A Great Story Comes With Great Stupidity : Hal-hal Ngeselin Saat Main Game Clash of Clans

Hal-hal Ngeselin Saat Main Game Clash of Clans

Sebagai mahasiswa semester 4 gue mulai mengalami kejenuhan di dunia perkuliahan. Gue ngerasa tiap hari kerjaan gue Cuma ketemu tugas, tugas, dosen, tugas lagi. Beberapa teman menyarankan gue untuk mencari kesibukan lain di luar dunia kampus. Gue pun turuti sarannya dan menemukan kegiatan baru:

MAIN CLASH OF CLANS.

Iya, paragraph di atas emang bisa-bisanya gue aja bikin intermezzo.
Udah sebulan gue main Clash of Clans dan ternyata game ini bikin kecanduan banget. Buat yang follow twitter gue (@yogaesce) pasti sering liat gue ngetweet soal game ini. Untuk memperjelas apa itu Clash of Clans, gue jelasin dikit…


Jadi, Clash of Clans itu game strategi online buat para pengguna iOS dan Android, bisa di download di playstore dan gratis! Cara mainnya gampang, cukup bangun desa dan pertahankan desa kalian dari serangan desa lain. Nah, bangun desa itu memerlukan dua hal: Gold dan Elixir (atau disebutnya loots). 

Loots didapet dari pabrik yang kita bangun.

Elixir dan Gold
Kalo kekurangan loots? Kalian bisa nyerang desa lain juga loh! Kalo kalian menang setelah nyerang desa, selain loots bertambah, trofi dan level kalian akan bertambah. Semakin tinggi level dan trofi, kalian bisa bergabung di clan. Clan itu semacam perkumpulan gitu, jadi kalo udah gabung clan kalian bisa minta bantuan pasukan buat nyerang desa lain. Yang lebih asoy adalah kalian bisa perang antar clan (Clan Wars). Kalo menang di clan wars, loots yang kalian dapet lumayan gede.

Gue sendiri gabung di clan orang Malaysia, namanya The GaMeRz. Iya, gue tau nama ini alay. Banget. Selama sebulan ini gue main, perasaan gue campur aduk. Penasaran, seneng, kesel, macem-macem. Tapi, belakangan ini gue main banyakan keselnya. Ini beberapa hal yang bikin kesel saat main Clash of Clans:
1.KONEKSI GAK STABIL.

Karena Clash of Clans ini game yang membutuhkan koneksi internet, kadang koneksi bisa bikin mood main berubah menjadi emosi. Gue pernah lagi asik nyerang desa lain, tiba-tiba koneksi provider gue gak stabil. Penyerangan gue ke desa tadi dianggap selesai. Yang ngeselinnya? Gue dianggap “surrender” dan trofi gue turun! Kampret!

2.CLAN-MATE GAK NGERTI APA MAU KITA
minta bantuan pasukan ke clan.
Clan-mate itu istilah untuk temen yang satu clan sama kita. Karena gue gabung di clan orang Malaysia, tentunya gue kalo ngomong pake bahasa inggris, dan ternyata ini yang bikin mereka gagal paham.

Gue saat itu lagi butuh pasukan dan minta ke clan, “anything, except barbarian and archer”.

Udah jelas maksud gue adalah minta pasukan apa aja selain barbarian dan archer. Eh, malah dikasih barbarian dan archer.

Saat itu gue maklum lah, mungkin mereka gak ngerti bahasa inggris dan baca kedua nama itu mikirnya gue minta itu. Gue maklumi.

Karana gak mau kejadian gagal paham itu terulang, gue pun minta troops yang simple banget dan nyebutin namanya langsung, “Giant please”. Eh, dikasih barbarian.

*lempar granat*

3.DURASI DAN HARGA UNTUK UPGRADE
Main Clash of Clans itu kita wajib meng-upgrade bangunan maupun senjata yang ada di desa biar lebih mudah saat nyerang maupun bertahan dari serangan desa lain. Untuk meng-upgrade semua itu dilakukan oleh builder (awal main sudah disediakan hanya 2 builder). Yang ngeselin adalah makin tinggi level gedung atau senjata, saat meng-upgrade biaya dan durasi makin mahal dan lama. Gue waktu itu yang masih level 33 aja upgrade Town Hall dari level 5 ke 6 durasinya 4 hari.

