A Great Story Comes With Great Stupidity : Hal-Hal Ngeselin Saat Main Clash of Clans Part. 4

Hal-Hal Ngeselin Saat Main Clash of Clans Part. 4

HAEEEEE....

KALIAN PASTI NUNGGUIN POSTINGAN INI, YAKAN?!

Gue masih gak nyangka postingan soal “hal-hal ngeselin saat main clash of clans” yang udah gue bikin sampai 3 part ini laris banget. Sampe dicopas di mana-mana tanpa nyertain sumbernya. Ehe.

Buat yang belum baca, ini link buat baca

Nah, seiring banyaknya yang mengalami nasib sepenanggungan yaitu kesel saat main clash of clans, banyak juga yang nuntut gue untuk nulis part 4. Jujur, gue udah mulai males main karena kemaren gue sibuk magang. Jadinya gue main cuma buat ikut war dan ngambil loot dari collector. Gabut abis.

Untungnya, bulan Desember 2015, supercell ngadain update besar-besaran buat game ini. Update yang paling utama tentu town hall 11, heroes baru (Grand Warden) dan defense baru (Eagle Artillery). Awalnya gue excited banget, tapi setelah tau update lainnya, gue jadi kesel… Gimana gak kesel coba kalo update-an baru ini menimbulkan banyak “hal-hal ngeselin saat main clash of clans” yang sudah gue tulis 3 part itu banyak yang gak berlaku.

Huft.

Untungnya, berkat itu juga gue nemuin hal-hal ngeselin lainnya. Yaudah, ini hal-hal ngeselin saat main clash of clans part 4 (edisi update baru):

1.SUSAH DAPAT SHIELD

Dulu, kalo mau dapat shield gampang banget. Para clasher bertipe farming base (kayak gue) Tinggal taruh town hall di luar base, berdoa sambil menunggu ada orang baik yang cuma nyerang town hall kita, voila! Dapat shield 12 jam! Loot berkurang cuma 1000! Loot aman dari rampokan!

Setelah update baru, semua itu berubah…

Untuk dapat shield, desa kita harus hancur minimal 30%. Menaruh Town hall di luar base gak akan dapat shield, tapi cuma “guard” selama 15 menit, and for your information aja, kalo loot kalian banyak, town hall di luar, loot kalian yang tercuri juga lumayan banyak.

Jadi, pas update baru kemaren rilis, gue telat untuk meng-update. Setelah selesai update, gue buka dan pas-pasan desa gue yang town hall-nya (masih) di luar lagi diserang. Loot gue saat itu yang bisa didapat oleh musuh sebanyak 400 ribuan. Dia emang cuma nyerang town hall, tapi berapa loot gue yang kerampok? 88 RIBU SODARA-SODARAAAAA~

Sekarang, mari sama-sama menyanyikan lagu kematian untuk farming base.

Nah, untuk masalah susah dapat shield, gue kebetulan juga ngalamin. Gue pernah gak dapet shield hampir 3 hari, banyak yang nyerang desa gue gak nyampe 30% tapi kampretnya dia berhasil nyuri loot gue. Kan, kampret?

Loot berkurang banyak, tapi gak dapat shield, diserang lagi, berkurang banyak lagi, gak dapat shield lagi, repeat. Udah kayak jomlo yang tebar pesona, sok asik, sok akrab, eh gak ada yang mau. Nyesek.

2.SUSAH DAPAT LOOT

Entah ini perasaan gue aja atau emang setelah update baru, nyari loot jadi agak susah? Update baru memang membuat kita menemukan lawan yang TH-nya setara. Misalnya kalian TH 10, ya ketemu lawannya TH 9 sampai 11. Biarpun main di liga bawah sekalipun. Udah jadi rahasia umum kalo semakin tinggi Town Hall, maka semakin tinggi juga biasa pencet ‘next’ untuk mencari musuh, kayak sekarang gue TH 10, sekali next udah habis 900 gold. 100 kali pencet next udah 90.000, kan?

Giliran dapet musuh yang punya loot banyak, eh pada di dalam storage. Mau gak mau sekarang kalo farming pake troops war (gowipe), karena troops farming jadul macam giant-barcher bakal gak tembus.

