A Great Story Comes With Great Stupidity : Ketika Sebuah Lagu Menjadi Mesin Waktu

Ketika Sebuah Lagu Menjadi Mesin Waktu

Setiap kali nonton film Doraemon, gue selalu kepikiran gimana kalo gue punya mesin waktu. Apa yang bakal gue lakuin? Apakah gue bakal kembali ke masa lalu lalu mencegah diri gue di masa lalu ketika akan mengambil keputusan bodoh, atau kembali hanya untuk disakiti. Eh, bukan. Maksud gue, apakah gue akan kembali hanya untuk sekedar bernostalgia.

Gue jadi inget trilogy film The Butterfly Effect. Film yang menurut gue keren banget karena si tokoh utama memiliki kemampuan untuk kembali ke masa lalu dengan tujuan memperbaiki kesalahannya di masa lalu untuk menciptakan ‘masa sekarang’ yang sesuai dengan keinginannya, yang tentu aja berefek ke semua orang, gak hanya dia.

Di butterfly effect pertama, si tokoh utama bisa kembali ke masa lalu jika membaca diary-nya. Kita semua tau bahwa dengan tulisan kita bisa menciptakan ‘mesin waktu’, yang akan membantu kita untuk ‘kembali’ saat membacanya. Untuk itulah gue ngeblog, biar bisa inget gue ngapain aja.

Butterfly effect kedua, si tokoh utama akan kembali ke masa lalu saat ia melihat foto. Setelah gue pikir-pikir, jika emang ada orang yang memiliki kemampuan begini, terutama cewek, pasti bahaya banget. Saat melihat foto jaman dulunya, dia akan kembali ke masa lalu, kemudian saat difoto akan menahan nafasnya, biar gak keliatan gendut, lalu kembali ke masa depan lagi. Sungguh berfaedah sekali.

Di butterfly effect tiga lebih cihuy lagi, ada adegan dewasanya, cuy! Anu… maksud gue si tokoh utama bisa kembali ke masa lalu hanya dengan mengingat detail kejadian di masa lalunya, voila! Dia kembali ke masa lalu!

Gokil.

Tapi, kekuatan si tokoh utama ini memiliki kelemahan. Dia pasti akan susah punya pacar karena gampang ter-flashback, terjebak di masa lalu, dicap gagal move on. Karena dia bakal kembali ke masa lalu pas chating sama mantan dan si mantan mulai ngechat dengan struktur kalimat standar untuk mengingat masa indah di masa lalu: “Kamu inget gak pas dulu…”

Mantan emang paling bisa bikin ter-flashback, ya. :’)

Gue setuju 3 hal di atas emang bisa menjadi ‘mesin waktu’ yang membawa kita ke masa lalu, tapi menurut gue masih ada satu hal lain yang bisa dijadikan mesin waktu, yaitu… lagu.

Bagi gue, ada lagu-lagu tertentu yang bisa bikin gue inget dengan seseorang, kejadian, bahkan mewakili orang tersebut ketika lagi dengerin lagunya. Misalnya aja ini:

1. Sum 41 – With Me
Lagu ini adalah lagu favorit gue sepanjang masa. Selain karena emang suka banget sama Sum 41, liriknya juga ngena.

I don't want this moment to ever end,
Where everything's nothing without you.
I'd wait here forever just to, to see you smile,
'Cause it's true, I am nothing without you.

Tiap nyetel lagu ini, membawa ingatan gue soal betapa playboynya usaha gue mencari pacar saat pas SMA. Tiap lagi deketin cewek, PDKT, dan udah masuk ke tahap saling tukaran lagu favorit, lagu ini selalu gue rekomendasiin ke para gebetan. Responnya 99% selalu:

“Bagus, aku suka lagunya~”

Nah, 1%-nya:

“Kuota sisa dikit nih. Kirimin aja dong lagunya.”

Yha. Itu gebetan gak mau rugi anjr jangan diterusin PDKT-nya! Jangan!

Nah, 99% tadi, yang sudah terjebak tipu muslihat gue, akan mulai bayangin dirinya dinyanyiin sama gue pake lagu yang liriknya cihuy itu.

Status gebetan: klepek-klepek.

