A Great Story Comes With Great Stupidity : Tipe-Tipe Mahasiswa Tukang Nanya Saat Presentasi

Tipe-Tipe Mahasiswa Tukang Nanya Saat Presentasi

Astaghfirullah…

Disini gue bukannya sok asik atau sok anti-mainstream dengan membuka postingan bukan dengan assalamualaikum atau halo cemuah, disini gue bener-bener ngerasa bersalah menelantarkan blog ini. Sebulan tanpa gue jamah, tanpa gue tengok atau tanpa gue suapin tiap makan (tentunya alasan terakhir karena gue belum gila.) Dibalik kelakuan gue menelantarkan blog ini tentunya ada alasan. Yeah, semua perlu alasan. Boker pun kita perlu alasan, terutama saat di kelas dan kebelet boker, pasti alasan kita untuk keluar kelas untuk pipis, nyatanya boker. Ah, kenapa jadi menyimpang gini bahasannya.

Fokus Yog, Fokus…

Oke, beberapa alasan gue jarang update blog lagi sebenernya alasan mainstream.

SIBUK.

Iya, gue sibuk kuliah dan bulan oktober kemaren lagi banyak-banyaknya kegiatan di organisasi kampus, banyak tugas, disusul dengan UTS pula. 

Nah, yang paling menyiksa, setelah UTS adalah gue harus ngerjain tugas yang bejibun. FYI, kampus gue emang gitu, setelah UTS atau sebelum UAS tiba-tiba tugas berdatangan, seakan-akan gue itu eksekutif muda dan tugas itu tante-tante matre haus belaian. Tugasnya beragam, ada yang Cuma bikin makalah-selesai, ada yang bikin makalah-presentasi-selesai.  Yang makalah-presentasi-selesai ini yang jadi masalah. Selesai gue menjelaskan presentasi gue, pasti ada yang namanya sesi Tanya jawab, kadang saking banyaknya yang nanya, presentasi gue yang harusnya selesai dalam sekali pertemuan, dilanjut minggu depan. Dan itu baru satu mata kuliah, kalo delapan mata kuliah gitu semua? Otak gue bakal impoten.

Selama presentasi itu, gue berhasil menggolongkan tipe-tipe mahasiswa yang nanyain lo, seperti apa mereka?

-TIPE SOK KRITIS
Mahasiswa tipe ini sangat fokus memperhatikan presentasi kalian, dia bakal memperhatikan dari penampilan hingga slide power point buatan kalian. Membaca setiap kata demi kata di slide dengan sangat cermat, Selesai presentasi saat dibuka sesi Tanya jawab dia pasti akan angkat tangan duluan, kemudian mengajukan pertanyaan yang mencakup kata-kata ‘asing’ di slide kalian.

Contoh:  “Di slide 2 gue baca ada kata ‘persuatif’, itu maksudnya apa ya? Di slide 5 juga ada kata ‘empiris’, itu artinya apa ya? Tolong dijelaskan. ”

Saran gue: sebelum bikin makalah dan slide, cari kata-kata asing tersebut, cari artinya kalo bisa kalian ganti dengan bahasa yang mudah dimengerti. Jika masih kurang, silakan makan kamus.

-TIPE GAK NYIMAK
Selesai presentasi dengan mulut berbusa efek dari jelasin panjang lebar, ada yang nanya dan jawaban dari pertanyaannya udah dijelasin atau ada dalam slide. Itulah ciri utama mahasiswa tipe ini. Lebih ngeselin pas sebelum kalian presentasi, kalian bagiin rangkuman makalahnya berupa hand out, eh ada aja yang nanya padahal jawabannya suda ada di hand out. Gue sering nih ngalamin kejadian kayak gini. 
Reaksi gue? Pasang muka datar dan bilang, “buka rangkuman halaman sekian, disitu udah ada jawabannya. Kurang jelas?”

Faktor mahasiswa yang gak nyimak presentasi temennya ini banyak, salah satunya karena penampilan kita atau power point buatan kita gak menarik.  Saran gue: bikin penampilan kalian semenarik mungkin, presentasi sambil handstand misalnya.


-TIPE YANG PENTING NANYA
Mahasiswa tipe ini memanfaatkan sesi Tanya jawab hanya untuk mendapatkan poin dari dosen. Nah, parahnya kadang dia nanya gak sesuai dengan topik bahasan atau out of topic.

Contoh: lagi presentasi tentang perilaku konsumen malah ditanyain tentang reproduksi manusia. Nyambung banget kan?

Saran gue: lempar granat ke mahasiswa tipe ini.

