A Great Story Comes With Great Stupidity : Hikayat Si Printer yang Merepotkan

Hikayat Si Printer yang Merepotkan

Dalam kamus mahasiswa tingkat akhir, ada tiga hal yang harus dipersiapkan ketika skripsian: waktu, tenaga dan duit melimpah.

Untuk mengerjakan skripsi, kita harus memiliki banyak waktu karena proses bikin skripsi itu gak bisa dikerjain di injury time, gak kayak tugas-tugas biasa yang bisa dikerjain 15 menit sebelum dikumpul. Tingkat kemustahilan membuat skripsi dengan cepat itu mirip dengan membuat 1000 candi dalam satu malam. Jika Bandung Bondowoso berhasil membuat 999 candi dalam semalam, mahasiswa yang skripsian dalam semalam, nulis 1 halaman aja udah sujud syukur.

Tenaga juga diperlukan dalam proses skripsian. Punya banyak waktu tapi kita terbaring lemah di kasur tanpa tenaga ya sama aja bohong. Skripsi gak akan kelar! Selain tenaga saat membuat skripsi, tenaga juga diperlukan saat menunggu dosen pembimbing yang gak muncul-muncul saat ditunggu. Iya, untuk yang satu ini selain tenaga juga dibutuhkan kesabaran ekstra.
Tapi, selain waktu dan tenaga, ada hal yang paling penting: duit melimpah!

Sebagai mahasiswa ekonomi, proses skripsian itu setelah gue hitung-hitung, butuh banyak duit. Contoh standar aja: ngeprint.

Di Balikpapan, setau gue yang paling murah jika ngeprint di warnet, selembarnya itu Rp 1.000, bahkan ada yang Rp 1.500/lembar. Bayangin aja misalnya gue ngeprint 50 lembar.

50 Lembar x Rp 1.000 = Rp 50.000

Lalu gue revisian mulu sampe 10 kali.

Rp 50.000 x 10 = Rp 500.000

LIMA RATUS RIBU ITU BISA BUAT BELI PRINTER!!!

Gimana kalo kita punya printer sendiri? Oke, revisi berkali-kali juga akan membuat kertas habis. Kertas habis, artinya kita harus beli, dan membeli artinya mengeluarkan uang juga. Kebanyakan revisi, akan berbanding lurus dengan habisnya tinta. Tinta habis, maka harus diisi ulang, isi ulang tinta juga mengeluarkan uang.

Kertas aman, tinta aman, tapi printer punya kekuatannya masing-masing, ditambah dengan Tuhan iseng mengetes kesabaran kita, biasanya akan terjadi yang namanya cartridge rusak. Jika cartridge rusak, opsi pertama adalah kita beli baru, beli cartridge baru tentunya juga mengeluarkan uang.

Jika ternyata harga mengganti cartridge lebih mahal daripada membeli printer baru, maka opsi kedua, adalah membeli printer. Membeli printer juga mengeluarkan uang.

Jika tidak mampu membeli cartridge atau printer baru, opsi ketiga adalah ngeprint di warnet. Jika ngeprint di warnet… silakan baca kembali ke atas. Okesip.


Masalah ngeprint ini sudah pernah gue alami. Jadi, waktu itu gue semester 6, printer gue rusak. Lagi asik-asik ngeprint tugas tiba-tiba yang keluar hanya kertas kosong.

“Habis tinta, nih?” pikir gue. “Tapi gak ada notif kalo tintanya mau habis.”

Gue bongkar si printer, mencabut cartridge-nya dan gue timbang dengan seksama. “Hmmm… berat. Masih ada isinya, nih!”

Gue pasang lagi cartridge-nya, coba ngeprint lagi, tetep gagal. Anehnya jika ngeprint berwarna, bisa. Tapi tanpa warna hitam. Karena waktu itu gue masih semester 6 dan tugas-tugas gue paling banyak ngeprint cuma 10 lembar, gue pun ngebiarin printer gue itu. Toh, kalo mau ngeprint tugas, bisa minta tolong temen. #MahasiswaEkonomi #GakMauRugi

Printer itu bener-bener gue biarin di meja gue, tertutup plastik biar gak kena debu. Sampai akhirnya gue semester 8 dan lagi skripsian, hasil pemikiran soal biaya skripsian tadi muncul. Setelah satu tahun, akhirnya gue terketuk untuk memperbaiki printer itu. Mungkin printer gue kalo bisa ngomong, dia bakal bilang, “Yoga, yang kamu lakuin ke aku, itu… JAHAT!”