Yang jadi masalah adalah ketika meng-upgrade senjata. Durasinya lama, desa kita terancam dari serangan karena selama proses upgrade, senjata buat pertahanan gak akan berfungsi.

4.MUSUH KAMPRET DI MULTIPLAYER
Cara untuk menaikkan trofi dan dapet loots adalah dengan menyerang player lain. Nyari musuh di Clash of Clans itu ternyata gampang-gampang susah. Kita musti pencet “next” mulu untuk dapet lawan yang menurut kita gampang dan lootsnya banyak juga.

Semacam nyari gebetan yang kaya raya dan doi gampang banget digodain. Sepik dikit, melting, tembak, jadian. Kira-kira begitu.


Nah, kampretnya adalah tiap pencet “next” itu gold yang kita punya bakal berkurang tergantung town hall. Misalnya town hall 6, tiap pencet “next” maka gold akan berkurang 250. Misalnya pencet “next” 50 kali ya tinggal kalikan aja berapa gold yang bakal berkurang.

Nah, kampret part.2-nya adalah, kadang ada musuh yang gak sesuai dengan level kita muncul alias player yang sudah level tinggi tapi trofinya rendah. Pemain tipe ini pasti sengaja turunin trofinya biar bisa merampok desa-desa lemah (kayak gue) karena nyari lawan itu patokannya jumlah trofi, bukan level.

5.KEPENCET --> DEPLOY TROOPS
Ini sering terjadi sama gue. Karena gak nemu-nemu lawan yang sesuai keinginan gue, kadang pas mau pencet “next” jari gue malah khilaf pencet di luar area “next” yang artinya kita turunin pasukan buat nyerang. Udah gitu, lawannya susah pula.


Daripada pasukan mati sia-sia, akhirnya klik “surrender” dan trofi berkurang.
*nangis*

6.GOBLIN
Goblin ini adalah salah satu dari pasukan yang bisa kita buat. Kenapa ngeselin? Karena goblin focus utama nyerangnya adalah loots dan biaya bikinnya murah dibandingkan troops yang lain. Goblin ini paling banyak dipake sama player tipe farming (gak peduli kalah dan trofi turun, yang penting dapet loots banyak). Kalo goblin nyerang gerombolan kayak anak STM tawuran, berdoa aja loots lo gak habis.
 
farming loot.
Gue juga kadang lakuin ini sih kalo bener-bener butuh loots banyak buat upgrade bangunan dan senjata. Karena kembali ke poin 3: semakin tinggi level, semakin mahal upgrade-nya.

7.LOOTS MELIMPAH+BUILDER SIBUK= SIAP DIRAMPOK
Builder itu pekerja yang membangun desa. Saat awal main kita disediakan 2 builder. Tapi, menurut gue 2 builder itu kurang banget kalo level lo udah tinggi karena upgrade bangunan-senjata itu prosesnya lama. Belum lagi misalnya loots lo melimpah dan buildernya sibuk. Bisa-bisa desa lo dirampok duluan sebelum sempet gunain lootsnya. Jadi, kudu pinter-pinter bikin pertahanan yang kuat.

Builder tambahan bisa dibeli menggunakan gems. Nah, dapetin gems ini gak kayak dapetin loots yang bisa nyuri dari desa lain. Gems didapet dari nyelesaikan misi, atau nebang pohon, batu, mushroom di sekitar desa lo, itu pun dapetnya dikit banget. sekitar 1-5 doang, sedangkan untuk dapetin builder ke-3 kudu punya 500 gems. Builder ke-4 kudu 1000 gems. (gue lagi berusaha dapet builder ke-4).
 
gems!!
Cara biar cepet dapet gems? Ya beli pake duit asli.

8.TROFI BERKURANG
Gue sebenernya bukan trofi hunter. Main game ini Cuma buat seneng-seneng aja. Tapi, semua itu berubah ketika gue liat ada achievement kalo mencapai 1250 trofi, bakalan dapet 450 gems. Karena gue lagi ngejar buat dapetin builder ke-4, gue jadi hobi buat naikin trofi.

