A Great Story Comes With Great Stupidity : Ngomentarin: Alasan Pokemon Go Bisa Booming

Ngomentarin: Alasan Pokemon Go Bisa Booming

Beberapa hari terakhir, game Pokemon Go mendadak booming banget. Buat yang belum tau, Pokemon Go adalah game yang menerapkan Augmented Reality (AR) yang mampu menggabungkan bidang 3 dimensi dengan bidang 2 dimensi, jadi objek yang ada di layar (dalam hal ini, pokemon) seakan-akan jadi nyata dan ada di sekitar kita. Jadilah kita nangkap-nangkapin pokemon di dunia nyata. Untuk memainkan game ini juga menggunakan GPS untuk melacak pokemon apa yang ada di dekat kita.

Di bagian bawah akan nunjukin pokemon apa yang terdekat dengan kita dan seberapa jauh langkahnya. Kayak gini:
GOTTA CATCH 'EM ALL!
Nah, ciri-ciri dari para pemain Pokemon Go adalah biasanya mereka berjalan kaki sambil tolah-toleh dan ngeliatin layar hapenya. Kayak orang nyari sinyal gitu. Jika dia berkendara, misalnya naik motor, dia akan menepi di pinggir jalan dan membuka hapenya, lalu menangkap pokemonnya. Sepanjang jalan mendadak banyak banget orang yang suka nepi gitu gara-gara game ini. Bukti bahwa game ini udah meracuni orang-orang.

Kehebohan di dunia nyata ini pun membawa fenomena demam Pokemon Go ini sampai diberitain di televisi. Ibu gue yang menonton berita pun sempet nanya ke gue, “Itu nangkap-nangkapin pokemon maksudnya gimana, sih?”

Mendapat pertanyaan ini gue sempet deg-degan, takut aja dilanjutin, “Ibu juga pengin nyari pokemon. Ntar kamu ajak ibu keliling kota, ya!”

…Untungnya enggak. *sujud syukur*

Dengan penuh kesabaran gue menjelaskan kalo itu hanyalah game belaka. Ibu gue mendengarkan dan sesekali menatap gue dengan pandangan, “Ooooh gitu.” Sesekali pandangannya berubah, “GPS iku opo? Makanan?”

Emang susah ya jelasin ke orang tua. Hingga akhirnya ibu gue nanya, “Kok bisa sampe rame gitu, ya? padahal pokemon doang.”

Gue sempet bingung harus jawab apa. “Uhhh… ya seru aja, Bu.” Jawab gue sekenanya. Kemudian gue kembali ke kamar dan kepikiran pertanyaan ibu gue tadi. KENAPA POKEMON GO BISA BOOMING?!

Setelah tidur dan bangun-bangun salah bantal, gue pun mendapatkan jawabannya…
1. Mewujudkan Mimpi Masa Kecil
Setelah gue amati, kebanyakan dari pemain Pokemon Go adalah mereka yang berusia di atas 20 tahun, atau dengan kata lain mereka anak generasi 90an (entah masa kecilnya di tahun 90an atau lahir di tahun 90an). Sepanjang jalan, pemandangan om-om yang berhenti di pinggir jalan untuk sekedar menangkap pokemon atau mengambil bonus di pokestop adalah pemandangan yang wajar.

Mereka yang tumbuh dan besar bersamaan dengan kartun pokemon di tv pasti saat kecil dulu memimpikan petualangan seperti Ash dan Pikachu, mengumpulkan banyak pokemon untuk menjadi trainer master pokemon. Jadi, dengan munculnya Pokemon Go ini, mimpi masa kecil mereka seakan-akan terwujud. Terimakasih Pokemon Go!

2. Penerapan AR Mode
Pokemon Go adalah game yang menerapkan Augmented Reality (AR) yang mampu menggabungkan bidang 3 dimensi dengan bidang 2 dimensi, jadi objek yang ada di layar (dalam hal ini, pokemon) seakan-akan jadi nyata dan ada di sekitar kita. Jadilah kita nangkap-nangkapin pokemon di dunia nyata.

...ENTAR, KAYAKNYA GUE UDAH PERNAH NULIS PARAGRAF DI ATAS DEH, YA!

Nah, yang bikin game ini jadi seru menurut gue adalah karena AR mode-nya ini. Seru aja ngeliat ada pokemon muncul di depan kita (walaupun cuma keliatan di layar hape doang).
yakali di pantat mas-mas [pict punya @dausition]
Sandshrew vs Sandslash dunia nyata [pict punya @fitabrigita]
Liat betapa lucunya pokemon-pokemon itu muncul di dunia nyata. Semoga aja gue nemu Charizard di depan rumah mantan. Lagi bakar-bakar. Ehe.

