A Great Story Comes With Great Stupidity : Tips Traveling Hemat Ala Anak Ekonomi

Tips Traveling Hemat Ala Anak Ekonomi

Pusing sama tugas kuliah?

Stress sama kerjaan?

Terlahir buruk rupa?

TRAVELING SOLUSINYA!

Iya, traveling, masa bunuh diri? Walaupun lebih gampang mengatasi masalah-masalah di atas dengan bunuh diri, tapi gue enggak menyarankan untuk melakukannya. Mendingan juga traveling alias jalan-jalan. Kenapa? Pertanyaan bagus! Dengan traveling, segala masalah dan persoalan hidup bakal terlupakan. Selain itu juga kalian bakal dapat pengalaman-pengalaman baru di perjalanan. Semua hasil dari traveling itulah yang bakal berubah menjadi sebuah energi baru yang siap kalian gunakan untuk kembali menghadapi kenyataan. Yah, mirip-mirip handphone yang perlu di-charge gitu biar terus bisa digunakan.

Tapi kan traveling itu mahal? Gimana caranya mau traveling?

Nah, pertanyaan bagus lagi! Traveling itu sebenernya gak mahal, asal tau triknya! Sebagai mahasiswa ekonomi yang gak mau rugi, Senpai Yoga akan membagikan tips traveling hemat! 

Menurut gue, dalam melakukan perjalanan, hal yang paling penting ada lima:
1. Tujuan
2. Transportasi
3. Akomodasi
4. Konsumsi
5. Tampang memelas

Mari kita bedah satu per satu.

1.Tujuan
Kita pengin jalan-jalan tentunya harus menentukan dulu tujuan kita mau ke mana.

Bali?

Jogja?

Akhirat?

YOUR CHOICE!

Emang kenapa harus menentukan tujuan dulu?

Pertanyaan bagus! Karena masing-masing kota biaya hidupnya pasti beda. Bisa aja di kota X, dengan uang 10 ribu bisa beli nasi campur dan es teh, kenyang. Sedangkan di kota Y, uang 10 ribu tadi cuma bisa buat beli nasi campur. Seret-seret dah itu tenggorokan gak bisa beli minum! :(

Gak hanya kota tujuan aja yang dipikirin, tempat-tempat asoy yang ada di kota itu juga perlu dicatat. Cari tau dengan survey terlebih dulu dengan googling: berapa biaya yang dibutuhkan untuk ke sana, berapa jarak tempuhnya, bisa ditempuh dengan apa.

Nah makanya, setelah sudah punya tujuan mau liburan ke mana, kalian pasti akan lebih mudah dalam mengatur budget atau pengeluaran. Seperti prinsip anak ekonomi, dengan modal sekecil-kecilnya, mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Maka usahakan untuk mengeluarkan budget sekecil mungkin tapi mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

2.Transportasi
Yang namanya jalan-jalan, pasti membutuhkan alat kontrasepsi, eh transportasi. Mari tanamkan prinsip gak mau rugi untuk menghemat pengeluaran dengan cara carilah tempat-tempat wisata yang jaraknya enggak terlalu jauh dari tempat kalian menginap, kalo perlu yang gratisan. Asal tempatnya foto-able dan upload-able di Instagram, SIKAT!

Jangan pilih tempat wisata yang jauh. Kenapa? Pertanyaan bagus! Semakin jauh tempat yang kalian tuju, maka pengeluaran kalian untuk transportasi akan membengkak. Kalo tetap pengin pergi ke tempat yang jauh, pertimbangkan untung-ruginya jika naik angkutan umum atau menyewa kendaraan.

Jika kalian gak mau rugi, bisa coba gunain trik sodorin jempol di pinggir jalan, alias nebeng. Asal murah (apa lagi gratis) dan sampai tempat tujuan, SIKAT!

