A Great Story Comes With Great Stupidity : Akhirnya dot com Juga! (+ Tutorial Memasang Domain .com)

Akhirnya dot com Juga! (+ Tutorial Memasang Domain .com)

Dari judul postingan ini tentunya udah pada tau kan gue mau bahas apaan? Yak, betul! Meningkatkan perekonomian Indonesia melalui sektor mikro dengan budidaya ternak lele.

YA ENGGAKLAH, BANGKAI.

Sudah jelas gue akan membahas perubahan domain blog ini.
Mengganti domain dari blogspot.com menjadi .com adalah impian gue sejak awal tahun 2015. Iya, tahun 2015, padahal sekarang tahun 2016 udah mau abis, eh baru kesampean. Tapi gak apa-apa, mending telat daripada enggak sama sekali.

Ada beberapa hal yang membuat gue ragu mengganti domain saat itu.

1. Jenuh ngeblog
Gue sudah cukup lama ngeblog, aktif sejak tahun 2011 dan tahun 2014-2015 merupakan tahun jenuh bagi gue ngeblog. Temen-temen blogger yang gue kenal sudah pada meninggalkan blognya karena alasannya masing-masing. Kalo gue pasang domain juga gue gak punya temen ngeblog, percuma dong pasang? Udah mahal-mahal beli, eh gue tergoda untuk pensiun nge-blog gara-gara gak punya teman. #GakMauRugi

Karena tujuan gue ngeblog cuma berbagi cerita, jadilah gue tetap berusaha ngeblog dengan tetap menggunakan blogspot.com walaupun kadang sebulan cuma sekali ngepost. Eh, gak taunya gue tetep ngeblog sampai 2016 ini! Huahahaha.

2. Gue takut traffic gue ‘jatuh’ 
Begini, bisa dibilang kan gue udah lama ngeblog baru kepikiran ganti domain. Nah, setelah gue baca-baca artikel yang berkeliaran di google, efek paling terasa di awal-awal mengganti domain adalah traffic blog kita akan jatuh (walaupun hanya sementara). Index google, pageview, pagerank dan alexa rank akan ‘kembali’ seperti blog yang baru dibikin. Pas gue baca artikel itu gue cuma manggut-manggut dan mulai berpikir keras.

PAGE RANK ITU APA YA ALLAH?!

APAKAH PAGE RANK ITU PENTING BUAT BLOGGER MACAM GUE YANG NULIS GAK PENTING BEGINI?!

APAPULA ITU ALEXA RANK?!

SATU-SATUNYA ALEXA YANG GUE TAU CUMA INI:
Yha. Gue emang cupu soal pengetahuan ngeblog. :’)

Walaupun traffic gue gak tinggi-tinggi amat, tapi inget perjuangan gue selama 5 tahun itu, masa gue tega membuatnya jadi kayak blog baru lahir lagi? Berjuang tidak sebercanda itu, brother. Yaudah gue bertahan menggunakan blogspot.com saja.

3. Masa propagasi blog yang lama 
Karena gue cupu dalam hal beginian, gue jelas tanya-tanya ke temen blogger yang sudah pasang domain .com duluan dan ternyata mereka punya cerita gak enak. Perpindahan domain ke .com ternyata butuh proses menyambung dengan server hosting, atau yang disebut propagasi. (Jika kalian bingung gue nulis apaan, nah! Sama! INI GUE NULIS APAAN SIH?!)

Intinya adalah blog jadi agak susah dibuka/diakses gitu. Kadang bisa dibuka, kadang enggak. Temen gue ada yang 2 bulan gak bisa dibuka, ada yang 3 bulan, bahkan ada yang 6 bulan. Tambahin 3 bulan, gue yakin blognya bisa lahirin anak dan menjadi keluarga yang bahagia.

