A Great Story Comes With Great Stupidity : Tips Agar Tidak Kena Tunjuk Guru

Tips Agar Tidak Kena Tunjuk Guru

Banyak yang bilang masa sekolah adalah masa paling indah. Untuk beberapa poin gue setuju dengan ungkapan klise ini. Dapet uang jajan, ngumpul bareng temen, jepret tali beha temen cewek, kurang indah apa lagi coba?

Tapi, semua itu berubah ketika negara api menyerang di kelas. Banyak hal yang merusak momen indah di sekolah ketika udah di kelas. Contohnya adalah Tugas, PR, guru dan Nabilah JKT48 (lah, ini kenapa ada Nabilah di kelas?). Poin terpenting adalah guru. Saat pelajaran berlangsung, 99% guru yang mengajar pasti pernah nyuruh muridnya buat maju ke depan kelas. Ntah untuk mengerjakan soal, menulis materi atau adu panco. Pokoknya nyuruh maju. Sedangkan 1%, gurunya duduk, muridnya ngajar. Ini siapa yang guru siapa yang murid, by the way?

Gue punya kemampuan untuk merasakan kalo gue bakal disuruh maju sama guru. Bukannya geer, tapi ini beneran terjadi. Dan setiap kali terjadi, gue bakal bilang ke temen sebangku gue, "I TOLD YA!"

Kebetulan, gue sudah cukup berpengalaman dalam hal ditunjuk oleh guru untuk maju ke depan kelas buat ngerjain soal dan ini bikin gue ngerasa keren. Sampe di depan kelas gue malah bingung cara buka spidolnya. #AntiKlimaks

Maka dari itu, gue mau bagi-bagi tips agar tidak ditunjuk oleh guru dan malu-maluin di depan kelas. Gimana caranya? Here we go:
1. Jangan gak perhatiin guru.
Ketika guru mengajar, perhatikan setiap gerakannya. Mulai dari arah jalannya, tatapan matanya, gerakan tangan hingga bibirnya. Pokoknya perhatikan! Jika matanya sudah mulai melirik ke 1 arah, ucapannya mulai melambat, tangannya melakukan gerakan tak wajar, itu tanda-tanda sang guru mengunci 'target' untuk disuruh maju.
kalo begini pasti diperhatiin..
Jika kamu merasa sebagai sang target, jangan panik! Cukup stay cool. Tetep tenang memperhatikan guru. Gue pernah terapin tips ini. Pas si guru mulai melakukan ciri-ciri diatas, gue memperhatikan si guru sambil manggut-manggut.

"Yak, Yoga! Maju, jelaskan apa yang ibu sampaikan barusan!"

Saking memperhatikannya, gue gak denger kalo gurunya nanya ke seluruh muridnya, "Ada yang sudah paham apa yang ibu jelaskan?"

Dan gue manggut-manggut yang artinya: "Iya Bu, saya paham."

FAIL.

2. Jangan nunduk.
Salah satu kesalahan murid yang takut ditunjuk adalah ketika sang guru mulai mencari 'target', murid malah gak memperhatikan guru dengan cara nunduk karena takut ditunjuk. Sebenernya ini perilaku alamiah murid. Tapi, dengan lo nunduk, maka guru akan tau kalo lo gak bisa dan berakhir dengan disuruh maju. Nangis deh di depan kelas. Makanya jangan nunduk, berperilaku wajar aja. Gue bisa tau soal hal ini karena pernah suatu hari, guru biologi gue lagi nyari mangsa buat disuruh maju. Karena gue belum terlalu paham materinya, secara reflek gue nunduk ke bawah biar gak ditunjuk. Pas gue rasa keadaan udah aman, gue mulai angkat kepala gue, lirik kanan kiri memastikan keadaan,

"Yak, Yoga! Maju! Daripada kamu tidur saja di mejamu!"

Gue dikira tidur dan malah disuruh maju.

FAIL.

