A Great Story Comes With Great Stupidity : Mencari Test Pack (?)

Mencari Test Pack (?)

Sebagai seorang pengangguran, oke… ini baru opening udah gak enak banget. Ulang deh.

Sebagai seorang fresh graduate, hal yang pasti dilakukan adalah mencari kerja. Untuk mendapatkan pekerjaan itu susah-susah gampang, susahnya yaaaa… kadang lowongannya gak cocok sama keahlian dan minat yang kita punya, kadang udah cocok sama lowongannya tapi gagal di tes masuk kerjanya. Nah kalo gampangnya… gak ada. :’)

Nyari kerja itu susah woy!

Status gue saat ini pun setelah wisuda kemaren ya itu, masih nyari kerja. Nah sedikit tips buat sesama fresh graduate yang masih nyari kerja, daripada bengong di rumah aja sambil nyeduh obat nyamuk, gak ada salahnya untuk mulai mengurus surat-surat yang biasanya dijadikan syarat untuk melamar pekerjaan. Misalnya aja:
1. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
2. Surat kesehatan dan bebas narkotika
3. Surat wasiat

Kenapa sih kita musti ngurus surat-surat itu? Pertanyaan bagus! Kita semua tau bahwa birokrasi di Indonesia itu ribet, jadi gak ada salahnya ngurus surat-surat itu karena bisa aja ada lowongan yang deadline pengiriman lamarannya itu sebentar doang, tapi syaratnya bejibun. Daripada gagal dapat kerja karena gak sempet ngurus surat-surat itu, lebih baik mengantisipasinya dengan mengurusnya duluan, mumpung masih belum ngapa-ngapain di rumah, paling nyeduh obat nyamuk doang. Asoy gak tuh?

Beberapa hari yang lalu gue nyoba ngurus surat kesehatan dan bebas narkotika.

Gue pun ke puskesmas terdekat untuk ngurus surat itu. Sampai di bagian administrasi, gue tanya apakah bisa mengurus surat kesehatan dan bebas narkoba? Ternyata enggak bisa. Mereka hanya bisa membuat surat kesehatan, untuk surat bebas narkoba gue diarahkan ke BNN (Badan Narkotika Nasional) atau ke BKK (Badan Kesehatan Kota).

Mendapat arahan ini gue pun langsung menuju… Uruguay. Ya enggaklah! Gue langsung menuju BNN. Sampai di BNN gue deg-degan. Ya takut aja pas tes, ternyata hasilnya positif narkoba, lalu gue ditangkap polisi. Padahal selama ini gue sama sekali gak pernah make narkoba.


Dengan langkah perlahan gue masuk ke dalam kantor BNN dan bertemu dengan seorang mas-mas di bagian resepsionis.

“Permisi, mas. Bisa bikin surat bebas narkoba?” Tanya gue.

“Oh bisa, Mas.”

Alhamdulillah gue gak dibohongin sama orang puskesmas. :’)

“Tapi…” lanjut si mas resepsionis.

Waduh, kalo ada tapi-nya ini biasanya gak enak, euy. Kayak pas nyatain perasaan ke cewek.

Cowok: “Aku sayang kamu, mau gak jadi pacar aku?”
Cewek: “Uhhh… aku sebenernya juga sayang kamu, tapi…”
Cowok: “Ta-tapi apa?”
Cewek: “Tapi bohong. Muehehehe.”

KAN BANGKAI.

Lanjut ke si mas resepsionis.

“Tapi mas beli alat tes urine-nya sendiri, ya? Di sini tidak menyediakan alat tes-nya. Beli aja di apotek anu.” Kata si mas resepsionis sambil memberikan petunjuk tentang lokasi apotik anu, agak jauh sih dari BNN. “Ntar sampai sana bilang aja beli alat tes urine untuk narkoba. Kalo sudah dapat silakan masnya ke sini lagi sambil membawa fotocopy KTP.”

Gue manggut-manggut dan keluar dari kantor BNN.

Sampai di luar kantor BNN, ada apotek kecil gitu. Pas banget di sebelahnya. Ini bikin gue penasaran: kenapa gue disuruh beli alatnya jauh-jauh kalo ada apotek pas di sebelah BNN? Kasian banget apotek ini, udah sebelahan tapi malah gak dianggap. Udah kayak gebetan yang kena friend zoned.