Gue baca-baca artikel lagi, katanya sih proses itu normalnya sih 0-24 jam, paling lama 3 hari. Mungkin temen gue bisa sampe lama gitu karena panik dan kebanyakan di utak-atik, bukannya bener, malah makin kacau. Sebagai anak ekonomi tentunya gue berpikir ke risiko terburuk. Gue takut blog gue susah diakses. Sudah bayar domain mahal-mahal, eh blognya gak bisa dibuka. #GakMauRugi

Setelah melewatkan hening yang panjang, pikiran yang berkecamuk dan sholat istikharah, pada akhirnya, gue memutuskan untuk tetap membeli domain .com. Gue bener-bener sudah gak peduli dengan ketakutan-ketakutan gue tadi. Pokoknya beli! Gue berani memutuskan begini soalnya yaaaa…

1. Re-Branding
Blog gue nama awalnya adalah silumancapung. Walaupun nama itu enggak ada kaitannya yang erat dengan gue (karena gue tidak berbuntut dan bersayap empat), tapi nama blog ini sudah melekat erat sejak aktif ngeblog dari kelas XI SMA sampai lulus kuliah alias… 5 tahun. :’)

Gue inget banget temen-temen SMA gue dulu manggil pake nama ‘Yoga capung’. Saat itu gue ngerasa keren abis.

Gak lama, sekumpulan temen-temen cewek manggil gue dengan ‘om cupang’ lalu tertawa secara binal. Saat itu gue merasa hina sekali. Bawaannya pengin meninggalkan bekas merah di leher mereka masing-masing.
Gue milih nama itu juga gak sengaja, selain karena saat itu banyak blogger yang make nama hewan buat blognya, nama silumancapung juga gampang diinget. Nah, setelah kebersamaan 5 tahun itu, gue pikir-pikir, sepertinya gue musti ‘lepas’ nama silumancapung ini karena gue udah 22 tahun dan… kayaknya udah gak cocok lagi pake nama blog aneh-aneh lagi. Sedih sih sebenernya, tapi ya gue musti re-branding blog ini, biar kesan Yoga yang dulunya suka bikin postingan gak jelas banget, menjadi Yoga yang bikin postingan gak jelas aja. Ehe.

Awalnya gue pengin make nama lengkap gue: yogacahyaputra.com tapi kayaknya kepanjangan dan lebih mirip blog bapak-bapak. Gue pun memutuskan memakai nama yang familiar dengan gue: yogaesce.com.

Pas sudah pasang domain, gue baru sadar kalo nama ini malah mirip nama warnet. :’)

FYI aja, nama yogaesce sendiri sebenernya lahir karena gue punya blog silumancapung ini. Nama itu adalah username twitter gue dan kemudian hampir semua sosmed gue dinamain dengan itu. Yogaesce terdiri dari yoga-es-ce, alias yoga-s-c, yang mana merupakan singkatan dari Yoga Suka Col… Eh, enggak. Yoga Siluman Capung.

Jadilah yogaesce.com. \o/

2. Gak capek nulis/ngetik
Gue pernah waktu itu diundang dinner sama salah satu provider gitu bersama para blogger lain. Tentunya saat sampai di restorannya, gue mengisi daftar hadir yang sudah tersedia berupa nama gue dan nama blog, saat itulah gue nulis ‘silumancapung.blogspot.com’ dan apa yang terjadi sodara-sodaraaa???

Kolomnya gak muat!

Setelah kejadian itu, gue pun memilih diam. Ya enggaklah! Gue mulai berpikir untuk pasang domain biar lebih singkat ditulis dan keren. Kan, keren aja kalo nulis nama blog: y.com

SINGKAT ABES! KAYAK BALASAN CHAT DARI CEWEK YANG JUAL MAHAL!

Gue juga termasuk orang yang suka hapus history browser gue, tujuannya jelas biar gak ketauan kalo abis buka situs bokep. Ya enggaklah, bangkai! Gue hapus soalnya biar gak Menuhin memory internal hape gue. Sialnya, setelah hapus history browser gitu, misalnya gue mau ngetik nama blog gue sendiri, itu ternyata… panjang juga. Capek ngetiknya. Gue hitung-hitung sih saat mengetik silumancapung.blogspot.com itu menghabiskan 0,13% energi gue.

Kalo sudah ganti domain gini kan asoy. Gak capek ngetik.

3. Gak dikucilkan dari pergaulan
Tahun 2016 ini gue menemukan keseruan lagi dalam ngeblog dan membentuk sebuah geng blogger, jadinya ya akhirnya gue menguatkan niat untuk ganti domain. Apalagi, dalam komplotan gue, Wahai Para Shohabat, semua anggotanya sudah pake domain .com, cuma gue sendirian yang masih pake blogspot.com.

SENDIRIAN.

