A Great Story Comes With Great Stupidity : antara ngawas dan cuci mata

antara ngawas dan cuci mata

Dulu jaman gue masih muda SMA, gue paling kesel sama yang namanya pengawas ujian. Udah dikasih soal susah, waktu terbatas, diawasin pula, gak boleh tolah-toleh lagi! Sekali noleh barbel melayang.

Ngehek banget...

Tapi, tanggal 29-30 November kemaren gue berada diposisi orang yang dulu gue benci itu. Iya, gue jadi pengawas ujian. Muehehehe...
Ceritanya di tanggal 28 gue diajak ikut sosialisasi UN, karena gue kuliah jurusan keguruan, jadi alangkah baiknya gue datang. Selain nambah pengetahuan, gue yakin juga dapet makan siang gratis. Oke, itu mental anak kost banget.

Sampe disana, bukannya sosialisasi UN yang gue dapet, malah sosialisasi jadi pengawas TDS dari puspendik (pusat penelitian pendidikan). Karena udah terlanjur datang dan disogok nasi kotak, akhirnya gue dikasih tugas untuk ngawas selama 2 hari di 2 SMA yang berbeda. Dan, SMA-nya itu jauh banget!! Rumah gue di balikpapan timur, SMA-nya di balikpapan utara...
Kalo bulan puasa gue kesana mungkin gue bisa dianggap musafir saking jauhnya... Karena jauhnya itu, gue kudu berangkat jam setengah 6 pagi. Jam-jam dimana biasanya gue masih mimpi basah.
denah perjalanan gue...
 Lebih kampretnya, sebelum ke SMA-nya gue harus ngambil soalnya dulu di hotel dan setelah selesai juga harus balikin soalnya ke hotel.

Makin lengkap penderitaan gue.

Hari pertama ngawas, gue kedapatan kelas 12 IPA 1. Karena sifat ujian ini dadakan, jadi bisa dipastikan gak ada yang bawa papan scanner. Untungnya mereka kreatif. Untuk alas LJK mereka menggunakan berbagai macam benda. Dari buku cetak, laptop, hingga foto pak SBY. Jika pak SBY tau mungkin mereka semua udah ditembak satu persatu sama paspampres.
Ada kejadian kampret ketika gue ngawas kelas ini, bukan karena mereka ribut, tapi karena ada gerombolan cewek-cewek dari kelas lain yang habis pelajaran olahraga bergosip diluar kelas. Dan cewek-cewek yang bergosip itu suaranya udah beda tipis sama terompet sangkakala... Bikin kuping mimisan.

"SSSSTTTTT...."
"DIEM WOOOOY!!!"

Anak-anak yang gue awasin mulai terganggu. Karena gak tega, gue keluar kelas buat nyuruh mereka diem dan minta nomer hape mereka. Oke, itu kelakuan jomblo banget.
Kira-kira ketika gue berjarak 2 meter dari gerombolan cewek-cewek itu, gue mau bilang, "ssssttt... Mohon diam. Di dalam lagi ujian!" Belum aja gue bilang, mereka mendadak diem, yang tadinya bergerombol mendadak duduk dan ternyata di tengah-tengah gerombolan itu ada guru olahraga dan guru itu serem banget! Kumisnya mohawk dan tangannya berurat-urat. Kalo gue ditabok gara-gara "ssstttt-sssttt-in" dia, mungkin gue sekarang lagi koma di rumah sakit selama 3 bulan.

Guru olahraga itu berdiri dari tempat duduknya. Matanya melotot liatin gue. Gue pun pura-pura buang sampah sambil siul-siul, kemudian ngibrit ke dalam kelas lagi. Karena mereka kembali ribut,  dan gue gak pengen mati sia-sia ditangan guru olahraga itu, ada anak sok berani yang mau negur gerombolan itu, gue pun ijinin aja dia keluar kelas. Tapi sampe bel istirahat bunyi, itu anak gak balik-balik. Apa mungkin dia segera dilarikan ke rumah sakit terdekat atau kuburan termurah? Ah, sudahlah :|

Lain lagi pas ngawas hari kedua. SMA yang bakal gue awasin ini terkenal dengan murid-muridnya yang anggota geng motor. Gue gak berani jahat pas ngawas, takut aja pas gue lagi keliling ngawas tiba-tiba ada gir motor melayang. Atau pas selesai ngawas, motor gue udah dipretelin hingga jadi sepeda roda 3.
kalo jadi gini -___-
Tapi di kelas yang gue jaga, alhamdulillah wajah murid-murid ceweknya pacar-able banget. Ada yang wajahnya agak chinese, ada yang body-nya mirip miyabi juga, tapi ada juga yang body-nya overdosis gizi.

