A Great Story Comes With Great Stupidity : Gundam? Jenis Makanan Apa Itu?

Gundam? Jenis Makanan Apa Itu?

Gara-gara ngepost soal nungguin paketan gundam kemaren, gue jadi kepikiran untuk cerita dikit soal hobi ngerakit gundam.

Walaupun gue masih newbie di dunia per-gundam-an, kayaknya gak ada salahnya gue coba cerita-cerita dikit soal hobi gue ini, apalagi banyak komen di postingan itu yang menunjukkan kebingungan perihal hobi ini. Mulai dari:

‘Berapa harga 1 model kit gundam?’

‘Apa sih serunya ngerakit gundam?’

‘Kenapa dia gak nembak-nembak padahal ke mana-mana gandengan?’

Berikut komentar yang bakal gue tanggapin:

Pas baca balasan komen gue itu, bawaannya ingin berkata kasar ya Allah. :’)

ITU GUNDAM APA CILOK HARGANYA 3 RIBU? :”

Aslik. Sedih gue. Sedihnya ngalah-ngalahin abis ngantarin Ibu ke pasar, sengaja duduk di atas motor panas-panas biar motornya gak dikerdusin kang parkir, pas ibu udah kelar belanja, kang parkirnya tetep minta duit dan dikasih sama ibu. :”

Ya… bayangin aja, gundam yang gue tunggu-tunggu kedatangannya sampai emosi eh dikira cuma seharga 3 ribu. Itu berarti mahalan ongkos kirimnya daripada harga gundamnya. Lagian kalo gundam yang gue tunggu beneran cuma seharga 3 ribu, paketan telat seminggu gue juga gak apa-apa. Biar paketannya hilang juga rela gue. Suer, rela gue. *banting gundam 3 ribuan*

Hhhhh…

Jadi, daripada menimbulkan kebingungan massa, gue mau jelasin dikit perihal gundam ini. Walaupun model kit (mokit) gundam ini termasuk mainan, tapi menurut gue ngerakit gundam itu gak main-main, cuy. Dibutuhkan waktu, tenaga dan kesabaran ekstra saat merakitnya. Apalagi kalo kamu orangnya perfeksionis. Untuk satu bagian aja, misalnya titit, oke bukan. Misalnya bagian tangan, kadang ngerakitnya bisa 1 jam sendiri karena mau hasilnya mulus, gak ninggalin bekas potongan plastik gitu. Beda sama pacar yang mulai bosan, hobinya suka ninggalin luka di hati. :’)

Oiya, dalam ngerakit gundam, ada tingkat kesulitannya sendiri, tergantung grade-nya (ukuran). Beda grade, jelas akan membuat suatu model kit memiliki perbedaan tingkat kesulitan, detail dan tentu aja harga.

Untuk saat ini, yang umum sih ukurannya ada 32, 34, 36, 38. Eh salah, yang bener SD, HG, RG, MG, PG, Mega Size.

SD (Super deformed)
mokit yang bentuknya kayak karikatur gitu. Biasanya badannya kecil, teteknya kepalanya gede. Ukurannya sekitar 8-10 cm, gak terlalu rumit, anak SD pun bisa ngerakit.
Tapi sayangnya enggak pose-able karena artikulasinya terbatas. Harganya juga lumayan euy, sekitar 80-200 ribu. Gak bisa dibeli pake uang monopoli.

HG (High Grade)
mokit berskala 1/144. Bagi pemula atau yang pertama kali ingin ngerakit gundam disarankan ngerakit dari grade ini dulu. Gak terlalu ribet, detail dan artikulasinya lumayan bagus, ukurannya sekitar 10-15 cm. Harga biasanya 140 ribu ke atas. Kalo dibakar pasti meleleh.