3.Jangan sok sibuk.
Selain nunduk ke bawah, ada lagi tindakan alamiah yang kita lakukan ketika merasa bakal ditunjuk oleh guru dan akan kita lakukan, yaitu: sok sibuk.
Sok sibuk ini meliputi pura-pura baca buku, bongkar tas, main cubit tetek. Pokoknya jangan lakukan hal-hal sok sibuk karena ini bakal ngundang perhatian langsung dari sang guru.

Pura-pura baca buku? lo akan dianggap gak belajar di rumah dan ini jadi sasaran empuk buat disuruh maju.

Pura-pura bongkar tas? lo malah akan keliatan menarik perhatian karena yang lain lagi sok sibuk baca buku. Selamat lah yang pura-pura baca buku.

Main cubit tetek? Gak usah ditanya, ini pasti disuruh maju. Tapi, bukan disuruh ngerjain soal. Disetrap!

Gue pun ketika merasa bakal ditunjuk bakal segera ke wc. Pernah nih, gue ngerasa 'wah, kayaknya gue nih disuruh maju.' Gue segera ke depan buat izin ke wc. Eh, gue malah dikira menawarkan diri buat jelasin materi di depan.
Sampe depan kelas gue cuma bisa bilang, "I TOLD YA!"

FAIL.

4.Jangan cari tempat duduk sembarangan.
"Tempat duduk menentukan nasibmu." Yap! Menurut gue, tempat duduk yang paling sering ditunjuk oleh guru adalah bagian depan, bagian belakang, bagian pojok, dan tengah (ini mah sama aja semua! -__-"). Semua emang balik lagi ke masalah tampang sih. Saran gue, jangan duduk di kursi guru. Apalagi minta pangku guru. Selain disuruh maju, lo juga bakal dicap murid kurang ajar.

FAIL.

5.Jangan Ngobrol
Ngeselin gak sih kalo lo lagi ngomong di depan temen-temen lo, tapi mereka malah ngobrol satu sama lain dan gak ada yang dengerin lo? Ini yang terjadi sama guru yang lagi jelasin materi tapi muridnya ngobrol.

Ini yang gue terapkan saat guru ngajar. Walaupun beliau duduk di depan laptop, gue gak bakal ngobrol biarpun diajak ngobrol sama temen sebangku. Karena apa? Karena kalo ngobrol, kita ribut, disuruh maju deh karena dianggap ‘udah pinter’ sama guru. 

"Yog, Barca vs Madrid semalem berapa skornya?" Tanya temen sebangku gue waktu itu.

Gue diem.

"Yog, ada bokep baru?"

Gue diem.

"Yog, ada Nabilah JKT48 telanjang di kelas!"

"MANA?! MANAAAA?!" 

"Yak, Yoga! Apanya yang di mana? Sudah tau di mana titik koordinat x dan y?" Tanya guru gue.

"...."

FAIL.

6. Jangan dikenal guru.
"Tak kenal maka tak sayang, tak dikenal maka tak ditunjuk maju." Begitu kata pepatah negeri seberang sana. Agar tidak ditunjuk guru maju, jangan sampai beliau tau siapa namamu! Gue pun waktu itu sengaja gak nempel nama di seragam gue.

"Yak, itu yang gak pake nama di seragamnya, maju! Sudah pinter ya melanggar peraturan? Kerjakan soal nomer 1!"

Antiklimaks and... FAIL.

7.Jangan jadi anak pinter, jangan juga terlalu bloon.
Kadang ada guru yang males nginget nama muridnya. Jadi, murid yang diinget berdasarkan kriteria dia murid pinter, bego, cakep atau kurang cakep hingga minus. Murid 'biasa-biasa' aja sangat jarang diinget guru. Persentase ditunjuk oleh guru itu lumayan kecil, kecuali itu hari sialnya.

Tapi, hampir tiap hari gue ditunjuk maju sama guru. Gue bukan murid pinter. Bego juga gak bego-bego amat. Ganteng juga masih gantengan ghaida jkt48. Jelek? Masih jelekan tampangnya justin bibir habis ditinju mike tyson.
Apakah setiap hari adalah hari sial gue?!