3.Akomodasi
Akomodasi atau tempat menginap jelas poin terpenting saat jalan-jalan. Kadang yang membuat liburan menjadi mahal ya karena akomodasinya. Tapi tenang, untuk mendapatkan akomodasi yang murah, gunakan trik ini:

Hubungi kerabat, teman atau kenalan yang tinggal di kota tempat tujuan liburan kalian, jika ada, maka menumpanglah sebentar. Selain bisa dapat tempat tinggal gratis, besar kemungkinan kalian akan dibawa jalan-jalan mengelilingi kota itu gratisan juga.

Tapi aku dikucilkan dari pergaulan, aku gak punya temen, gimana dong?

Pertanyaan bagus! Gue punya solusi lainnya, coba deh ikuti gaya backpacker yaitu tidur di tempat-tempat yang mendukung budaya tidur gratisan:
-Bandara
-Masjid
-Kuburan

Yang penting bisa tidur, gratis pula, SIKAT!

Oke, becanda. Untuk kalian yang gak punya temen dan takut untuk tidur di kuburan walaupun gratisan, gue punya solusi lainnya, yaitu… Pesan hotel di Zen Rooms!

Gak perlu takut mahal atau kamarnya jelek, karena Zen Rooms bakal memilihkan hotel atau guesthouse terbaik. Zen Rooms pun sudah menetapkan standar yang tinggi untuk menjaga kualitasnya dengan menjamin 5 kualitas utama untuk kalian menginap:
1.Kamar bersih
2.Tempat tidur nyaman
3.Kamar mandi dalam
4.AC
5.WiFi kencang

Proses booking-nya pun gampang banget. Tinggal kunjungi website-nya di zenrooms.com, pilih kota tempat liburan kalian dan bakal muncul deh daftar hotel beserta harganya.

Dengan kualitas dan pelayanan yang mudah begitu, pasti liburan kalian bakal nyaman banget. Sesuai sama motto-nya, zen rooms, where smart travelers stay”.

Asoy.

4.Konsumsi
Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat jalan-jalan adalah konsumsi. Kalian musti makan biar terus berenergi dan gak mati. 

Tapi kalo makan mulu ntar duitnya kepake banyak dong?

Pertanyaan bagus! Begini, jika kalian biasa makan 3 kali sehari, coba deh makan 2 kali sehari aja. Sarapan digabung sekalian sama makan siang, alias brunch. Biar kayak ibu-ibu sosialita gitu.

Tapi aku orangnya gampang lapar, gimana dong?

Hmmmm… pasti kamu gemuk. Eh, pertanyaan bagus! Solusinya adalah coba deh cari-cari warung yang menggunakan sistem prasmanan, atau yang penjualnya ngasih porsi kuli bangunan. Gak apa-apa rasanya biasa aja, selama itu masih nasi, belum basi, menambah energi, SIKAT!

5.Muka Memelas
Ini juga sangat penting jika ingin mendapatkan pengalaman liburan murah. Dengan muka memelas, orang-orang akan iba dan memberikan bantuan dalam berbagai kondisi. Contoh:

Kondisi lapar
Berdiri di deket warung, pasang muka memelas dan muka gak makan 3 hari, sang pemilik warung yang baik akan merasa kasian dan memberikan makan gratis. Jika pemilik warungnya jahat, paling kalian cuma dikeplak pake centong nasi karena mengganggu pemandangan.

Kondisi nyari transportasi
Sudah dibahas di atas jika ingin mencoba menghemat pengeluaran di sektor transportasi, solusinya adalah… menebeng lah.

Berdiri di pinggir jalan, tunggu mobil pick up lewat, jika jaraknya sudah cukup dekat, pasang muka melas, ulurkan tangan, acungkan jempol, mulai bersuara lirih, “Om ikut om”. Cara ini dijamin berhasil, kalo pun gak ada ngasih tebengan, masih ada mobil pick up satpol PP. Tenang.
Tidak hanya muka memelas saja, sikap kita selama di perjalanan juga perlu diperhatikan. Jangan sombong, angkuh atau memasang muka tidak bersahabat. Karena apa? Pertanyaan bagus! Jika kita ramah dan sopan terhadap orang lain selama di perjalanan, bisa aja orang yang kita temui di perjalanan akan membantumu, entah dari sisi konsumsi, transportasi bahkan akomodasi!