RG (Real Grade)
Sama seperti HG, mokit ini berskala 1/144, tapi detail dan artikulasinya di atas HG. Bahkan jauh di atas HG karena memiliki inner frame, alias pas dirakit ada rangkanya gitu, jadi bodinya tinggal dipasang ke rangkanya.


Tingkat kerumitan saat dirakit lebih susah dari HG. Tapi tenang, masih lebih rumit mahamin cewek PMS, kok. Harga gundam RG sekitar 300 ribu ke atas. Gak bisa dikonsumsi.

MG (Master Grade)
Mokit berskala 1/100 alias lebih besar daripada HG atau RG, tapi untuk detail dan artikulasi, mirip RG karena juga memiliki inner frame, eh tapi masih lebih detail dan lebih susah ngerakit RG deh. Bedanya MG sama HG/RG yang paling mencolok adalah dari ukurannya yang lebih besar. Ukurannya sekitar 17-20 cm. Harganya 400 ribu ke atas. Dijatuhkan dari lantai 100 di Burj Khalifa pasti hancur.

PG (Perfect Grade)
Nah kalo mokit yang ini skalanya 1/60. Detail, artikulasi dan harganya jelas di atas HG, RG bahkan MG. Tingginya sekitar 30 cm, harganya bisa jutaan. Gue belum pernah nyoba rakit grade ini karena belum punya penghasilan 3800 dollar/bulan.

Mega Size
Mokit HG berukuran jumbo. Skalanya 1/48. Sama seperti PG, gue belum pernah merakit dan melihat wujudnya langsung sih. Jadi, paragraf ini cuma untuk manjang-manjangin postingan aja.

Biar lebih mudah, ini ada perbandingan ukurannya. (KENAPA GAK DARI AWAL DITAMPILIN, BANGKAI?!)

Koleksi gundam gue sendiri kebanyakan yang HG karena selain lebih banyak pilihannya, harganya juga masih bisalah ditolerir dompet.

…walaupun selanjutnya gak jajan 2 minggu. :’)

Jadi, udah jelas ya kalo gundam yang gue rakit bukan yang harga 3 ribuan.

Okey, lanjut! Komen selanjutnya lebih menarik nih.


Hmmm… dulu gue sempet mikir gitu juga sih. Ngeliat kakak gue beli dan ngerakit, lalu cuma dijadiin display picture BBM-nya. Apa coba enaknya ngerakit gundam? Udah mahal, abis dirakit paling cuma difoto doang? Gak bisa dimakan, gak bikin kenyang, budak kapitalis!

Adalah kakak gue yang meracuni gue hobi ini. Di akhir tahun 2014, dia ngirimin gue 1 model kit gundam, Wing Gundam. Karena saat itu gue lagi stress sama tugas-tugas kuliah, yaudahlah gue coba rakit.

“Mainan gini doang paling sejam kelar.” Kata gue saat itu.

4 jam kemudian baru kelar. :’)

Aslik. Susah.

Walaupun susah, gue selalu tersenyum setiap berhasil menyelesaikan satu bagian hingga semua bagian berhasil gue rakit, kemudian digabungkan menjadi satu. Ada sebuah perasaan yang susah untuk diungkapkan ketika berhasil merakitnya.

Awalnya gue baca buku panduannya dengan teliti dan seketika bingung, “Ini apa artinya?” Iya, bukunya pake bahasa Jepang! Dan gak ada translate-nya!!!

Gue jelas bingung soalnya bahasa Jepang yang gue tau cuma :
-Ikeh… Ikeh!!!
-Kimochiiiii~
-MOTTO HAYAKUUUU!!! AHHHH~

Akhirnya gue cuma ngikutin step by step gambarnya tanpa pernah tau apa arti tulisan di bukunya. Sambil menyatukan komponen-komponen kecil yang sesuai dengan kodenya, gue berhasil menyelesaikan bagian tangan, begitu ngeliat jam gue mangap, “Bangke… Setengah jam ternyata baru tangan doang!”

