A Great Story Comes With Great Stupidity : Kami Para Penjahat, Eh, Shohabat

Kami Para Penjahat, Eh, Shohabat

Sebuah kejahatan yang sukses selalu ditandai dengan tercapainya tujuan awal dari kejahatan itu. Misalnya ada maling, dia dianggap berhasil apabila berhasil mengambil harta berharga pemiliknya. Jika dia malah mengambil pemiliknya, dia dianggap gagal. Karena ini maling, bukan penculik.


Minggu lalu, gue melakukan sebuah kejahatan berkedok postingan baru. Bersama 3 blogger lainnya, Adi Keriba-Keribo, Iksan Ayam Sakit dan Daus SalahTulis, kami membuat sebuah konsep “bajak-bajakan” blog.

Gue membajak blognya Adi (baca di sini)
Adi membajak blognya Iksan (baca di sini)
Iksan membajak blognya Daus (baca di sini)
Daus membajak blog gue (baca di sini)

Sebelum membahas lebih detail soal kejahatan kami, mari flashback dulu untuk lebih mengenal kami.

Di awal-awal tahun 2016, Kami berempat secara tidak sengaja membentuk sebuah grup LINE untuk meningkatkan kembali gairah ngeblog kami yang mulai hilang arah dan effort-nya. Pengin ninggalin dunia blogger sayang, tapi ya blognya jarang di-update. Udah kayak gak mau putus dari pacar, tapi gak pernah ngasih perhatian.

Adi saat itu ngechat gue nanya-nanya soal dunia per-blog-an,

“Lo biasa blogwalking ke siapa aja sih, Yog?”

karena gue termasuk angkatan lama blogger (2011) dan jujur aja, temen-temen gue di awal-awal ngeblog itu udah pada gak aktif, sedangkan gue sama sekali gak nemu jalan untuk nemuin blogger-blogger baru yang se-gesrek gue, jadi gue bingung musti blogwalking ke mana. Akhirnya pertanyaan dari Adi hanya terjawab dengan jawaban,

“Ini Kresnoadi siapa, ya?”

“YANG NULIS DI KERIBA-KERIBO WOY!”

“Oh elo! Gak tau gue, Di. Update blog aja udah jarang.”

Setelah sering chat, kami dekat, dekat, akhirnya jadian. Anjer apaan. Enggak. Ternyata Adi juga ngerasain bahwa dunia blogger udah sepi dan bingung gimana cara bikin rame lagi. Gue pun mengusulkan untuk bikin grup blogger aja, karena dulu gue semangat ngeblog ya karena ada ‘temen’-nya, apalagi yang sama gesreknya.

Adi setuju dengan ide gue. Masalahnya adalah: SIAPA ANGGOTANYA?!

Gue mengusulkan merekrut Iksan Ayam Sakit. Sebagai sesama blogger dari Kalimantan Timur yang sudah gue kenal lama, jelas tujuan gue merekrut Iksan adalah untuk… gue bully di grup.

Sedangkan Adi mengusulkan untuk mengajak Daus SalahTulis. Awalnya gue gak setuju Daus gabung, karena setelah gue kunjungi blognya, Daus kebanyakan nulis fiksi, bukan cerita sehari-hari kayak gue, Adi ataupun Iksan. Tapi setelah gue telusuri blognya lebih jauh, gue melihat sebuah potensi dari diri Daus, dia bisa di-bully! Liat aja foto ini:


Jadilah gue setuju-setuju aja Daus gabung. Lumayan buat di-bully kalo gue bosen bully si Iksan. Nah, di sinilah kami, 4 blogger hilang arah yang mencoba kembali menemukan kesenangan dalam ngeblog. Setelah kami berempat di grup, pertanyaan selanjutnya adalah: SEGINI DOANG NIH ANGGOTANYA?!

“Kita aja dulu, ntar juga nemu anggota baru.”

(Yha. Kami masih cari-cari anggota baru buat diajak seru-seruan, sih. Are you next? :p)
 
Silakan di block.
Kami menamai grup kami ‘Wahai Para Shohabat’ karena… tidak ada alasan yang jelas sih. Setelah berganti-ganti nama grup, dari yang normal “Kang Ketik” hingga ke “TAE GRUP APAAN NEH?” hingga akhirnya gak sengaja namain grup sesat ini “Wahai Para Shohabat” dan jadi nama yang paling awet sih.