2. The All American Rejects – It Ends Tonight
Tiap denger lagu ini gue selalu inget temen se-geng gue pas SMA, OOSH Crew. Sebenernya gak ada ikatan khusus misalnya ini lagu wajib yang selalu kita nyanyiin saat karokean, gak ada sama sekali. Mereka pun kayaknya gak bakal ter-flashback kayak gue karena ini alasan yang personal sekali.

Selayaknya anak SMA yang akan lulus, pada waktu itu kami menghabiskan waktu yang ada dengan selalu ngumpul bareng. Yang harusnya kami, murid kelas 12, sudah gak ada kewajiban datang ke sekolah, kami tetap datang untuk membuat video a la Catatan Akhir Sekolah, untuk kenang-kenangan biar kami gak saling melupakan saat udah kuliah nanti. Gak hanya di sekolah, misalnya ngumpul-ngumpul pas malam hari gitu kami rekam atau foto-foto. Dari semua video dan foto itulah yang dijadikan video kenang-kenangan geng kami.

Karena gue yang bikin videonya, ada bagian video yang nampilin foto-foto kami saat terakhir kali ngumpul di malam hari dan gak sengaja gue kasih backsound lagu It Ends Tonight ini. Iya, gak sengaja, karena saat itu gue cuma nyari lagu yang agak mellow gitu.
It ends tonight... It ends tonight~
Dari hal gak sengaja ini, tiap gue kangen sama mereka, cukup dengerin lagu ini aja, pasang earphone, memejamkan mata dan semua memori tentang mereka terputar begitu aja di kepala gue.

3. Hoobastank – The Reason
Tiap denger lagu ini, gue selalu inget sama Echa, temen SD gue dulu. Si Echa ini beda dengan temen cewek gue yang lain, di saat anak-anak cewek saat itu suka Barbie, eh dia suka sepak bola! Dan ini yang bikin kita akrab. Kita sering ngobrol pas jam istirahat.

“Kamu suka Liverpool, ya?” Tanyanya sambil ngemil Chiki yang dibelinya di kantin, “Kalo aku sukanya Barcelona.”

“Oh ya?” gue semacam gak percaya. “Pasti gara-gara Ronaldinho.”

Waktu itu tahun 2006 dan superstar-nya Barcelona adalah Ronaldinho. Messi? Doi masih belajar ngiket tali sepatu.

“Bukan yeeee…” Sangkal Echa sambil julurin lidahnya. “Gara-gara Deco, kok.”

Nah, waktu itu playmaker-nya Barcelona adalah Deco de Souza. Iniesta? Doi masih latihan keras dan makan makanan bergizi biar bisa masuk starting eleven.

“Tumben,” gue garuk-garuk kepala, “Biasanya kan gara-gara Ronaldinho jago gitu.”

“Kalo aku gara-gara Deco. Ganteng sih!”

Ternyata alasan cewek suka sepak bola di mana-mana sama aja. Hih!

“Si Deco ini mukanya mirip sama Douglas Robb. Tau gak?”

“Douglas Robb?” Gue mengerutkan dahi. Sumpah demi keringetnya Ronaldinho, gue gak pernah denger pemain bola namanya Douglas Robb. Main di klub mana pula Douglas ini?

“Iya…” Echa natap gue, matanya belo, tanda over-excited. “Douglas Robb yang di Hoobastank!”

PANTESAN GUE GAK TAU SIAPA ITU DOUGLAS ROBB, KLUBNYA AJA BARU DENGER!

“Kok diem, Yog?” ngeliat gue yang tampak bingung, ekspresi Echa berubah jadi… bingung juga.

“Uhmmm… Hoobastank itu klub liga mana, Cha?”

“….”

Sedetik kemudian tawanya meledak. Gue makin bingung ada apa ini.

“Hoobastank itu nama band favoritku, Yog. Douglas Robb itu vokalisnya dan mukanya mirip sama Deco. Makanya aku jadi suka Barcelona.” Jelasnya panjang lebar. Gue cuma bisa manggut-manggut dan bilang, “Ohhh…”

“Hoobastank itu band luar negeri, Yog.” Matanya Echa kembali belo, “Lagu favoritku The Reason. Bagus banget lagunya.”