Gue segera menyelesaikan tangan satunya, melihat jam lagi, memastikan kali ini lebih cepat dari sebelumnya dan ternyata berhasil.

Begitu seterusnya, hingga akhirnya lengan, badan, kepala dan titit kakinya gue gabungkan menjadi satu, ditambah dengan senjata-senjatanya. Melihatnya berdiri dengan gagah, membuat gue bahagia.

…dan encok karena kelamaan duduk.
 
Gundam pertama gue :))

Nah, terus kalo sudah dirakit cuma difoto lalu dipajang? Pertanyaan bagus!

Sebenernya hobi ngerakit gundam ini gak sekedar cuma rakit-foto-pajang doang. Kalo bosan dan pengin bereskperimen juga bisa. Banyak cara untuk bikin seru hobi ini kok, misalnya aja:

1. Repaint
Repaint alias mengecat ulang model kit yang sudah kita rakit. Banyak alasan orang untuk melakukan repaint, mungkin bosan dengan warnanya atau memiliki imajinasi berlebih. “Ah, kayaknya bagusan warnanya jadi ijo ingus dikombinasi ungu terong nih!”

Yulisman, temen SMA gue yang kuliah di Jogja contohnya. Dia menggeluti hobi ini sudah sampai tahap ngecat-ngecat ulang gitu. Beda sama gue yang masih belajar ngerakit secara bersih doang. Belum berani ngecat-ngecat gitu, euy. :’)


Gundam yang tadinya sangar jadi unyu :3

2. Weathering
Weathering itu semacam membuat efek rusak, karat, terkena tembakan lalu ditolak dengan alasan pengin fokus belajar dulu. Pokoknya dibikin sehancur mungkin kayak abis perang. Tujuan weathering biasanya untuk membuat kesan bahwa model kit kita itu kayak robot beneran, bukan mainan plastik.


Cihuy ya?

3. Build Custom
Nah kalo custom ini udah masuk ke tahap skill dewa. Karena ya… gundam yang kita rakit bakal bener-bener dimodif dan hasilnya beda jauh sama hasil aslinya. Model kit akan dibuat sesuai dengan imajinasi si empunya gundam. Biasanya kalo sudah di-custom begini untuk diikutkan lomba.
Gue pun juga pernah custom gundam gue. Waktu itu gue melakukan custom setelah overdosis imajinasi. Butuh waktu cukup lama untuk mengubah gundam gue itu, kalo gak salah inget, gue menghabiskan waktu sekitar... 5 detik.


Gue emang masih cupu :”

*****

In the end of the post, gue cuma mau bilang apapun hobi kita, ya pasti banyak menimbulkan pertanyaan di diri orang lain.

“Kenapa sih kok lakuin hobi itu? Kayak gak ada hobi lain aja.”

“Apa enaknya? Lebih enak, ena-ena.”

“Daripada hobi itu lebih baik hobi ini.”

Yeah, apapun hobinya, pasti nimbulin pertanyaan. Gak hanya ngerakit gundam aja, lho. Gue liat orang punya hobi ngerebut pacar orang lain aja heran kok. Jadi, gak usah bingung, gak usah heran, karena yang bisa ngerasain cuma yang ngelakuin. Selama gak ngerugiin orang lain dan sama-sama bahagia, sah-sah aja, kan?
.
.
.
Kecuali hobi ngerebut pacar orang tadi. Layak dibakar massa!