Yaudahlah, nama gak penting, yang penting adalah semangat ngeblog kami muncul kembali.

Untuk mengembalikan gairah ngeblog kami, biasanya kami bikin proyek-proyekan tertentu tiap bulannya. Kadang nulis cerpen dengan tema yang sama atau…. Uhhhh… apa lagi, ya? kayaknya gak ada deh. Kami memang miskin ide. Hingga akhirnya gak sengaja tercetus ide bajak-bajakan blog itu. Sebuah kejahatan keren yang ternyata tidak sengaja tersusun. :’)

Tujuan dari bajak-bajakan blog itu adalah memperluas jangkauan pembaca kami. Karena kami yakin, masing-masing dari kami itu punya pembacanya sendiri-sendiri dan kemungkinan besar, mereka gak tau bahwa ada blogger lain yang gak kalah menyesatkan kehidupan bangsa. Misalnya aja pembaca di blognya Adi belum tentu pernah ke blog gue, Iksan ataupun Daus, begitupun sebaliknya.

Untuk menjalankan kejahatan kali ini, kami berharap ada yang melakukan hal ini:

Misalnya pembaca blognya Adi yang gue bajak berkunjung ke blognya Adi, pasti akan penasaran dengan orang yang membajak blog blogger tercintanya (silakan muntah jika dirasa perlu), otomatis, dia akan mengunjungi blog gue, sedangkan blog gue lagi dibajak si Daus, maka dia akan menuju blog Daus juga, sampai di blognya Daus, eh blognya lagi dibajak Iksan, karena kesel, dia close tab, uninstall google chromenya, jual laptop, Iksan gak dikunjungi. :”

Eh, enggak. Pokoknya dia bakal terus ngunjungi karena penasaran. Akhirnya kami berempat punya pembaca baru dan teman baru buat dikunjungi. Yeay!
Sebuah kejahatan yang keren, kan?

Kejahatan yang kami lakukan sepertinya sukses besar, ada beberapa yang terjebak dalam rencana kami berempat. Contohnya aja:
 
komen di blognya Daus
Entah ini sebuah terobosan baru atau enggak, gue gak tau. Tapi jujur gue seneng aja pas jalanin proyekan ini, apalagi pas tau ada yang terjebak ke dalam modus kejahatan kami.

Kejahatan yang kami lakukan sebenernya selain bertujuan untuk memperluas jangkauan pembaca dan pengunjung blog kami, juga untuk menambah temen blogger juga. Karena yang datang dan ngasih komen, pasti bakal dikunjungi balik.  Dan siapa tau juga pas gue kunjungi, ada blog yang bikin gue tertarik untuk diajak gabung ke grup sesat kami berempat ini. Win-win solution.

Tapi, namanya juga manusia, gak semua yang direncanain bakal berjalan dengan mulus. Di saat yang lain udah bikin postingan “membajak blog”, si Daus, entah kebentur benda tumpul macam apa, dia malah bikin postingan seakan-akan dia adalah content writer di blog gue alias nulis di blog gue dengan bayaran, dan bayarannya sebesar 500 ribu/artikel.

…lalu ternyata banyak yang percaya. :’)

*ketawa jahat*


 #YogaSiHorangKayah

Entah kenapa gue bayangin ngomong "plissw plisss..." itu sambil ngedip-ngedipin mata secara binal dan bibir dimaju-majuin secara brutal. Gue langsung merinding-merinding jijik.

yang ini gue bayanginnya matanya berubah jadi ijo dan ada uang dollar berkibar-kibar di matanya, tak lupa ada pelangi keluar dari mulutnya karena dia mangap.


(((biar kecipratan juga)))
Dikira gue sejenis Magikarp kali ya bisa nyiprat-nyiprat.