Untung aja Echa udah jelasin duluan, hampir aja gue nanya, “Hoobastank itu band dari daerah mana? Majalengka?” Keseringan tampak bodoh di depan cewek kan malu.

Satu hal lagi yang bikin Echa tampak berbeda dari temen-temen cewek yang lain, selera musiknya sudah go internasional. Sedangkan gue saat itu, band favoritnya adalah Radja.

Padadam padadam~
Hoooo!
Padadam padadam~

4. Sleeping With Sirens – If I’m James Dean, You’re Audrey Hepburn
Pernah gak sih kalian sudah pernah dengerin lagunya lamaaaa banget, tapi baru suka beberapa tahun kemudian? Nah, lagu ini begitu nasibnya. Dulu pas SMA (tahun 2012) gue udah pernah denger dan baru suka pas tahun… 2015.
 

Jadi, ceritanya gue lagi berantem sama si pacar saat itu. Karena gue gak mau minta maaf secara biasa, gue kepikirin buat bikin video bokep stop motion permintaan maaf dengan lirik lagu yang mewakili perasaan gue. Gue segera googling lagu yang biasanya digunakan untuk minta maaf. Gue lakuin ini karena referensi lagu gue lagu metal semua. Takut aja kalo bikin stop motion pake lagu metal untuk minta maaf, bukannya dimaafin, dianya malah headbang.

Setelah googling dan streaming fake taxi, gue menemukan sebuah artikel berupa daftar lagu untuk minta maaf. Gue cari liriknya satu per satu dari daftar lagu itu dan gue ngerasa lagu Sleeping With Sirens – If I’m James Dean, You’re Audrey Hepburn paling pas gambarin perasaan gue.

They say that love is forever
Your forever is all that I need
Please stay as long as you need
Can't promise that things won't be broken
But I swear that I will never leave
Please stay forever with me

Gue pun download lagunya dan pas denger… TERNYATA LAGU METAL, BANGKAI.

INI LAGU JAMAN GUE SMA DULU!

Karena gue masih mau dimaafin, akhirnya gue bikin stop motion pake lagunya Avril Lavigne – I Will Be, sebelum akhirnya tau kalo lagu If I’m James Dean, You’re Audrey Hepburn ini ada versi akustiknya. Mungkin maksudnya artikel itu pake versi akustiknya kali ya?

5. OneRepublic – Secrets
Lagu ini selalu mengingatkan gue ke mantan gue. Bukan karena ini lagu favoritnya, bukan juga ini karena lagu yang gambarin perjalanan kisah asmara kita berdua, tapi berkat lagu ini… awal mula PDKT terjadi.

Awalnya gue dan si mantan gak pernah kenal secara nyata, cuma tau-tau aja dia dulu sekolah di mana dan sekarang kuliah di mana. Walaupun di dunia maya kami  sudah berteman di semua akun media sosial (berkat banyak mutual friends-nya), tapi ya gak pernah berinteraksi juga. Aneh sekali bukan?

Hingga akhirnya si dia meng-upload sebuah video di instagram. Sebuah video sedang main gaplek. Oke, bukan. Video lagi main violin. Gue pun dengan sok asiknya ninggalin komen request buat dia mainin lagu OneRepublic – Secrets ini karena intro lagunya yang terdengar syahdu sekali.

Komen gue dibalas, “Itu pake cello, ya?”

Lah… mana gue tau.

Belakangan gue tau sih ternyata ada nada-nada yang gak bisa dimainin pake violin, bisanya cello dan intro lagu Secrets ini kayaknya emang pake cello (ini gue dikasih tau sama dia pas sudah jadian).

Beberapa hari kemudian, gue liat dia nge-post foto di path, sebuah foto dengan latar tempat dia latihan violin, lalu ada partitur dengan judul OneRepublic – Secrets. 


Entah itu emang dia latihan buat nampil atau kode ke gue. Yang jelas abis itu kita sering berinteraksi di dunia maya, lalu berpindah ke chating, ketemu, jalan berdua, jadian dan… putus. :’)

****

Muahaha udah ah cukup 5 lagu aja. Sebenernya masih ada banyak lagu yang dengan gampangnya menjadi ‘mesin waktu’ buat gue. Lagu-lagu yang memunculkan memori dari orang-orang terdekat gue. 

