A Great Story Comes With Great Stupidity : Perjalan sepanjang tahun 2012

Perjalan sepanjang tahun 2012



Gue gak mau bilang, "gak kerasa ya udah mau 2013 aja." karena itu terlalu mainstream dan sebenernya gue bener-bener menikmati perjalanan gue di taun 2012 ini. Banyak pencapaian tak terduga yang menurut gue merupakan sebuah prestasi dalam diri gue.

Mungkin postingan ini gak ada lucu-lucunya, karena gue mau bermelankolis ria dulu, mengenang kejadian seru ditiap bulannya selama 2012... buat kalian yang berharap post ini lucu, boleh close tab.

Eh jangan, mending baca aja deh... :p

Here they are...

Menyambut 2012 (31 desember 2011) , gue taun baruan bareng temen sekelas. Ini pertama kalinya bagi gue rayain taun baru gak sama keluarga. Biasanya tiap taun baru gue cuma di rumah aja, ngemil jagung rebus sambil nonton bioskop trans tv sampe jam 4. Miris.
"Siapa yang rumahnya siap kuledakkan?"

Januari
Gue lupa ada kejadian apa. next!

Februari
2012 yang katanya bakal kiamat bener-bener berasa kiamat bagi gue ketika menginjak bulan februari. Setelah 3 bulan menunggu, Gue dapet email dari penerbit dan isinya naskah gue ditolak. Life goes on. Gue lupakan itu. Gue mencoba mencari hiburan dan bertemu komunitas @StandUpBpn, gak sengaja gabung, yang akhirnya malah ketagihan openmic. Disini gue menemukan sebuah pencapaian. Gue berani berdiri sendirian, ngomong pake mic, di depan orang yang gak gue kenal.

aslinya gue pemalu banget, di liatin tukang ojek aja gue cepirit 3x.
openmic ke-3 bareng mongol :D
Bulan februari gue juga pindah rumah. Makin jauh dari sekolah, jauh dari kota, dan ketemu tetangga kampret. Nasib. Gue juga sempet masuk Koran dalam rangka hut Kota Balikpapan. Bisa dibilang Bulan Februari adalah bulan penuh suka-duka bagi gue.


Maret
Gue mulai try out dan ujian PRA UN. Harusnya disini gue mulai belajar serius buat UN, temen-temen gue mulai banyak yang les di GOblok e atau primag*ama, gue malah makin fokus di stand up comedy, karena emang gue suka mencoba hal baru dan gue ketagihan. Padahal janji gue ke Ibu adalah,

“Sebulan aja kok, Maret paling aku udah berenti dari stand up, mau UN juga”

Nyatanya gue malah lebih sering ke cafe buat openmic ketimbang nyentuh buku pelajaran.

April
Ketika memasuki bulan april, gue mulai galau sama UN, gimana gue gak galau kalo 3 tahun di SMA gue sama sekali gak ngerti fisika dan berharap lulus? Perang 4 hari dari 16 april hingga 20 april berhasil gue lalui dengan... kurang meyakinkan.

Mei
Harap-harap cemas di rumah nunggu hasil UN, akhirnya inisiatif sama teman 1 geng buat video perpisahan. Yang seharusnya kita di rumah, malah berkeliaran di sekolah. Disini bener-bener kerasa hari-hari terakhir di SMA, beberapa teman bahkan udah pergi keluar kota daftar kuliah.

26 Mei akhirnya pengumuman. Sekolah gue lulus 100%. Nilai fisika gue? 5 KOMA! HAHAHA...

Di akhir bulan gue sibuk ngurus kuliah di kota sendiri, gue gak ngikutin jejak temen-temen gue yang banyak keluar kota, gue pengin buktiin kalo di kota sendiri bisa sukses. Hidup itu pilihan.

Juni
Bulan Juni gue berusia 18 taun, tanpa temen-temen 1 geng gue yang pada keluar kota ngurus kuliah, gue rayain ulang taun gue dengan temen seadanya. 
Yoga 18 tahun, ganteng
 Pencapaian lainnya gue kepilih jadi opener tur Merdeka Dalam Bercanda milik @pandji pada bulan Juni, Hasil berkali-kali openmic terbayar lunas saat kepilih jadi opener, sayang penampilan gue di show itu sedikit mengecewakan. Maklum, pertama kali ditonton 300 orang.

jangan piting saya om...
Juli
Ummm... gue bambung di rumah tanpa kegiatan. Nunggu masuk kuliah yang masih lama...Gue masih rutin openmic. satu-satunya yang gue inget gue malah jaga tokonya temen gue.  Udah gitu aja.

Agustus
Bulan puasa.  Gue Lebih banyak habisin waktu untuk tidur. Disini bakal antiklimaks ketika gue mutusin untuk untuk vakum stand up selama 1 bulan, padahal banyak tawaran gig yang datang. Alasannya simpel, gue iseng bikin draft buat postingan blog, eh malah jadi nulis naskah buku.  Tanggal 12 Agustus gue kirim naskah itu ke penerbit. sedikit berjudi, gue gak tau naskah itu nasibnya gimana sedangkan rejeki yang datang dari tawaran gig stand up gak gue ambil.

September
3 september gue masuk kuliah. Hal pertama yang gue petik adalah, dosen PHP everywhere...
Tanggal 12 september, gue lagi ngerjain tugas kuliah, maksud hati ngecek e-mail kiriman tugas dari teman, gue juga dapet e-mail dari penerbit Gradien, gue deg-degan. Gue sedikit trauma menerima penolakan dari penerbit. Pas gue buka... NASKAH GUE DITERIMA!!!