---
Sumber gambar dan referensi:
https://hlj.com/product/BAN996716
http://unicorn-toys.com/hguc/257-hguc-zaku-ii-mas-production.html
http://gundamguy.blogspot.co.id/2015/05/avengers-age-of-ultron-x-gundam.html
https://hlj.com/product/BAN986417
http://www.mygundamtricks.com/2014/01/perbedaan-skala-pada-gundam-sdhgmgpg.html
https://juniorgundam.wordpress.com/2010/06/30/rg-1144-gundam-rx-78-2-inner-frame-closeup/

70 comments

Pas bahasan RG entah mengapa gue malah nangkepnya yang 300 rebu itu cewek PMS yang tidak bisa dikonsumsi #IYKWIM #abaikan #sayasalahfokus

Reply

udah gue tambahin kalimat biar gak salah fokus :))

Reply

Ya tapi ada aja yang pantang menyerah ngerakit gundam segede gaban tapi ngerakit hubungan di tengah jalan aja nyerah #loh
Yang repaint setelah jadi itu lucuk sih, cuma kayaknya lebih susah daripada bikin nailart yak. Detailnya itu loh

Reply

Nah yang ini lebih jelas '-')b

Reply

Kalo gundam2an yg tingginya 40 meter sda g, bang? Ya sekalian bisa masuk ke dalemnya
Kan seru apalagi kalo bisa bergerak trus ngancurin gedung, bang

Reply

ngerakit gundam dengan teku aja bisa, apalagi ngerakit hubungan ini ke jenjang yang lebih serius, udah langsung nikahin aja !!

Reply

Wah keren ya, aku mah angkat tangan untuk hal seperti ini, tapi sepertinya ngerakitnya asik juga ya..

Btw, selain mas Yoga, di keluarga ada yang suka gundam juga kah ?

Reply

BAJINGAK! Banyak yang bikin aku ngakak di post kamu ini, Yog. Pertama, soal komennya Attar. Bahahaha anjir dibahas juga. Kedua, ITU KAMU NGAPAIN NYEBUT UKURAN BEHA HAAAAAH?! Nggak sekalian cup-nya juga? Aselik aku kesel. Ketiga, bangke bener Burj Khalifa disebutin. Itu kan tempat ngedate dengan para gadun paling epic. Tempat impiankuuuuu :((((((

Alhamdulilah. Foto before-after bajingak yang kamu edit, nggak kamu masukin di sini ternyata. Dan wah, Yoga rada jago nih ngerakit gundamnya. Ngerakit hati yang dihancurin gebetan yang tiba-tiba ngilang padahal udah nyaman, jago juga nggak? MHUAHAHAHAHAHAHAHA.

Reply

gue kira gundam itu mainnya cuma dirakit doang, tapi itu keren banget anjir! bisa diubah begitu. muehehe. :))

itu yang costum gitu berarti masang-masangin yang bukan pasangannya kah? hih jahat.

Reply

nyesel gue komen "3 ribuan" T__T

Reply

KAK YOGA, MAKSUD AKU ITU GUNDAM - GUNDAMAN YANG SERING AKU BELI PAS DULU AKU MASIH SD ITU YANG HARGANYA 3 RIBUAN, bukan gundam2an yang kakak pesan harganya 3 ribuan, klo cuman nungguin gundaman yang 3 ribuan yang dianterin kurir, saya mending nyari gundam gede di toko mainan, harap dimengerti ^_^

Reply

Terima kasih icha khalifa sudah bantu menjawab. :)

Reply

Kalo ngomongin hobi, tiap orang emang unik unik .

Aku juga punya hobi yang kalo diceritainmah orang orang bakal ilfil dan heran ..

Tapi mau gimana lagi namanya juga udah suka ya susah ditinggalin .

Pesen aku ke abang yoga nih ya, geluti terus tuh di gundam.
Semoga dari hobi ngegundam itu mas yoga bisa membuahkan hasil.

Nanti hasilnya kita bagi rata yes

Reply

Zaman SD gue kenal namanya Gundam ini. Teman gue masih suka aja sampe sekarang. Tapi nggak sampe merakit gini, Yog. Cuman koleksi film kartunnya doang.XD

Gue suka salut sih, sama yang hobi banget merakit gundam. Pernah cek harganya bikin pengen streaming tiap hari aja, daripada beli Gundam. :D

Ya namanya juga hobi. Mau mahal atau murah, tetep aja dijalani.