YHA. GUE EMANG SEJAHAT ITU!

Gue coba ngeprint siapa tau setelah setahun dibiarkan terlantar, dia sudah normal. Ternyata masih gak bisa. Gue coba print warna, juga gak bisa. Ternyata didiemin malah makin rusak. Karena gak tau musti diapain, gue bawa si printer ke tempat servis. Sampai tempat servis, gue mengalami penolakan pahit.

“Maaf, mas. Gak bisa diservis di sini.”

“Ke-kenapa, mas?” gue tercengang tak percaya.

“Soalnya… ini tempat servis AC. SERVIS KOMPUTER DI SONO, NOH!” Tunjuk si mas-mas tukang servis.

Mengikuti petunjuk si mas-mas tadi, gue pun tiba di tempat servis (lagi). Begitu masuk, gue disambut oleh banyak mbak-mbak. Ada sekitar 6 mbak-mbak di dalam tempat itu. “Ini tempat servis apa markas girlband?” pikir gue.

“Ada yang bisa dibantu, mas?” Tanya si salah seorang mbak-mbak, ramah.

“Ini saya mau servis printer. Bisa?”

“Oh, bisa, mas. Rusaknya karena apa?”

Gue pun menjelaskan kondisi si printer yang hampir setahun tak tersentuh ini. Panjang lebar gue ceritain, mulai dari gak bisa ngeprint warna hitam tapi bisa ngeprint warna sampai kini malah gak bisa ngeprint sama sekali. Para mbak-mbak tadi nyimak cerita gue sambil manggut-manggut, ada yang sambil tiduran, ada yang sambil makan popcorn juga. Di akhir cerita, gue pun bertanya, “Kira-kira ini rusaknya karena apa, ya, mbak?”

“Hmmm…” si Mbak tadi mengusap-usap dagunya. “Biar nanti dicek sama bagian teknisinya aja, Mas.”

LAH JADI TADI GUE CERITA PANJANG LEBAR ELO GAK NGERTI, MBAK?! BALIKIN 500 KILO JOULE ENERGI GUE BARUSAN!!!

“Nomor hape masnya berapa? Biar nanti kami hubungi perihal kerusakannya.”
Gue pun memberikan nomor hape gue dan meninggalkan si printer di tempat servis. Udah setahun gak disentuh, giliran abis disentuh, eh ditinggal. Udah mirip kayak pasangan LDR yang setahun gak ketemu, pas udah ketemu, malah diputusin.

Besok paginya, hape gue bunyi, ada telpon masuk dari nomor yang gak dikenal. “Pasti teknisi printer, nih.” Gue pun mengangkat telpon itu dengan penuh wibawa.

“Halo…” terdengar suara cewek di ujung telpon.

It’s me… I was wondering if after all these years you’d like to meet….”

Hening.

“Hgggg… Halo? Benar ini dengan mas Yoga?”

“Uhh… iya.” Jawab gue.

Ternyata dugaan gue bener, yang nelpon adalah mbak-mbak tempat servis kemaren. Dia mengabarkan kalo kerusakan printer gue ternyata cukup parah. Cartridge hitam gue musti diganti. Terus… udah, itu aja. HANJERRRR CARTRIDGE DOANG TERNYATA. GUE JUGA BISA BENERIN KALO RUSAKNYA ITU AJA!

“Bagaimana, Mas? Ini mau diganti cartridge-nya?” Tanya si mbak lagi.

Karena gak etis rasanya printer udah di tempat servis, udah diperiksa dan dikabarin kerusakannya apa, lalu gue bawa pulang dan benerin sendiri, akhirnya gue setuju diganti di sana aja. Tapi… sebagai mahasiswa ekonomi tentunya hal pertama yang gue tanya adalah perihal biaya. Gue gak mau dong ganti cartridge taunya lebih mahal cartridge dibandingin beli printer baru. “Berapa mbak kalo ganti cartridge?”

“Harga cartridge-nya 180 ribu, mas.”

“BUNGKUS!”

“Baik, Mas. Nanti kami hubungi lagi.”