Apa jangan-jangan mas-masnya ngerjain gue nih?

Apa jangan-jangan mas-masnya sengaja mau bikin bangkrut apotek ini?

Apa jangan-jangan… apotek ini baru berdiri 5 menit yang lalu jadi si mas-mas BNN gak tau keberadaan apotek ini?

Dari pada penasaran ya gue coba aja ke apotek itu dan nanya, siapa tau ada dan jadinya gue gak perlu pergi jauh-jauh. Gue lupa nama apoteknya apaan, jadi gue sebut aja Apotek Ini.

-Apotek Ini-
“Permisi, mas. Jual alat untuk tes urine?”
“Untuk tes bebas narkoba?”
“Iya.”
“Wah kita gak jual, Mas.”

Mas-mas BNN 1 – 0 Yoga si Suudzonan.

“Coba deh cek apotik itu,” si mas-mas apotek sambil menunjuk arah kiri. Dari apotek ini juga keliatan keberadaan apotek itu. Karena gak mau pergi jauh, gue berusaha nyari di apotek yang bertebaran di sekitaran BNN.

-Apotek Itu-
Jalan kaki sekitar 5 menitan dari apotek ini, gue pun sampai. Gue masuk ke dalam apotek itu dan disambut oleh mbak-mbak apotek.

“Mbak, jual alat untuk tes urine?”

“Tes urine untuk apa? Kehamilan?”

“….”

Cobaan apalagi ini ya Allah. Apakah di muka gue ada tampang-tampang suka membuang benih di mana saja lalu si cewek mulai mual dan hobi muntah-muntah sehingga gue perlu membeli test pack agar semua pihak tenang? :’)

“Untuk tes narkoba, mbak.” Mau nangis gue rasanya.

“Owalah…” si mbak apotek ketawa garing. “Gak jual, mas.”

MAKASIH LOH.

Mas-mas BNN 2-0 Yoga si suudzonan yang disuudzonin mbak-mbak apotek.

Sebelum pergi, lagi-lagi gue ditunjukan apotek yang deket-deket situ, kali ini dengan sebuah kalimat yang sedikit membuat gue tenang. “Coba di apotek situ, Mas. Di sana biasanya jual.”

Mantap.

-Apotek Situ-
Yoga: Mas, jual alat untuk tes bebas narkoba?

Mas apotek: Yang gimana tuh?

Yoga: Itu… yang tes urine, Mas.

Mas apotek: Test pack?

Yoga: ….

Mas apotek: Bukan, ya? Wah berarti gak jual, mas.

Yoga:

Mas-mas BNN 3 – 0 Yoga si suudzonan yang lagi-lagi dikira nyari test pack dan kena tipu mbak-mbak apotek.

Akhirnya gue nyerah. Gue coba ikuti petunjuk si mas-mas BNN menuju apotek anu alias apotek yang dia katakan tadi. Naik motor sekitar 15 menitan, gue pun sampai.

-Apotek Anu-
Yoga: Mbak, jual alat untuk tes urine ntuk tes bebas narkoba?

Mbak apotek: Jual, Mas.

Yoga: *sujud syukur*

Wah… ternyata apotek ini udah kongkalikong sama BNN nih.

Mbak apotek: tapi… parameter pengukurannya mau yang apa?

Yoga: Pa-para apa? Para shohabat?

Mbak apotek: parameter pengukuran tesnya. Amphetamin kah? Kokain kah?

Si mbak apotek pun mulai nyebutin beberapa kata yang asing di telinga gue. Sumpah, rasanya kayak lagi ngobrol sama alien. Setelah 10 menit bengong, gue pun ngeluarin jawaban aman, “Biasanya apa aja, mbak?”

Mbak apotek: Tergantung tempat tesnya, yang pasti ada 10 parameter pengukuran. Masing-masing parameter itu beda alat ukurnya dan alat ukur untuk satu parameter itu harganya lumayan mahal, Mas.

Yoga: 

Gue pun menceritakan kronologi soal disuruh membeli alat tes urinenya oleh mas-mas BNN.

