A Great Story Comes With Great Stupidity : Hal Norak Yang Dilakukan Penulis Saat Bukunya Terbit.

Hal Norak Yang Dilakukan Penulis Saat Bukunya Terbit.

Gak kerasa udah setahun buku pertama gue, Senior High Stress, muncul di pasaran. Pada saat itu gue bener-bener gak nyangka tahun 2013 gue diawali dengan terbitnya buku itu. Benar-benar sebuah kejutan awal tahun. Sedangkan untuk tahun 2014, gue awali dengan penuh kejutan juga: putusan sama pacar.

Aduh, kenapa jadi curhat begini? -__-

Balik lagi ke soal terbitnya buku. Perasaan gue saat itu campur aduk. Antara senang, tegang, dan keluar (apa ini?!). Tegang karena takut karya gue gak diterima masyarakat, khawatir bukunya gak laku karena gak ada yang kenal gue, tapi diem-diem gue juga mesem-mesem bayangin kalo buku itu meledak di pasaran dan dijadikan bom buku oleh teroris. EH BUKAN! BUKAN!! Gue bayangin buku gue meledak di pasaran, diundang talkshow, dimintain tanda tangan dan… udah ah, imajinasi gue terlalu liar saat itu.

ngumpul di buku romance :))
Sebagai orang yang berhasil nerbitin buku, tentunya ada perasaan bangga melihat nama kita sendiri tertera di cover sebuah buku yang berjejer di toko buku. Apalagi ketika melihat orang lain mengambil sebuah buku kita, membaliknya, membaca blurp-nya, mesem-mesem, kemudian dibawa ke kasir. Gak ada yang lebih membahagiakan melihat momen seperti itu. Bahkan momen ketika kita menemukan wc saat kebelet boker kalah dibandingkan melihat karya kita dibeli orang lain.

Gak cuma itu, banyak kelakuan penulis baru yang bukunya baru diterbitin, ada yang norak, najis hingga sok cool. Seperti apa aja?

1.SERING KE TOKO BUKU.

Gue yakin 100% penulis yang bukunya baru diterbitin bakal melakukan hal ini. Intensitas pergi ke toko buku yang biasanya untuk mencari bahan bacaan baru dengan tatapan buku-mana-yang-bagus-buat-dibeli berubah menjadi buku-gue-sisa-berapa-ya?

Gue gak munafik, gue sendiri melakukan hal ini. Saat dikabarin oleh seorang pembaca lewat twitter kalo buku gue udah ada di salah satu toko buku di Jakarta, gue segera meluncur ke gra*media kota gue. Sampai di sana ternyata stoknya masih 0. Gue inget, kota gue (Balikpapan) soal persebaran buku pasti telat sekitar 2 minggu. 2 minggu kemudian, buku gue akhirnya muncul dan ada di bagian “buku baru.” Saat itulah tiap 3 hari sekali gue ke gra*media dan menatap rak buku dengan tatapan buku-gue-sisa-berapa-ya?

Saat di toko buku juga banyak usaha yang gue lakuin agar buku gue dibeli. Misalnya aja ke komputer tempat untuk melihat stok buku. Gue tulis judul buku gue, “senior high stress” lalu pergi. Walk Away Like a Boss.

Saking seringnya gue nulis ‘senior high stress’ di kolom pencarian, pegawainya sampai hapal buku yang gue cari ketika gue baru ketik huruf ‘S’.

“Mas, nyari buku Senior High Stress, ya?”

“Enggg… Bukan mas, saya nyari Sukses UN 2013.”

Gue takut aja kalo jawab iya si pegawainyah bakal bilang, “OH! Masnya ini toh orang yang suka nulis senior high stress baru pergi?!”

Selain cara ninggalin jejak di komputer, misalnya gue rame-rame sama temen gue ke gra*media, gue dan mereka bakal mengelilingi rak buku tempat buku gue dipajang sambil pura-pura baca dan ketawa-ketawa biar orang yang lewat pada penasaran dan ikut ngambil buku gue.

Cara paling kejam adalah bikin buku gue keliatan dengan cara ditaruh dibagian depan menutupi buku lainnya. Cara-cara yang gue lakukan untungnya berhasil. Buku gue sempet stok 2 kali dan masuk ke bagian buku laris. 
azeght~
 Masuk di bagian buku laris itu bahagia banget. Karena rak bagian buku laris itu terletak di depan pintu masuk gramedia, jadi 80% orang yang baru datang itu pasti ngecek buku disitu.  Hingga akhirnya buku gue bener-bener lenyap di kota gue sendiri, saat itu gue liat di komputer stoknya sisa 2 tapi di rak biasanya udah gak ada. Gue pura-pura nanya ke mbak-mbak pegawainya,

“Mbak, buku senior…”

“Oh, senior high stress?”