Gue punya pikiran untuk ke sekolah pada hari minggu karena cuma di hari itu gue gak ditunjuk oleh guru. Tapi, pas gue mau ke sekolah, dilarang sama Ibu gue,

“Yog! Kamu hari Minggu ngapain ke sekolah?! Gak pake celana lagi…”

FAIL.

8.Jangan lupa berdoa.
Ketika 7 tips di atas udah lo lakuin dan gagal semua. Jalan satu-satunya adalah berdoa. Berdoa bisa meliputi apa aja. Bisa berdoa agar gak keliatan di kelas, berdoa agar mata sang guru kelilipan ban traktor, atau berdoa agar bisa balikan sama mantan. Bebas!

Gue pun pernah lakuin tips ini. Gue berdoa agar gak ditunjuk maju. Gue mengadahkan tangan ke udara, memohon kepada Tuhan, baru aja gue mau berdoa, gue denger suara guru gue,

"Yak, Yoga! Apa jawabannya?"

Gue angkat tangan terlalu tinggi. Dikira tunjuk tangan.

FAIL.

Bagi kalian yang udah baca buku gue, SeniorHigh Stress, di salah satu bab-nya, pasti udah tau kalo gue sering ditunjuk maju sama guru sampai-sampai gue stress dan tiap disuruh maju gue bakal bereaksi begini:
terinspirasi dari Mario Balotelli.
Kalo gue berhasil dengan tips-tips gue, seharusnya gue gak sampai se-stress itu. Jadi, semoga beruntung dengan tips dari gue. MUAHAHAHAHAHA..
.
Tapi, inget kata pepatah. “Pengalaman adalah guru terbaik.” Dari pengalaman kegagalan gue itu, setidaknya kalian bisa tau hal-hal seperti apa yang dihindari agar tips dari gue berhasil. Good Luck, ya!

***** 

sengaja gambarnya kecil. Biar gak ngabisin kuota.
"Tulisan ini diikutsertakan dalam giveaway “sekalian ulang tahun blog, ulang tahun Ichsan dan 2 bulanan buku#AyamSakit"




Sumber gambar:
http://eksan.web.id/archives/214
http://abimanyurizqi.blogspot.com/2013/01/kebiasaan-gendeng-yang-dilakukan-oleh.html
http://berita2bahasa.com/berita/01/1042612-quot-kita-harus-senantiasa-siaga-hadapi-bencana-quot-kata-presiden-sby 

59 comments

Ngakak ih :( kalo gue sih biasanya sok sok sibuk gitu.. Tapi tetep gaditunjuk tuh *sujud syukur*

Reply

Jangan sekali-kali bertatapan mata dengan guru. Karena kalo mata udah saling bertatapan, target locked. Selamat, anda dipanggil maju ke depan.

Reply

Hahaha. Intinya harus jadi biasa-biasa aja yaa. Jangan terlalu cemen, jangan kepinteran juga.

Reply

Bang, diam-diam gue biasa baca blog ini. Sampe-sampe pernah gue nyontek satu postingan dari blog ini....
maafin gue yak!?

Reply

berarti lo... murid biasa-biasa aja :))

Reply

Yoi. dan bersikap biasa aja juga..

Reply

nyontek atau copas? kalo copas asal ngasih sumber linknya gapapa..

Reply

semuanya bener juga Yog, gue cuma bisa manggut-manggut ngebacanya..
karena gue calon guru, besok2 kalo udah jadi guru beneran. gue bisa nunjuk siswa gue yang mungkin dengan sengaja menerapkan trik ini di kelas :D

kalo gue di kelas bakalan coba buat mimikri. menyesuaikan warna tubuh gue dengan benda di sekitar buat kamuflase.

Reply

iya bener sih bener. dan semua itu balik lagi sama keberuntungan. meskipun dia nunduk, kalo beruntung gurunya nunjuk yang lain. ataupun ngobrol, ataupun yang lainnya.

tapi kok tipsnya gagal semua ya, kasian :(

Reply

bener nih...jangan jadi anak pinter jgn juga jadi anak bloon, yg biasa-biasa aja, jangan dikenal guru karena akan rawan disuruh maju. dan yg gue terapin di kampus sih nyari tempat duduk yg agak ketutup sama temen2 yg lain jadi ga keliatan sama dosen dan aman jadi ga akan disuruh maju :D

Reply

tipsnya mantep banget ue...
salam kenal bro!!!

semoga menang ikutan GAnya ihsan..