Mbak apotek: Lebih baik masnya besok ke BNN lagi, Tanya parameter pengukurannya apa aja, kalo udah baru ke sini lagi, nanti saya pesankan ke distributor untuk alat tesnya.

Yoga: Jadi… alatnya juga gak ready stock di apotek ini?

Mbak apotek: Enggak, mas. Nanti saya pesan dulu ke distributor. Karena mahal itu makanya saya juga gak berani ready stock alatnya.

Hmmmm… udah mirip sama online shop aja ini apotek. Harus pre order dulu. :’)
Gue pun pulang dengan tangan hampa.

Mas-mas BNN 4-0 Yoga si suudzon yang otaknya masih mumet mencerna perkataan si mbak apotek.

*****

Sampai di rumah, kakak gue ngasih tau kalo dia dulu pernah tes bebas narkoba untuk daftar S2 di Rumah sakit Sini. Pas gue tanya biaya ngurusnya, katanya, “Murah aja.”

“Sebut nominal!” kata gue.

“300 ribu, sekalian sama surat kesehatan waktu itu.” Jawabnya.

“Serius segitu?! Muahalnya…” kata gue, gak percaya.

Masa cuma selembar kertas aja semahal itu? Aslik kalo ini beneran gue kesel banget dengernya.

“Emang segitu, besok deh coba kamu urus. Cepet aja kok, pipis doang baru tunggu sebentar.”

*****

Besok paginya gue langsung menuju Rumah Sakit Sini dan melakukan registrasi untuk tes kesehatan dan tes bebas narkoba. Pas daftar itu gue juga udah diperingatkan sama seorang perawat di sana perihal biaya tes bebas narkobanya. Mungkin sudah banyak kasus orang yang pas abis tes bebas narkoba, hasilnya negatif narkoba, tapi positif sakit jantung pas mau bayar.

Dengan rincian biaya untuk membuat surat bebas narkoba membayar 240 ribu dan surat kesehatan 50 ribu, gue setuju untuk tes.

-tes kesehatan-
Gue masuk ke dalam ruang pemeriksaan, stigmomanometer dililitkan ke lengan kiri gue untuk mengukur berapa tekanan darah gue, lalu gue mengukur tinggi dan berat badan gue, menulis golongan darah gue, lalu… udah.

“GINI DOANG NEH?! 50 RIBU?!”

-tes buta warna-
Masih di ruangan yang sama, si mbak perawat membuka buku tes, sebuah gambar diperlihatkan ke gue dan dia nanya, “Ini angka berapa?”

FYI aja, untuk tes buta warna ini kita harus menjawab dengan sangat cepat, kalo bisa di bawah 5 detik, jadi tidak ada kesempatan untuk membuka contekan, phone a friend ataupun 50:50.

“26!” jawab gue.

“Betul.”

Kirain kalo jawaban gue betul, gue dapet hadiah, ternyata enggak, yang gue dapet malah soal lainnya. Kecewa gue.

-tes bebas narkoba-
Gue masuk ke dalam laboratorium, di dalam sana cuma ada seorang mas-mas, dia pun memberikan gue sebuah tempat untuk menampung pipis gue. Sebuah botol tabung berukuran sedang. Tapi cukup untuk membuat emosi seorang pria dewasa apabila kita melemparnya ke arahnya. Apalagi jika tabungnya sudah berisi air pipis.

“Urine-nya ditampung di sini, ya. Nanti kalo sudah berikan ke saya.” Kata mas-mas lab.

Gue bengong. Ini pipisnya di mana, ya? langsung di dalam lab yang cuma berisi mas-mas ini?

Gue dan si mas-mas lab saling liat-liatan.

“Toiletnya di belakang sana, Mas.” Lanjut si mas-mas Lab.

“Ohehehe.” Gue pun ke luar menuju toilet.

Sampai di toilet gue mendapatkan masalah besar: gue belum pengin pipis lagi karena tadi di rumah kan sebelum ke rumah sakit gue mandi, jelas tidak mungkin mandi tanpa pipis, jadi… INI GUE ISI AIR PIPISNYA SIAPA?

Gue mensugestikan pikiran gue untuk menguatkan kekuatan titit gue agar segera mengeluarkan air pipis. “Keluarlah wahai kau air pipis!”