Baca komen-komen begitu, gue mau nangis dan ngakak di saat bersamaan. Mereka polos sekali dan langsung ngiler begitu tau gue begitu mirip raja minyak dari Arab yang membuang uang 500 ribu untuk orang mempromosikan blog dan akun sosial medianya di blog gue ini. Sebagai anak ekonomi tentunya gue gak akan berperilaku konsumtif! Gue akan memanfaatkan duit 500 ribu itu dengan sebaik-baiknya. Misalnya aja gue pake untuk beli tiket handshake member JKT48.

Jadi perlu gue klarifikasi bahwa gue gak akan membayar orang untuk menulis di blog ini. Kalo gue dibayar untuk mempromosikan produk, ya gak apa-apa. Ehe.
…Atau kalo ada temen-temen yang pengin nulis sesuatu di blog ini, bisa kirim langsung ke e-mail gue di yogaesce@gmail.com nanti akan gue cantumkan nama kalian sebagai kontributor, tapi ya jelas gak gue bayar. #GakMauRugi

In the end of the post, gue cuma berharap semoga dunia blog tetep seru, asik dan gak banyak yang beralih ataupun pensiun. Gak perlu sirik sama youtube(rs) karena gue yakin, semua media itu punya pangsa pasarnya masing-masing. Masih banyak kok yang suka nulis dan membaca.

So, Keep blogging! \o/

47 comments

Hahaha taee. setuju banget sih, bang Daus emang bullyable.
kayanya dia diciptakan emang untuk hal tersebut.
ngahaha :'D

Sukses grupnya, smoga dapat menebar ketidak jelasan hingga kesudut-sudut permukaan bumi.

Reply

Wah, nih grup terkenal banget bang, gue gak tau nih grup, btw, itu bang daus, kalo diliat2 kayak remaja gagal gaul, huahahaha... canda.

Anjer, ((((handshake bareng member jkt48)))) sama aja atuh.

Idenya keren juga tuh, pembacanya jadi pada puyeng sendiri, eh, enggak deng gue yang lagi puyeng mungkin ya, permisi dulu bang...

*nyetop bajai*

Reply

ngakak liat ekspresinya bang Daus :v Kaya Ayam Sakit tuh :v

Reply

Aku kemarin sempat nebak juga tentang rencana kejahatan ini. pas aku kunjungi blognya keriba-keribo disana juga ada postingan yang isinya dibajak, ternyata benar itu ulah kalian berempat. selamat kejahatan kalian sukses haha.

btw, boleh dong aku gabung dengan grup wahai para shohabat, yaa siapa tahu bisa nambah semangat ngeblog juga.

LOL!! ternyata banyak yang ketipu sama postingan sebelumnya ya haha. untunglah aku nggak ketipu juga. ternyata segitu banyaknya blogger yang tergiur dengan bayaran 500rb/artikel yaa haha

Reply

Keknya cuman di blognya Ayam Sakit yang belum gue baca. Nanti OTW deh, kelar dari sini.

Gue akui. Ide ini sungguh berlian banget. Serius. Gak bisa dipungkiri, sebenarnya dunia blogger masih rame, sih. Banget malah. Tapi... Untuk Genre Personal Blog mulai berkurang.

Iya, alasannya simple, sih. Mereka termakan waktu. Makanya, gue juga kemaren membuat grup kecil yang tujuannya sama, sih. Biar temen-temen di grup itu, pada semangat ngeblognya (ya, meskipun nggak semuanya). Tapi, setidaknya usaha gue buat Ngajak mereka ngeblog, udah berhasil

Ngakak, sih. Pas baca orang-orang yang polos banget sama tulisan Daus soal Content Writer. Gile aja, 500rb cuman buat curhat dan promot sosmed. *Bangkrutlah perusahaan kek gitu. XD

Dan yang gue tau, dari kelian berempat, semuanya sudah punya karya yang keren-keren dan pembaca yang ya... gue taulah gimana ramenya.

Makasih udah buat inovasi keren kek gini. Setidaknya, gue juga bisa jadi makin semngat buat ngeblognya. :)

Reply

Wah kayaknya seru banget tuh bajak-bajakan blog. Rekrut aku, sob, rekrut! Haha. Njirr, gue juga ikut kemakan. Ketahuan banget kalau gue mata duitan banget gue ya. Hahaha. Mari kita ramaikan jagad perbloggingan tanah air tertjinta!