Udah bikin troops mahal, biaya next berkali-kali juga mahal, dapet lootnya dikit, gak balik modal. Udah kayak berjuang bahagiain pacar, eh taunya doi cuma setengah hati pacarannya. Huft.

3.GAMPANG KENA REVENGE

Dulu, kalo mau revenge musuh yang habis ngerampok desa kita itu peluangnya kecil banget, karena pas mau nge-revenge bisa aja:
-Lawan lagi online
-Lawan lagi punya shield (karena gampang dapet shield)

Sedangkan sekarang, bikin troops buat farming aja sudah beda tipis kayak war, alias bikinnya lama. Jelas saat menunggu troops selesai, kita keluar dari game. Yakali online sejam buat nunggu troops selesai. Troopsnya selesai, baterai hape kita juga selesai masa berlakunya alias bocor.

Keluar dari game tanpa shield tentunya bikin risiko desa kita diserang juga jadi gede. Risiko lainnya adalah karena sekarang susah dapet loot, maka orang-orang akan memilih jalan pintas yaitu: revenge.

Kenapa revenge? Ya karena orang susah dapet shield jadi kemungkinan untuk me-revenge lebih gampang.

Efek berantai dari update ini mengerikan sekali, yak.

4.TOWN HALL PREMATUR/RUSHING TOWN HALL


Gue paling sebel sama orang yang sudah upgrade town hall tapi town hall sebelumnya belum mentok. Di clan gue disebutnya ‘prematur’. Orang-orang kayak gini menurut gue adalah clasher egois. Kenapa? Karena dengan dia upgrade town hall sebelum semuanya maksimal, dia akan jadi beban clan.
Bingung?

Begini, misal nih ada town hall 10 prematur di clan, maka saat clan war, kemungkinan besar akan dapat lawan yang susah, karena saat clan war, musuh yang ditemukan berdasarkan kekuatan defensenya. #cmiiw

Biasanya juga, clasher town hall prematur ini hanya mementingkan upgrade defense, tanpa diimbangi upgrade troops. Selain dapat lawan susah, basenya dia gampang diratain musuh, troops dia gak bakal mampu ratain musuh. BEBAN, KAN?

Udah mirip sama temen yang maunya nongkrong di tempat gaul, tapi gak punya duit, giliran diutangin, marah-marah pas ditagih. Kampret maksimal.

5.Archer Queen

Archer Queen (AQ) adalah heroes yang didapatkan saat kita di Town Hall 9. Kekuatannya adalah bisa menghilang dan memunculkan beberapa biji archer. Uh… biji terdengar agak gak enak, ya? 

Menurut gue, AQ adalah heroes paling kampret karena jarak tembaknya lumayan jauh, jadi dia bisa nembakin storage ataupun defense kita pada saat defense kita sibuk nembakin troops lain. Misalnya golem.

AQ menjadi tambah ngeselin saat udah di atas level 20, karena susah banget buat bunuhnya. Dulu pas masih TH 9, gue pernah dibantai sama AQ level 40 + 4 healer level max. Desa gue rata 60% lebih cuma dengan AQ. Kampret memang.

6. HODE

Hode itu istilah orang yang punya akun tapi menyamar sebagai lawan dari jenis kelamin aslinya di dunia nyata. Hode emang biasa banyak muncul di game online, biasanya pelakunya cowok yang nyamar jadi cewek, tujuannya? Dia bakal godain gamer cowok, biar bantuin dia, karena cowok gamer kebanyakan cowok jomlo level 99, sekalinya disepik cewek, langsung luluh, padahal yang nyepik bukan cewek beneran.
 
Hode ini nyebelin karena membuat clasher cowok yang jomblo, makin kerasa jomblonya. Hhhhhhh….

7. PELIT DONATE

Selain lost connection saat lagi attack di war, orang yang pelit donate adalah hal yang paling bikin gue kesel di Clash of Clans. Misalnya aja begini:


Apa sih susahnya isi dulu request di bawahnya, baru elu request minta isi troops? Konsep dasar clan kan saling tolong menolong, bukannya penyuplai kebutuhan elu doang? Jangan egois lah kalo jadi clasher. Udah kayak pacar yang maunya dibayarin mulu, gak mau gantian. Hhhhhh.