Gue memejamkan mata agar dapat berkonsentrasi penuh, tangan kanan gue mengepal untuk memusatkan energi ke titit gue. Setetes demi setetes pun keluar juga dan tertampung di dalam tempat itu, walaupun cuma sedikit, yang penting ada isinya air pipis gue beneran, daripada gue isi air pipis anoa? Lagian di rumah sakit itu gak ada anoa berkeliaran.

Dengan perasaan riang gembira, gue keluar dari toilet dan membawa air pipis gue yang tertampung di dalam tabung itu. Sambil berlari berlinang air mata bahagia gue masuk ke dalam lab dan menyerahkannya ke si mas-mas lab. Sekitar 20 menit kemudian hasil tesnya keluar, dengan 6 parameter pengukuran menunjukkan kalo gue negatif narkoba dan positif ganteng.


Hmmm kalo sudah begini sih:
Mas-mas BNN 4-5 Yoga si suudzonan yang sudah punya surat bebas narkoba tanpa ribet nyari alat tesnya sendiri.

Pesan moral dari cerita ini:
1. Kalo gak mau repot, emang musti bayar agak mahal
2. Siapkan air pipismu sebelum tes bebas narkoba
3. Yoga ganteng



---
Nb 1: Harga mengurus surat bebas narkoba tentunya beda-beda di tiap tempat, jadi jangan heran kalo ada perbedaan harga misalnya ada yang sudah pernah ngurus dan ngerasa yang gue bayar terlalu mahal.

Nb 2: selesai ngurus, gue update di ig stories gue, ada temen kirim pesan dan nanya berapa gue bayar untuk surat bebas narkoba ini. Setelah gue kasih tau, komentar dia: “Mahal banget Yog, di rumah sakit sana cuma 135 ribu loh.”

Nb 3: Aku merasa tertipu. :’)




--
sumber gambar:
http://inforemajaterbaru.com/contoh-gambar-tes-buta-warna-parsial-online-lengkap.html

75 comments

ceritanya lucu cerita jenis jenaka nih hahahaha

Reply

follow back ya blog gue olibutut.blogspot.co.id

Reply

kurang tes kesehatan rohani/mentalnya belom di dokter kejiwaan. cobain cobain! pertanyaannya aneh-aneh xD

tes narkoba emang mahal kok, mungkin di rumah sakit sana yang cuman 135k parameternya ngga nyampe enam

Reply

Itu kalimat selebtwat tetap eksis ya, Yog hahaha
Anjir lucu itu pas dikira cari testpack, wajahmu mungkin memang tampak patut dicurugai. :p
Terima kasih, Yog, panduan yang cukup baik untuk para pengangguan... eh, fresh graduate untuk mempersiapkan dirinya. Kalau panduan selesaikan skripsi dengan cepat, ada?

Reply

Kasian y pas kencing, empritnya muntah air
.
Berarti kalo ngurus2in surat, suratnya harus gemuk y?
.
Wah hebat udah kalah 4-0 bisa balikin keadaan jadi 4-5
Itu siapa j yg nyetak gol?

Reply

Jokes internal paling bangkhe. Sumpah, tawa gue meledak di bagian ini: "Aslik kalo ini beneran gue kesel banget dengernya."

Tokhay!

Duh, kok sampai ribet banget gitu, sih? Gue perasaan di Jakarta gak pernah cari kerja pakai tes-tes kesehatan gitu. Bahkan surat keterangan kelakuan baik pun gak gue buat. Pantes, gue sampai saat ini freelancer mulu, ya. Gak kerja-kerja tetap lagi habis resign. Muahaha. XD

Abang lu belagu banget, Yog. Masa iya 300 ribu murah. Itu seharga gundam woy! Eh, gundam bukannya 3.000, ya? Ada yang pernah bilang gitu, sih.

Reply

Itu mahal juga ya, gua waktu itu cuma 135 ribu dan udah bikin syok parah. Gimana engga? Cuma pipis terus dapet selebar surat sama selembar amplop doang, kirain bayar mahal dapet besek gitu buat makan siang.