Jadi, kalian punya lagu yang bisa jadi ‘mesin waktu’ juga gak?



---
sumber gambar:
http://kepoan.com/2015/06/1715/5-bukti-kontroversial-mesin-waktu-benar-benar-bisa-dibuat/
http://www.trendsettermarketing.net/file/2013/10/SWS.png

75 comments

((googling lagu minta maaf)) Ini kok rada nganu ya..

DAN ITU ECHA BIADAB KENAPA PAS SD UDAH DEWA GITU OBROLANNYA ANJAS.

Reply

Banyak banget nih lagu yang jadi mesin waktu. Tapi kebetulan ada satu yang paling membekas, sekaligus disesali. Pernah disuruh ngewakilin kelas untuk ikut lomba karaoke di sekolah, dengan pilihan lagu bebas, yang penting karaoke (maksudnya minus one, cuma musik tanpa vokal). Karena tinggal di kampung, dan mencari CD lagu karaoke itu sulit, jadi minta rekomendasi temen. Sialnya, dari semua CD koleksinya, yang ada format karaoke cuma lagu Karma. Bukan, bukan lagunya band Cokelat. Tapi...

Karma - Kangen Band

Lalu, di hari H berkumandanglah lagu tersebut dari mulutku. Alhamdulillah, nggak menang. :(

Reply

Kang, bangun kang. Jangan di sini, malu sama seragam.

Reply

Ah echa. . .
Syudahlah. Kalau bukan karna dia, mungkin sampai sekarang masih dengerin kangen band jilid 2 kali.

Reply

Wow dari lima itu, cuman Sum 41 - With Me sama Hoobastank - The Reason yang pernah denger. Ngomong-ngomong, March of the Dogs gak dimasukkin nih cees? Ya kali aja bikin Akang Yoga teringat dengan presiden amerika...

Efek nostalgia yang dihasilkan lagu emang besar, dan cenderung... jahat anjis. Eh ajarin lah cara ngedapetin pacar dengan metode ninggalin komen request di instagram....plis.

Reply

Dijual mesin waktu second
Kondisi masih mulus
Bisa menjelajah ke masa lalu dan masa depan
Tidak dibatasi ukuran waktunya
Minat pm aja
.
Terus kabar si deco gimana y bang?
Abis dr barca kan dy ke chelsea tuh
Abis dari chelsea dy kemana y?
.

Reply

Memang kalo denger lagu-lagu gituuh serasa flash back yaaah??
Mesin waktu banget..

Gua sih kalo denger lau diobok-obok malah pingin bayi lagi..
-.-

Reply

mesin waktu, malah jadi keinget doraemong.
lagu memang bisa memflashbackan kita terhadap sesuatu, almisal mantan. klo lo nyetel lagu yang biasanya elo nyanyiin bareng mantan lo, niscaya lo bakalan inget lagi sama si DOI

Reply

Wah si Echa dari SD sudah suka maen bola ya, sampe sekarang masih suka kah ? :D

Ada beberapa lagu yang belum pernah dengar nih, play ahh :D

Ngomongin mesin waktu itu selalu ingat film doraemon, dan sampe sekarang disela2 kesibukanku aku selalu menyempatkan menonton doraemon..

Apakah yang lainnya juga begitu ?

Reply

Senpai,Tuangkan ilmu comment=gebetan senpai,mohon :(
Sd gw juga menganggap radja band paling mantep sedunia,lagunya asooy,dan juga kangen band,cinta banget la ama ini band,bang yoga jadi vokalis kangen band dong plis

Reply

UUUH AGIA PERHATIAN BANGET SIIIH~ ULULULULU SO SWEETNYA~~~ BUAHAHAHAHA.

Reply

Anjay bener itu sik Echa. Selera musiknya udah wahid pas SD gitu. Tontonannya pasti channel MTV Asia. Aku sering denger lagu The Reason pas SD, tapi baru sukanya pas SMK. Huhuhuhu.