Reply

Bahahahaha. Akhirnya pertanyaanku soal kenapa grup kalian dikasih nama Wahai Para Shohabat yang pernah aku ajuin ke Ichsan, kejawab juga di sini. Dan jawabannya.... tidak ada alasan jelas sih. Hmm. Oke.....

Sweet juga perkenalan kalian berempat. Jadi, yang paling sering kena bully siapa? Daus apa Ichsan? Huahahaha.

Oh iya, Yog. Ternyata dari kalian berempat, si Adi itu yang paling beda ya. Dia orang Jakarta sendiri, sedangkan kamu, Ichsan, dan Daus kan orang Kalimantan. Eh iya kan Daus orang Kalsel? Nah trus bedanya lagi, Adi paling tua ya? Dan... Adi yang paling kudet. Adi beda banget! Huahahahaha.

*kabur naik buraq*

Reply

kalian ini 4 sekawan somplak emang.
pertama kali tau aksi kalian pas main ke blognya si adi, abis itu ke sini kala u g salah.

tapi aku akui, ide kalian keren nih. hal positif yang bisa diambil setelah kejadian somplak yang kalian buat, kalian jadi semangat dan menghadirkan karya baru di blog. bener kata heru, genre personal mulai berkurang. kalau bukan kita yang melestarikan siapa lagi? (berasa kayak tagline iklan)

Reply

Bajak-bajakan blog, bgebajak hatinya kapan bang? Baru pertama sih baca tulisan para shohabat, di blognya bang Adi. Tapi kayaknya belum komen disana. Seru sih konsepnya, bisa tau rahasia dapur blogger lain.

Alangkah baiknya jika kegiatan yang dilakukan sama baiknya dengan nama yang digunakan. Menyebarkan kebaikan sama seperti yg dilakukan para shohabat nabi. Allahu Akbar!

Reply

Entah setan apa yang udah ngebujuk gue.
tapi ini pertama kalinya gue berkunjung ke lapak lo dan langsung jatuh cinta, muaah.
kayaknya gue juga bakal ikut ajaran sesat lu sih, seru kayakya. lumayan bisa melebarkan sayap.
.
btw blognya udah aku follow loh tadi.
*kode keras minta di follbek

Reply

Kayaknya orang ber empat ini akrab banget ya ? blog sampe di bawa bajak bajakan ? ha ha ha , agak ekstream dengernya .... udh gue baca postingan blog mereka , apalagi pas gue baca waktu lo nge bajak blog nya sih kresnoadi dengan password adingindimengerti :D ,, ha ha ha ..


Reply

Sebuah kejahatan yang sukses selalu ditandai dengan tercapainya tujuan awal dari kejahatan itu.
wkwkwk.. yaiyalah kalau ga tercapai ya ga sukses namanya
wkwwkwk

ngakak bacanya. asli sumpah cerita kamu gokil... tulisan kamu sih lebih tepatna
awalnya galau jadi bahagia nih...

Reply

sampai mikir, di mana letak kejahatannya?
udah, jadi anak bae-bae aja lah banggg...

btw, sepatu futsal keren tuh! wkwkwk

Reply

"Kalo yg ini gw bayangin matanya berubah jadi ijo dan keluar pelangi dari mulutnya karena dia mangap" kata yoga

Kagak mungkinlah gw percaya yog!!!, elukan #mahasiswaekonomi
#kagakmaurugi

Reply

baru kali ini gue tau soal "Bajak Blog" tapi menurut gue bagus juga sih biar unik dengan yang lainnya..hahaha

Reply

Idenya kreatip. Lucu gilak, suer. Ada yang kejebak pula. Kalo nggak salah ada si Banyol tuh yang kejebak.. Hahahahahahhahaha..Suer.lucu abis. Duh sampe bingung mo komen apa, gw sampe cengengesan nggak jelas nih. Lucu. Salam buat yang salah costum (baca: si sepatu futsal๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Reply

Anjayy keren banget bajak2 an nya hehe. Lucu juga si iksan sama si daus jadi bahan bully an ya. jahat banget eluu haha

Reply

POSTINGAN SAMPAH MACAM APA INI....