Yang lebih kampret adalah pelit donate buat cc war. Bahkan sampai preparation day sisa 1 jam, cc war belum full semua.

Clasher kayak gini kick-able dari clan. Karena selain egois, juga gak peduli sama clan, kan? Dia cuma mau ikut war tanpa mau bantu isiin cc war! Semacam cuma mau dapet jatahnya aja, tapi gak mau keluar duit. Hhhhhh.

8. MATA-MATA

Membangun sebuah clan yang solid itu susah. Selain harus punya anggota yang loyal, juga punya anggota baru sebagai regenerasi. Sayangnya, untuk merekrut anggota kadang susah. Ada yang datang-datang minta jabatan, ada yang maunya request mulu gak mau donate, ada juga yang diam-diam mata-mata musuh di clan war.

Iya, yang terakhir kampret banget.

Clasher itu bergabung ke clan kita untuk memberikan informasi di mana letak trap dan hidden tesla, serta apa isi cc war. Udah mirip sama orang yang datang dihubungan kita, eh diem-diem dia ternyata mau nikung pacar kita.

Maka dari itu, berhati-hatilah saat menerima anggota. Karena orang menghalalkan berbagai cara untuk memenangi war, salah satunya mengirim mata-mata. Maka dari itu ubah setting clan kalian menjadi invite only atau closed saat war. Saran gue, saat sudah dapat lawan, segera cek seluruh anggota lawan (terutama yang gak ikut war), ingat-ingat namanya dan jangan sampai dia di-accept saat berusaha join.

Tapi, pernah di clan gue ada yang punya 2 akun. Akun lainnya berada di clan lain, saat war, akun lainnya itulah dijadikan mata-mata, dia join clan lawan dan diterima. Dia pun ngasih informasi di maa letak trap dan hidden tesla, serta apa isi cc war.

Yak, alasan gue bisa nulis poin ini karena gue udah pernah ngalamin. Pengalaman emang guru terbaik.

9. PAKE CHEAT

Dulu pas masih TH 7, saking keselnya main CoC, gue sempet mikir, “Ini ada cheatnya gak sih?” GUE YAKIN KALIAN PASTI MIKIR GITU, YAKAN?!

Gue pun googling dan youtobe-ing ke sana ke mari, dan mendapatkan informasi soal ‘cheat’. Tapi, saat itu ada malaikat yang bisikin telinga gue, “Main game pake cheat itu cuma buat banci!” gue pun mengurungkan niat main pake cheat.
Cheat yang gue dapat waktu itu adalah xmod. Jadi, yang gue baca sih katanya kalo make xmod ini bisa nentuin minimal loot yang dicari saat farming. Misal, minimal 100.000, maka saat pencet ‘next’ cari musuh, musuh yang lootnya di bawah 100.000 gak bakal muncul. Lebih hemat biaya next.

Bisa juga selalu online walaupun kita keluar dari game. Hal ini bikin loot kita aman baik dari serangan musuh maupun revenge.

Bisa juga digunakan sebagai sarana latihan saat war alias simulasi sebelum attack sehingga 6 star saat war, begitu mudah didapatkan. Pokoknya banyak fiturnya. Untungnya iman gue kuat. Gue gak tertarik make begituan.

Menginjak TH 9, ada lagi yang namanya bot. Nah, bot ini lebih kampret karena game kita akan dimainkan oleh bot alis robot secara otomatis. Dia akan bikin troops sendiri (Barbarian-Archers), mencari lawan sendiri dan akan menyerang collector yang isinya full, secara otomatis. Begitu terus sampai kaya raya.

Bagaimana gue tau? Karena gue make! Huahahaha. Oke, enggak. Gue gak sehina itu. Ada seorang mantan anggota clan gue yang make bot. Dia yang awalnya TH 9 cupu mendadak cepet banget progresnya, tau-tau udah TH 10 dan lagi-lagi progresnya cepet. Defensenya hampir maksimal! Gue keselip! Bangke!