Semuanya berlangsung secara lancer sampai gue mencapai 1238 trofi. 12 Trofi lagi dan gue bakal dapet gems tambahan. Tapi sepertinya nafsu gue membuat meremehkan lawan. Serangan gue gagal dan trofi berkurang banyak.
Trofi menang dan kalah gak sebanding.
Iya, kira-kira gue kudu nyerang 3 kali untuk dapet 30 trofi dan karena kalah sekali langsung berkurang 28. Sakitnya itu… di sini. *tunjuk hati*


9.CLAN WAR
Clan war dilaksanakan dalam 2 hari. Hari pertama persiapan (nyusun base pertahanan yang kuat) dan hari kedua adalah perang. Saat perang kita diberi kesempatan untuk nyerang 2 kali. Yang ngeselin adalah ada anggota clan yang gak nyerang (mungkin dia sibuk di dunia nyata) dan ini bisa bikin clan kalah di clan war. Orang kayak gini ngeselin karena kalo kalah di clan war, loots yang didapat bakalan sedikit banget.

Clan war juga kadang ngeselin berlangsung di waktu yang gak tepat. Clan gue waktu itu perang pas banget jam 8.30 pagi alias pas gue UAS. Ada temen gue, Reza, yang ikutan clan Malaysia itu ngehubungin gue,
“YOG, WAR!! UAS DI SKIP AJA!!”
“PALAMU!!”
Pernah juga war jam 2 dini hari. Gantian dia yang gue hubungi,
“ZA, WAR!! TIDUR DI SKIP AJA!!”
Dia gak balas, udah tidur duluan.

Kenapa kudu nyerang duluan? Karena clanmate pasti nyerang base yang lemah duluan alias siapa cepat, dia dapat. Kalo lo gak buruan nyerang, pasti dapet lawan yang kuat. Iya, kalo menang. Kalo kalah? Rugi pasukan.

10.WALL MAHAL.
Wall yang gue maksud disini adalah dinding pertahanan, bukan es krim.

Oke, itu walls.
Untuk melindungi bangunan dan senjata kita, maka sebaiknya dikelilingi oleh walls. Nah, yang ngeselin adalah untuk bikin wall itu pake harga satuan. Upgradenya pun juga harga satuan. 

Base gue masih pake walls level 4 dan beberapa sudah level 5. Upgrade walls dari level 4 ke 5 itu butuh gold 30.000/biji. Bayangin gue musti upgrade 100 walls.

Habis 3.000.000 gold cuma untuk dinding. Dan masih level 5.

Dindingnya ada sampe level 11 kalo gak salah dan biayanya gak usah ditanya. Bukan mahal lagi, tapi MUAHAAAAAL!

Tapi, diantara ke-10 hal di atas, hal paling ngeselin adalah…


Yap, pas buka game ternyata desa kita lagi diserang dan menunggu sampai penyerangan selesai dengan harap-harap cemas desa kita gak kalah. Sakitnya itu, di sini… *tunjuk hati* *lagi*

Jadi, menurut gue main clash of clans ini selain game strategi, tapi game yang bikin bener-bener buat mikir juga. Mikir mana yang harus jadi prioritas buat di upgrade, mikir biaya produksi pasukan berbanding lurus dengan pemasukan loots dari nyerang desa atau enggak, mikir jangka waktu builder kerja biar builder gak nganggur karena sesungguhnya, builder yang menganggur adalah kerugian besar.

So, ayok ikutan main. Siapa tau bisa bikin clan bareng dan hilangin kejenuhan saat liburan. 

CIAO!

Nb: postingan ini dibuat oleh newbie di clash of clans. Saat postingan ini diterbitkan, gue masih level 40 dan town hall level 6. Mungkin kalo level dan town hall gue udah tinggi, makin banyak hal ngeselin lainnya.

UPDATE!!!
Gue udah nulis lanjutan dari postingan ini. Silakan cek di sini.

150 comments

Dibayar berapa sama CoC?

Pengalihan isu nih karena kemarin ngecit X))))

Reply

Gue belum main Coc bangg, nanti gue coba dah!
Terus, kalo gue gak nemuin hal yg nyebelin gitu.. gimana?
Gue anak hebat kah? haha..

