A Great Story Comes With Great Stupidity : Pecinta Kopi, Jangan Sampai Melewatkan 5 Kedai Kopi Paling Top di Yogyakarta

Pecinta Kopi, Jangan Sampai Melewatkan 5 Kedai Kopi Paling Top di Yogyakarta


Photo credit: pegipegi.com
Entah kenapa, ngopi selalu diidentikkan dengan yang namanya sumber inspirasi. Penulis maupun blogger terkenal selalu meng-upload foto di sebuah café, di atas mejanya ada laptop, bersebelahan dengan secangkir kopi. Seakan-akan kurang afdol rasanya kalo nulis enggak sambil ngopi. Padahal, inspirasi menulis itu gak hanya dari ngopi, bisa dari mana aja. Dari hal-hal yang ada di sekitar kita, cerita teman terdekat bahkan travelling.

Selain Bandung, Yogyakarta selalu menjadi destinasi impian gue untuk liburan. Enak kali ya kalau jalan-jalan ke Yogyakarta, lalu tiap harinya mampir ke kedai kopi untuk menulis cerita jalan-jalan hari itu.

Berkunjung ke Yogyakarta berarti kalian sudah siap untuk melupakan sejenak kesibukkan atau kepenatan beban pikiran kalian. Kota Yogyakarta memang seakan memiliki pesona tersendiri yang terasa sangat dekat dengan ikatan batin seseorang. Dari mana asal kalian, pasti akan selalu ada rasa tertinggal yang membuat kalian ingin kembali lagi ke Kota Pelajar ini.  Yogyakarta memang memiliki beragam jenis objek wisata yang bisa kalian kunjungi, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, dan juga lainnya. Semua hal yang kalian temukan di Yogya, pasti akan terasa begitu bermakna dan tidak tergantikan meskipun kalian menemukan wisata serupa di daerah lain. Bahkan turis mancanegara pun rela mengeluarkan biaya lebih hanya untuk kembali ke Kota ini.

Menjadi salah satu kota tujuan utama wisata di Indonesia, tentunya Yogyakarta memiliki akomodasi memadai untuk para wisatawan termasuk penginapan, villa, resort, dan hotel. Selain terkenal dengan kuliner khas Gudeg, di Yogyakarta kalian juga bisa menemukan banyak pilihan tempat untuk ngopi yang bisa membuat kalian para pecinta kopi semakin cinta dengan kota ini. Tidak hanya banyak, kedai-kedai kopi di Yogyakarta ini pun masih bisa dibanderol dengan harga yang cukup murah dan juga memiliki desain kafe yang unik dan menarik. Lalu, apa saja tempat ngopi paling seru di Yogyakarta yang bisa kalian kunjungi?

Klinik Kopi
Jauh sebelum Rangga dan Cinta dari serial film AADC 2 mengunjungi kedai kopi ini, Klinik Kopi memang sudah menjadi tempat ngopi paling top yang bisa kalian kunjungi di Yogyakarta. Tidak hanya untuk meminum secangkir kopi, di kedai yang terletak di Jalan Kaliurang KM.7,8 Gang Bima, Sleman Yogyakarta ini para pengunjung bisa mendapatkan pengalaman yang bisa mengubah pandangan kalian terhadap secangkir kopi.

Saat pertama mengunjungi kedai ini, kalian mungkin akan kesulitan untuk menemukan kedai ini karena lokasinya yang susah-susah gampang untuk dicari. Tetapi setelah berhasil menemukan dan masuk ke dalam, bersiaplah kalian untuk merasakan nikmatnya menjadi ‘pasien’ di Klinik Kopi Yogyakarta ini.

Epic Coffee
Bisa dibilang, Epic Coffee merupakan tempat ngopi paling terkenal dan sering kali dikunjungi oleh kawula muda lokal Yogyakarta dan juga wisatawan dari luar kota. Para pengunjung yang datang mungkin sudah tersihir ketika melihat kecantikkan dari kedai ini melalui foto yang tersebar di sosial media. Tidak salah memang karena di setiap sudut kedai ini sangat insatgramable bagi para kaum millennial.

Tidak hanya kopi, kalian juga bisa menikmati camilan pendamping kopi yang lezat di kedai yang berada di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Km. 7.5 no. 29, Kota Yogyakarta. Tersedia dua area di kedai ini, yakni area indoor dan juga outdoor yang keduanya sama-sama menarik untuk dipilih. Namun, jika dibandingkan dengan kedai kopi lain, kedai yang berada tidak jauh dari salah satu hotel di Yogyakarta yaitu The Alana Hotel ini terbilang cukup mahal.

Bahasa Kopi
Jika pada umumnya tempat ngopi digunakan untuk bersantai atau berbincang-bincang dengan teman, pernahkah kalian menemukan kedai kopi dimana kedai tersebut bisa membantu kalian mempelajari bahasa baru? Nah, kalau belum sebaiknya kalian mengunjungi kedai Bahasa Kopi yang ada di Yogyakarta. Tidak hanya untuk ngopi, kedai yang terletak di Jalan STM Pembangunan, Gang Gatot Kaca no. 4E Lt. 1, Mrican, Kota Yogyakarta ini biasa dijadikan sebagai tempat favorit untuk belajar Bahasa Indonesia oleh turis asing yang datang ke Kota Gudeg ini. Memiliki tempat yang cozy, kedai ini menyajikan berabagai hidangan kopi dan juga pastry dengan harga yang sangat bersahabat. Tidak hanya bahasa Indonesia, pengunjung juga bisa mengikuti kelas Bahasa Asing seperti Bahasa Prancis dan juga Spanyol setiap hari Rabu dan Kamis pukul 3 sore.