Iman gue sempet goyah pengin pake bot juga apalagi di TH 10, gue kesusahan cari loot, gue juga sibuk magang. Tapi, niat itu gue urungkan. Alasannya simple, town hall tinggi, bebannya makin tinggi juga, terutama saat clan war. Gue liat mantan anggota clan itu saat war, kemampuannya cupu abis. Selalu dapat 1 star doang. Emang sih game-mu keliatan keren kalo level tinggi, tapi apa gunanya kalo skill main game-mu gak berkembang?

Gue berusaha main jujur, sambil latihan dengan berbagai kombinasi troops untuk ratain TH 10 di multiplayer, yang gue yakin bakal bermanfaat saat di clan war.

Nah, setelah update besar-besaran kemaren, gue gak tau xmod ataupun bot itu masih bisa digunakan apa enggak. Gue harap sih gak bisa.

10. TOWN HALL 11 DAN EAGLE ARTILLERTY

Walaupun gue masih town hall 10, tapi gue udah mikir betapa kampretnya town hall 11 ini. Logika dasar aja, saat naik town hall 11 maka kita akan dapat hero baru bernama Grand Warden dan defense baru bernama eagle artillery. Dengan troops maksimal town hall 10 aja sulit untuk ratain town hall 10 maksimal, apalagi dengan munculnya town hall 11? Sepertinya impossible buat nyerang town hall 11.

Kenapa gue bisa pesimis begitu? Karena adanya Eagle Kampret Artillery!

Eagle Artillery ini range atau jangkauannya seluruh area!


Dan damage-nya gede banget. Bahkan untuk golem, damage-nya 3x lipat!
TIGA KALI LIPAT!

Gue pernah iseng nyobain nyerang town hall 11 dan hasilnya…
 
:'(
Iya, Archer Queen gue mati dalam 2 kali serangan Eagle Artillery. Beda dengan town hall 9 yang sekarang sudah punya Freeze Spell, maka dia bisa nyerang town hall 10-yang-punya-inferno. Lah, yang town hall 10 mau nyerang town hall 11 modalnya apa?! Rasanya udah kayak mau nemuin orang tua pacar, tapi kita cuma modal cinta, gak punya apa-apa. Huft.

Mungkin gue harus nyobain gimana rasanya nyerang TH 11 pas di TH 11 aja, karena adanya Grand Warden.

11. FANSNYA BANG OLYMPUS

Tujuan gue nulis clan tag dan ID gue di postingan part 2 dan 3 adalah untuk menyakinkan pembaca kalo gue bener-bener ngalamin hal ngeselin itu. Gue cuma pengin ngasih liat biarpun gue kesel main COC, tapi stats gue dan achievement gue lumayan lah, gak jelek-jelek amat. Bukannya ngajak join ke clan gue.

Tapi, setelah postingan itu booming, banyak yang join ke clan gue. Karena clan gue di-setting invite only, banyak yang mau join dengan cara nyepik,

“Fansnya bang Olympus”
“Habis baca hal-hal ngeselin main coc di internet
“Gue mata-mata, accept please”

Karena beberapa ada yang lumayan bagus stats maupun troopsnya (gak TH prematur), orang-orang yang ngakunya fans gue itupun di-accept. Setelah di-accept, ya seperti clan pada umumnya, ada prosesi perkenalan, nanya-nanya, dll. Kampretnya, pas mereka diikuti war, eh malah left clan.
Kejadian ini gak sekali dua kali, tapi sering kali.

Makanya, tiap ada yang mau join dan bawa nama-nama Olympus atau blog ini, langsung di-reject. Bikin malu gue aja. :(

Okey, itu dulu yang bisa gue share di Hal-Hal Ngeselin Saat Main Clash of Clans Part. 4. Yang mau liat stats gue bisa ke clan tag #QP8LVRV , ID gue Olympus. Ingat, yang mau liat stats gue. Kalo mau join dan loyal, keyword joinnya jangan bawa-bawa nama gue ataupun blog ini. Udah pasti bakal di-REJECT.
BAKAL DI-REJECT. *Sengaja diulang biar serem*

OKEH. FARMING DULU! SALAM CLASHER! CLASH ON!