Tapi...

Untuk ‘lebih buku’ redaksi minta beberapa cerita tambahan dan sedikit revisi di beberapa cerita. Disini gue mulai gak fokus untuk menuhin permintaan penerbit karena diakhir bulan (29 september) bakal ada event Stand Up Nite pertama, dan gue pengin banget tampil disitu. Disini gue diskusi sama temen gue, @DanaSatrian dan dia ngeluarin kata-kata emas,

“Yog, ini kesempatan emas. Ini sama aja kayak cewek yang udah pasrah, tinggal kamu gituin aja!”

Berbekal quotes emas dari Dana gue nulis beberapa cerita lagi dan berusaha tetap fokus di stand up. Ini berbuah manis, cerita tambahan selesai sesuai deadline dan gue kepilih tampil di #SUN1 juga. 
tampil di #SUN1BPN
Kece. Badai.

Oktober-November
Bulan oktober-november, gue mulai rasain beratnya jadi mahasiswa, UTS, tugas bikin makalah, power point dan presentasi.

Di akhir bulan november gue dapet pengalaman seru tak terduga, gue yang masih semester 1 udah disuruh ngawas Tes Daya Serap di 2 SMA. Sebagai MABA gue merasa ketje.
yoga versi mahasiswa
Di tengah sibuknya gue jadi Mahasiswa, Gue mulai berpikir untuk vakum stand up lagi, tapi awal desember ada Stand Up Tour #tanpabatas @notaslimbloy, gue pengin jadi opener lagi...lalu datanglah e-mail dari penerbit untuk revisi naskah (lagi). Disini gue bener-bener gak fokus. Tugas kuliah banyak, openmic jadi ngebom alias garing, parahnya setelah revisi, naskah gue gak ada kabar... kata penerbit nunggu antrean masuk proses editing. Bagaikan kehilangan pacar, gue nampak bingung. Pas akhir bulan gue baru dikasitau kalo naskah gue udah masuk bagian editing, gue gak sabar.

Desember
Bulan desember, yang katanya bakal kiamat, nyatanya malah jadi berkah buat gue. Hasil suntingan naskah udah kelar gak nyampe seminggu, besoknya cover buku pun datang. Kerennya lagi, awal taun (insya allah) buku gue bakal terbit. 7 desember Stand Up Tour #tanpabatas @notaslimbloy , gue gak kepilih jadi opener karena gue emang lagi gak fokus di stand up, performa gue di openmic juga nurun banget, gue sadari itu, tapi gak terlalu kecewa juga, comic lain kualitasnya juga makin bagus. 
"tebak.. ini isinya apa?"
 Acara pun sukses dengan damai sentausa.

2012, Emang gak kerasa cepat berlalu, terlalu banyak kejadian hebat ditiap bulannya. Banyak pelajaran yang bisa gue petik ditiap bulannya. 2013 udah di depan mata, seperti di akhir taun 2011 lalu, gue bikin resolusi sederhana untuk taun 2012 dan alhamdulillah cuma 1 resousi yang gagal, yaitu... BISA KAYANG!  dan untuk taun 2013, sedikit impian gue...
1. IPK diatas 3 tiap semester biar cepet lulus.
2. Buku gue lancar jaya prosesnya dan laku
3. Bisa bikin buku lagi
4. Nge-kill lagi tiap openmic
5. Bisa kayang #tetep
6. sisanya belum terpikirkan #halah 

Biarkan kejutan-kejutan lainnya datang sendiri sambil tetap optimis mencapai resolusi itu tiap bulannya.

Salam Ganteng!

22 comments

ngamanin pertamax, komen benerannya nyusul

Reply

Aku kalah pertamax (lagi) :(((

Reply

INI KENAPA PADA NGINCAR PERTAMAX?!

Reply

Perjalan di 2012 ya.. Banyak mimpi mimpi kecil gue yg terwujud, banyak juga nemu hal baru dan temen baru yg nyenengin. Dan yg paling penting sih, target 1 tahun 1 pacar gue terwujud \('o')/

Reply

Tumben cuma satu foto elu yang mukanya disensor? Enggak takut pembaca kabur semua?

Reply

kalo gak disensor ntar makin banyak yg becek~

Reply

bulan januarinya kosong, paling diisi dengan kegiatan "sabun" :)))

Reply

buset dah..

mungkin inilah yang kami iri dari kami yang berada jauh dari heningnya keramaian di kota..

kembangkan terus potensi ente ketika kesempatan itu ada.. :)

Reply

balikpapan gak sepi2 amat kok hehe..
thx bro :)

Reply

aku doakan semoga semuanya lancar jaya sentausa ^_____^
moga capung makin terbang tinggi,,,jgn tinggalin cupangnya :))

Reply

Ahh perjalanan hidup lo menarik bang :)) Semoga di 2013 ini makin baik yaa.. Aamiin :)

Reply

AMIIIIIIIIIIIN.... lo juga :D

Reply

keren jog, idup lo variatp beudtzz, nah gue? garing.
oke ini nasip. gue paham, gue ngerti ._."

Reply

rang balik papan bro. di mananya. gwe orang Samarinda. salam kenal ya.

panjak banget kisah lu di 2012, hehehe. semoga buku lu laku,

1 lagi, lu orang banjar, arau kutai #pertanyaan macam apa ini?

Reply

semua hidup pasti menarik bang, coba inget2 lagi haha

Reply

balikpapan!! bukan balik papan -___-
amin :)
gue kelunturan jawa doang .__.

Reply

Semoga di taun 2013 ini lo bisa kayang ya ( .___.)

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!