Siang harinya, disaat gue lagi berusaha mengumpulkan niat untuk mengerjakan skripsi, hape gue kembali bunyi, mbak-mbak tempat servis kembali menelpon dan mengabarkan bahwa printer gue udah bener. Tinggal gue jemput dan memeluknya erat-erat.

Singkat cerita, si printer udah kembali ke rumah gue. Dia kembali ke posisinya semua, di atas meja, tapi kali ini tanpa penutup plastik. Karena perjalanan dari rumah menuju tempat servis printer lumayan jauh, gue pun ketiduran dengan syahdunya siang itu. Serius, ini ketiduran karena capek nyetir, bukan alasan untuk gak ngerjain skripsi.

Malam harinya, setelah berjam-jam di depan laptop, gue berhasil membuat… kerangka proposal. Yah, lumayan lah daripada lembar kosong. Gue teringat akan si printer yang baru diservis, gue pun mencoba ngeprint. Kabel power udah gue colok, kabel USB gue colok ke laptop, gue pencet tombol power, si printer menyala! Suara pergerakan cartridge di dalam terdengar syahdu. Gue segera memencet ctrl + p di lembar dokumen ms word gue dan… muncul notif aneh. Gue baca notification itu baik-baik, buka kamus, buka google translate dan gue pun menyimpulkan isi notif itu bahwa… CARTRIDGE GUE RUSAK.

YA ALLAH. INI UDAH DIGANTI BELUM SIH?!

Gue cek kotak printer, di sana gue menemukan cartridge lama. Gue bongkar si printer, gue cabut cartridge-nya dan gue yakin ini cartridge baru. Kok masih gak bisa ngeprint, ya? Gue coba untuk ngeprint lagi, eh notif itu kembali muncul. Gue coba berkali-kali sampai dajjal turun ke bumi, tetep gak bisa!

JANGAN-JANGAN GUE DITIPU NIH?

Jangan-jangan ini cartridge rekondisi kayak di acara reportase investigasi gitu.

Jangan-jangan tukang servisnya gak nyobain dulu udah bisa dipake apa belum, cuma pasang doang.

Jangan-jangan ntar gue bakal lulus dengan predikat cum laude.

Dengan kesal, gue sms ke nomor tukang servis itu, mengabarkan kalo printernya masih gak bisa. Gue tunggu sejam, gak ada balasan. Gue tunggu 2 jam gak ada balasan juga. Karena kesal, gue pun tidur. Serius, ini gue tidur karena gue beneran kesal sama tukang servis printer, bukan alasan untuk gak ngerjain skripsi.

Besok paginya, gue dapet sms balasan juga. Gue diminta datang lagi ke tempat servis itu untuk diperiksa ulang. Dengan malas-malasan gue datang juga. Bukannya apa, ini kan jadinya buang-buang waktu dan tenaga. Sampai di tempat servis, printer gue dikeluarkan dari kotaknya, dicolok ke laptop dan dicoba untuk ngeprint. Jujur, di momen ini gue takut kalo ternyata printernya berhasil dipake untuk ngeprint. Gak mungkin kan gue bilang, “HAHAHAHA KETIPU LO SEMUA! INI UDAH BISA KOK! HAHAHAHA!!!”

Dengan penuh rasa deg-degan, gue lirik si printer dan laptop bergantian. Untungnya notif semalem kembali muncul.

“Tuh, gak bisa, kan?” kata gue penuh kemenangan. “Emang kemaren gak dicoba dulu apa udah bisa dipake ngeprint atau belum?!”

Si mbak tadi membaca notif yang muncul. Dia ambil kamus, buka google translate, lalu mengambil telepon dan menelpon teknisinya. Ternyata mbaknya emang gak ngerti apa-apa soal komputer.

“Tunggu sebentar, Mas. Saya sudah panggil teknisinya.”

Gue mengangguk.

Beberapa menit kemudian, dari belakang muncul seorang laki-laki bertubuh kecil, memakai kemeja kegedean. Dibandingkan teknisi, dia lebih mirip anak SMK korban bullying.

Gue pun menceritakan kronologis kejadian si printer gak bisa ngeprint. Panjang lebar gue jelasin mulai dari gue ketiduran pas siang hari sampai malam harinya gue tidur. Gue juga menunjukkan notif yang muncul tersebut. Mendengar cerita gue, si mas teknisi bertanya, “Masnya pas nyoba ngeprint, tutup printernya dibuka?”