Reply

jangan sok pinter dari guru, nanti gurunya malah minta ajarin

Reply

Hmmm semua tips di atas pasti pernah lo praktekin yak??
Hehe.
Susah2 gampang.
Kalo ditunjuk guru, apa boleh buat, pasrah dan kerjakan.
kalo dlu guru gw suka nunjuk ngasal dgn sebut nomer absen, biar menghindari subjektivitas.
Tapi kyknya absen gw angka sial, sering disebut para guru yg notabene gak kenal sosok gw. Hahaha.

Artikel ni utk GA? Wow. Gudlak dan smoga beruntung ya :-)

Reply

niat amat sampe trik ke 8 kataaaam, tapi iya bener juga yakkk...pokoknya inti dari semua yg lo tulis itu adalah satu. JANGAN MENCOLOK DI ANTARA YANG LAIN. udah gitu aja, sembari berdoa insyaAloh telunjuk guru akan jauh jauh dari kehidupanmu...

Reply

kalo gw sih lebih seneng buat ditunjuk . meskipun gak bisa ngerjain tapi sok sok bisa nanti bakalan dapet nilai plus :3

Reply

Setiap kali coba ngehindar biar nggak ditunjuk guru ujung-ujungnya ditunjuk. Apes :|

Reply

walaaah ternyata ini buat GAnya ayam to hahahaa
tips-tipsnya keren sih, tapi ada yg gak masuk akal juga hehee masa jangan terlalu pintar, kalo udah dari sononya pintar trs gmn dong Yog?
syukuri aja :) penting pas jam pelajaran itu perhatiin guru, dengerin penjelasaannya dan jangan ngobrol sendiri, pasti aman deh ga akan ditunjuk hehe

Reply

maksudnya kalo emang males disuruh maju ya biarpun pinter jadi anak biasa-biasa aja. Gak 'caper'. kan biasanya ada tuh murid yang caper ke guru, giliran disuruh maju terus-terusan malah ngeluh. itu maksudnya :)

Reply

Hahaha, gue sering apes malah..
Kalau ngehindarin guru, gue pasti di tunjuk >.<

Reply

hahaha sok sibuk sampe harus cubit-cubit tetek ya pasti di gampar guru langsung lah

Reply

wah top cer semua ini tipsnya , ya walau ngobrol minimal mata ke guru liatin bentuk badan kalo dia nengok ke murid siap siap sok ngedengerin :v

Reply

...lalu ketapel gurunya dari kejauhan.

Reply

kenapa tipsnya FAIL semua. haha :D

Reply

lo ini kan calo guru yog, nah kalo murid2 lo nanti baca bgimana, hahaha
gue yakin mereka akan melakukan trik ini, selagi lo lupa kalo ternyata udah buat postingan biar nggak ditunjuk guru.. senjata makan gorengan *efek baca post-nya edotz*

gue sih jarang di tunjuk guru, soalnya jarang masuk juga ngoahahaha

Reply

Hahaha. Saya malah selalu milih duduk di belakang. Enak, Yog, bisa tidur kena angin dari jendela samping kelas *curhat sih:p

Semua tips itu pernah saya lakukan, kecuali, yang nggak pinter banget. Gimana ya? 'Kan saya udah pinter dari sananya, jadi apa boleh buat kalau ditunjuk guru saya akan selalu bilang gini nih:
"Oke, Pak. Saya maju nih. Tapi tolong jelasin dulu dong yang hal...tadi. Saya masih kurang jelas nih buat ngerjain di depan." Dengan tampang datar sang guru bakal jelasin lagi. Dan kau tahu, ngejelasinnya sampai bel saking panjangnya. Selamat deh saya. Tuh kan, saya pinter kan? Hahahahah

Reply

biasanya kalo duduk di belakang malah dianggap murid males dan sering ditunjuk jadinya xD

...Itu... kemungkinan terjadinya 90% sepertinya

Reply

yang lakuin ciri2 di atas gue tunjuk langsung dong huahaha

haha faaak... tadinya mau gue masukin juga. "jangan masuk sekolah" tapi kesannya malah ngajarin sesat xD

Reply

karena pengalaman adalah guru terbaik. okesip.