-TIPE PEMBURU NILAI
Hampir mirip dengan tipe mahasiswa yang penting nanya. Mereka menafaatkan sesi Tanya jawab untuk dapet nilai dari dosen, tapi kali ini dengan niat. Mereka nyari soal di internet! Asli, temen-temen di kelas gue banyak yang kayak gini. Yang bisa gue lakuin Cuma berdoa. Berdoa agar koneksi internet mereka mati. Kalo ternyata doa gue gak dikabulin? Dzikir sajalah…

-TIPE PASRAH
Mahasiswa tipe ini udah fokus nyimak presentasi tapi gak pernah nanya, akhirnya kehadirannya di kelas sia-sia karena dosen menilai mahasiswanya dari keaktifan di kelas dan dia cuma bisa pasrah. Karena kasian akhirnya gue bikinin dia soal dan gue bisa jawab ntar. Dia dapet nilai karena nanya dan gue dapet nilai karena berhasil jawab. Tapi pernah cara ini gagal, waktu temen gue nanya, dosen gue memotong pertanyaannya, “Ganti pertanyaannya, gak bermutu!”

Gue? Melongo.

-TIPE CARI GARA-GARA
Tipe orang yang nanya ini biasanya menanyakan hal-hal yang sangat dasar dan kadang dilupain sama mahasiswa. Terkait dengan slide buatannya, kadang yang ditanyain soal referensi, atau kutipan-kutipan dari para ahli itu diambil dari buku apa? Tahun berapa? Semalam berbuat apa? Yolanda~ (Ini kenapa mirip lagunya Kenjen Band)

Nah, kalo udah ditanyain soal beginian, kita harus bisa memberikan bukti yang bisa dipercaya, karena apa? Karena biasanya yang nanyain hal beginian itu… DOSEN.

-TIPE PENGEN NGETES AJA
Kadang gue seneng kalo berhasil jawab pertanyaan temen dan dosen meng-iya-kan jawaban gue. Itu artinya bukan hanya gue dapet nilai karena berhasil jawab, tapi juga artinya gue paham dan ngerti apa yang gue presentasikan.  Misalnya sehabis gue kasih jawaban, selalu bilang, “Gimana? Udah ngerti? Puas sama jawabannya?”

Yang ngeselinnya malah dijawab,

KALO UDAH TAU JAWABANNYA NGAPAIN NANYAAAA??!!! *Kamehameha*

-TIPE KAMPRET
Ketika sesi Tanya jawab, dia bakal dengan semangat angkat tangan, kemudian dia bakal bertanya pertanyaan yang menyiksa otak. Contoh:  “Di slide 7 itu ada membahas tentang potensi peternakan ya? Tolong jelaskan maksudnya apa, dan sebutkan contoh-contohnya”

Saran gue: lo harus bisa memperkirakan pertanyaan apa aja yang bakal keluar, dan siapin materinya (gak lo bagiin berupa hand out). Jadi lo dengan kecenya tinggal buka microsoft word dan suruh dia baca sendiri. LIKE A BOSS.

-TIPE GAK NGERTI NANYA APA BARUSAN
Mahasiswa tipe ini awalnya ragu untuk bertanya, karena takut gak dapet nilai akhirnya dia bertanya. Dengan tata bahasa yang berantakan nan ambigu, kadang misalnya ada yang nanya gini gue bakal ngulang pertanyaannya menurut bahasa gue, “Begini maksud pertanyaanmu kan?”  kalo dia jawab, “Iya,”  yasudah tinggal jawab.  Pas gue udah jawab pertanyaannya, pasti dosen bakal nanyain ke si penanya, “Bagaimana? Sudah puas dengan jawabannya?”

Yang nanya diem.

“Udah ngerti sama penjelasannya? Apa kurang jelas?” Tanya gue.
“Hggg…. Iya deh ngerti,” jawabnya ragu sambil menatap gue dengan tatapan tadi-gue-nanya-apaan-sih-kok-jawabannya-gitu?

Fungsi presentasi menurut gue adalah untuk belajar sendiri, memahami materi menurut pemikiran kita sendiri, melatih kita untuk mampu menyampaikan pendapat dan beradu argument dalam sesi Tanya jawab.  Tapi, sekeren-kerennya presentasi lo, tetep aja slide SEKIAN DAN TERIMA KASIH yang paling ditunggu oleh mahasiswa.

Salam Mahasiswa sibuk!