“Tutup printer? Yang buat keluar kertas itu?” Tanya gue, memastikan.

“Iya.”

“YA IYALAH DIBUKA, MAS! MAU KELUAR LEWAT MANA KERTASNYA?! HIDUNG ANOA?!”

Si mas teknisi tampak bingung. “Tunggu, ya, mas. Saya panggil bos saya dulu.”

“….”

Beberapa menit kemudian, dari pintu belakang muncul bapak-bapak, badannya tinggi, gede, rambutnya panjang, brewoknya lebat. Setelah gue perhatiin baik-baik, bapak-bapak ini mirip si Bray Wyatt, pemain smackdown.


ASLI, MIRIP BANGET! BRAY WYATT KW SUPER INI MAH!!!

“Masa gak bisa dipake ngeprint? Kemaren sudah saya coba, bisa kok.” Si Bray Wyatt ngasih liat kertas hasil testing print. Gue baca baik-baik dan ternyata beneran udah dicoba ngeprint.

“Tiap dicoba ngeprint, muncul notif begini, nih.” Gue menunjuk si laptop. Si Bray Wyatt pun mendatangi gue untuk melihat layar laptop yang menunjukkan notif itu. Dia berdiri di sebelah gue. Gue menggeser sedikit, takut kena jurus Sister Abigail-nya.


Setelah membaca notif itu, si Bray Wyatt menatap gue. Gue udah siap menghindar takut kalo beneran di-sister abigail. “Kemaren yang diganti cartridge hitam aja, ya?” tanyanya.

Gue mengiyakan.

“Ini yang rusak cartridge warnanya. Makanya gak bisa dipake ngeprint.” Si Bray Wyatt pun membongkar printer gue dan mencabut cartridge warnanya. “Coba sekarang dipake ngeprint.”

Gue segera mencoba ngeprint dan… berhasil.

“Nah, bener, kan.”

LAH TERUS KENAPA KEMAREN KATANYA YANG RUSAK CUMA YANG HITAM?! INI KAN BUANG-BUANG WAKTU DAN TENAGA GUE BOLAK-BALIK DATANG.

“Kemaren padahal cartridge warnanya gak bermasalah, lho. Nih hasil testingnya.” Si Bray Wyatt menyerahkan kertas lainnya, setelah gue liat ternyata emang berhasil ngeprint warna juga pas di-testing kemaren.

Misteri printer gak bisa dipake ngeprint pun terpecahkan.

“Jadi, mau diganti sekalian apa gimana?”

“Kalo cartridge warna berapa? 180 juga?”

“Hmmm…” Si Bray Wyatt mengelus brewok lebatnya. “Kalo cartridge warna… 200 ribu.”

“….”

Gue berpikir bahwa total harga cartridge ini jika ditambah uang dikit lagi, bisa beli printer baru. Masa sih harus ganti. ASLI GUE TAKUT DI-SISTER ABIGAIL KALO GAK SEGERA JAWAB!

“Tapi kalo gak diganti cartridge warnanya, masih bisa ngeprint?” Tanya gue.

“Bisa, asal dicabut. Jadi pake 1 cartridge aja. Gak masalah.”

Mempertimbangkan dari sisi ekonomis dan keperluan akan hasil print proposal gue yang masih hitam-putih semua, gue mengurungkan niat untuk mengganti cartridge warna. Kalo pun ada bagian yang harus di print warna, gue minta tolong printkan temen gue aja.

Iya, gue emang se-gak mau rugi itu.

Sampai di sini gue sadar bahwa ternyata printer itu benda yang bener-bener penting dalam skripsian. Kertas dan tinta tanpa adanya printer juga bakal percuma, begitupun sebaliknya. Mereka bertiga saling melengkapi, untuk menggarap sang skripsi.  

Bonus:
Tutorial melakukan jurus Sister Abigail

23 comments

Njirr ngeprint di warnet sana 1000? Di tempat gue padahal harga masih 200 perak, paling mahal ya 500 perak yog. Itu kalo disini gabakalan laku kalo 1000 :D

Reply

Wah udah skripsian aja lu Yog.. :D
Mental mahasiswa emang udah melekat erat ya prinsip gak mau ruginya.. apalagi anak ekonomi haha

Tapi mahal banget dah ngeprint selembar 1500, di sekitar kampus gue dulu, selembar cuma 250 perak kalo mau ngeprint, cuman kertasnya tipis kayak pembalut.