Reply

...dan gurunya udah tau kalo lo ngobrol, langsung nunjuk maju :))

Reply

huahahah... iya, terapin aja x))

anjis... lo... bunglon? x))

Reply

iya, faktor luck juga berpengaruh. Menurut gue sih ya bersikap biasa aja. Kalo ditunjuk baru... panik x))

karena pengalaman adalah guru terbaik.

Reply

YOI.
haha ikut-ikutan doang GA-nya, ramein...

Reply

dan malah senjata makan tuan x))

Reply

haha iyalah udah pernah gue lakuin :))
metode yg dipake sama guru buat manggil murid ke depan kan beda2. lebih sering main tunjuk :p

Reply

kalo bener-bener gabisa malah dikira gak merhatiin guru selama pelajaran :|

Reply

menurut gue hanya tuhan dan guru yang tahu, mau nunjuk siapa. Gue pernah ni ditunjuk sama guru pas pelajaran sejarah. saking gue demennya sama pilm angling dharma, jaman dulu emang lagi musim pilm angling dharma. gue disuruh nulis raja kerajaan mojopahit kalo gak salah. gue jaawabnya angling dharma. dan sejak saat itu gue selalu diapnggil angling dharma.

Reply

Akhirnya Yoga sadar di kalah ganteng dari Ghaida.
Btw itu guru buat bayi nemu dimana Yog? #eh

Reply

gue harap semua lelaki juga sadar bang :)))
nemu di gugel, keyword: hot teacher xD

Reply

yoi. tapi kita kan pasti punya feeling kalo pas mau ditunjuk, nah tips ini untuk kondisi seperti itu...
anjis angling dharma x)))
tuh, gak bisa jawab akhirnya malu2in kan sampe jadi nama panggilan? :p

Reply

Point-point nya aku banget pas di kelas.
Merhatiin tu guru pas lagi nerangin.
Nah saat beliau mulai menyeruak "siapa yang bisa jawab ini? Gak ada? Ibu pilih acak aja"
dan saat itu juga aku mulai melihat sekeliling apa yang di lakukan yang lain, menulis.
Yak puranya lagi nyari jawaban nya di kertas.

Reply

Murid biasa-biasa aja emang jarang ditunjuk guru, tapi kadang malah direkomendasikan sama temen sendiri biar disuruh maju -_-
Intinya, jangan terlalu mencolok di kelas, apalagi mencolok mata guru, jangan. Kalo perlu jangan masuk kelas kalo gak mau ditunjuk guru :D

Reply

itu temen2 yang sirik dan takut ditunjuk juga biasanya :))
YOIH.

Reply

HUAHAHAHA...
Emang sih secara reflek pasti kita pura2 nyari jawaban dan biasanya semakin ngerasa kena tunjuk, eh malah kena betulan x))

Reply

Hahaha, kocak kocakk.. XD
Mampir ke gue juga yaa... rinoniro.blogspot.com

Reply

Intinya jangan cari tingkah, bersikaplah normal. guru pun ga akan ngincar lu.. hahaha lucu banget..

Reply

Ojadi kerjaan Yoga kalau googling di internet tuh begitu. Oh.

Reply

Kayaknya gue yang sering dapat nasib apes kayak gini.... mungkin karena gue keren kali, ya? sering gobrol ama teman... dan sering ketiduran dikelas, hahhaaa...

Reply

yeah, sama kayak gue *toss*

Reply

kampret, gue ngakak parah, ini tips endingnya fail semua ngapain di share cobaaaa -__-
yahhh apa boleh buat lah, semoga menang :D

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!