Ditunggu lho, karya lu yang berani ngecat Gundamnya. Jangan cuman ganti kepala doang, Yog... DASAR LEMAH... :D

Reply

Aku tau gundam pas jama SD itupun di tv wkwkwwkk

Kalo yang wujud aslinya belum pernah megang, lha wong namannya di Desaku belum ada yang punya, paling juga tamiya hihihi.

Orang punya hobi itu bebas, gak harus sama kayak oranng lain. Mau mahal mau murah yang penting hobi tersalurkan itu udah menjadi kepuasan tersendiri.

Sama kalo kita lihat hobi orang lain pasti juga heran kan? Itulah yang dirasain orang yg melihat hobi kita.

32,34,36 kayak gak.asing sama ukuran itu. Hmmmb

Reply

JANGAN CURHAT YA TOLONGGG HAHA

Nailart itu yang di kuku itu ya? Kalo dibandingin sama itu kayaknya lebih susah modif gundam deh :'))

Reply

Iya, gue juga berharap gundam yang 40 meter itu ada, Nik. Lalu hancurin rumahmu :'))

Reply

1. karena komennya emang musti dibahas :')
2. Oh itu ukuran beha? padahal gue asal nyebut aja :)
3. Yha. Burj Khalifa tempat impianmu? sesuai lah sama nama yang Icha Khalifa.

aku baru inget foto before-after pas besoknya, mau edit lagi males, makanya cuma tampilin di twitter. Bersyukurlah kau! :'))

oh kalo itu jelas gue... cupu. HUHUHUHU.

Reply

(((COSTUM)))

Custom oi haha. Biasanya kalo custom itu pada bikin part2 sendiri, dasarnya ya tetepa gundam itu, cuma beberapa part dimodif sendiri.

Reply

mau dibalas 'yha' lagi gak ini?

yha.

Reply

HOBI MACAM APA ITU ILFIL?! -__-

Reply

Bahahaha kalo bandingin harga gundam sama apa gitu jelas ngerasa gundam ini mahal banget, tapi namanya udah hobi ya gitu, sikat aja :))

ntarlah gue nyoba belajar pelan2 dulu :))

Reply

nah akhirnya ada yang setuju perihal hobi ini haha.

32,34,36,38 itu menurut komennya Icha adalah ukuran beha. Kalo gue sih gak tau apa-apa.

Reply

Gue mah enggak sabaran kalo udah ngerakit begituan . Tapi sih emang ya , hobi itu macam macam dan ya gak bisa dipaksain gitu . Kalo udah suka sama hal itu , ya itu terus yang dilakukan .

Btw,gue jadi tertarik,tapi biaya nya itu loh yang gue gak sanggup walaupun ada yang masih yang dapat gue jangkau tapi ya mau gimana lagi sih ...

Biasanya gue sering liat kalo ada pameran pameran action figure gitu , biasanya sering ada gundam nya ..pernah waktu itu ngeliat di Balikpapan Super Block .

Reply

woh koleksi gundam ternyata... haha keren nih :D
klo ada temen koleksi gunpla sering ku nasehatin kurang lebih gini :

nyimpen gundam nya harus hati2, usahakan ditempat yg tinggi atau mungkin di taruh di lemari kaca yg dikunci. ini untuk menghindari jangkauan dr anak kecil. haha... soalnya ini berbahaya sekali kalau gundamnya dimainin anak kecil, bikin shock karena bisa menyebabkan gundam patah atau partnya ilang.

udh gt misal itu ada anak tetangga main ke rumah, trus mainan mulu dgn gundam mu trus ibu bilang "udah itu robot-robotannya dibawa aja"... wkwk mati kutu dah

kan mereka ngira nya itu robot2 an murah yg gampang dibeli di depan SD :D

Reply

Khusus untuk aku, bales aja "oke" "siip" "mantabb"

Reply

Wuaa hobimu emang mahal. Tetapi namanya juga hobis ih, masing orang beda. Kalau aku sih nggak tertarik buat beli, mungkin belum. Aku lebih suka nonton animenya. Iyah aku penggemar Lacus Kira. Kisah cinta mereka... ah sudahlah.. Tapi nonton animenya seru yak.