Reply

Gue kalo main coc kalo lagi susah boker aja bang, ternyata bisa emosional terapi pencernaan juga kalo kepencet next tapi malah. Ah sudahlah...

Reply

taeeee... mana ada ngecit x))
salahin gamenya kenapa defense tetep berfungsi pas diserang :))

Reply

...Tapi malah hapenya kecemplung ke septictank? :v

Reply

Udah, lu maen Tetris aja biar nggak kesel.

Reply

Belum pernah main ginian. :))
"Giant please" eh dikasih barbarian. Hahaha. \:D/

Reply

Ampun gua kira ini game untuk PC, ternyata android dan iOS, cukup tau aja, makasih loh udah banyak ngereview hal-hal ngeselin ini, karna gua sendiri ga punya gadget, terimakasih.

Reply

Rido kok jahat komennya :(

Reply

cobain gih biar ngerasain :))

Reply

....*kemudian ada hening yang panjang saat baca komentar ini*

Reply

TH baru Lv. 5 nih.. skrg lg prepare buat Clan War perdana.. deg2an juga :D..tp beneran bikin kecanduan..ampe lupa sahur.. :(

Reply

ayo semangat mainnya :))

Reply

Th gw lvl 7 pak, tembok rata lvl 6, sebagian lvl 7, alhamdillah semuanya udah mentok, tinggal up th :p

Reply

Sya dah TH8 troops, dfnse ama recource dah mentok smuanya.. tnggl nylesaikn up wall ke lvl8 ama brrck ke lvl 10 plus BK ke lvl 10 jg..klo dah selesai capcuss deh TH9 😆 hehehe. Duh serus nih pas lgi nulis koment base sya di attck ok deh kabur dlu mau ngcek🙈

Reply

Vaksi, ... I DONT CARE

Reply

Join ke clan aku., Indo Eternity.,na aku richo aku udh level 79.,!!

Reply

Bermanfaat sambil ngakak wkwkwkw

Padhydhy.blogspot.com

Nice info gan

Reply

Indo eternity? Clan kuat bukan tuh? Gue masih cupu, lvl 57 TH7..

Reply

*ask_newbie* emang klo lg upgrade senjata trus start war gk work di war?

Reply

klo lagi upgrade senjata saat war, senjatanya masih tetp berfungsi kok, dengan level senjata sebelum d up

Reply

saya main d PC, pake android emulator, Bluestacks

Reply

Mendingan ngrampom desa lain..lebih assssiiiieeeekkk..

Reply

Yang lebih nyeselin lagi kalo dark elixir di rampok

Reply

Yang lebih nyeselin lagi kalo dark elixir di rampok

Reply

Nah, udah dijawab tuh.
Jadi, maksud gue senjata gak berfungsi saat di upgrade itu saat diserang biasa, kalo saat war senjata tetap aktif sesuai dengan level sebelum di upgrade..

Reply

Gw th9 troop max tinggal hero ajj yg blom mentok wwkkwkwk yg paling ngeselin klo lo lagi cw lost connection lembiru ajj tuh HP/WiFi...:)

Reply

Liet di youtube. Cari aja swndiri. Ad cheatuntuk naekin gems sampe 999999999999 gems

Reply

Main game pake CHEAT?

LEMAAAAAAAH!!!

Mana ada gregetnya. Cih.

Reply

wogh TH9.. Gawl.

iya, kalo war lalu lost connection itu ngeselinnya dobel.

Reply

Yoi. Farming pake archer doang juga lebih asik :p

Reply

Paling ngeselin no 4 dan 5 apalagu jika ditambah no 1 ketika sudah dapat target dengan loot banyak setelah habis puluhan ribu untuk 'next' -_-

Nice Post Bang

Reply

Knp pas mau war ada loading warna merah di bawah gambar sepasang pedang member clan?