Trus yang Sleeping With Sirens, aku ada baca di blognya Febri. Versi akustiknya keren~


YANG ONEREPUBLIC - SECRETS CURHAT BENER ANJEEEEER. Ketawa-ketawa miris aku ngebacanya, Yog. Hahahaha. Ngg kalau lagu yang jadi mesin waktuku lumayan banyak sih. I Will Always Love You-nya Whitney Houston, Simpan Saja-nya Ecoutez, sama You're Still The One. Ngingatin sama mantan bajingak. Trus yang ngingatin sama teman-teman SMP itu Bad Romance-nya Lady Gaga. Huahaha. Aaaaak jadi kangen temen SMP nih. :(

Reply

Gue sebenernya nungguin lagu di Indonesia ada dalam list lo. Tapi... sayang. Selera musik lo terlalu gaul kali yakkk. wkwkww

Klo gue gak begitu paham dengan lagu luar negeri deh. Hehe
Gue suka sama musik bondan prakoso, bro. Enak aja setiap liriknya. APalagi musiknya. Kelas banget dah. Hehe

Reply

Hoobastank – The Reason ini mah lagu favorit banget dulu. Ehehe. Terus SWS yang itu juga suka. Anjir si Yogaesce ini naq metal banget ternyata, ya. :D

Kalo gue, sih, lagu yang paling jadi mesin waktu adalah Rocket Rockers - Ingin Hilang Ingatan. Terus sama Nidji - Hapus Aku. Lagu itu mengingatkan gue akan putusnya cinta pertama kali. :(

Reply

Gue juga punya lagu yang ngingetin gue akan masa lalu.
Sayangnya gue ga begitu inget lagu apa aja.
Tapi terkadang kalo lagi di jalan-jalan, pasar atau angkot kan suka ada aja tuh yg nyetel lagu,
Nah kadang ada lagu kenangan gue gitu.
Terus gue serasa kebawa ke masa lalu.
.
Aaaahh 👍

Reply

Ada banyaaakk

Salah satunya lagu FIREFLIES dari OWLCITY
Gue puter tiap hari
Dikasih beberapa hari sebelum kami putus waktu UN SMA
dan sampai sekarang udah sama-sama sibuk sendiri

Sejak itu setiap gue denger lagu Fireflie gue inget dia dehh

HUAAAAAAA

Reply

Lagunya JB sama mantannya si Selgom itu yang judulnya... apa ya? Bentar gue googling dulu, lupa namanya.

Oh iya gue inget, Stuck In The Moment. Lagu ini ngingetin gue sama mantan gue. Jadi kami itu LDR. LDR bukan hanya dalam jarak, tapi juga dalam hal kepercayaan. Aku tiap Jumat ke Mesjid, dia tiap Minggu ke Gereja :')

Jadi kami ini jarang banget ketemu, tapi dia pasti tiap hari ngingetin aku sholat dan aku selalu ngingetin dia ke Gereja. Dan dia, orang yang sampai sekarang masih ada di hatiku. Putus kami konyol banget, aku masih menganggap sampai sekarang hubunganku dengannya itu yang benar-benar hubungan. Tapi, kalau cuma LDR jarak ya bisa ditolerir, ini LDR tempat ibadah :')

Reply

yang ngebawa gw ke masa lalu dimana gw masih jadi bocah polos, adalah lagu yang ini lho emm 'kamuh makannya apa? TEMPEEEE, saya juru masaknya.. OKE! Ada tempe goreng, ada ayam goreng, semua yang di goreng OSENG OSENG OSENG!' itu mengingatkan gw waktu pesta kenaikan kelas dimana gw nari depan semua orang di sekolah pake lagu itu hahahahahha -,-

http://www.fujichan.net/

Reply

Dari semua lagu yng ditulis diatas, gw belum pernah mendengarkan satupun.
Gw kebanyakan punya judul lagu pemutar waktu yg cupu2 semua. Mulai dari yang paling hina Kangen Band - Pujaan hati sampai yg menurutku udah keren maksimal, Afgan - Goyang dumang. Cupu abis selera musik ku.

Dan setelah membaca tulisan ini, saya lngsung tertarik mndownload lagunya sum41 - With me biar keliatan keren..

Reply

Lagu emang bikin bangkitin kenangan lama. Bisa bikin kita flashback juga ke suatu momen di masa lalu. Makanya kalau mau move on mending hapus aja lagu yang sering didengerin bareng mantan haha.