53 comments

Mungkin semua jadi pengen nanya karena nganggep elu ga ngerti tentang bahan presentasi elu kali Yog .... #melipirmenjauh

Reply

Kalo gue pasti jadi yang tipe sok kritis. Ada bahasa yang menurut gue agak asing, langsung tanyain. Paling nggak nanya lah ( .__.)/

Reply

Yg nanya tapi ga ngerti sama pertanyaannya sendiri paling ngeselin tuh. Membuang2 energi kita buat ngejawab :D

Reply

Tipe Kamprett !! haha :D
Walaupun gue belum kuliah, tapi kalo ada tugas presentasi gue bakal nanya selayaknya Tipe Kampret ><

Reply

Gue sih TIPE MENYIKSA TEMEN.. Gue berusaha nanya mulu setiap kelompok yang maju..dan berpikir "Rasain lo..." hingga teman2 bilang ke gue "JANGAN TANYA DONG LO, PLISSS" :v

Reply

ah lo sok kritis dan pemburu nilai x))

Reply

Gue tipe MENENGAHI. Kalo di kelas mulai ada gejala debat dan adu pendapat, gue pasti sok menengahi dengan bilang: "Mungkin maksud si A begini bla-bla-bla." Superhero banget, kan?

Reply

Kalau gue, dikasih satu kesempatan tanya dan gue menggunakannya dengan sia-sia banget waktu itu.
Gini, guru bilang "Satu pertanyaan lagi, ada yang mau mencoba?"
Gue tanya, "Pak, saya boleh tanya tapi gak ada hubungannya tentang pelajaran ini pak?"
Guru gue bilang, "Nah itu udah tanya, jawabannya.. Boleh. Nah anak2 berarti pelajaran hari ini selesai ya karena waktu dan sesi tanya jawab selesai."
-_____-

Reply

disekolah gue dulu, tipe ngetes ini yg paling banyak...mereka nanya, tp udah tau jawabannya...pas kita gak bs jawab, eh malah dia nyerobot trus jawab sndiri...ngeselin...

Tapi sesulit sulitnya menyiapkan presentasi, gue rasa, gue masih normal dan gak bakalan makan kamus meskipun gue gak begitu tau bahasa2 asingnya... :D

Reply

kayanya bukan tipe saya , , ,

salam kenal , , ,
jangan lupa mampir diblog q , , ,

Reply

'___' kayaknya aku termasuk yang tipe kampret deh.. hahahaaa

Reply

Hahaha. Khusus tipe gak nyimak ada benernya juga tuh. Terkadang, bukan mahasiswanya yang tuli, ataupun bodoh. Tapi, presentasi disampaikan ngebosenin. Iya, soalnya gue suka gitu. :))

Reply

Hmm kayaknya ini postingan dengan tema yang mirip pernah juga di posting sama bang Edotz deh kalau gak salah ingat sihh.. cuma tipe-tipenya makin banyak aja nih.. saya termsuk tipe yang mana yah... oke saya jujur aja termasuk tipe pemburu nilai meski saya juga gak terlalu kejar nilai sebenarnya #eh dan yang penting nanya... terserahlah tanggapannya gimana yang penting dari datang cuma duduk diam bengong gak dapat nilai mending sok sokan nanya biar dapat nilai.. upst

Reply

Kadang ada juga tipe yang kalo nanya biar presentasi kita lama dan dia presentasi minggu depan. Pertanyaannya bisa beranak sampe bercucu, awalnya dikit kemudian bercabang kemana-mana -_-

Reply

ada satu lagi tipe sogokan, di traktir sm yg persentasi dengan imbalan kita nanya pas dia beres persentasi dengan pertanyaan yg udah ditulis sendiri sama entu empunya persentasi.

Reply

aku masuk ke kategori pemburu nilai dan tipe yang penting nanya hahahaha. kan mayan nilai tambahan. sama sama maklum lah hahahaha

Reply

Aku tipe yang malas nanya Yog kecuali materi yang dijelaskan benar-benar menarik buat aku. Sekali pun aku gak ngerti tapi gak suka sama meterinya, apa lagi sama ORANG-nya, ya biar aja dia cuap-cuap di depan.

Reply

Hahaha kalo gue yang ngga nyimak atau pasrah. Agak malas nanya-nanya orang presentasi. Nggapapa ngga nanya, bro. Ngga dapet nilai juga nggapapa. Yang penting dapet temen karena ngga nyusahin yang presentasi. :")

Reply

dulu sewaktu kuliah kayaknya aku masuk kategori tipe kampret deh hahahaha
kadang juga berambisi dapat nilai, tapi tak jarang juga gak nyimak hahahaa

Reply

Kalau aku tuh tipe yang mana saja... kondisional, tergantung mood dan tergantung materinya..
Kalau ada hubungannya dengan duniaku, aku pasti senang dan nanya-nyanya sampai kritis brengis. Bahkan, sampai cari gara-gara segala. Tapi, kalau lagi badmood aku ga bakalan sentuh-sentuh makalah presentasi walau udah dikopikan oleh teman. Biar pun demikian, aku selalu berusaha untuk selalu mengambil “emas apa yang tersimpan di dalam makalah tersebut”. pasti ada sesuatu yang berharga di balik apa yang tidak aku suka.