By the way, walaupun penggunaan AR mode bisa bikin penangkapan pokemon makin susah dan baterai cepet habis, tetep aja salah satu daya tarik game ini jelas AR modenya.

3. MODUS
Setelah rame di awal rilisnya game Pokemon Go (walaupun belum resmi rilis di Indonesia), orang yang main Pokemon Go malah makin rame dari hari ke hari. Bahkan mulai ada yang memanfaatkan boomingnya game Pokemon Go ini dengan berbagai modus.

-Modus ngajak gebetan jalan.
Ngajak gebetan nonton ke bioskop? udah biasa. Ke café? Apalagi! Dengan hadirnya Pokemon Go ini, apabila gebetan kalian main juga, kan bisa tuh dijadikan modus untuk diajak ke tempat yang sepi nge-date ke tempat sepi, dengan alibi berburu pokemon.

Cowok: Ummm… kamu sudah nangkap digglet belum?
Cewek: belum. Kamu sudah dapet emang?
Cowok: sudah dong. Di kostanku banyak. Sini gih.
Cewek: OTW!

MODUS SUKSES.

-Modus baikan sama mantan.
Bagi sebagian orang, setelah putus dengan pacar, maka putus juga hubungan pertemanan, jadinya ya kayak gak pernah kenal sebelumnya. Biasanya orang tipe begini itu sebenernya pengin berteman lagi, tapi gengsi menghalangi. Mau ngechat juga takut gak ada topic pembicaraan, belum lagi khawatir doi masih sakit hati, takut juga ternyata pacar barunya yang balas chat kita. Huhu…

Nah, dengan hadirnya Pokemon Go ini, segala kekhawatiran tadi bakal hilang.

Modusnya adalah ketika mantan ganti profil picture di BBM-nya dengan hal berbau pokemon, langsung chat aja, “Main pokemon juga?”

Setelahnya pasti akan mengalir begitu aja. Karena orang yang memiliki ketertarikan yang sama akan satu hal, biasanya gampang nyambung dan akrab aja gitu. Nah setelah akrab lagi, siapa tau bisa balikan. Muehehe.

MODUS SUKSES.

Nb: Inget, chatnya cukup, “Main pokemon juga?” gak usah sok-sok improvisasi jadi, “Main pokemon juga? Wah samaan. Jangan-jangan kita jodoh.”
Jangan! Selain doi bisa ilfeel, bisa juga lo digebuk pacar barunya.

-Modus Kejahatan.
Menurut gue sebenernya game Pokemon Go ini bisa mengundang banyak bahaya jika kita sebagai pemainnya tidak berhati-hati. Misalnya berhenti mendadak pas berkendara gara-gara ada pokemon, bisa kecelakaan. Berhenti di pinggir jalan buat nangkap pokemon, tiba-tiba dari belakang dibegal abu sayyaf. Jalan kaki keliling nyari pokemon, terlalu fokus liatin hape sampe gak sadar kalo ada mantan jalan sama pacar barunya. Huhu.

Di game Pokemon Go ini, ada semacam check point bernama pokestop, selain berfungsi untuk ngambil bonus juga bisa digunakan untuk mengaktifkan lure mode yang berfungsi untuk menarik pokemon di area sekitar pokestop biar lebih gampang muncul.  Kalo abis aktifin lure mode yang muncul malah mantan yang lagi asik berburu pokemon sama pacar barunya, ya itu sih... nasib. :"
meninggalkan lure party dengan ganteng.
Ketika melihat suatu pokestop ada yang aktifin lure mode, orang-orang bakal datangin aja gitu demi dapet banyak pokemon, padahal bisa aja itu modus kejahatan. Bisa aja kan, pas udah banyak orang berkumpul, lalu orang yang aktifin lure mode itu mengeluarkan toak dan bilang, “DALAM HITUNGAN KETIGA, ANDA AKAN TERTIDUR DAN MASUK KE ALAM BAWAH SADAR KALIAN, SEMAKIN DALAM… SEMAKIN DALAM….”

Orang-orang mulai bingung.

SATU... DUA... TIGA. TIDUR!”

Orang-orang tidur. Sepatunya dicolongin sebelah doang. Huhu.

Ternyata modus kejahatan ini gak hanya bisa terjadi pada pemain Pokemon Go (manusia) tapi juga bisa ke pokemon itu sendiri. Ini buktinya:
 
Pinsir-nya nakal :" [pict @cathemall]
4. Ikutin Trend Aja
Orang Indonesia itu gampang banget kemakan trend. Dulu sepeda fixie ngetrend, semua pada beli. Kamera DSLR ngetrend, semua pada beli juga. Kangen band ngetrend, semua bikin akun haters.