Yah, itulah tips travelling murah a la senpai Yoga. Menurut gue, liburan yang asik itu bukan melulu soal tempat tujuannya, tapi cerita selama di perjalanannya. Dengan traveling murah, lebih banyak perjuangan dan cerita yang bakal didapat, untuk dijadikan sebuah pengalaman hidup.

Yuk liburan!

75 comments

Hahahaha beneran sih ini. Paling enak sebenernya tuh kalo bisa ngurangin biaya di transportasi. Traveling murah, SIKAT! \(w)/

Reply

Setuju, sih. Cara biar travelling murah itu, hindari naik apa-apa. Jalan kaki aja, ya Yog. SAMPE GEMPOR. XD

Zenrooms ngebantu banget, ya Yog. Bisa dapet harga terjangkau tanpa harus takut sama kualitasnya. Mau coba ceh, ah...

Makasih tipsnya...

Reply

waaah bisa aja cupluk.
kirain kesambet apa nulis tips and trik yang agak bener gini ternyataaa.
tapi setuju sih ZENROOMS Solusi Traveling paling menyenangkan. :D
*menjilat*

Reply

Sebenarnya liburan yg pas itu adalah dengan membawa teman.
Kamu kelaparan dan tak punya uang. Makan saja teman mu!
Kamu kedinginan, kehujanan dan tak tahu tempat menginap? gadaikan saja temanmu sebagai jaminan.
Kamu tak mampi membayar alat transportasi?
Perbudak saja teman mu, mintalah dia mengendongmu ke sana ke mari. Hmmm mantab bukan.

Ada yg kurang nih, kalo lagi travel usahakan kita tetap menjaga diri dengan membawa alat pelindung diri. Contohnya?

Pertanyaan bagus. Bisa bawa knuckle atau stick bruce lee, kan gampang di selipiinnya. Jgn bawa bazoka. Ribet.

Reply

Jadi mengingatkan diriku saat kejadian 2 tahun yang lalu, pas baru pulang dari solo jam 11 malem gak berani lewat hutan akhirnya muter-muter daerah solo nemu masjid dan pom dikunci semua.

Akhirnya tidur di emperan depan Bank BRI deh, dingin campur lapar rasanya.


Lemes deh.

Reply

Muka memelas ok banget tuh tipsnya
Selain ampuh gratisan, kadang dengan muka melas bisa dapet penghasilan loh.
.
Udah pernah traveling ke akhirat bang?

Reply

Wuihiii! Terima kasih atas tips travellingnya, Senpai Yoga! Aku harus latihan pasang muka melas mulu nih kayanya.
Baru tau yang namanya Zenrooms. Catat dulu lah.

Reply

Ha ha ha ini tips yang bener-bener anak ekonomi/anak kost pisan. Yang penting kenyang. Yang penting uang awet. Yang penting perut gak bunyi di depan gebetan.

Sampai sekarang, belum pernah melancong ke luar Jawa Barat euy. Eh, pernah ke Purwokerto paling, sekali.

Yoi, kadang proses perjalanannya lah yang lebih berkesan, ketimbang tempat tujuannya. Apalagi kalau jalannya bareng kawan-kawan deket.

Reply

Dikeplak pake centong nasi berasa adegan lagi ngempanin ayam yak wahahah
Sebagai mantan aka alumnus anak ekonomi (uhuk pembangunan) gue juga ni sebahian nerapin tips kacrit lu yog hahahahpilih hotel seminimalis mungkin harganya, tapi juga worth it, bair bisa dicekrek cekrek teros masukin ke blog, wah jadi ini ada situs penggiring pencarian aneka akomodasi traveling yang langsung tepat sasaran gitu yes, oke deh cuzz

Reply

Sebagai anak kost gue sering melakukan ritual _brunch_ .
makan pagi di campur bareng makan siang .