Reply

pantesan bang daus nulis kaya gini di blognya, oh inilah penyebabnya wkwk
belom pernah ketemu si bang daus sama ichsan sih meskipun sama-sama malang, tapi kayaknya bakalan ku bully habis liat foto itu haha ngakak sumpah ngakak poool pen kentut wkwkw

Reply

ada banyak cara ya memabngkitkan gairah ngeblog, salah satunya bikin grup line dan saling bajak-bajakan. wahahaha. kasihan amat potensinya buat di bully... semoga dunia blog semakin rame deh.. amin, amin.

Reply

(((diciptakan untuk hal tersebut)))

aamiin. semoga kami bisa melakukannya (',')9

Reply

anjerr remaja gagal gaul huahaha

iya, ini emang bikin pusing juga

Reply

ngomong apa kau wahai anak muda...

Reply

hmmm sudah curiga sepertinya :))

tunggu aja siapa tau lo bakal kami rekrtut juga, karena kami diem2 kan juga mengamati :p

ya begitulah, banyak yang ngiler dan langsung hilang fokus xD

Reply

ide brilian ini tidak sengaja tercetus. percayalah :))

iya, blogger personal pasti bakal ngalamin fase sibuk di dunia nyata, belum lagi kalo pikiran2 pengin cepet2 sukses jadinya ya banyak yg ninggalin genre ini.

huahahaha gue aja ketawa ngakak pas baca komen2 pada ngiler 500 ribu :))

Reply

nah, ini salah satu yang ketipu xD

Reply

lah sampe ditanyain ke ichsan wkwk

sebenernya ada sejarahnya, tapi cukup panjang dan gak jelas, makanya males ditulis kenapa nama grupnya bisa gitu :))

sama kayak lo di WIDY kan ya? lo sendirian yang dari kalimantan, eh satunya dari pekanbaru deh. gak dibully kayak adi yang jakarta sendirian xD

Reply

huahaha iya, itu blognya adi kan gue yang bajak xD

yoih, kalo gak berinovasi gimana mau ramein blog genre personal. uhuy.

Reply

waparah. harusnya komen doooong~

iya, bisa tau aib2 blogger sesat kayak kami kan jadinya huahaha

hmmm nilai filosofis nama grup kami sebenernya itu. Makanya tiap promo di twitter selalu diawali "wahai para shohabat...."

Reply

ikuilah jejak kesesatan kami wahai anak muda

Reply

hahaha akhirnya ada yang sadar kalo paragraf awal itu cuma buat keren kerenan aja, kalo dibaca pelan-pelan ya... wadaw banget xD

hoho makasih~

Reply

anak SMP ngeles aja nih. cih.

Reply

wahahaha udah disensor padahal masih ketauan aja kalo banyol kejebak juga xD

Reply

jobdesc mereka emang cuma jadi bahan bullying :"))

Reply

minta dikick dari grup si bijik ini?

Reply

ajak mereka kopdar lah haha

daus emang bully-able dan meme-able :)))

Reply

kreatif nih, jd mampir ke blog ini kan jadinya HHHH

Reply

sebelumnya, gue ini pembaca setia di blog nya adi, sampe setianya gue masih jomblo tuh.. dari bajak-bajakan itu gue telusuri tuh ke-4 situs sesat kalian.. sampe akhirnya gue sadar, "oh iya yah.. gue nemu blog baru.." padahal udah tua yah lo itu.. sampe akhirnya gue nanem saham di "blogwalking"

gitu aja sih.. apaan lagi.

Reply

Wadaw gak ngikutin euy.
Tapi lucu aja liat ada yang polos percaya gitu.

Dari DULU saya pengen punya temen blogger yang klopp (YNWA yeaaah!). Yang gak cuman balas-balasan komentar di postingan atau mention Twitter. Tapi entahlah, kayaknya belom ada yang terbuka dan 'berani'.

Reply

wah padahal dari iseng-iseng, gak taunya malah jadi serius yak. Ini berarti yang dinamakan iseng-iseng berhadiah, udah iseng berhadiah pula.

Btw, keren juga sampe banyak respon yang gak disangka gitu..

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!