Nah, bisa aja orang yang main Pokemon Go ini rame ya cuma karena ngikutin trend. Misalnya ada anak SMP yang sebenernya gak tau-tau amat soal pokemon mau ikutan main.

“Itu lagi ngetrend main Pokemon Go, ya? Donlot ah biar kekinian!”
“Emang lo tau pokemon itu apa?”
“Taulah! Temennya doraemon, kan?”
“….”

Yha. Apapun alasan kalian main Pokemon Go, menurut gue game ini bener-bener gila banget. Membuat orang-orang kecanduan, rela ke sana ke mari cuma untuk ngoleksi pokemon yang sebenernya gak bakal ditanyain di akhirat nanti oleh malaikat. Gak mungkin kan malaikat bakal nanya, “Kamu dapet Pikachu di mana?” enggak mungkin!

Pesan gue adalah gak apa-apa main, asal gak berlebihan, gak lupa waktu dan kewajiban, tetap waspada dan… jangan curang. So, mari berburu pokemon!


\o/~~~~

44 comments

Gue mo maen pokemooon!

Tapi hape gue gak sanggup. Minjem hape dong.

MODUS SALAH SASARAN.

Reply

eeww bisa aja pokemon dijadiin modus.
gara-gara boomingnya game yang satu ini, gue suka suudzon kalo liat orang lagi dipinggir jalan clingak-clinguk sambil sesekali ngeliatin hape "pasti lagi nyari pokemon nih" begitu kata hati gue. padahal mah bisa aja dia lagi chat atau buka google map nyari alamat. :D

Reply

Fenomena demam pokemon go, untung belom kena tipes.

Btw, tentang pokemon go, sayangnya aku sudah tobat, karna engga bisa mode AR :(

Reply

Banyak banget yang main, saking banyaknya jadi kayak ombak di lautan. Dan gua, adalah karangnya.
*alah apa ini*
Ya, pokoknya gua belum tertarik main saat ini. Gak tau nanti deh kalo pokemonnya berubah jadi cewek seksi kayak di atas mungkin gua berubah pikiran.

Reply

((Jangan Curang)) ��

Reply

Depan rumah ada charizard tuh :)

Reply

Gua main pokemon go juga, tapi ga bisa pake mode AR :( pengen uninstall sayang, jadinya sekarang tiap jalan maunya diboncengin mulu biar gampang nyari monsternya.

Reply

Aku main pokemon go juga sih, tapi gue mainnya sambil lari-lari. Hp gue sembunyiin di kantong, kalau geter baru gue keluarin (karena ada pokemon udah muncul). Aku malu disangka orang gila, lari sambil pegang hp -_-

Reply

Hape gak memadai untuk memainkan game ini :"V dan sekarang pun bots pokemon sudah bermunculan :"v

Reply

Termakan Trand Inilah jawaban paling real tentang kenapa di Indonesia itu apa-apa gampang banget Booming. Salah satunya, Blogger juga manfaatin moment ini buat nambah visitor. Karena lagi Booming dan jadi pembicaraan. Jadi, kalo bahas beginian, bakal banyak yg mampir.. (Internet Marketing bro...)

Semua alasan lo bener Yog. Apalagi yg Modus. Jelas bakal banyak banget.

Reply

apa cuman saya yang g main pokemon go disini? kayaknya semua orang pada main game ini.
saya cuman bisa liatin aja via televisi, youtube, atau postingan blog kayak gini. niatan buat nyobain ada sih, cuman nanti kalau versi resmi keluar baru nyobain, kalau g keluar ya udah g main, hehehehe

Reply

Pokemon temennya doraemon, ilmu dari mana sih itu:((((
Anak kekinian emang mending baiknya dikurung aja deh biar gak sok tau :(

Aihhh game ini lagi. Rasanya capek telingaku dengernya Bang hahaha. Aku anak yang lahir tahun 90-an tapi nggak sempet addict sama pokemon. Malah lebih senengnya digimon. Meskipun emang sih liat Pikachu itu lucu bingit. Gemes. Apalagi suaranya dulu di kartun itu... jadi kepengin ngarungin di terus bawa pulang.

Tapi kalo game ini bisa nangkep pokemon terus menjelma jadi sebuah boneka aku pasti mau donlot. Kan asik banjir boneka-boneka pokemon di kamar.

Reply

Bahahahahaha. Ibu kamu, Yooooooog :D Btw aku nggak main Pokemon Go. Ntar nambah lagi alasan Nyonyah besar alias Mamaku buat nyuruh aku nggak keluar rumah :( Sebenarnya juga karena memori penuh sih. Huhuhu.