Tapi untuk masalah tempat nginep kalo lagi bepergian,
tentu gue ga mau asal pilih.
inget, kenyamana itu lebih utama dari pada kelaparan.

btw, thanks buat tips travel yang sesuatu bangetny yah.
thanks juga buat info zenroom nya.
asli sih gue baru tahu ama nih mainan zenroom.

Reply

jangan mau, nanti ketemunya sama makhluk model mas Niki semua di akhirat. hih!

Reply

KATTT!! KATTT!!! KAMU HARI INI GERRRRNYAA KURANG YOG! Lucunya gampang ketebak, mana nih Yoga yang ngasih jokes di luar ekspektasi. Semoga hari ini kamu lolos ya.. tapi yang lain juga bagus sih. banyakin doanya aja. -Mas Eko Partio

Kalo gue sih liburan gini ya paling enak nginep di rumah kenalan, gratis. Tapi boleh lah nyoba pesan lewat aplikasi, pengen bandingin harganya dengan yang kalo booking langsung.

cie akhirnya ganti domain

Reply

ane coba cek zenroom dulu om, leh juga ni :D

Reply

udah biasa travelling bro, udah sampe kayangan.. pgen nyobain hal hal baru, bunuh diri misalnya.

Reply

Sesungguhnya travelling murah itu jika bersama keluarga. *dibayarin. Ehe

Reply

Sebenernya traveling itu beratnya di transportasi sama akomodasi sih ._. tapi, ngikutin tips ini kayaknya...
bunuh diri aja yuk :' *lah

Reply

Semoga artikel ini menang. Aamiin :D

Reply

Beberapa waktu ini lagi ngerasa jenuh sama aktivitas sehari2, tapi libur cuma sabtu minggu. Mau traveling apaan cuma 2 hari, seninnya harus masuk pagi kerja duh pengen traveling yaallooooh :(

Reply

Kalimat terakhirnya sungguh bijaque, senpai. Baca ini udah kayak baca buku The Naked Traveler. Tapi versi bajingan. Kenapa aku bisa bilang ini Th Naked Traveler versi bajingan? Pertanyaan bagus! Silakan jawab sendiri ya, Yog.

Btw, aku nggak punya modal muka memelas nih, Yog. Aku nggak bisa traveling kemana-mana dong. Gimana nih :((((

Reply

akhirnya .com bray wkkwkw
Kalau gua yang penting tujuan dan niat.
disitu pasti ada jalan :v

Reply

sebenernya gue sudah ngebaca post ini sebelum ada yang berkomentar sebelumnya, tapi malah gangguan sinyal. gagal pertamax lagi hehe.......

gue klo travelling paling cuman keliling ke tempat yang sama aja, dan menggunakan motor supri banter!

Reply

Itu zenroom bisa dipake buat nyari harga makanan gak ya mas!... soalnya perlu juga itu...

Reply

Pertnyaan bagus gk nih yog?

Reply

Tips traveller sejati nih! apalagi jalan2nya sndiri, wktu liburan ke bali-lombok kemarin gw juga sering liat bule2 traveler yg jalan2nya sendiri2, trus pake tas backpecker yg gede gtu...kliatan keren bnget!

Shabis liburan kmarin gw jadi trtarik buat travelling keliling dunia, sendiri....brmodalkan bahasa indonesia yg baku...itu critanya jadi kek gmana ya yog?

Reply

Bener-bener ala anak ekonomi banget nih yaa haha. Kalau akomodasi masih bisa lah numpang tidur di masjid, atau tidur di transport pas perjalanan, kalau semisal naik bis. Jangan di kuburan juga wkwk. Eh, tapi zenroom kayaknya emang solusi yang terbaik deh buat akomodasi.