"Sambil menyelam minum air." Itu peribahasa yang pengen gue lakuin. Ngawas sambil modusin cewek-cewek SMA. Jadi gue keliling sambil sok-sok meriksain identitas di LJK. Sampai di target modus, segera jalankan misi buat modusin. Contoh:
"Dek, ini ditulis yang tebel dikit ya namanya."
"Iya, Kak."
"Namamu... Janette?"
"Iya, Kak. Kenapa?"
"Oh gak apa-apa, nomer hape-nya berapa ya?"
"...."

Atau malah pas absensi...

"Namanya ditulis disini ya"
"Disini kak?"
"Iya"
"Pin bb-nya tulis disini ya" *sodorin bb*
"...."
#Modus #ModusEverywhere
.....
 Tapi kenyataan berkata lain, tiap gue keliling di bagian cewek-cewek, selalu aja anak-anak cowoknya ribut, mau gak mau gue harus ke bagian cowok lagi. Atau enggak, tiap baru ngelewatin bagian cewek overdosis gizi, gue selalu ditanyain tentang soal yang gak ada jawabannya.
"Kak, ini option soal no.47 gak sesuai sama paragrafnya." Tanyanya pelan.
"Oh, jawab aja ‘A’ dek, di SMA sebelumnya juga A." Jawab gue.
"Iyakah kak?"
"Iya."
"Yakin?"
"Iyaaa..."
"Ciyus? Enelan? Cumpah?"
"...."
"WOI!! 47 A!"
Tiba-tiba dia teriak dan sumpah, suaranya mirip suara ledakan granat jaman perang dunia 2. Kenceng banget!!

Walaupun gue gak sempet banyak modusin cewek-cewek SMA, tapi gue seneng banget jadi pengawas. Selain bisa liat cewek-cewek berseragam SMA, gue juga digaji. Ehehehe... #MentalMahasiswa

Pantes aja guru-guru itu awet muda, tiap hari liat yang bening-bening gitu... Jadi pengen cepet-cepet lulus....
gue dan temen-temen Pengawas...
 Doakan gue cepet lulus!
.
.
.
.
Padahal baru kuliah 1 semester. -___-

20 comments

Cieeee jadi pengawas... dari diawasi jadi mengawasi..

tapi kok...
jadi demen modus gitu... penyalahgunaan pangkat --"

entah kenapa, gue punya feeling yakin, meskipun (misalkan) itu bener nge-modusin cewek disana, kayaknya langsung ditolak modusannya~ :P

Reply

Yog. Tolong bungkusin yang chinese satu, paketin ke jogja. :3

Gak kebayang yog, murid lo entar diajar guru kaya elo. Suram..

Reply

ancek pasti yg chinese2 itu bau2nya kayak magdalena :)))

Reply

muehehehehe...
kampret!! :))

Reply

yg chinese gue sekap di rumah >:)

BANGKE!! NGEHEK!! KAMPRET!!

Reply

wowow muncul2 capung jd pengawas :))
salam ya buat yg ganteng :))

Reply

Jadi sekitar jam enam pagi itu elu biasa mimpi basah Jog? Pantes kurus #eh

Reply

bang, pas ngeliat poto loe, gue jdi inget ama tetangga gue yang biasa nguber nguber anak kecil. .

Reply

waah, gurunye modus

Reply

bisa banget, ngawas ujian sambil modus.
Jempol dah buat abangnya

Reply

mueheheheh :))
gak ada yg ganteng mbak :p

Reply

kenapa fokusnya dikata-kata itu?!

Reply

gue belom jadi guru jd gpp modus .__.

Reply

Kayaknya dulu yang ngawas lo agung hercules ya ? =)) sampe barbel melayang. Pengalaman yang bagus tuh bro, bisa buat modus, bisa juga liat psikologi anak-anak yang lagi un kaya gimana.

Oiya gue ada artwork nih, kalo mau liat mampir aja :)

Reply

coba murid-muridnya disuruh baca yang ini cobaaa....

Reply

ah... mereka ga tau blog ini :p

Reply

psikologi darimana coba? :))
udah gue liat~

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!