Reply

iya ak juga pernah maen tu gundam waktu SD tapi gak kek gitu, beda banget punya ku dulu 1D wkwkwk :D

Reply

Wow informatif sekali postingan kali ini.

Gile ternyata lumayan susah ya ngerakit gundam ini. Sumpah kirain pas beli langsung jadi gitu, gak usah rakit-rakitan segala. Atau emang ada versi yang langsung jadi cees?

Yoi betul, semua orang hampir dipastikan punya hobi/kebiasaan yang gak biasa. Contohnya daku, suka ngoleksi kaos parpol. Yang bahannya sekali pake bulukan. #IniCandaYa

Ha ha itu paragraf akhirnya ngeselin banget ah dasar Sadio Yoga.

Reply

"Astagfirullah Wahyu, beginian 300 ribu, mending beli makan nak, bisa untuk seminggu."

Mungkin seperti itulah yang akan emak gue katakan ketika gue bilang harga gundam 300 ribu. Untungnya gue gak ngoleksi gundam.

Dari 4 SD sampe 3 SMP gue ngumpulin Tamiya dan mulai beradu dengan teman yang juga memiliki kesenangan yang sama. Setelah SMA semua hilang karena gue mengenal Raisa.

Buat gue, hobi itu gak pernah ada yang salah. Selama masih baik dan gak nyusahin orang lain.

Reply

lucuan yang SD imut imut kaya nendoroid heheh kalo yang gede terlalu sangar :/

Reply

Lanjutkeun hobi mahal mu ini Yog! Karena semua hobi memang akan disebut mahal oleh semua orang karena kita nya royal sama hobi kita. Ndapapa, selagi positif dan duitnya ada, lanjutkeun!

Anyway, itu anak yang anggap gundam 3 rebuan, mungkin sejenis sama anak perempuan yang taunya boneka barbie depan sekolah dia cuma 10rebuan plus bonus baju2an nya, padahal boneka barbie asliknya mahalnya bikin ingin berkata kasar. Hih. Mari sama-sama berkata kasar. (lah ngajak)

Reply

Cara yang weathering keren juga ya. Walaupun membuat tampilannya agak rusak, tapi malah tambah keren. Aku juga biasa gunain cara ini buat sepatu biar terlihat bersejarah gitu haha, tapi gak tau nama tekniknya haha.

Reply

Wowww ternyata udah teracuni sama hobi ini ya hehe. Gue tau mainan ini juga dari temen juga yang hobii banget koleksi benda ini dan sudah banyak budget yang di keluarin dan dia puas. Kalau gue belum tau dimana asyiknya jadi belum ikut2 an yog hehe

Reply

Hahaha, ngaak lah pas bahas yang 3 ribuan itu, yakali kalau 3 ribuan aja pasti nggak sampai di jemput ke gudang barang yang waktu itu yaa.

Tapi aku bener-bener salut loh, ini beneran hobi yang mahal banget. Tapi kalau sudah terlanjur hobi, yaa harga pasti nggak setara lah dengan kesenangan yang didapatkan.

Aku suka yang eksperimen Weathering tuh, boleh lah kapan-kapan kamu cobain yaa.

Reply

Yang ini cukup menghibur. ^__^

Reply
This comment has been removed by the author.

Mesti sabar nih kalo punya hobi begini. Selain sabar merakit, harus sabar juga diocehin "300 ribu mending gue ngerakit sepeda". :'))

Yang pink lucu bet. Nggak tega nyebut itu sebagai robot.