SEN-DI-RI-AN. :(

Adi mengubah blognya dari keriba-keribo.blogspot.com menjadi keriba-keribo.com

Ichsan mengubah dari ayam-sakit.blogspot.com menjadi ayamsakit.com

Daus mengubah dari sesuatubangetsob.blogspot.com menjadi salahtulis.com

Iya, Daus yang mengubah namanya paling jauh. Mengikuti jejak Daus, gue mengubah nama blog gue jadi bener-bener jauh juga walaupun gak seekstrim Daus.

Ini. Sesuatu. Banget. Sob!

Ya gue takut aja kalo gue terus bertahan dengan domain blogspot.com, mereka diam-diam bikin grup tandingan yang angotanya cuma mereka bertiga, lalu mereka merencanakan kudeta kepada gue. Nanti gue bakal di-kick dari grup. :’)

Sebelum rencana jahat itu terlaksana, gue sudah mengantisipasinya! Muhahahaha.

Yeah, itulah ketakutan dan alasan gue kenapa akhirnya memutuskan memasang domain .com. Saran gue sih buat yang belum pasang domain .com coba deh kalian pergi ke kaki Gunung Semeru, meditasi dan mulai bertanya pada diri kalian sendiri: mau serius ngeblog apa enggak?

PIKIRKAN.

Kalo serius, buruan pasang domain, jangan sampe kayak gue yang sudah lama ngeblog malah baru pasang. Nah, mumpung gue udah pasang domain .com, gue sekalian aja bagiin Tutorial cara memasang domain .com bagi blogger pemula.

Bingung?

Jangan khawatir. Ikuti langkah-langkah gue ini, ya. Tapi sebelumnya, tolong siapkan bahan-bahan sebagai berikut:

1. Situs penyedia jasa domain dan nama domain yang akan kalian gunakan
Kemaren gue beli di qwords.com dan ketika masuk di situsnya, bisa dipakai untuk mengecek ketersediaan domain.

Kalian musti mengecek dulu ketersediaan nama yang akan kalian pakai. Jika nama yang kalian inginkan tersedia, ya beli, lah! Jangan ngecek-ngecek doang eh gak beli. Buang-buang kuota! PHP! Hih!

2. Uang di ATM
Karena domain TLD (Top Level Domain) itu berbayar, maka siapkan uang di ATM untuk membayar domain yang akan kalian beli. Kemaren gue beli domain totalnya abis Rp 148.500 (sudah sama pajak). Inget, uang beneran, jangan uang monopoli. Apalagi uang rakyat.

3. Koneksi Internet
Membeli dan memasang domain tentunya membutuhkan koneksi internet. Jadi ini jelas bahan yang wajib ada, kecuali kalian sudah bisa menemukan cara mengakses blog dengan tenaga dalam, gak apa-apa kalian gak nyiapin koneksi internet.

4. Teman yang berpengalaman dan terpercaya.
Siapkan juga temen yang sudah berpengalaman dalam memasang domain. Kenapa? Pertanyaan bagus! Biar pas kamu bingung masang domainnya gimana, ya tinggal Tanya temen aja. Gak usah nanya di twitter pake acara bikin polling segala. Kelamaan!

Oiya, makin banyak teman yang berpengalaman, makin baik.

Jika sudah lengkap bahannya, berikut tutorial memasang domain .com bagi blogger pemula. Cara ini benar-benar sudah TERUJI karena gue kemaren menggunakan CARA INI! Simak baik-baik biar gak salah langkah:

1. Hubungi teman yang berpengalaman dan terpercaya tadi
2. Basa-basi bertanya apakah dia sibuk atau enggak
3. Jika dia tidak sibuk minta tolong pasangin domain
4. Berikan alamat email dan password-mu
5. Duduk manis menunggu
6. Tunggu kabar baik
7. Jika sudah selesai, ganti duitnya.
8. Bikin postingan akhirnya jadi dot com juga dan membagikan tutorial memasangnya bagi pemula.

Lihat, gampang, kan? Kemaren gue minta tolong ke Adi keriba-keribo buat masangin karena gue emang gak ngerti sama sekali dan takut kenapa-kenapa. Ehehe.

Eheh.

Ehe.

Eh.

E.

.

.

.