Meeen, aku juga suka musik-musik indie di luar negeri. Dan lagunya sleeping with sirens yang kamu sebutin diatas (males nulis judulnya soalnya panjang banget) itu lagu metal teromantis yang pernah aku denge. liriknya tajem banget. udah gitu versi akustiknya juga sayhdu banget. top lah pokoknya.

Reply

Mungkin si Echa sejak SD sudah pakai parabola buat nonton, saya mah masih pake antena yg diatas tivi itu, yang suka nyetrum. Dulu Radja, Peterpan sama Dsamson juga band kesukaan saya, lagunya enak didenger walaupun masih belum ngerti dan ngalamin hal yg sama yg dinyanyiin di lagu itu wkwkwk

Reply

dari kelima lagu itu, yang bikin gue ngakak adalah "download lagu untuk minta maaf" anjaaaay, ada aja akal akalanlu tong :D.
bener bro, lagu emang bisa membawa romansa sendiri untuk kembali ke masa lalu. dan salah satu lagu yang membuat gue teringat ke masa lalu adalah "rather be", tau kenapa? karena itu lagu pengantar PES yang membuat teringat kekalahan terakhir gue di game itu wakakaka :v

Reply

Ada yang aku tahu,bseperti lagu The Reason itu. Yang lainnya kayanya kalau aku dengerin, aku tau deh.. biasanya referensi lagu barat itu masku yang update, aku sih bagian dengerin aja. Haha..

Reply

Bener juga tuh kata si Echa kecil kalau Deco mirip wajahnya sama Douglas Rob vokalisnya Hoobastank. Aku pikir dulu apa mereka saudaraan ya? Hmmmb

Aku mengenal Hoobastank pas SMA kayaknya pertama aku kenal lagu reason juga, SMP apa SMA ya? Agak lupa aku.

Soal yang bikin video aku juga pernah pas akhir kelas 12, aku dan teman-temanku bikin video buat kenang-kenangan dan pakai lagu Edane yang judulnya Rock In 82, tiap denger lagu dan muter video yang kami buat aku jadi terharu dan kadang pengen nangis, video itu sekarang masih disimpen temenku (tapi leptopnya malah ilang).

Reply

Intro artikelnya keren euy, bahas film tentang flashback dulu, baru ke inti ceritanya.

Lagu emang gitu yaa, curang. Dia bisa mengembalikan kita ke moment moment indah yang dulu pernah dateng, tapi cuma sebentar. Lagunya abis, balik lagi ke kenyataan. wkkwk

Sum 41 with me sih keren banget lagunya, soalnya pas gitu liriknya "im nothing without you~" hahha
Itu si Echa temen bener nih? apa masuk ke zona teman~ soalnya inget banget dari temen sd sampe sekarang.
Gua ngakak itu pas baca lagu sleeping with sirens, ternyata lagunya metal. Gak jadi di maafin itu kalo lu pake lagunya yg metal buat minta maaf :D

Reply

Bener tuh kata si Echa kecil kalau wajah Deco itu mirip wajah Douglas Rob vokalisnya Hoobastank, hmmmb apa mereka saudaraan ya??

Aku kenal band Hoobastank kayaknya SMP apa SMA ya lupa, dengan judul lagu The Reason, lagune sedih mas.

Soal bikin video aku dan temen-temenku juga bikin video pas akhir kelas 12, biar jadi kenang-kenangan, videonya pakai lagu Edane yang judulnya Rock In 82, liriknya mengena banget deh buat pelajar.

Tapi video itu sekarang ilang karena disimpan dileptop temenku yang juga ilang.

Jadi kangen lagu itu dan masa SMA.

Reply

lagu yang bikin gue flasback tu lagu ciptaan temen gue dulu...
pernah bikin band yang gue lupa namanya karna aneh dan sulit diinget, tapi tiap denger lagu itu direkaman hape gue (ngerekam sendiri) jadi inget masa masa dulu, waktu asiknya ngumpul bareng, maen maen sama mereka...
ah jadi kangen masa masa itu

Reply

Kesimpulan: setiap Yoga demen sama lagu tertentu bakal dijadiin bit #eh buat ngegebet cewe? Bisa dikatakan jumlah gebetan-slash-mantannya Yoga itu sesuai dengan jumlah lagu yang dia demen pada suatu waktu?