Azeght. Mbak-mbak pegawainya tau buku gue.

“Iya. Kok gak ada ya? Di komputer stoknya masih ada 2.”

“Udah pesenan orang lain, Mas.”

Semenjak itu intensitas gue ke toko buku mulai berkurang menjadi seminggu sekali. Ketika ke gramedia lagi, gue segera ngecek lewat komputer lagi, stoknya masih sisa 2, temen gue pun gue suruh pura-pura nanya ke pegawainya dan jawabannya sama.

Minggu depannya gue ke gramedia lagi dan stok buku gue udah 0. Saat itu lah gue ke gramedia kembali dengan tatapan buku-mana-yang-bagus-buat-dibeli?

2.JADI PEMBOHONG.

Saat buku kita terbit, pasti tiba-tiba banyak temen yang dulunya nyapa kalo ada perlunya doang mendadak jadi sok akrab, sok asik dan sok deket. Ujung-ujungnya minta buku gratis.

MODUS!

Ketika gue menghadapi situasi ini gue pun bakal bohong bilang buku gratisan dari penerbit udah habis gue buat kuis. FYI, buku gratisan gue dari penerbit gue simpan buat kenang-kenangan, kuisin dan kasih ke orang yang bener-bener dekat sama gue.

Menurut gue, teman sejati pasti akan membeli karya temennya sebagai bentuk apresiasi, bukannya minta gratisan. Jujur, sampai sekarang gue masih terharu kalo inget anak-anak komunitas @StandUpBPN yang rela beli buku gue secara online karena gak sabar nunggu 2 minggu buku gue baru ada di gramedia. Gak cuma anak-anak @StandUpBPN, Temen-temen gue juga mutusin beli online, gue baca conversationnya di twitter,

“Beli bukunya Yoga di toko online aja yok, bertujuh nih.”

Gue terharu. Gue bahagia. Gue speechless. 

Belakangan gue tau mereka beli satu buku gue patungan bertujuh. LO KIRA BUKU GUE SAPI IDUL ADHA?!! *nangis*

3.SPAMMER MEDIA SOSIAL.
Seorang penulis baru pasti mendadak jadi spammer media social (twitter, blog, etc) untuk kepentingan promosi, biasanya sih dengan bikin kuis. Tapi, yang paling sering dilakukan adalah dengan nge-retweet-in mention yang masuk dari pembaca yang muji, yang ngasih kritik dibalas pake reply. Namanya juga promosi, mention yang muji otomatis di retweet biar followers kita tau dan tertarik beli juga.

Selain di retweet juga pasti bakal difavoritin. Ini yang gue lakuin. Apalagi kalo ada pembaca yang mention sambil twitpict selfie megang buku gue. Itu wajib buat difavoritin.
uwuwuwu :3
Kalo penulis dengan followers banyak dapet mention dari pembaca, di-retweet sama doi, retweet-an tadi bakal difavoritin sama pembaca tadi. Kalo gue enggak. Dapet mention dari pembaca, gue retweet, malah gue yang favoritin tweet dari pembaca. #PenulisGagal #FollowersnyaDikit

Sebenernya tujuan gue favoritin adalah kalo ada yang butuh testimony soal buku gue tinggal bilang, “cek favorit.” Azek.

4.GEER.
Geer? Iyap. Contohnya aja tiap jalan ke mall atau kafe selalu bayangin ada orang yang datang terus minta tanda tangan dan foto. Oke, ini narsis banget. mungkin ini karena efek melihat penulis yang sudah ‘besar’ dimention sama seorang pembacanya,

“Iya, kenapa gak nyapa? RT @PembacaAbabil: @PenulisTerkenal Kak, tadi nongkrong di McDonalds ya?"

Dan ini bikin gue sempet berimajinasi bakal dapat mention gitu terus ada orang datang minta tanda tangan. Nyatanya enggak, soalnya gue paling sering nongkrong di wc. 

Sewaktu buku gue baru seminggu terbit, temen gue sempet nanya, “Yog, kalo gue beli buku lo dapat tanda tangan gak??”