Reply

kalo dia member baru, kayaknya dia gak bisa ikut war. kalo gak salah ngerti sih.. gue mencoba mengerti sendiri haha

Reply

Join di clan newbie nih, CACAD-MENTAL newbie tapi aktif :)

Reply

Nak an coc dl ,lawan ny pd ky

Reply

gabung aja di clan DaYaK 2..liat hasil warnya won... dr indo semua dyk huruf BESAR

Reply

teammate gw minta dragon sering gw kasih goblins/archers/barbarians bro.tujuannya biar troops donate gw nambah.biar satu clan tau gw orangnya dermawan. itu tujuannya bro.bukan karena doi ga ngerti bahasa lu. lagian teammate gw mintanya aneh2.buat nyari treasure aja pake minta dragon,ga tau kalau training timenya 30 menit. parahnya lagi space clan castle cuma 15, minta dragon.

Reply

troops donate nambah? sekali donate kan max 5 troops. Misalnya ngasih wizzard 5 biji, udah nambah 20 tuh xp. Malah lebih banyak keliatannya kan daripada ngasih 5 archer, dihitungnya 5? Dermawan dari hongkong :))

nah, kalo CC-nya 15 minta dragon, ya elu tegur lah, tanya dia maunya apa. Mau troops lain apa mau di kick? haha.

Reply

Nih game buat gua lupa sama bini gua di rumah, wkwkwkwkkw

Tp ya sudahlh.

Ada yg tau "xmodgames" ayo coba seru bnget bisa tes WAR.

Reply

syit lupain istri haha.

wah, yang xmodgames gue gak tau apa itu ._.

Reply

Lginyaricheattpigkktemu
*apes*_-

Reply

Kalo ada yang mau gabung silahkan ke sentul bogor .. klan yg war nya tiap hari.. hahaha

Reply

Liat war lognya #LOYALTY dehh, yg leadernya Mega.G☺☺. Nahh aku disitu sebagai macjam. Dan aku co_lead lhoo😍😍😏

Reply

join tasikmalaya999 clans amatir

Reply

yg gw bikin kesel.. pas lg kaya gold mau up ini itu tpi yg kuli lg pd sibuk... yg ada di rampok goldnya hahahah untung skrng builder dah ada 4 di th lev 6.. ga pernah pake gems dari lahir

Reply

My friends told me that on http://clashofclanshelper.com/ - you receive free Clash of Clans gems instantly! Everybody uses this now! (zD037lvWXy)

Reply

Hihihihihhi seru tulisanya bikin stresss ilang mikir main coc....

Reply

I FOUND A CLASH OF CLANS GEMS GIVEAWAY! http://clashofclanshelper.com/ - you receive free Clash of Clans gems instantly! Everybody uses this now! (CD0eZc0EXK)

Reply

Amazing! http://clashofclanshelper.com/ - I got free Clash of Clans gems here! Get yous too in less than two minutes!! THE ONLY WORKING FREE GEMS GIVEAWAY!!(zB3tQZUR3O

Reply

This is amazing! Visit http://clashofclanshelper.com/ - you receive free Clash of Clans gems instantly! I just tried that! (6mKuq4kwAc)

Reply

lebih sakit mana.. pas kota kita di serang, trus kita lihat replay nya... hahahahahha.. sedih barbie...

Reply

main c o c lumayan gampang, baru sebulan setengah, dah lvl 8 th nya, di tambah lagi builder dah 4,, wehe...

Reply

If you wanna clash of clans advantage go to http://clashofclanshelper.com/ - you receive free Clash of Clans gems instantly! I just tried that! (IXgvl2mhq0)

Reply

Gua TH 7 lgi proses TH 8 sisa 3 hari lagi,,,klo lu mau liat base gua cari di indo java nickname gua Adoel

Reply

Visit or join clan gue clan nasional nama clan gue indonesia sakti nama id gue majapahit lev 100+ th 9 requidt troop 1400 war won 68 kali bro thx

Reply

This is amazing! Visit http://clashofclanshelper.com/ - you receive free Clash of Clans gems instantly! It really works! (eo6vENPMTL)

Reply

Hahaha asik bener ni postingan, aku baru aja naik TH 10, berasa baru main lagi, mau up wall ke lvl 11 4 juta pas gak bisa kurang ! Greget liatin harga wall nya hahahaha

Reply

aku baru th6 *newbie :p

Reply

My friends told me that on http://clashofclanshelper.com/ - you receive free Clash of Clans gems instantly! Everybody uses this now! (06MD9FnuGn)

Reply

Bagaimana cara minta prajutit di coc.