….Kayaknya sampai di sini aja deh, ya? Semoga postingan ini memotivasi blogger pemula untuk serius ngeblog. Terima kasih sudah mampir dan membaca. Bhay~  




---

Sumber gambar:
http://www.dreamers.id/article/tag/single%20baru~26

83 comments

kangen sm siluman
RIP silumancapung. akhirnya sudah ga jadi siluman lagi
kamu bikin domain aja pake joki,curiga skripsi kemarin pake joki juga ya, hmmm....

Reply

Selamat datang di geng dot com kakak capuung hahaha :p

Gue udah setahun dong

Long time no heree, tau tau udah ilang aja tu capung siluman XD

Btw traffic jatuh itu kena nya buat yg ganti url blog tapi masih blogspot. Kalau ganti jadi dot com, itu ada opsi nya kok biar langsung re-direct ke yang dot com. jadi pembaca nggak terbang

Reply

Haha kita sama cees. Poin nomer 2 itu juga jadi alasan saya ganti domain. Dulu alamat URL nya kepanjangan anjis. Males musti ngetik "blogspot" di akhiran alamatnya.

Ngomong-ngomong, alamat blog lu yang sekarang ini keren kok yog. Gampang diinget, singkat juga.

Oiya, HAI OM CUPANG!! HAHAHAHA. (ketawa binal).

Reply

Oh yogaesce itu toh kepanjangannya, kirain Yoga Suka Co...... ahsudahlah.

Btw sedikit kuciwa domainnya nggak jadi silumancapungaliasyogaescepartdua.com #dibakar

Reply

Sebenarnya sebelum baca tulisan ini, aku sedikit ada curiga gitu, waktu ada pemberitahuan facebook, bahwa fanspage siluman capung ganti nama. Pikirku apa bakal ganti nama, atau bahkan domainnya juga sekalipun...

Dan hari ini ketika baca, betul, ganti domain juga :)
Horreee, blogspot.com :(

siluman capungnya lagi istirahat ya bang :D

Reply

Welcome to the club bro! X)
Tiada lagi silumancapung, yang ada dan tersisa hanyalah siluman-siluman cupang. Cupang kanan-kiri, lalu digampar pake butterfly. Makyoss

Reply

Ahahahahhaa itu band Alexa jaman kapan anjir. :))

Kasian Daus jadi ketahuan blog aslinya. Tapi gakpapa, panduan bikin domain dot com-nya sesuatubanget, sob!

Reply

Lo nggak tau alexa page rank yog ? pffftt.

Selamat datang di dunia dot kom, abis ini pasti langsung dapet emial dari admin traveloka, uhuy.

Reply

Aku baca sampe habis buat nyari tutorialnya. Tutorial yang sangat bermanfaat sekali, Yoga. Well done! :)

Reply

aih......nih tutorial gue kiraiin cara ngeganti domain secara GRATIS!!!, eh ternyata bayar juga pake ATM -_-.

"Bawaannya pengin meninggalkan bekas merah di leher mereka masing-masing" MAKSUDNYA APAAN??????

Reply

Kirain yogaesce itu yoga es cendol
Tw kam es cendol?
Itu enak bang kalo diminum pas musim panas
Apalagi dibayarin sama temen temen satu genk

Reply

om cupang.. hmm...

selamat yah, kau telah menjadi manusia sejati..

Reply

Pernah terpikiran untu ngubah domain jadi com juga, tapi sampe sekarang ga terealisasi. Pikir dan pikir blog juga jarang ngepost. Jadilah setelah 4 tahun domain masih tetap wordpress.com

Sekarang malah gak kepikiran lagi, udah nyaman sama wordpress. Memang sih bakalan susah masuk page one google, tapi gpplah, gue juga nulis keseharian aja. Pembaca juga orang itu-itu aja.

Masuk page one google juga buat apa -_-, blog gue gak jelas, bukan blog tutorial. Gue gak mau menyesatkan orang lebih dalam lagi. Cukuplah blogger aja yang gue sesatkan dengan tulisan gue.