#IniApa

Reply

Percaya atau tidak, gue pernah baper ketika ngedengerin lagunya hamtaro :'v Gue lebih sering flashback gara gara lagu anime jaman dulu :'v yang biasanya nongol di RCT* atau *ndos*ar. Dulu di An*Tv juga ada, tapi semua berubah ketika India menyerang :'v Gue pingin semua anime itu nongol di TV lagi :'v

Reply

Ya ampunnn... kok gw gak tau semua yah sama yang lo sebutin, hahaha

Reply

dari semua lagu di postingan ini
...belum ada yg pernah aku denger :))
(taunya cuma sum41 & the all american reject, itupun bukan lagu yg disebut)

kalo bicara lagu yg bikin flashback, banyak banget :))
Ada yg kalo diputer jadi inget masa PDKT, sedih2 norak, sampe yg kabur dari rumah nginep di kampus. Soalnya sering kali ada satu kejadian, di saat itu lg dengerin lagu yg sama terus menerus sampe bosen, jadinya tiap lagu punya "wangi" sendiri kalo didengerin lagi di masa selanjutnya :))

Reply

lah? perasaan udah komen pas kapan tau, kok nggak ada ya? wqwq

aku setuju sih kalau soal lagu bisa jadi mesin waktu sendiri buat kita.
kalau selain lagu, mungkin parfum ya.
pokoknya aku kalau nyium parfum tertentu berasa kayak balik lagi kesuatu mmomen tertentu.

Reply

huahahaha sebuah keyword yang bodoh sekali.

Iya, tontonannya dia kayaknya MTV mulu, padahal taun2 segitu semua sukanya sama peterpan, radja, dewa, eh dia udah suka band luar negeri aja.

Reply

*memperhatikan bromance antara kang Agia dan kang Rido*

Reply

March of The Dogs ada sih ceritanya sendiri, tapi gak terlalu seru jadi gak ditulis muehehe.

hmmm ntar dibikin tutorialnya dulu kang.

Reply

abis dari chelsea deco jadi bintang iklan sosis so nice, Nik.

Reply

kalo gue sih ngerasa gitu hehe.

wadaw lagunya joshua :))

Reply

suka nonton bola aja kayaknya om, bukan mainnya :))

muehehe silakan didengerin, siapa tau cocok lagunya :p

Reply

wadaw ilmu komen = dapet gebetan itu sangat susah diajarkan :))

dulu gue ngefans sama radja karena moldy keren abis main gitar pake tangan kiri :(

APAAN WOY JADI VOKALISNYA KANGEN BAND?!

Reply

huahaha iya tuh, paling suka nonton mtv asia dia :))

SWS yang If I'm james dean emang terbaik :3

Bad romance-nya lady gaga bikin gue flashback juga ke kelas 1 sma, ada anak 1 kelas sebelah yg ngefans abis sama lady gaga, cowok, dan dia namain fesbuknya jadi alejandro :')))

Reply

lagu indonesia ada beberapa yang bikin flashback tapi gak terlalu berkesan hehe.

bondan prakoso feat fade 2 black paling uhuy lah pas taun 2010-2012! :))

Reply

yang nidji - hapus aku itu jg salah satu yang bikin flashback ke jaman kelas 1 smp :))

Reply

eh iya ini lagu lumayan enak, dulu pertama kali denger dari hardisknya mantan :')

Reply

LDR beda rumah ibadah emang berat cuy :')

Reply

ini lagu jaman TK dulu :')))

Reply

kok sedih ya baca komen ini :')

download gih biar bisa menjerat cewek-cewek!

Reply

biar dihapus kalo kenangannya mendalam juga susah euy haha.

SWS EMANG TERBAIK!

Reply

WAHAHAHA SAMAAN NIH!

Dulu ya sukanya band2 lokal macam peterpan, radja, samson, kerispatih, semua berubah ketika boyband datang, gue langsung dengerin band luar negeri terus dan keterusan sampe sekarang :))

Reply

huahahaha namanya juga usaha :))

kalo gue di PES paling inget Bastille yang di PES 2015 XD

Reply

iya sekilas emang mirip sih deco sama douglas robb :))

wah, pasti tiap lulusan pada bikin video perpisahan gitu dan lagunya yang mewakili :))

Reply

makasih bro. Biar gak ujug-ujug bahas lagu aja, ada intermezzonya dikit :p

echa emang temen doang tapi akrab gara2 suka bola.
tapi coba dengerin deh itu yang SWS, cihuy tuh.