Reply

Saran gw ya. Biar musuh gak kesentuh/nyerang storagemu. Up collectormu ( goldmine / elixir coll. ) supaya musuh gak kesentuh sama storagemu dan bangunan defense sama trap2nya juga hrs di upgrade.
Biar aman. Pake formasi Farming ( th diluar tapi lootmu terjaga walau berkurang 1000 loot dan trophy. Tapi IT'S OK ).
Dan selalu bersihkan lingkunganmu dari sampah2( pohon. Batu. Jamur. Semak2. Dsb )

Id : Ardian 1997
Clan : INDONESIA CLANS with DonDon ( as leader )
Builders hut :2 ( lagi ngumpulin gems. Hehehe )
Th : 8
Note : bwt agan2 yg mau join ke clan gw. Min. Townhallnya hrs lvl 6 dan min. Clan castlenya lvl 3 + trophynya min. 2000 ( BESAR SEBELUM WAKTUNYA TIDAK DITERIMA ( Townhall lvl tinggi. Bangunan yg lain lvl lvl rendah ). Thx

Reply

Agan hrs punya clanmu. Biar bisa minta troops

Reply

Lebih sakit lagi kalau yg kita serang gak balik modal

Reply

buset TH 8 builder cuma 2, gue udah 4 huahaha...
gue udah pake farming mode dari TH 6, sekarang TH 8 max defense, tinggal wall ke level 8 nih, sebijinya 500k euy. Repot.

Reply

TH 10 max defense gak pas di TH 9? Ntar rushing TH, percuma. Bikin repot di war malah dapat lawan susah :p

Reply

mau bertanya. apakah seorang member clan apabila tidak ikut war clan. kemudian setelah war clan usai... member tersebut harus di kick kemudian diinvited ulang. apakah seperti itu permainan coc. mohon pencerahannya trims

Reply

tergantung kebijakan clan lo. Kalo di clan gue sekarang sih misalnya gak nyerang di war pasti di kick.
Misalnya dia ijin dari awal gak bisa ikut war, dia di kick sebelum 'searching' lawan, setelah masuk ke preparation day dia di invite ulang. Gitu kalo di clan gue.

Reply

Suka sebel kalo setiap menyerang kalah, udah ngabisin elixir udah diturunin tropis, bt nya sampe ubun2, udah miskin di serang pula, makin melarat deh desa gue

Reply

Ayo gabung di clan SNP baRRackSNP

Reply

GAbungke "teknokrat bdl" clan newbie asli lampung

*tanpa tanda kutip

Reply

thanks gan.. bikin gue ngakak gan. ada lucu lucunya. hahaha

Reply

kenapa saya tidak bisa masuk/ (sign in) di COC yah///
,, hh ku Andromax C yg udah ganti ROM samsung S5//
.. mohon bantuannya yah agan agan///
makasih sebelumnya////

Reply

Join my clan nama nya jogja besar semua huruf nya leader nya maz ku
aku TH8 builder 4 wall separuh level 8

Reply

Yang ga punya clan masuk clan sy .INDON UNITED

Reply

Skalian minta PEKKA klo cc 15, klo aku mending donate arch or barbarian, kan buatx cepet.hahaha.

Reply

Lebih skit baru turunin pasukan langsung muncul tulisam try again or reload game

Reply

Hey kalian udah ngeliat patung mesir di coc?klo mau ngeliat liat di ujung atas (sudut)terlihat seperti patung kucing lho

Reply

Haha makasih ya saya jadi terhibur karena ada yg lucu juga.tp yang para clan castle aku udah lv 3,minta dragon tp di isi goblin –_–

Reply

Haha makasih ya saya jadi terhibur karena ada yg lucu juga.tp yang para clan castle aku udah lv 3,minta dragon tp di isi goblin –_–

Reply

semua kesedot kelayar itu layar peradaban yang menjajikan seperti dajal dengan mata nya yang satu ...




di cekoki tukang tipu di televisi ...