“Dapet kalo kita ketemu, tinggal minta kan?” jawab gue sok cool.

“Kalo gitu kita jangan ketemu, ya!”

Kampret.
sini kakak tanda tanganin lagi :3
Berbulan-bulan berlalu, imajinasi gue itu makin pudar sampai akhirnya ada pembaca yang beneran minta tanda tangan ke gue. Saat itu @StandUpBpn lagi ngadain stand up comedy show Take A Closer Look by Ryan Adriandhy, gue yang lagi nyariin tempat duduk kosong buat penonton, tiba-tiba ada cewek ngeliatin gue, gue balas liatin. Kita tatap-tatapan. Cieeeeeee…. Lalu dia ngeluarin buku gue dari tasnya sembari ngasih pulpen. “Kak,  tanda tanganin dong.”

Gue sujud syukur.

4.GANTI BIO + AVATAR TWITTER.
Rata-rata penulis (khususnya penulis baru) pasti akan menuliskan nama bukunya di bio twitternya. Banyak variasi kalimatnya, yang paling sering gue liat:
-Author of (Judul Bukunya)
-Yang Nulis buku (Judul Bukunya)
-Ordinary boy| Writer | Judul Bukunya
-folback just mention :)

Selain menuliskan nama buku di bio twitter, pasti juga akan mengganti avatarnya dengan cover bukunya. Norak? Gak juga. Namanya berhasil bikin karya, karyanya dijual, biar orang tau kalo kita yang bikin karya itu, ngapain malu? Itung-itung sebagai personal branding. Kalo lo malu artinya lo gak hargai karya itu, gimana orang lain mau hargain karya lo juga? :p


5.PENGEN CEPET-CEPET BIKIN BUKU LAGI.

Dalam hukum ekonomi, katanya manusia itu gak pernah puas. Dan hukum ini berlaku: Setelah berhasil nerbitin buku pasti bawaannya pengin bikin buku lagi. Apalagi banyak mention yang masuk nanyain kapan bikin buku selanjutnya. Gue pun ngalamin hal ini,

Pas baru terbit, mention yang masuk:

“Kak, bukunya bikin ngakak! Ditunggu buku selanjutnya!”

3 bulan berlalu dia mention lagi,

Kak, kapan bikin buku lagi??”

6 bulan berlalu,

“Kak, follback dong.”

Iya, gue ngerasa diteror dengan mention seperti itu karena belum bikin buku kedua. Selama setahun lalu sebenernya gue udah bikin naskah dan selalu… gue kurang puas. Selalu ada yang kurang, ntah dari konten ceritanya, ide ceritanya sampai benang merahnya. Gue mau lepas dari zona nyaman gue (bikin kisah bego-begoan) dengan bikin ide baru. Sempet kepikiran bikin cerita horror. Tapi gue inget, muka gue lebih horror dari cerita horror manapun. Sempet kepikiran nulis fiksi komedi romantis gitu, tapi ide ceritanya lebih parah dari ftv sctv. Kembali nulis kisah non-fiksi tapi tentang kuliah? Ah, cerita semasa kuliah gue gak seseru masa SMA yang gue jadiin buku Senior High Stress.

Maka dari itu, gue mau ngurus ngeblog dulu sembari kuliah kayak dulu. Sambil tetep mikirin ide buku kedua gue.

Gue menerbitkan sebuah buku melalui perjuangan. Menurut gue, menerbitkan sebuah buku itu kayak melahirkan seorang anak. Coba deh lihat, bapak-ibu yang berhasil mempunyai anak pasti. Pasti mereka bahagia. Anaknya dirawat, diberi nama, dipakein baju, dipamerin ke tetangga. Mereka bahagia, gak peduli kata tetangga perihal nama bayinya yang kepanjangan kayak titit onta, rambut sang bayi yang kribo padahal kedua orang tuanya berambut lurus atau kelakuan mereka sendiri yang suka pamerin keahlian bayinya.

“liat, anakku udah bisa jalan umur 8 bulan lho.”

Sama kayak nerbitin buku, begitu banyak kelakuan penulis (baru) yang menurut orang lain adalah norak, nyampah, pamer menurut sebagian orang. Tapi, gue gak malu ngelakuin hal itu semua, karena tidak ada yang lebih membahagiakan ketika karya kita berhasil terbit apalagi diapresiasi.

Sekian curhatan gue. Doakan agar gue bisa ‘melahirkan anak’ lagi.