Reply

wah kalo lagu ciptaan temen sendiri gini pasti malah gampang banget bikin flashbacknya..

Reply

bang tolong fokus ke tulisan bang :((

Reply

wah bisa juga nih... bikin flashback ke hari minggu di masa kecil huahaha

Reply

keluar dari goa makanya :))

Reply

wadaw, coba deh dengerin :3

muahaha nah itu, kadang liriknya ada yang ngena banget, ad ajuga yang musiknya yang bikin flashback :))

Reply

wah kalo parfum agak sulit gue. kecuali parfumnya pacar, ini mah hapal banget :))

Reply

Kalo lagu yang jadi mesin waktu, gue boleh bilang Cinta Pertama dan Terakhir milik Sherina. (Ini bakal diketawain nggak, sih? Ini keren lagunya)

Bangke bener, cewek sukanya Deco. Padahal ada yang lebih ganteng saat itu. Victor Valdes masih muda belum botak kok. Keren pula. Lah, situ doyannya Radja. Gue Kangen Band. Sampai sekarang malah. Btw, gue juga bahas Kangen Band di blog. Ehehehe. Ehehe. Ehe. He.

Reply

Ngakak pas bacanya.. "jika emang ada orang yang memiliki kemampuan begini, terutama cewek, pasti bahaya banget. Saat melihat foto jaman dulunya, dia akan kembali ke masa lalu, kemudian saat difoto akan menahan nafasnya, biar gak keliatan gendut, lalu kembali ke masa depan lagi. Sungguh berfaedah sekali." Hahahaaa...

Nah, kalau aku, bukannya nahan nafas, tapi nutup muka aja sekalian. Kan dulu gayanya ng banget. Bahkan saking malunya, semua fotoku, aku curi dari album keluarga, trus nyimpan sendiri di album sendiri, yg liatinnya ya diri sendiri. Hahahaa... :D

Reply

Pria punya selera, Rob. mantap jiwaaaa.

Huahaha tau tuh, malah suka deco gara2 mirip douglas robb. Hmmm... kangen band :'))

Reply

malah tutup muka xD

foto jaman dulu emang aib banget sih ya :))

Reply

Kayaknya pengetahuan musikku masih cetek. Dari 5 itu cuman tau lagunya Hoobastank - The Reason. Sedangkan Sum41 sama OneRepublic cuman tau kalo itu nama band.

Kalo lagu yang membuatku kembali ke masa lalu ada banyak sih. Mungkin bisa dibikin postingan juga. Okedeh, lain kali aku juga mau bikin postingan kayak begini.

Ada satu lagu yang bikin aku flashback. Could It Be Love - Raisa. Aku jadi inget waktu itu nyiptain ini lagu buat si Raisa. Sekarang kita udah putus. (ini cuma khayalan)

Reply

Udah tiga kali gua diginiin!?...hikz

Reply

oke, gue setuju kalau musik bisa jadi mesin waktu. dan.. the reason, lagu itu emang bener2 legend dan time machine able banget, ya.. dari semua lagu diatas gue cuma tau the reason. tapi kalau lagu british sih gue lagi hobi sama lagu keane everybody changing

Reply

Sama nih, Puti. Aku juga. Bahkan parfum mantan pas SMP yang entah berapa tahun lalu, aku masih inget aja aromanya. Wkakwk

Reply

The hoobastank lagu favorit akuuu. Mengingatkan aku ke 4 tahun lalu.
Btw, Eca selera musiknya wow ya. Salut.

Engg... itu yang gugling nyari lagu untuk minta maaf sampe seniat itu ya. Hahahahaha

Reply

echa udah jagoan sejak SD :')

Huahaha ya begitulah cowok kalo minta maaf, niat, tapi malah didiemin terus. :(

Reply

wogh keane yang itu pernah denger gue, tapi gak terlalu suka sih, biasa aja. Masalah selera :))

Reply

sedih bacanya :((

mas, bangun mas, jangan mimpi terus. :((

Reply

maaf out of topic, Yoga dulunya ganteng juga ya.

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!