Reply

lah, aku baru tau malah mainan gundam. judulnya ngecoh nih.. :'(

wauuuuwww hobinya bang yoga mahal nih, dan imajinatif banget.
imajinatif bahasa apaan dah

ya hobi mah asalkan baik dan senang dilakukan why not. orang ngoceh mah jangan didengerin bang :)

lanjutkan hobinya!

Reply

Rumah saya kokoh bang
Gundam g bisa ngancurin rumah saya loh

Reply

DEMI TERONG!!! ITU YANG HASIL CUSTOME KENAPA GITU WOY! BAHAHAHAHAA...

Reply

ya Allah aku jadi iba kalo kamu baru tau soal gundam :'))

whoops!

Reply

nabung aja dulu biar gak penasaran \o/

Reply

wahahaha kakak gue pernah gundamnya dibawa ponakannya, untung yang SD doang jadi gak mahal2 amat yang dibawa. Dikira murah kali ya mainan gitu main bawa aja :')

Reply

wadaw lacus-kira, gundam seed nih :))

gue malah suka ngerakit doang tanpa pernah nonton gundam sebelumnya, ini baru2 aja mulai nonton haha. Baru kelar nonton gundam seed sama seed destiny :))

Reply

itu 1D maksudnya... gambar? :/

Reply

alhamdulillah kalo informatif cees :))

iya cess, dirakit sendiri, kalo yang langsung jadi mah malah jadinya action figure. Setau gue sih ada yang langsung jadi tapi beda, mungkin di artikulasinya lebih enak.

oh jadi kang agia hobinya ngoleksi baju partai, coba ngoleksi gebetan kang Mamadou Agia.

Reply

huahahah makanya di post sebelumnya gue tiap beli gundam jadinya malah diem2, ibu gak boleh tau :))

Reply

(((dan duitnya ada))) mo nangis sih baca ini haha.

huhuhu iya, barbie yang asli mah mahal, kalo yang 10 ribuan itu yang kayak boneka santet :((

Reply

waduw kalo sepatu apaan ya. Ripped kali ya? ._.

Reply

coba rakit 1 model kit dan rasakan sensasinya :))

Reply

iya, mau nyoba repaint dulu, bertahap :p

Reply

...atau rakit komputer untuk ngeblog agar supaya mendapatkan 3800 dollar/bulan.

Reply

kalo dirobohin bisa lah ya? atau dihanyutin deh sama orang-orangnya.

Reply

gundam itu zaman juga pas gue SD, gara2 ada kartunnya di spacetoon, hohohoh :") gue baru tau sekarang jenis2 nya begitu yak. Tapi kalau gue pribadi sih lebih hobi sama action figure toy story daripada ngegundam. hahahaha, kampret itu gundam disama-samain sama cilok. mungkin, itu gundam yang tebruat dari cilok. atau cilok yang terbuat dari gundam.

Reply

Arrrrrgghh.. gundaam, barang yang sampe saat ini belum bisa gue punyain huhuhu.. tapi keknya 2017 ini gue harus rencanain nih, minimal yang HG lah (padahal masih pemula).

Reply

yang iron man bikin mupeng kak, keliatan lebih keren.

Reply

kebeli mah itu kalo HG doang \o/

Reply

kalo udah dicustom emang bakal jadi keren :))

Reply

kalo action figure lebih mahal dan kebahagiannya kayaknya cuma pas bikin toy photograph ya? Kalo gundam bahagianya di ngerakitnya :))

Reply

APAAAN BUILD CUSTOM, TERUS YG DICUSTOM KEPALANYA DOANG!
Tapi, masuk akal juga sih. Keliatan nya unyu2 sangar gitu.

Gw baru tahu, trnyata ngerakit gundam itu bnyak macamnya. Kirain gitu2 aja.

Ngomongin tntang hobi. Hobi "itu" mksudnya hobi yg mana jog?
(ini pertanyaan serius)

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!