Reply

alhamdulillah ya akhirnya si silumang capung menyadari bahwa seharusnya dia itu manusia seutuhnya, jadi nge re-branding heuheu :(
bang yoga capung selamat ya atas ganti domainnya. jadi ikut seneng deh hehehe berarti kalo ku mau ganti domain kutanya bang yog bisa dong :D

bhaha sendirian pake blogspot.com di antara WHS ternyata menginspirasi juga. semoga berkat bang yog ganti domain, aku akan cepat menyusul hehe aamiin #lah

Reply

Aku juga punya niat ganti domain, tapi masih bingung, setelah baca postingan ini aku udah agak sedikit gak bingung.
Makasih mas

Reply

Setelah baca ini, jadi mikir juga. Sepertinya aku baru 'niat' ngeblog itu dari tahun 2014-an alias waktu lulus SMA, karena waktu masih SMA mah gimana mau nulis, laptop aja kagak ada. Pageview? Lah ga usah ditanya. Kagak ada :))))))))

Sekarang ingin banget ganti .com, tapi yang jadi concern adalah:
Kok segala ditulis di blog ya? Ya kuliner, ya beauty, ya curhat, ya travelling..

Bodo amat deh ya namanya juga blog pribadi. hahahaha

Reply

Tambah rajin ini pasti nge postnya #GAKMAURUGI

Reply

Jadi kepengen ganti jugak. Cumak masalahnya aku gak tau mau belik domain di mana. Tau tau si dia uda bersama yg lain aja.. ._.

Wah uda lama jugak ya ngeblognya. Semoga tetep konsisten nulis, Yog! Uda banyak blogger yg vakum en beralih ke media lain :')

Reply

Perasaan di judulnya gak ada tulisa gratis deh. Dasar biji....

Reply

Baru tau gue lo minta bantuin Adi. Ah kok gue gak pilirkan sebelumnya ya...

Reply

Wuaaaaa.... cukup lama saya nggak mampir ke siniii. terakhir mampis, pas bada lebaran

Blog saya juga baru ganti .com sekitar 3 bulan yang lalu. Minta tolong sama temen. Dan... hmm... masih hutang, hehe

Reply

Lagi-lagi, blognya kian menunjukan sisi kedewasaan pemiliknya.
&CubitPakeTangLagi

Reply

okeh deh KAKA, selamat jadi dot com semoga makin semangat dan nggak lama lagi blognya menghasilkan dollar....
sebagai perkenalan nubi ini mohon ijin follow blognya yang keren ini dong...boleh yah....da udah di follow jeh

Reply

CIYEEEE SELAMAT YAAA UDAH JADI DOTCOM!!!!
Kalo gw sih waktu mau ubah jadi dotcom ga sampe ragu yg sebegitunya. Malah jd pancingan biar makin hobi nulis krn mikirnya rugi udahh bayar mahal2 tp ga ada isinya. Terserah isinya apa aja yg penting masih ada manfaatnya walo cuma secuil upil.
Wehehhe sekali selamat yaaa!! Semoga nama barunya bawa berkah

Reply

Aku dulu pindah ke .com karena apa ya ._. ya emang pengen aja sih, tapi bikinnya pake jasa gitu karena emang apa ya, ya nggak ngerti gitu-gitu sih :'

Eh, habis januari besok dan bingung nih besok perpanjangnya pake apaan ._. wkwkw

Reply

BGSTTTTT! Gue masih ngakak kalau baca "Sesuatu. Banget. Sob!" XD
Gak tau kenapa, itu kalimat paling legenda~ :(

Yeah, akhirnya jadi com juga. Mantaplah. Hohoho. Nah, bagus tuh minta tolong temen. Jangan kayak gue, sistem dari Qwords udah apdet, gue ngikutin tutorial lama. Blog jadi eror gak bisa dibuka, kan~

Reply

ini kenapa pula biji yang disalahin?

Reply

palamuuuu skripsian pake joki :')

Reply

wahahaha iya lo udah lama gak kesini, selamat datang ajalah ntar gue mampir juga ke blog lo :))

hmmmm sepertinya sih begitu.

Reply

muahahaha iya, mana panjang dan rentang typo, kan males ngetiknya.

OM CUPANG PALA LO *tackle*

Reply

kan tujuannya pasang domain biar singkat nama blognya. kalo pake nama itu apa gunanya beli domain :((

Reply

wahahaha kalo soal ganti nama fanpage itu sebenernya kan udah jelas ketauan ganti domain xD

silumancapung-nya tetap ada di dalam sini *tunjuk hati*

Reply

(((digampar pake butterfly)))

INI MAKSUDNYA APA YA? AKU POLOS TIDAK TAU APA-APA OM :((

Reply

Band jaman gue smp kalo gak salah huahaha

kan udah kebongkar juga di blognya sendiri, jadi gak apa apa :))

oh jelas senpai yoga kalo bikin tutorial emang mantap :))

Reply

kenapa lo yang komen begitu? :(

Reply

Alhamdulillah kalo gitu, ya. Jangan lupa diterapkan. \o/

Reply

cendol itu pelatihnya persija jakarta dulu kan? cenny dollo.