Btw, aku baru tahu nih istilah brunch, yang artinya gabungan breakfast sama lunch. Boleh lah itu dicoba, kan bisa bikin hemat juga haha.

Reply

setiap gue melancong ke luar negri, gue juga selalu berusaha buat jalan.. kadang sih nikmatin transportasi yang cuma ada di negri itu, nggak kayak taxi atau semacamnya. ilustrasinya keren bro, wohohohoho... dinamis... ciamik.. bombastis..

Reply

1 lagi, hilangin gengsi gan :v

Reply

Gaaa.. Itu tidur di kuburan udah sempet yoga praktekin blm? Minta potonya lah sebagai bukti... Hahaha. Ga sah ngasih tips yg dirinya blm melakukan sendiri atuh.. Hihihi.
Zenroom lg rame ya, bbrp kali baca postingan ttg zenroom.
Ntar dipi coba lah kyk apa sih si jenrum ini.

Reply

Tips buat lo yang mau liburan tapi hemat ya liburan tapi bawa makanan dari rumah. Pokoknya bawa makanan dari rumah yang buanyak. Mau basi, mau kadaluarsa, selagi menambah energi, SIKATTTT.

Reply

Kalau aku cowok, semua yang kamu saranin bakal aku ikutin deh.
Sayang beribu sayang, cewek selalu susah dalam urusan travelling, apalagi perkara menginap.
Cuman dulu pernah sih nekat tidur di musola saking g ada tempat buat nginep, cuman rame2 dan bareng temen2.

Reply

Akhir-akhir ini banyak banget yg nulis tentang Zenroom. Terus terang, gua belom pernah nyobain. Udah nyaman pake Agoda, Booking.com, dll sih, hehehe. Btw Zenroom ini bisa dipake di luar negeri ga ya?

Reply

Hmmmmmm menginspirasi

Jadi kepikrian mesti ngerencanain liburan akhir tahun mau kemana.
Butuh bangetttttt capek sama kuliah belum lagi proposal thesis :/

P.S.
Good luck!
Kabarnya hadiahnya iphone / kamera???
*lalu kepikiran buat ikutan juga*

Reply

planing gih :))

no, hadiahnya liburan. Gue iseng2 doang mah ini sekalian latihan nulis xD

Reply

zenrooms bisa bang beberapa negara \o/

Reply

bahaha iya, kalo cewek mah penginapan jelas yang paling utama. bahaya banget kalo nginap sembarangan. :p

Reply

kalo perlu bawa mie instan atau mie instan yang ada wadahnya itu, biar gak repot xD

Reply

wah keadaan gelap jadi susah buat foto :p

iya silakan dicoba ya~

Reply

yoih! paling bener dah ini :))

Reply

kalo transportasi di luar negeri cenderung lebih teratur ya udah? jadi pesen 1 tiket, bisa kemana2 gitu. :')

Reply

paling aman sih emang nginap di rumah temen, kalo tidur di tempat umum dan sendirian bahaya barangnya ilang :')

serius baru tau? wahahaha akhirnya bisa dapet info baru kan dari postingan ini :))

Reply

kalo backpacjer emang keren cuy. Keliatan lebih tegar di perjalanan wkwk

hmmm minimal bisa pake bahasa tubuh ajalah, insya allah... tersesat.

Reply

PERTANYAAN BAGUS!

Zenrooms gak bisa buat pesen makanan cuy. Tapi kalo di hotel biasanya kan dapet breakfast. tergantung hotelnya lagi sih :))

Reply

itu mungkin namanya bukan traveling. Tapi jalan-jalan sore.