Reply

Bagi pengguna android, Anda bisa mendapatkan dollar dan
➨ Bisa juga dicairkan ke rekening(via paypal), ditukar jadi Gems COC atau Diamond get rich .DLL.
Caranya :
1. Buka Playstore
2. Di pencarian ketik: "Whaff Rewards"
3. Install & Buka aplikasinya
4. klik LOG IN, ( Ada di bagian atas )
➨ Gunakan FB kamu, lalu Klik OK saja trus
5. Tunggu beberapa detik sampai muncul "ENTER INVITE CODE"
➨ Masukan Kode "AG62928"
➨ Download & buka aplikasi di bagian Whaff Pick & Premium pick, maka Saldo Akan Terisi.
NB: jangan sampai salah memasukan kode "AG62928"agar mendapatkan Saldo
⇨ Jika saldo sudah cukup klik Exchange, tinggal pilih mau dikirim ke rekening bank atau ditukar ke Gems/Diamond

Reply

Yang ke 7 yang paling gw suka, hohohoho

http://jos998.blogspot.com

Reply

Saya baru 1 minggu bergabung,,ngerasain ketagihan... pengeng nya main trus,, saking seringny smpe lupa sma istri..! TETANGGA,,,
Hheee..

Reply

gue suka tuh yang war tengah malam, WAR DULU,TIDUR DI SKIP, wkwkwk asli ngakak ni posting. :D

Reply

Suippppp mantap bagi ilmu bohongnya dong!!!!

Reply

Ayo gabug d clan kami "OJO WEDI", clan kami royal donasi, rajin war..

Reply

Check out http://clanshelper.com/ - I got free CoC gems here! Get yous too in less than two minutes!! Couldnt believe at first but it really works for CoC!(hcJyWMk0cF)

Reply

gua th10 nih bang nama clan lu apaan bang ntar ane masuk deh ...

Reply

gua th10 nih bang nama clan lu apaan bang ntar ane masuk deh ...

Reply

Sekalian aja kasih Naga mini, bilangin rawat supayya besar kasih makan snickers dan aqua biar gak rese dan tetap focus. Atau kalau dia marah teyus kemudian dia ba req lagi. Balas kasih goblin, bilangin Didalam karungnya ada telur naga tunggu aja menetas.... Gue sering tuh kasih Million gue suruh rawat, sampai di sekolah teman tanya gimana caranya, gak pernah besar nih.

Reply

JOIN, my clan. Anak SMPN 1 Tolitoli. My clan : Brother Army, yang leadernya ichsan dan sya sebagai co Nama sya M7N. Langsung ku angkat jadi co bilangan dulu gue yang di itu blog, Ok. PASTI GUE TERIMA.

Reply

Artikelnya lucu broo

Reply

Artikelnya lucu broo

Reply

yang paling sedih tuh...udah kerampokan, pas mo revenge level dia lebih tinggi...hixhixhixhix...(dendamnya tuh disini...)

Reply

Masuk clan gua aja Indo ma bru phi.. indonesia brunei philipine

Reply

Bang bang semua, ada yg pernah ngalamin gak coc nya error bangunannya jadi item item gitu, coc ku gitu, sudah di upgrade tetep, install ulang tetep. Tolong ya yg tau. Butuh pencerahan ini

Reply

gewe' pling sering klok gk d ikutin war trs yg TH nya msh d bawah th gewe' pada d mskin, trs ank" pd mntak trops, ywdh gewe' jailin ajah, gewe' kasih tuyul [goblin] sma gas LPG [wallbreaker] ajah satu"...! waktu d tnyak ama CO tau LEAD nya, pura" ajah gtw....! 😀

Reply

gewe' pling sering klok gk d ikutin war trs yg TH nya msh d bawah th gewe' pada d mskin, trs ank" pd mntak trops, ywdh gewe' jailin ajah, gewe' kasih tuyul [goblin] sma gas LPG [wallbreaker] ajah satu"...! waktu d tnyak ama CO tau LEAD nya, pura" ajah gtw....! 😀

Reply

Hal hal yg ngselin saat main coc udah pernah saya alami semua khususnya khususnya koneksi lost hahaha

Reply

Keren!!sekarang th brapa bro?

