gue, LDR itu berat. Berat banget malah. Kalah tabung gas! :))

Reply

bukannya gak percaya sama tipsnya, tapi emang gak percaya, secara tipsnya dibuat sama yang gagal LDR muahahaha gimana gw bisa percaya? Tapi kelihatannya sih yg lu tulis emang bener, teori LDRan emang banyak, prakteknya yg susah, gw juga gagal *curcol dah*

Reply

gue veteran LDR, dan ini semua beneeeer :')

Reply

HUAHAHAHA
Biar dia rasain x))

Reply

......
pacaran juga berat. Berat di ongkos #lah

Reply

bukannya pengalaman adalah guru terbaik? kalo gue gak pernah gagal mana bisa ngasih tips? :P
*pukpuk yang gagal juga* :")

Reply

i don't know what you feel sih broo..soalnya belum sempet LDR gue udah putus duluan gitu hahahahahaha...
tapi yang paling iya nomor 2 tuh, banyak bget yg sampe bkin status kek gitu di fb..dan lu bkin postingannya niat bingitttt...bagus bagus!! dengan begini ntar klo lu LDR lagi lu bisa mengamalkannya..tapi udah dapet lagi belum???

Reply

cobain LDR-an dulu deh mueheheh
ngggg..... belum :"

Reply

LDR bang? hahaha gatau dah.

Reply

9 bulan pacaran 1 bulan berstatus LDR. gugur.

Reply

yan... kok tjurhat? *pukpuk*

Reply

yg satu negara aja gugur apalagi yg beda negara kyk saya:")

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!