Kalau misalnya alat buat tes narkoba dijual bebas, kenapa orang ga ada yg inisiatif buat tes sendiri aja ya di rumah?

Reply

Ribet juga yah ternyata..
Hahhaha
yoga ganteng (???)

Reply

NYESAL BACA PESAN MORALNYA!

Btw, cara mancing pipis di saat kita ga lagi pengen pipis itu gampang. Nyalain aja keran air kamar mandi, pasti ntar kita kepancing buat pipis. Kalo ga salah sih gitu. Keren ya komen gue. Penuh info yang berguna.

Meme legend bang Daus memang tak pernah mati ya. Ntap euy.

Kalo kamu minum paramex muntah, apa kabar gue yang abis naik angkot langsung muntah-muntah :(

Reply

kalo gue pipis, kira-kira kalo dijual dapet berapa duit yah?

Reply

Wkwkwk. Ada lelucon circle di sini. Dan kutertawa karenanya. Makasih, Yog, udah berbagi.

Reply

...sakit hati.

Sambala sambala sambalado.

Reply

Ha ha perjuangannya sungguh terjal cees. Gak apa-apa, yang penting terbukti enggak pake narkoba. Tapi ini mah kalau seandainya kebukti nih, kira-kira bakal diapain sama ayah yang seorang tentara?

Eh ngomong-ngomong, di kalimantan emang lumrah ya ngelamar kerja pake surat bebas narkoba? Di sini masih jarang, paling perusahaan tertentu aja.

Reply

by: Fans Capung Mania regional Lampung

Reply

anyir lah, gambar tes mata paling sering muncul di sekolah ini mah. xD

selama fresh graduate nggak mau nyari receh dari blog? ayolah buat jajan gundam. :))

Reply

gatau kenapa ketawa pas baca bagian ini :D
"Gue dan si mas-mas lab saling liat-liatan."

“Toiletnya di belakang sana, Mas.” Lanjut si mas-mas Lab.

Ngebayangin awkward momentnya. yakali juga pipis depan mas labnya :D

Reply

Elah test begituan 300 ribu?? Gila mahal banget yah?

Dih ogah banget gw...

Reply

Hahahahaha kok gua malah ngakak iya :v

Speechless.....bingung mau komen apa, aku sendiri belum perlu masalah tes tes urine, karena sebagai anak yang baik, gua negatif narkoba dan positif ganteng......kekwkwkak

Iya udh lah, yang penting persiapanlo ke dunia tempur, eh.... Kerja udah siap!!

Reply

Kenapa tawa paling pecahku justru pas liat mukak si daus itu ya :( Yoga ini doyan banget anjay make foto daus yang pasti pecahnya pecah ngets :( wkwkwk fakyuuuuuh wkwkkw :D

Reply

Wajar lah harga 300 ribu buat tes urine. kan kasian yang ngetes urinnya.... hehehhehhe bayar jasa :D ahahahhaakkk

Reply

Eeww bangor si, nurut aja kek ya sama abang-abang bnn, kan jadi buang-buang energi.

Samaaa waktu mau masuk uin dan dites keshaatan serta tes urine gue juga gabisa pipis, karna baru aja pipis. Akhirnya ijin muter-muter dulu terus baru kesana lagi setelah kebelet. Kalo temen gue malah disuruh minum sampe kebelet di samping galon. :(

Mahal banget anjis 300 rebu, gabisa pake bpjs apaa?

Reply

Nyeduh obat nyamuknya yang rasa apa mass #eh hahhahaha, ngakak bangkai baca urut2an suuzonnya jogasc hahhahahahha, itu tuh yang kalimat berasa kek nembak cewek, apa cuma gue yang melafalkannya sambl mendalami peran kek di sinetron2 hahaha

Iyatuh ribet
Surat2 gitu ngurasnya tuh di waktu. Blom klo musti bulak balik foto kopy yang mana biasanya tempat foyokopiannya jauh dari tu kantor urusan administrasi persurat2an
Tapi biasanya kalo tegang emang suka gitu, malah susah kluar pas mau dites urin hadehh

Reply

Udah 2 taun lulus tapi aku ga ngurus surat2 begituan. Ya emang dasarnya gak niat2 amat nyari kerja sih, jadi begini deh hehehe. Niatnya nyari suamik dan memperbaiki akhlak. (naon ieu) oke lupakan, bye.