“Jika orang meremehkanmu, balaslah dengan karya.” – Pandji Pragiwaksono.



sumber gambar:
Foto Syahrini minjem di sini:
Foto orang depan laptop minjem di sini
Foto orang Bohong minjem di sini
Foto toko buku minjem di sini

78 comments

Mungkin gue akan ngeposting beginian juga tapi agak lebih random lagi kalau karya gue udah jadi. Hehe. Ditunggu karya selanjutnya lagi brooo :)

Reply

Tetep lucu bang, coba aja sih cerita cinta komedi, bagian buku daru SHS gue demen tuh yg bab kisah kasih disekolah

Reply

bang kapan-kapan ke Depok ya, gue mau minta tanda tangan :v

Reply

ya ampun jadi mau nerbitin buku juga...
kayaknya udah banyak fans ya gara2 bukunya laris hehe :p
selamat!! :D

Reply

duh bang jadi iri gue. Jadi pengen2 cepet2 nyelesain buku deh. haha :\)

Reply

ditunggu buku ke-5nya ya kak!

Reply

ke-2 aja belum bikin -___-

Reply

ayo selesaikan! baru kalo terbit lakuin hal2 di atas #lah

Reply

hihi.. ayo bikin buku juga :3
makasih yaaa~

Reply

sediakan tiketnya dan gue langsung ke sana :))

Reply

haha itu favorit gue juga. pas ngetik ketawa geli sendiri x))

Reply

gue kurangi dosis randomnya, sebenernya banyak yang random tapi gue ambil yang secara luas orang rasain, biar gak kepanjangan juga postingannya.
aamiin, doain aja ya!

Reply

HAHAHA semua yang lo tulis bener :|

Mulai nulis bukunya sendiri di komputer gramed sampe ngejejerin buku sendiri. Apalagi waktu tau kalo akhirnya stok buku jadi 0 di komputer.. Udah kayak dapet undian umroh rasanya.

Iyah, emang keliatannya norak.. Tapi yang bisa ngerasain sensasi ini emang hanya orang2 yang udah bisa nerbitin buku.

Reply

hahaha yg diatas gue nih kayaknya curcol banget juga, edotz, edotz *geleng2*
tapi kalian hebat udah bisa punya buku sendiri dan dibaca banyak orang walau banyak cara yg mesti dilakukan demi lakunya buku itu, emang bukan norak sih, tapi emang kayak gitulah seharusnya, namanya juga bangga, hehehe btw baru putusan ama pacar ya?? masa iya?

Reply

Sayangnya gue belum pernah nerbitin buku jadi nggak tau gimana rasanya :/ Btw, bikin kuis lagi dong :3 <--ngincer gratisan

Reply

Hahaha gitu yaa. Jadi ikutan seneng kok baca ininya aja. Penulis baru ciaaa. Semoga buku baru-buku baru lainnya segera menyusul dan lebih ciamik lagi yaa!

Reply

ohh kamu yg punya buku itu, aku punya lohh, tapi aku lupa naroh di mana *udah tua gue ga tau karena gue juga belum pernah nerbitin buku tapi jika seandainya gue udah punya buku mungkin akan seperti itu juga, manusiawi sihh

Reply

ah, gratisan emang menggoda kak :3
bukunya di mantrain juga doong, biar yang baca bisa ikutan nerbitin buku gituu. kalo udah dimantrai pasti aku beli deh *eh :v

Reply

Kalau baca yang nomer satu, jadi ingat sama Shinchan. Doi yang bikin komik Buri-buri Zaemon sering ketoko buku buat majangin hasil karyana disono hahaha

Reply

Nomer 4 itu nyata banget. Ada kok itu. bener!

Reply

gue jadi... inget pas pertama kali bikin game. meskipun jelek, enggak tayang di app store manapun, dan enggak booming, tapi rasanya hampir sama kayak gitu.

Gue selebihnya memaklumi apa yang lo lakuin di twitter, soal ngeretweet mention yang muji hasil karya kita. Itu juga gue lakuin pas game pertama gue gue promoin di blog haha.

gue salut sama lo, udah bisa bikin buku dengan segala perjuangan. Gue berdoa, semoga entar pas gue ke gramedia, buku lo masih ada bang. Semangat! dann...minta folbeknya ya..