Photo credit: dining.grivy.com
Peacock Coffee
Menikmati kopi sambil bersantai memang paling seru dilakukan di kedai yang buka selama 24 jam, karena kalian tidak perlu khawatir akan diusir karena kelamaan nongkrong. Jika memang itu yang kalian inginkan, kalian bisa mengunjungi kedai kopi bernama Peacock Coffee.  Kedai ini berlokasi tidak jauh dari salah satu hotel di Yogyakarta yang mewah yakni Hyatt Regency Yogyakarta atau berada di Jalan Palagan Tentara Pelajar no. 61, Sleman, Yogyakarta. Bernuansa homey dan cozy, Peacock Coffee merupakan tempat yang cocok untuk menenangkan pikiran atau sekedar mengobrol sambil nongkrong bareng teman-teman sepanjang malam. Kalian juga tidak perlu khawatir mengenai harga yang ada pada menu makanan dan minuman di Peacock Coffee karena harga yang digunakan cukup terjangkau dan cocok dengan kantong para mahasiswa.

SUA Coffee
Bergaya Minimalis, SUA Coffee seakan menjadi salah satu tempat baru yang hadir di tengah hiruk pikuk coffee shop di Yogyakarta yang semakin padat. Para pengunjung bisa menikmati pemandangan interior kafe dengan miniatur mainan dan beberapa tumpuk buku bacaan yang lucu-lucu. Terletak di Jalan Kenari no. 6A, Demangan Baru, Caturrunggal, Yogyakarta, di kedai ini kalian bisa bertemu dengan orang-orang hebat seperti jurnalis, penulis, dan beragam orang keren lainnya yang sering bersantai sambil ngopi di sini.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat ngopi paling top di Yogyakarta yang bisa kalian kunjungi. Tidak hanya bisa membantu kalian melepas penat, secangkir kopi bahkan bisa membantu kalian untuk menambah teman atau relasi baru. Ketika berkunjung dan menginap di salah satu hotel di Yogyakarta, mungkin kalian bisa memilih lokasi hotel yang ada di dekat kedai-kedai kopi di atas, siapa tahu setelah liburan kalian bisa menambah teman baru.

17 comments

Perasaan kamu gasuka ngopi deh, Pung... ini tau bagusnya karena apa? ukhuk.

Reply

Jangan salah. Aku ini penikmat senja, pecinta kopi, bandar micin.

Reply

Kalo batuk gak boleh ngopi dulu ya, bg. :)

Reply

Haw suka sekali merusak nuansa artikel hasil observasi. :')

Tapi kenapa mesti jauh-jauh ngopi di Yogyakarta kalau makan sebiji permen kopiko setara dengan kandungan segelas kopi, bg?

Reply

tempat ngopi yang pas itu bang menurut saya cuma satu, cangkir kopi

Reply

Jangan lewatkan juga Coffee Joss di jalan malioboro banyak di pinggir pinggir jalan, enak kok menyediakan berbagai menu :v, Coffee susu juga ada itu biasanya kopi dicampur susu, emmhhh enak

Reply

Gue mulai sedikit demi sedekit mencintai rasa kopi. Mulai menemukan sedikit rasa nikmat dalam balutan kopi hitam. Muehehe

Reply

Setarbak coffee gak masuk nih? Sedap tuh xD

Reply

lebih tertarik baca komen-komenan diatas wkwkwk

selain kedai kopi hits diatas, mungkin ngopi di angkringan khas jogja juga bisa jadi alternatif bang. kudu dicoba :)

Reply

Menulis selalu di identikkan dengan mengopi. Sama halnya dengan spot bagus, design and furniture bagus selalu identik dengan kedai kopi yang bisa diabadikan untuk di potret :)

Reply

Nah bener tuh bang, ada rasa yang tertinggal btw belum pernah ngerasain kopinya baru rondenya aja -_-

Reply

Hmm, anak Sastra di Jogja mainnya ke Bahasa Kopi berarti, ya? Hohoho.

Kopi sachetan aja katanya susah tidur, gegayaan bener mau ngopi di kedai. Hahaha. Jangan nantangin!

Reply

tetep paling enak kopi teko.. yang gak pake apa apa, asli dari sananya :)

Reply

filosofi kopi bisa masuk juga tuh. belakangan ini rame karna tiket nonton filkop movie bisa dituker secangkir kopi :))

Reply

aku mencium bau-bau konspirasi wahyudi. mudah-mudahan mas yoga menang deng.

Reply

Sebenarnya masih banyak lagi yang lho di Jogja, Mas. Seperti kopi jos, belandongan kopi, lembayung kopi dan yang lainnya. Aku pribadi suka ngabisin waktu sampe subuh kalau udah di tempat ngopi, meskipun gak minum kopi terus..hehe

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!