Reply

oh enggak, ini jenis cerita tragedi, kok.

Reply

wadaw tes apa lagi itu :'))

hmmm mungkin sih, gak gue tanyain juga yang 135k itu berapa parameter ._.

Reply

Pengangguran emang momok paling menyeramkan selain jomblo. Jadi kalo lu pengangguran yg jomblo. Mampus aje..haha.. gue juga nganggur udah setaun.susah euy nyari kerja.
Wahaha..

Akward bget didalem lab berduaan sama mas mas lab..hahaha.

Kalo di daerah gue sih bayarnya cuman 70 rebu buat tes bebas narkoba. Gue udah lama buat tp smpai skrg udah mau abis masa berlakunya gak pernah kepake..

Reply

wahahaha jokes circle yang lucunya abadi sepertinya itu xD

muka gue padahal muka-muka anak polos, aneh memang mb mb apotek itu ya Allah :"

maaf gak nerima request postingan Tiw, coba ke blog sebelah, biasanya nerima orderan postingan tutorial. :)

Reply

emprit itu apa lagi ya Allah :"

yang nyetak kebetulan wasit feat. hakim garis.

Reply

HUAHAHAHAHAHA. Awas lo kena tipes, Shol.

hmmmm beda perusahaan ya beda kebijakan sih, kadang ada yang gak butuh sama sekali surat2 ginian, kan gue antisipasi aja muehehe.

itu gundam apa cilok kok harganya 3 ribu? :(

Reply

hgggg mungkin beda kayak test pack kehamilan yang bisa gampang untuk dibaca, kalo test bebas narkoba mungkin ada cara bacanya sendiri, entahlah, ini hanya suudzonan gue aja.

Reply

gak ribet, cuma mahal. huahaha.

tolong jangan diperdebatkan pesan moral itu. :)

Reply

tolong jangan diperdebatkan pesan moral itu. :) (2)

oke, info bagus dari wulan asal pekanbaru, ntar gue terapkan deh :)

meme itu layak dilestarikan, jadi tolong terus digunakan ya~

Reply

dapet receh aja, paling sekitar 3800 dollar.

Reply

paling dihukum aja cees, dipecat sebagai anak.

biasanya kalo mau ngelamar ke instansi pemerintahan/BUMN sih cees yang agak ribet soal surat surat gini. Kalo perusahaan biasa tergantung kebijakan masing-masing, tapi gak ada salahnya juga nyiapin kan cees.

Reply

huahah sebenernya gak cuma itu tes buta warnanya Rob, ada lagi yang disuruh bikin jalur lurus dari satu titik ke titik lain dari 1 warna.

ya kalo ada rejeki ntar disikat recehannya :))

Reply

huahaha abisnya mas-masnya abis ngasih botol langsung diem aja gak ngasih instruksi selanjutnya :))

Reply

suatu saat kau akan membutuhkannya wahia anak muda.

Reply

biar pembaca fresh melihat wajah daus :)

Reply

jasa nahan bau pesing ya :'))

Reply

KALO ADA YANG DEKAT NGAPAIN NYARI YANG JAUUUUHHHH...

Banyakin minum air putih sih gue biasanya baru pengin pipis lagi, atau dipepetin cewek cakep, nah ntar keluar. *apa ini*

tida bisa :((

Reply

obat nyamuk rasa yang tertinggal, mb :'))

wahaha iyaaa... ngerti aja si mbak ini, soal fotokopi-legalisir itu juga ribet sebenernya, cuma gak gue ceritain, kepanjangan ntar. Pokoknya lumayan lagi lah ya. :'))

Reply

^^^^^ TOLONG DICARIKAN JODOHNYA NIH ^^^^

Reply

WANJIR UDAH SETAUN :|

nah beda2 kan tiap daerah \o/

Reply
This comment has been removed by the author.

Lo ngerti sopan santun gak? Minimal tata krama 'ngomong' ke orang yang lebih dewasa daripada lo.

Lo coba ngomong gitu ke bokap lo, atau guru lo, minimal lo kena tabok.