Reply

Hahaha.. Kalo soal ngeSpam di media sosial gak apa2 kok, kalo gak salah kemaren benzbara pernah ngetweet ttg itu, penulis harus buang malu untuk promosiin bukunya, gak bisa hanya berharap ke penerbit krna ada banyak juga buku yg harus di promosiin penerbit. :3

Trus itu teknik nutupin buku lain di rak, semua penulis kayaknya sering kek gitu. Hahahaha -___-

Kalo soal temen yg minta buku gratis gue sepakat jangan kasih, kalo kata pandji mah, harusnya yg menghargai karya kita itu ya temen sendiri krna dia lebih tahu gimana proses kita nulis sampe jd buku itu. #haseekk

Eh gue baru tau di BE ada penulis buku juga, salam kenal..gue pernah lihat buku lo di gramedia, tp gue gak beli soalnya gue gak kenal penulisnya. Hahahaha --V

Reply

pernah ga sengaja ketemu kamu,,kaget plus seneng banget..langsung kepikiran mau minta ttdnya..tp baru sadar..kalo aku ga bwa bukunya... :((

Reply

hahah. mungkin yang kamu tulis itu bener semua bang. karena saya pernah dengar kalo bang Radit (kambing jantan) itu juga pernah stand up kek gitu. gak tau stand upnya itu fiksi atau gak.

tapi itu adalah cara-cara jitu untuk bisa membuat karya semua orang bisa dikenal.. Sukses dengan buku keduanya. semoga saya bisa cepet nyusul ya..! hahahaha Amiin

Reply

Hahahaha, kece lo bang..
Kalau ketemu lo bang, akan gue tanda tanganin semua buku lo hihihi

Reply

Suatu saat mudah-mudahan gue berada diposisi ini.

Btw, gue udah baca buku lo kira2 dua bulan yang lalu, dan memang keren.

Reply

Di point ketiga itu mbak-mbak meganekko-nya tjakep yah :3
#syudududu
#TeamSalahFokus #AsAlwaysBro

Reply

rasanya gitu yah kalo udah bikin buku, gue sih bukan liat norkanya tapi liat usaha untuk mengenalkan buku lo ke orang-orang.

dunia kuliah jug nggak kalah seru kalo lo telusuri lebih dalam. belum nemu ajah mungkin..

Reply


bentar bentar...aku baru tau kalo kamu udah nerbitin buku...aaarghh..telat info..
iyasih ya...berasa kayak punya anak baru gitu...

aku juga ngerasain...walau cuman bikin cerpen yang diterbitin sebagai buku antologi sih..tapi udah berasa banget senengnya..apalagi yang bikin buku ya,,,pasti lebih greget....

gapapa lah norak...yang penting bisa dibanggain... :D

Reply

Anjrit. Jadi, seperti ini euforia setelah bikin buku.
Hal-hal yang lo lakuin diatas itu mungkin emang bener semua. Karena gue melihat kebanyakan penulis baru melakukan itu. Tapi, sekali itu juga membuat gue jadi iri pengin mencoba menulis dengan membuat buku karya sendiri. Ya, semoga aja bisa. :)) #curhat

Reply

Hahaha keren. Mudah-mudahan gue juga bisa mengalami hal-hal bego tapi bener seperti yang elu tulis di atas. Amin.
Dan yak, ditunggu buku selanjutnya! sabar aja dulu Yog biar hasilnya maksimal.

Reply

hahahahahha ..... bener-bener hapal ya :D

kira-kira dapeet fee berapa men setelahnerbitin buku gitu ?

Reply

hapal dong, gue yang lakuin xD
tergantung laku enggaknya buku. lalu diambil berapa persen (tergantung perjanjian, biasanya 10%) - Pph pasal 23 (15%) nah, itu dapetnya.

Reply

amin!
iya, doain aja, gue juga nunggu 'pasar' stabil :p

Reply

iya kurang lebih gitu rasanya :')
ayo, jangan takut untuk berkarya :)

Reply

yah kudet, makanya langganan reg(spasi)yoga :))

hehe tuh lo udah pernah rasain kan? :p

Reply

nah kadang usahanya itu dianggap norak kan sama orang lain? itu maksud gue hehe..

belum banyak pengalaman yg gue alamin sebenernya :))

Reply

amin, semoga bisa cepet nyusul ya!

hehe makasih sudah baca bro

Reply

kira-kira begitulah :))
amiin. semoga bisa nyusul yaaa :)

Reply

yang di perpus kota? :)) #eaaaa

Reply

yap, gue sempet baca juga kultwitnya..
nah untuk poin jangan kasih temen gue terinspirasi dari pandji sebenernya :))
haha iya salam kenal jugaaa.
BELI BUKU GUE!! BELI!!!