Akhirnya juga sama sih.. gue benerin printer yang lama nggak kepake, terus yang diisi cuma tinta yang item aja :D

Reply

lu tinggal di Malang, ya? Kakak gue waktu itu S2 di Malang ya dia bilang ngeprint di sana murah, Rp 500 doang, gak kayak di Balikpapan :')

Reply

wahaha time flies, tau-tau udah skripsian aja. Ya begitulah mahasiswa, sifat gak mau ruginya bener2 muncul secara alami.

kayaknya kalo di daerah jawa ngeprint di warnet masih terjangkau ya. Di Balikpapan gak ada yang di bawah Rp 1000, itu udah dari jaman gue SMA :|

Reply

mau pamer harga ngeprint juga ah~
di jokja mah murah, print tinta item cuman 130 (kertas A4) dan 150 (kertas F4). kalo print warna 500-1000 tergantung full colour apa engga. suka ngutang jadi apal harga huhu. lain kali kalo ngeprint di sini aja yog. ena bisa ngutang.

Reply

Eh gw yg ngantarin ke tempat servis print kok nggak disertain diceritakan!!

Reply

LO SATU POSTINGAN LAGI ADA LAGU ADELE-NYA GUE LAPORIN KPI LO YAA!! *protes ga nyambung*

Tapi emang paling deg2an sih pas lagi bawa sesuatu ke tukang servis, sampe sananya barangnya bener..

Reply

YA ALLAH KOK ITU MURAH MURAH NGEPRINTNYA PAKE KERTAS APAAN COBA :((

DI SINI PRINT WARNA 2500-5000! :((

Reply

Karena gak ada yang seru pas ngambil printernya, jadi yha... gak usah diceritakan.

Reply

draft selanjutnya ada lagunya Adele lagi padahal ._.

ya itulah, malu kalo ternyata berhasil muahaha

Reply

ngeprint di pulau kalimantan emang eek. gue dari zaman smk juga 1 kertas udah 1000. yang warna malah 1500. parah. di kampus skarang selembar masih 250. wenakkkkk

Reply

ITU DI KALIMANTAN KOK BISA MAHAL, YAK? TAEEE :'((

Kalo di Malang emang murah, kakak gue juga cerita. Pas dia balik ke Balikpapan, mau ngeprint jadi kerasa banget muahalnya. Hahaha

Reply

Mahal banget ngeprint doang, disini selembar 100 perak juga banyak, printer laser.

Reply

hihihi mahal bener yak
aku aja yang di Malang malah sekitar Rp 300,-/lembar kalo warna Rp 500,-/lembar

itu aja menurutku udah mahal, Yog kalo ngeprint buat >50 lembar. Solusi nya sih kalo aku pake kertas sendiri terus diprint di rental cuman habis Rp 100,-/ lembar, item ato warna.

jadi totalnya
kertas A4 80 Gram 1 rim : Rp 31.000,-
ngeprint 50 lembar: 50 xRp 100,-/lembar = Rp 5.000,-

hemat banget hehehehe

Reply

Ngeprint di kos ku aja yog,gratis mah kalo buat km,tp ongkos ke samarinda byr sndiri ya..

Reply

ke kostmu? jangan, nanti aku hamil :(

Reply

Yha.. emang semahal itu.

Ya Allah... itu Rp 100 kok bisa ya? tukang printernya untung berapa coba :(

Reply

dari jaman kita SMA kan udah segitu, Mif :')

anajaaayy.. makmur ya di Malang cuma segitu ngeprint, mana pake kertas sendiri pula. #GakMauRugi

Reply

Iya, Malang murah kalo ngeprint yog. Itu 1 ribu perlembar, gak bayangin kalo gue disana, palingan tiap hari makan nasi pake garem doang. -___-

Reply

njay hamil,kamu cewek yog ?

Reply

Berhubungan sama printer -_- kampret juga ya -_- aku kemarin di semester satu aja udah bingung waktu ngeprint hasil gambar autocad. mana kertasnya A3. Berwarna. 2500. 20 halaman. yakalik. Edan edanan -_-

Reply

kertas A3 harga Rp 2500 kayaknya masih murah deh. Disini a4 aja segitu harganya, kalo full warna Rp 5000. Ngeprint di luar emang kejam

Reply

hayooo gue cowok atau cewek? :))

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!