Reply

huahaha ya beda2 memang sih om tujuan orang pasang domain itu apa.

walaupun gue nulis cerita sehari2 juga ya sekalian rebranding dan pencitraan aja, masa umur 22 nama blognya masih aneh aneh :')

Reply

muehehe makasih ya :))

iya, buruan pasang deh kalo emang mau diseriusin \o/

Reply

hmmm gak niche ya? sama ajasih :')

tapi ya balik lagi ke tujuan awal kenapa pengin pasang domain. Gak niche juga gak apa-apa, yang penting keliatan profesional aja, kali aja kamu dapet tawaran paid post :p

Reply

liat sajalah ntar huahaha

Reply

TOLONG FOKUS YAAAA!

Banyak kok penyedia domain, di post ini kan gue juga udah tulis gue pesan dimana, atau tanya2 ke temen2 yang lain ._.

haha iyaaah. diusahakan nulis terus karena emang lebih suka nulis di blog \o/

Reply

kalo gue kasitau ntar kalian sudah sipap pas baca post ini dan gak ada kejutannya.

Reply

...kenapa pake tang mulu dah ini -__-

Reply

kebanyakan sih pake alasan ini hahaha.

yow, makasih :D

Reply

(((pake jasa)))

masih ada 3 bulan lebih feb! kumpulin recehan!

Reply

nama blognya daus emang paling hebat dah :'))

wadaw, sebenernya gue takut pasang juga tau gara2 blog lo sempet bermasalah pas ganti domain itu huahaha

Reply

emang ada tulisan GRATIS? enggak kan? :))

Reply

Oh jadi ini situs barunya si cupang...
tapi menurut gue gak jauh banget kok sob...

yoga esce alias yoga SC

SC = Si Cupang

Jadi Yogaesce adalah Yoga Si Cupang

Akakakka

Reply

Padahal gue sering ngetik di Google "Siluman capung" sebelum diklik enter udah muncul, lho. "Siluman capung coc" udah melegenda. :))


TERNYATA SESUATU BANGET SOB EMANG PERNAH ADA?! Merasa bersalah menggunakan kalimat sakral itu. :(

Gue jamin, setelah masang domain, buat vakum ngeblog butuh pertimbangan berkali-kali. Domain itu bayar, jadinya sayang kalo ditinggal.

Btw, #GakMauRugi nggak mau dimainin nih? Mainkan laaaah~

Reply

Lah enak punya komnitas blog.... gua ada, tapi dikit. :")

Reply

kenapa gak yogaporn.com eh, maksud gue silumancapung.com aja om, keknya itu uda branding lu bgt. Ya semoga dengan yogaesce.com bisa naik lagi trafficnya :D

Reply

waah...selamat udah dot com, aku juga baru dua bulanan...tapi lumayan lah udah balik modal hihihi

Reply

GOKIL! baru brkunjung ksini tau2 udah .com aja...gw kira tadi salah tulis atau salah masuk blog, trnyata emng sudah ganti domain ya yog?

Klo gw sih, sama kyak msalahmu dulu, agak takut gantinya. Apalgi pas baca komentar yoga akbar sholihin klo blognya prnah brmasalah gra2 ganti domain...

Bnyak yg buat gw agak takut sih,..gk cuman itu...
Salh satunya, apa sistem nulisnya tetap di blogger klo domain .com? atau kita udah gk nulis di beranda blogger lagi? nulisnya lewat note? bersama kode2 html, css dan kerabatnya? kayak desain web gitu

Itu yg gw masih bingung om cupang... :(

Reply

kalo nulis tetep lewat blogger.com, Rey. domain .com kan anggap aja cuma 'baju' dari blognya, isinya ya tetep di blogger/wordpress.

Reply

sebenernya sempet galau mau silumancapung apa yogaesce, berhubung udah usia segini kayaknya udah gak cocok aja, yaudahlah yogaesce saja :')

Reply

itu bukan komunitas sih haha

kalo komunitas atau grup blogger personal banyak kok. Cari2 aja biar makin banyak temennya \o/

Reply

wahahaha iya, postingan gue soal COC itu legend banget. Page one tapi gue diem2 aja :))

LAH, LO BARU TAU SESUATU BANGET SOB? PARAH!