Reply

WOW? game apa? :o
haha kalo masih ada di beli yaaa... kalo gak ada ya beli onlen #maksa

Reply

huahaha dan alhamdulillah jadi kenyataan yang awalnya cuma khayalan

Reply

jrit, jadul banget ini episode shinchannya x))

Reply

kalo dikasih gratis sih gpp terima, kalo minta gratisan mah jangan :p
udah dimantrain dengan cover + blurp. beli gih :))

Reply

wah ternyata ada yg punya buku gue tapi gak kenal penulisnya x))
iyap. namanya juga usaha..

Reply

hehe makasih ya.. amiin, doain aja :3

Reply

haha, kalo udah bisa nerbitin pasti ntar rasain kok.
bukunya udah habis gue kuisin, beli aja :p

Reply

haha you got the point. Namanya juga bangga :))
putusan sama pacar? hggg... jadi, gini ya...

Reply

udah lama gak mampir ke sarang capung :c

rasanya kayak kalo jadi yang ikut bikin karya di koran dinding sekolah, trus dipampangin di mading...
kerjaan tiap hari cuma ngeliatin komik yang dibikin, sambil senyam-senyum berharap ada orang yang nengok ke madingnya trus ikutan senyum.. gitu terus sampe koran dindingnya ganti xD

Reply

wah keren bener udah bisa nerbitin buku sendiri ._.

keren kok broo, nggak norak kok. namanya aja euforia penulis baru debut :D

Reply

keren bang gue jadi mau ikutan nerbitin buku ahhh semangat :)

Reply

gue udh baca buku lo bang, jelasin dong cara dari naskah sampe penerbit ceritanya gimane. kalo bisa sama halaman di naskah terus kriteria nya gimane?
*penasaran* hahahaha

Reply

kan udah diceritain di halaman kata pengantar :))

Reply

haha dulu lo loyal reader gue xD

ya kira2 gitu lah rasanya..

Reply

haha sebenernya postingan ini buat ngubah mindset orang yang anggap norak :))

Reply

Di tunggu buku yang selanjutnya eyaaa :)

Reply

Kampreeetttt...... Baca tlisan lo gue jdi iri bnget, yog.
Tahun ini hrus jadi buku gue. Iyaaak...!!! Harus jdi.
Tpi emang sikapnya kyak gtu, yak klo bkunya bru terbit? Gppe dah, yg pnting nntinya bku gue trbit.
Gue jga udh pnya bku lo, yog. Eheheh.... Ga nnya ya? Lupain aj .__.

Reply

gue udah lakuin semuanya tuhhhhh....
kalo bukan penulisnya yg begitu siapa yg mau begitu cobaaa..

Reply

amiiin... semoga bisa terbit yaaa :)
huahaha thank you udah beli :3

Reply

aku belum jadi penulis buku nih Yog, gara gara aku ga bisa lucu :( ajarin lucu dong, biar bisa bikin ngakak orang! eh Yoga stand up comedian juga ya? kenapa aku ga bisa lucu sih, hiks,... :'(

Reply

Karena kalau udah bisa berkarya dan karya tsb diterima masyarakat itu kadang bangganya nggak ketulungan jadi yang lo omongin itu bener semua hiks hahaha gue lagi proses bisa bikin buku juga, insya Allah dah :D

Reply

kalo gak lucu nulis buku 'cara agar tidak lucu' aja :(

Reply

kira-kira begitulah.
ayooo selesaikan '_')9

Reply

Nomor 1, 4, 5 pernah aku alamin :3 hehehe

Reply

untuk semuanya belum gue alamin semua,
muke gile rasanya kayak gitu ya kalau stocknya habis.
ngak ngebayangin kalau gue bisa buat buku kayak gitu, apalagi yang beli cewek cewek gitu.
waduhh muke gile hihi. :DD

Reply

hehehe ya ghitulah, apalagi kalo yg twitpict cakep kek gitu :3

Reply

wah berarti penulis juga nih :))

Reply

That moment when gue jejerin buku sendiri, nutupin buku yang lain. Like a boss...

Reply

Gue juga pengen ngelakuin hal yang sama kayak lo kak! Kira-kira kapan ya? hemmm....

Reply

lo sendiri yang tau kapan waktunya. Semoga cepet terealisasikan ya~

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!