Yang modus gebetan sialan banget siiiiiiik! Semoga beneran nyari Pokemon, bukannya nyari 'kenikmatan' duniawi lain. :'D

Reply

Apa iya cuma Gue yang lihat anak muda jogging trus mendadak berhenti dekat tukang gorengan trus ngeluarin HaPe. Dan kalian tahu apa yang selanjutnya dia lakukan...


Nyari Pokemon juga...😑😑😑😑😑

Reply

boleh dicoba tuh, modus deketin gebetan lewat pokemon go hahaha. btw, bener juga sih kalo diliat-liat orang yang maen pokemon go ini rata-rata anak 90an, mimpi bisa jadi kayak si Ash dan baru kesampean sekarang hahaha :v

kalo gue sih, cukup di nintendo doang #oranglama

Reply

Alasan paling kuat itu sebenernya emang mewujudkan impian masa kecil y.... Dulu gue aja sempet kepikiran kalo aja pokemon itu beneran ad,, pasti keren banget. Dulu cuma bisa ngumpulin pokemon lewat chiki, chetos, jetz ... Yang kalo udah nemu tazosny,, chikinya dibuang. Sekarang bisa beneran ad...

Gue sih pengen main inii, sayang aja gps-nya gak connect2 .. Yasudahlah. . :D

Reply

Hahaha bener tuh ikutan trend. Aku juga soalnya, penasaran aja sih kenapa bisa boomung banget gitu. Tapi setelah di mainin yah... Cuma gitu gitu aja kan. Iya gitu gitu aja wong akunya gak maksud hahaha lagipula juga dulu jalan sd enggak ngikutin banget perkembangan pokemon. Cuma sebatas tau tau aja.

Reply

permainan ini buat saya lupa rumah, maunya dijalan mulu..heheheh

Reply

kalo gue punya temen kayak lo pasti sudah dikucilkan dari pergaulan :"

Reply

muahahaha sama nih. gue tiap liat orang berenti di pinggir jalan bawaannya suudzon, sampe bela2in lirik beneran gak dia main pokemon xD

Reply

gue juga gak bisa AR modenya sih, tapi kalo gue sih seru pas nyari2 pokemonnya, apalagi pas nemu pokemon langka haha

Reply

hmmmm kalo telat main, yang lain udah level 30 ke atas, lo baru level 5 ntar diketawain lho :))

Reply

Lagi bakar-bakar gak? ehe.

Reply

kalo pake AR mode malah susah nangkapnya :"

Reply

huahahaha makanya kalo nyari pokemon rame rame, biar gak malu xD

Reply

(((tidak memadai))) :"

iya, udah banyak yg pake bot ataupun cara curang lainnya. mereka kehilangan esensi dari game itu sendiri :"

Reply

(((TRAND)))

yha, salah satu alasan bikin postingan ini ya karena emang lagi hangat topiknya huahaha

Reply

banyak kok yg belum main :p

ya semoga ntar rilis di indo sih

Reply

hoho gue 22nya sih addict, pokemon dan digimon. keduanya punyah kelebihan dan kekurangan masing2, kayak di digimon kan monsternya bisa ngomong, jadi mungkin ada yg suka digimon dan gak suka pokemon jadinya :))

YHA SIAPA YANG MAU RUGI KALO JADI BONEKA BENERAN YAAAA

Reply

JADI SEBENERNYA TAKUT DIMARAHIN EMAK ATAU MEMORY PENUH?! -_-

Muahahaha itu modus gebetan you knowlah arahnya ke mana :))

Reply

huahaha banyak sih yang gitu, gapapa daripada dia naik motor dan berenti mendadak di tengah jalan xD

Reply

yoi. mimpi hampir semua anak 90an sih ini haha

hmmm lo anak VR ternyata, bukan AR. :))

Reply

haha iya, dulu paling banter ngumpulin tazos, sekarang ngumpulin beneran xD

hmmm banyak kok caranya di internet buat ngatasin gps not found, atau mungkin emang lo tinggal di pedalaman jadi gak ada gps :(

Reply

hoho mungkin lo harus nyobain nyari pokemon rame2, lalu nemu pokemon langka, itu bakal ngubah pola pikir lo soal game ini :p

Reply

Ada-ada saja yah, game ini.... untuk anak saya tidak ikut keracunn game ini

Reply

Mas Alwi H. bisa juga main Game ini!

Reply

Game yang aneh ya gan!

Reply

Sialaaaaaaan. Muahahaha.

Reply

Gue pernah liat youtubers.. katanya dia itu suka pokemon sampe beli baju pokemon. pokemon favoritnya agumon

Reply

Dan gue habis download Bokepmon juga :)
bokepmon " Pokemon yang gak pake baju"

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!