Hmmmm... nanti di-briefing dulu kalo hesteknya mau dimainin :))

Reply

cuma ganti nama doang, gak ganti tampilan sih haha

capung, bukan cupang :((

Reply

Oh sekarang sudah berubah nih ceritanya jadi power ranger tapi alhamdulillah kalau saya mah sudah sejak dari dulu atuh gantinya.

Reply

DEMI APA GUE BARU TAU ESCE ITU SC ALIAS SILUMAN CAPUNG. HAHAHAHAA
Serius. Gue kirain itu nama beken doang. Yogaesce. Wkwkwkwkw
Sama. Gue juga gatau apa itu alexa range dan kawan-kawannya :( maklum masih newbie.

Kalo gitu napa di judulnya ada tulisan (tutorial memasang domain .com) KALO YG BIKIN DOMAIN BANG ADI???
YAWLAA MAU MARAH


Betewe, mau nanya nih senpai. Itu pict lucunya bikin sendiri ya? kreatif :D

Reply

Kok mau maunya bang Adi disuruh bikinin...harusnya dapet royalti tuh :v

Btw, ngga bisa move on dari kata "om cupang". Muehehe.

Reply

gue suka banget baca baca artikel nya tulisan nya ga membosankan,.walaupun jarang komen tapi gue salut sama postingan ini emang segitunya ya mau ganti domain wkwk keren

Reply

HALO OM CUPANG YANG SUKA COL.... COLEK. SUKA SABUN COLEK! Duh, Yog. Aku ngucapin itu, jadi ngerasa kebinalanku meningkat 0,13%. Makasih ya!

Huahahahaha. Blog kamu yang dulu aja udah nggak muat kolom, kepanjangan, apalagi blogku. Cacatanichahairunnisa.blogspot.co.id. BIjingeks. Menggambarkan kepribadianku banget sih itu. Suka yang panjang-panjang. Tapi ya nggak gitu juga.

Hmm. Baca tutorial ini jadi memotivasi aku buat nyari orang yang bisa diminta bantuin buat ngedomainin blogku deh. Aku juga nggak pengen dikucilkan dari pergaulan trus di-kick di grup :( Aku juga kayak kamu soalnya, Yog. Takut kenapa-napa makanya nggak berani anu sendiri. Huhuhu.

Reply

Pantesan, kemaren yang silumancapung udah pernah gue simpen di laman blogwalking gue. Eh, pas gue klik kok nggak ada. Ternyata udah pindah.
Gue kira tadi mau kasih tutorial beneran. Gue nggak pake qwords bro, tapi pake niagahoster. Dan semuanya gue setting sendiri, soalnya udah ada tutorial berceceran di gugel. Dan hasilnya sukses terkendali. Oke deh, moga semangat nge-blognya bertambah ya pung..

Reply

(((nama beken)))

sama nih, sama2 masih newbie. kita harus #terusbelajar ya :)

yakan tutorial buat pemula :(

iya bikin sendiri ilustrasinya :3

Reply

sudah kuduga kamu bakal seneng plesetin esce esce itu :)

muahaha iya panjang banget nama blogmu, pasang domain TLD gih :p

lah si sholihin kan bisa tuh? bisa blognya gak bisa dibuka :))

Reply

kalopun gak diganti juga dari silumancapung bakal ke-direct ke alamat baru ini kok :D

gue takut salah salah aja jadinya minta tolong temen mueheheheh. aamiin. semoga bisa lancar jaya ngeblognya!

Reply

Gue masih suka dengan fitur blogspot.com. Gratissss mennnnn....


Lagian kalo gw ganti .com, terus suatu saat gw metong, jadinya gak ada yang bayarin domainnya, sia-sia dong gw nulis selama ini. Kan domain expired tulisan kita udah gak bisa diakses lagi. Kalo blogspot kan ampe kiamat tetep bisa dibukak sama orang lain.


*hayoh galau*

Reply

wahh qwords jugaa ya bang

Reply

Udah lama sih tau lo ganti domain. Lo kan ngehits abis di twitter. HAHA

Selamat bro!!!

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!