Reply

Iya kak, saya mohon maaf T_T

Reply

MAHAL BENER ANJIRRRR PIPIS BAYAR SEGITUUUU. Eh, bukan pipis ya. Tapi tes narkoba.

Kalimat "Sebut nominal!" bikin ngakak. Bangke. Hahahahaha. Apalagi pesan moralnya. Terutama pesan moral yang nomor tiga. SEBATAS MIMPI! YA AMPUN AKU NGAKAK BANGET, YOGA BAJINGAK!!!!!! MHUAHAHAHAHAA.

Btw, yakin mau cari kerja di Balikpapan, Yog? Nggak di Samarinda seberang aja? Kuy lah. Biar Ichsan bisa semangat pulang kamoung.

Reply

hhaha ceritanya lucu :D Sampe ketawa beberapa kali aku :D

Test beginian 300 ribu :D Wkwkkw mahal bgt ka :3

Reply

Pesan Moral yang nomer 2 itu nyiapin nya dari rumah apa pas depan mba nya, :'(

Reply

Gue juga udah menyiapkan segala surat-surat yang keliatannya ribet. Kemaren baru ngurus SKCK dan prosesnya gak lama, karena udah bisa ngisi via online. Tapi untuk surat bebas narkoba belum ada buat.

Ada sih lowongan yang mengharuskan melampirkan surat bebas narkoba, untuk BUMN. Kalo untuk swasta surat kesehatan dari puskesmas dan SKCK cukup.

Ciee pengangguran, sama dong.

Reply

coba bayangkan pas mau test urine pas lagi dapet.
sedeh :(

wah ada tutorial megang anu. bisa kena uu IT nih. wah wah wah.

Reply

Abis jawab tes buta warna bukannya dapat hadiah malah kecewa dapet soal lainnya wkwk

Btw, pesan moral yang ke-3 Emejing banget bro! Butuh penelitian khusus besar-besaran untuk mengujinya hehehe

Reply

Mahal banget, yog. Kalau mau jadi maba di kampus gue mah gratiz. Wkwkwkwkwkwk

Reply

Tes bebas narkoba itu ada masa berlakunya gitu ga sih yog? Maksudnya, hasil yg sekarang ini bisa dipake buat tahun depan gitu ga? *Anaknya gamau rugi

Reply

kalo gak salah inget kemaren di surat gue berlakunya 6 bulan aja. :')

sama kayak SKCK yang ada masa berlakunya, bisa diperpanjang sih. Tapi gak tau kalo surat bebas narkoba ini bisa diperpanjang atau enggak :|

Reply

ITU GAK PALING UDAH TERMASUK BAYAR UANG MASUK KULIAH, JADI SEBENERNYA GAK GRATIS! *Gak mau kalah* :((

Reply

hmmm biarkan masyarakat yang menilai.

Reply

YA JANGAN TES PAS LAGID APET YA ALLAH... :"

Tutorial megang tabung untuk nampung pipis? :)

Reply

gue kemaren ngurus SKCK masih manual sih, tapi alhamdulillah gak terlalu ribet soalnya tau alurnya huahaha.

iya kalo instansi pemeritahan/BUMN biasanya nyuruh sertakan surat bebas narkoba ini

*toss* semoga sama2 cepet dapet kerja euy :')

Reply

siapkan dari rumah wahai penikmat musik.

Reply

karena banyak parameternya jadi mahal :3

Reply

karena jokes internal tidak akan mati :))

engga, ntar di smd seberang ketemu sama lo yang kebanjiran :((

Reply

Kayaknya yoga mudah banget sudzon deh orangnya haha. tapi pemikiran elo tentang apotik itu ada benernya juga haha. tapi kayak gimana bikin apotik selama 5 detik??? astagaaa

Reply

rumit ya memang, harus ini itu dulu... hahaha, mau beli test urine aja ampe kayak main bole sama si mas-mas BNN. test urine dikira test pack pula, sedih amat... test buta warna itu sih memang wajib bagi banyak perusahaan. Gue jadi pingin nyoba ngadu test urine sama si mas-mas BNN..

Reply

Perasaan persiapan lo mau pipis hampir sama kayak naruto mau ngeluarin rasenggan, ribet. Untung titit lo gak ngeluarin angin.

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!