Reply

Wow kevin anggara ... fans berat nih!!! Foll back ignya kelvynkputra

Reply

Join Clan gw Fighters-Army Gw Leadernya Nick gw Paschaaa169TBB

Reply

I cant believe I found this for CoC clans game just now: http://clanshelper.com - Best free source for Clash of Clans gems! I just tried that with all my clan! (7T4o1uNXgQ)

Reply

Gua pengen gabung indo eternity, skrg udh peringkat 4 sedunia

Reply

Gua pengen gabung indo eternity, skrg udh peringkat 4 sedunia

Reply

Ha..ha....memang sakit nya tuh disini.......salam kenal mas......asik tulisannya.......

Reply

"Tunjuk hati ajalah"

Reply

Klo di klan dri member bsa naek pangkat kagak..mohon Pencerahan nya

Reply

Masuk clan gua , PasungCrew diutamakan women player , min th5 , clan level 3 up to 4

Reply

Gue suka dengan cara bicara lu
Kocak abis
Ampe ngakak gw
Tambahin lg y postinganya

Reply

gabung aja di clan gua , peloran ,, soko tulungagung clan wes lvel 3 ,, war 1x klah , banyak bantuan dari clan teman yang udah lvel 5 , free leader .. monngooo gabung , jhono , wewe , akun dlam clan .. coba di cek

Reply

Cobain biar kau bahagia

Reply

kok mirip kayak postingan jalan tikus ya.
yang ni.
https://jalantikus.com/gokil/hal-paling-ngeselin-saat-main-clash-of-clans-part1/

Reply

wah gue malah baru tau. Gue bikin postingan ini original karena emang kesel. Buktinya gue bisa lanjutin sampai 3 part. Dari segi bahasa juga udah beda kok. Di sini gue nyoba angkat kekesalan gue pake komedi.. :)

Reply

Haha
Ternyata aku tak sendirian :-D

Reply

join mega empire

#Athena_wait you kawann :)

Reply

Baru maen masih cupu. untuk membangun desa yg kuat mah nyolong aja dul😁😁😁😁😁

Reply

lebih menyebalkan lagi di saat lagi nyerang desa orang terus lu udah hampir menang tiba-tiba koneksi internet lu terganggu -..-

Reply

Lebih ngeselin hpku nokia 3315

Reply

yg di jalantikus 2015 brew postingan nya, yan ini 2014. mana yg duluan posting ???
asli ini postingan ga jelas tapi ngakak bro. minum dark elixer ya lu tong :D

Reply

masih mending....saya sangking asiknya maen coc...sampe lupa diri sendiri...
loh....saya siapa ya????

Reply

coba upgrade HHnya.....hihihi...kabur ah...

Reply

yg ini asli ngeselin memang.... kwkwkkkww

Reply

min mau nannya saya kan main di Samsung FAME kan android saya instal Coc nah pas udah di play eh pas loading kan ada tampilan Supercall nah sebelum supercall layar item mulu min ngga loading berikutnya

Reply

ID:Harel
CLAN:IJOLUMUT LEVEL 8
TH8 MAX DEF WALL MAX.
TROPY CHAMPION BULDER 5

SILAHKAN YG MAU JOIN.

NB:YG GW PALING NGESELIN,KALAU DI CHAMPION BANYAK BANGET ILANG POIN TROPY.TAPI YG PALING ENAK CHAMPION,TUMPAH TUMPAH DUITNYA.GAMPANG DI DAPAT..hhhhh..joss

Reply

Keren nih postingan.. Hahaha

Reply

Teman2 ada gak yang tw kenapa kok di coc sya tiap di klik th y dia kok kluar sendri??

Reply

Masukkan komentar Anda...dari atas sampe bawah pernah alami semua. miris. ckckck

Reply

udah ngga pernah main COC, tapi tetep posting tentang coc :v http://kdlneverdie.blogspot.com beralih ke clash royale ~~~

Reply

gua paling sering itu trop kepencet pada saat nyerang, ngeselin emang

Reply

Gan skrg ente udah gede donk th,nya???

Reply

masih betah di TH 10. Mau maksimalin heroes dulu baru up th 11 kayaknya :))

Reply

Hahahahahahaha...yg post ini unik lucu

Reply

🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!