Reply

bahaha iya nih akhirnya .com juga :))

udah kayak yutuber aja lu, tujuan + niat :))

Reply

(((versi bajingan)))

ah, lo mah modal godain om om aja, cha. di jamin, liburan santai wahahaha

Reply

kalo sibuk gitu sempetin jalan2 yang deket2 aja atuh, daripada stress ntar :))

Reply

bahahaha aamiin-in aja ah o:)

Reply

wahahaha lo pake ilmu mbah dukun lo aja feb, biar bisa liburan gratis :')

Reply

huahaha karena ini lomba jadi gamau bikin tips yang aneh2 :))

yoih. nginep di rumah kenalan emang paling bisa buat ngirit.

Reply

(((ritual brunch)))

yoih, kalo bepergian yang paling diperhatikan jelas penginapan.

monggo dicek cek dulu zenroomsnya :))

Reply

wah anak ekonomi juga nih huahaha

yosh, monggo dicek~

Reply

yoih cees, kadang cerita di perjalanannya lebih seru daripada pas sampai di TKP. Kalo sama temen2 jelas lebh asoy, bisa gila2an dan lebih ngirit karena pasti saling tolong :))

Reply

jangan mau, nanti ketemunya sama makhluk model mas Niki semua di akhirat. hih! (2)

Reply

Tidur di emperan bank? GOKS! Ini baru backpacker! :))

Reply

ini semoga temen2 lo baca dan akhirnya lo dikucilkan dari pergaulan san.

knuckle itu benda yang wajib dibawa :))

Reply

wahahaha makasih dibah :))

Reply

(((sampe gempor)))

yoih sama-sama

Reply

Hmm. Ternyata memang harus dipikirkan matang-matang ya untuk keperluan kontrasepsi....

Eh, maksud gue transportasi.

Duh, hampir salah fokus dan browsing di google. Hahaha.

Btw, ane pernya nyoba nangkring di sebelah warung dengan muka melas. Dan hasilnya, dikasih nasi bungkus.
Hebat, manjur.
Gue dikira orang gila.

Reply

Duh, muka tampan kayak gue ini gak bisa muka melas, Yog. Gue pasang muka melas aja gak ada yang mengasihani. Susah emang terlahir keren. ^__^

Btw, makasih untuk tips ini, Senpai~

Kebetulan bulan depan saya mau liburan bareng pacar (eh, maaf ya sebut-sebut pacar). Yuhu!

Reply

Wah, tips yang sangat bagus nih kayaknya buat gue soalnya nanti kalo liburan gue ada rencana untuk traveling. Masih rencana sih, soalnya belum tentu dapet izin dari orang tua. Maklum, masih SMA.

Kapan-kapan bikin tips lagi, bro, yang bermanfaat buat pelajar atau mahasiswa. :D

Reply

Gw gak perlu latihan tampang melas, karna muka gw udah kaya orang susah

Hahaha

Reply

Kalok aku cowok, uda pasti nyobak hitchiking! Sepupu ku ada yg keliling Sumatera modal gitu doang, Yog! Asik kan! :D

Reply

Yups bener banget tuh intinya kita harus persiapan dan cari info sebanyak2nya tentang tujuan kita.

Reply

yoih. Biar ada sedikit bayangan juga di tempat tujuan.

Reply

jangan lupa diajak ngeskrim yog!

Reply

Kayanya tips kelima beresiko banget buat diusir dari tempat makan sama diangkut naik mobil satpol pp, padahl mah cuma pura-pura. Haha :D

Salam kenal
Selamat hari blogger nasional ya

Reply

Duh, muka bena imut begini NGGAK BISA MELAS :(
semuanya setuju, cuma saya nggak setuju di.....
penasaran yaaa?
iya kan?
ah ngaku aja deh..
ngaku deh mendingan
mau ngaku nggak?
ah yaudah kalo nggak penasaran
nggak jadi nih..

sama ufo...
soalnya di planet namec nggak ada ufo. adanya roket.

jauh atau deket sih lebih enak sewa ya, kalo nggak hehehehehehehe. minjem hehehehehhehehe minjem sama temen atau minta dianterin. ehehehehhehehe ehehehhehe eehehhehe

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!