Reply

Gue banget tuh yang 'tipe pengen ngetest' aja.. :D
btw, cool posting bro..

Reply

Hahahay... Gue juga pernah nulis beginian, tapi punya elu lebih komplit...

Tipe cari gara-gara emang beneran cari gara-gara banget ya, perlu dipakein pembalut mulutnya biar enggak bocor mulu omongannya :D

Reply

aku pernah loh jadi type "yang penting nanya biar dikira pinter" jadi waktu ada presentasi yg di otakku cuman nyusun pertanyaan supaya si pembawa materi kagok. skrg udah insaf kok!

Reply

Hahaha. BIsa saja bikin tipe tipenya. Dan bener banget tuh, pada agak kaya gitu emang walau nggak semua. Dan saya termasuk yang suka nanya juga pas presentasi di kelas. Bukan apa apa sih. Nggak boleh nyalahin satu pihak jugalah. Kadang, mahasiswa/i juga ada yang asal bikin presentasi. Asal comot tanpa nyari lebih dalam lagi sumbernya dari mana. Dan parahnya lagi, yang penting presentasi, tanpa berfikir teman temannya akan bertanya yang biasanya dia belum faham karena sistem nulis presentasinya juga ada yang SKS. Percaya nggak? Bahkan ada yang presentasi, saat kita tanya mereka enggak ngerti dan enggak bisa jawab apa yang sudah mereka presentasikan sendiri. :D *pissssss

Reply

haha yap bener, kalo ada mahasiswa yang gitu ya ditanggung sendiri nilainya ntar gimana. Gue juga jarang nanya tapi kadang mau gak mau harus nanya soalnya dapet nilai u,u

Reply

kalo gue ada yg asal nanya ya gue teliti dulu pertanyaannya, out of topic kagak? kalo out of topic malah gue buat malu yang nanya :))

Reply

eh masa? gue beneran gak tau .__.

iya, cari gara2 dan kita gak bisa apa-apa soalnya dosen yang gitu :)))

Reply

WAH KAMPRET!!! HAHA
Thanks anyway :D

Reply

huahaha sama, gue kondisional juga, kalo gak ngerti materinya paling main hape di belakang :))

Reply

tipe kampret emang banyak ya :))

Reply

biasanya pasti dapet poin dari dosen sih kalo nanya2 gitu, yah tergantung dosennya juga, kalo gak dapet nilai ya gak usah nanya, apalagi materinya gak asoy :))

Reply

hahaha... ada sih mahasiswa yg kayak gini, males nanya karena emang gak ngerti mau tanyain apa. :))

Reply

udah kodratnya mahasiswa begini :))

Reply

itu gue masukin di tipe pasrah hehe :p

Reply

nah, ini yang gue maksud di awal postingan T.T

Reply

Gue beneran gak tau deh kalo postingannya temanya mirip sama edotz .__.
haha setuju, daripada datang-duduk-diem mending nanya-dapet nilai

Reply

yeah, udah gue sampaikan di paragraf selanjutnya :D

Reply

tipe ngetes emang paling gue benci -__-

Reply

taeeee... sok superhero! :)))

Reply

Nah itu dia, emang tipe" ngeselin semuanye. Apalagi, ketika gue jelasin, org itu searching d internet. Dan ketika materi gue ga slengkap di internet, dia bklan nnya prtnyaan yg ga gue presentasiin. Keren kan?
Bntar, lo tdi nyruh ngelempar make granat. Emangnya yg jualan granat dmna? Gue nyari" d ragunan atau monas, ga prnah ktmu ye, bang?

Reply

Hahaha. Gue juga kayaknya sih gitu, tapi tetep aja males kalau harus nanya-nanya gitu. Apalagi kalau ada temen yang nanya cuman pengen show off. Kelar presentasi diledekin pasti. Hahaha.

Reply

YOI. YANG SERACHING DI INTERNET LALU NANYA EMANG KAMPRET -__-
Beli sama teroris aje #lah

Reply

yoi, pemburu nilai banget. ketauan! :)))

Reply

Gue dong keren, setiap ada yang presentasi gue pasang muka sok ngerti, manggut-manggut, padahal.... ngantuk

Reply

Now I know: people use free CoC gems from http://clanshelper.com/ and its great! You receive your CoC gems instantly!!! Visit and enjoy! (4PDV8aPwVH)

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!