31 comments

Aslik, semenjak update besar2an, ngeloot makin susah. TH ditaruh di luar cuma dapet guard. Sama persis lah sama yang ditulis di atas. Yang main coc pasti ngerasain semua tuh!

eh mampir ke blogku juga dong, www.agenrizal.com

Reply

wkwkwk akhirnya ada juga yang part 4 nya.. yang part 5 ditunggu lagi deh

dulu waktu awal-awal ada upgrade terbaru gue beneran dibikin dongkol setengah mati. server lemot lah, peraturan baru yang ribet banget, sampe ke musnahnya base farming. karena akun gue emang lumayan banyak jadi gue cuma copy paste base war doang.
gue sempet beberapa hari mogok maen coc gara-gara server yang bener-bener lemot itu. gue langsung buka ps ngasih rate 2 bintang doang buat coc ini, gue kejam sekali bukan? huahahahhaa
untung itu nggak berlangsung lama. setelah beberapa kali um lagi semuanya udah normal lagi. segala sesuatu itu emang butuh keterbiasaan aja.

wkkkwkwkw sama gue juga gitu, gue suka kesel sama temen yang minta buat join di klan gue, eh malah kabur dan gak pamit. bikin troma :(( gue tuh gak bisa digituin

Reply

wahahaha ternyata gak cuma gue yang ngerasain :))

Reply

iya, pas awal2 update ngeselin abis. kayak pacar yang udah mulai berubah tapi kita gak bisa nerima perubahannya dia :(

gue sempet kepikiran pensiun malah soalnya sebelum di update, gue udah kesusahan cari loot di th 10, selesai update eh tambah susah. bangke. Untungnya ada promo ngeboost 1 gems, semangat ngerampok lagi dan gak jadi pensiun :))

Reply

Kenapa gak dibukuin aja semua postinganya.. mungkin bisa jadi kaya bang raditya dika

Reply

Sy th 7, wall, troops sdh 100 %, ini lg proses upgrade all weapon sdh 80%. Mudah2an akir bln sdh ke, kmrn upgrade versi terbaru malah skrg gk bs dipake buat find a match di multiplayer alias merampok gold & elixir. Bisa kasih solusi biar normal? Tks

Reply

Sy th 7, wall, troops sdh 100 %, ini lg proses upgrade all weapon sdh 80%. Mudah2an akir bln sdh ke, kmrn upgrade versi terbaru malah skrg gk bs dipake buat find a match di multiplayer alias merampok gold & elixir. Bisa kasih solusi biar normal? Tks

Reply

Sudah pernah nulis buku, doakan aja bisa bikin buku lagi :))

Reply

bug, mungkin?

coba uninstal baru instal lagi.

Reply

Sekarang bentuk air defense nya jelek,ga kaya dulu lg

Reply

Semoga terus update semangat olympus

Reply

Sekarang Clash of Clans ada Update baru! apa nanti ada part 5 - nya?

Reply

kalo nemu hal ngeselin ya kemungkinan ada hoho

Reply

Masih main nggk bang ?

Reply

ane jadi terinspirasi untuk membuat sebuah blog baang ! karena ini.

Reply

ini blog ane bang www.suaramacan.blogspot.com

Reply

whooa eagle artillery -_-

Reply

bro kok gue kagak becus pake xmod :v

Reply

Mantap bang jd pengen rasain kekeselannya hhh

Reply

Wahaha gue juga pernah ngalami semua ini

Sekarang sih pake cheat bakalan di banned akun cocnya nanti,oh ya liat punya gue ya di clan Boe Loe id gua cawix

Reply

Masih ada bnyak hal di coc yang ngeselin yang tidak di tulis. Salah satunya anggota war di th7 yang udah punya naga. War malah bawa trop giant. Mungkin merasa udah jago pake trop itu.

Reply

Ada coleader clan yang mempermasalahkan donasi dan reqest yang tidak seimbang. Alias bnyak minda dari pada ngasih. Padahal yang ngomong itu juga sama. Bnyak minta dari pada ngasih.

Reply

Pasukan yang udah max pasti jadi bulan bulanan ngisi reqest pas orangnya online.

Reply

Mungkin gak pake naga biar hemat elixir kalo?kan naga tu mahal

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!