A Great Story Comes With Great Stupidity : Ngomentarin: Momen Canggung Saat Shalat Berjamaah

Ngomentarin: Momen Canggung Saat Shalat Berjamaah

Sebelum gue memulai tulisan ini, gue cuma mau menyampaikan bahwa tulisan ini sama sekali tidak bermaksud menyinggung ataupun becandain agama. Gue hanya mencoba untuk menceritakan beberapa kejadian yang menurut gue canggung banget saat solat berjamaah.


Oke, gue mulai.

Sholat merupakan kewajiban bagi umat muslim. Sholat sendiri bisa dilakuin sendiri maupun berjamaah. Berhubung sekarang lagi bulan Ramadhan, maka masjid akan ramai dengan orang-orang yang melakukan sholat berjamaah, entah sholat wajib ataupun sunnah (tarawih). Gue pun juga melakukannya.

Tapi, kadang gue ngerasa canggung banget saat melakukan sholat berjamaah di masjid. Ada beberapa kejadian yang membuat gue merasa… canggung banget. Misalnya aja:

Diliatin
Kejadian ini sering banget gue alami saat sholat jumat. Saat baru memasuki masjid, entah kenapa gue sering banget diliatin jamaah lain dengan tatapan heran. Gue yang tau kalo diliatin jelas reflek langsung menunduk, “Jangan-jangan gue lupa pake celana?!” setelah gue cek, gue pake celana, kok.

“Jangan-jangan baju gue kebalik?” setelah gue cek, baju gue bener.

“Jangan-jangan dia naksir?” Errr… ini gak mungkin.

Ini kan awkward banget, ya?

Gue pun berusaha cuek dan langsung sholat sunnah tahiyatul masjid. Tapi, sholat gue bener-bener gak khusyu karena gue ngerasa yang ngeliatin makin banyak. Saking gak khusyu-nya, gue sampe lupa tadi udah berapa rakaat. Selesai sholat ternyata emang banyak yang ngeliatin gue.

INI SALAH GUE APA YA ALLAH… :(  

Gue pun menduga ini karena faktor wajah. Karena gue ganteng, jadinya banyak yang negliatin. Ehe. *dikeplak*

Jadi, bisa dibilang 90% orang yang pertama kali melihat gue, selalu ngira kalo gue non-muslim. Padahal gue dari lahir ya… muslim. Kata temen-temen yang awalnya ngira gitu sih karena muka gue gak ada muka-muka islamnya.

(emang muka islam itu gimana?!)

Bahkan temen sekelas gue dulu pas SMA, pas gue sholat dzuhur di masjid sekolah, dia kaget dan nanya, “Kamu ngapain di masjid?”

“Ya… sholat, lah!”

“Loh, kamu islam?”

“….”

Inget kejadian itu, ya mungkin alasan gue diliatin karena itu. Akhirnya gue cuma bisa cuek dan dzikiran.

Disuruh maju mengisi shaf
Sebelum memulai sholat, pasti para jamaah akan mengisi shaf di depannya yang masih kosong. Semakin depan shafnya, semakin baik. Tapi gak jarang ada orang yang sengaja milih shaf belakang (mungkin biar bisa cepet keluar dari masjid saat sholatnya sudah selesai), dan orang-orang tipe ini musti diminta untuk maju sama orang yang ada di depannya untuk mengisi shaf yang masih kosong. Sebenernya sah-sah aja meminta orang untuk mengisi shaf karena meluruskan dan merapatkan shaf merupakan salah satu kesempurnaan sholat, asalkan shafnya emang beneran kosong.

Gue pernah disuruh maju mengisi shaf oleh bapak-bapak gemuk yang ada di depan gue. Dia melihat gue, lalu tangan kirinya menunjuk spot kosong yang ada di antara dia dan bapak-bapak lainnya, yang juga lumayan gemuk. Yang jadi masalah adalah… gue ngerasa spot kosong itu gak bakal muat untuk gue. Gue gak mau sholat dalam keadaan terjepit, apalagi saat duduk tahiyat akhir. Pasti kaki gue bakal didudukin bapak-bapak itu. Selesai sholat bukannya hati tenang, yang ada gue cedera engkel dan musti ditandu ke luar masjid.

Gue bengong. Memikirkan cara: INI GIMANA NOLAKNYA YA ALLAH?!

Awkward.

Bapak-bapak gemuk lainnya lalu menoleh ke belakang, meminta gue untuk mengisi shaf di sebelahnya. Kini ada dua om-om bertubuh gemuk yang meminta gue untuk sholat di antara mereka.

Makin awkward.

Gue menoleh ke samping, di sebelah kanan gue ada bapak-bapak kurus dan badannya lebih kecil dari pada gue. Tanpa pikir panjang gue menepuk lengannya, lalu mempersilakan dia yang mengisi spot-sempit-di-shaf-depan itu. Selain cari aman, gue ingin menimbulkan kesan “menghormati yang lebih tua”.

Bapak-bapak itu tersenyum, dan dia malah mempersilakan gue aja yang maju. Sambil tangan kirinya mendorong gue ke depan.

Akhirnya gue sholat dalam keadaan terjepit di antara dua om-om gemuk. :(

Menjauh saat disuruh rapatin shaf
Selain disuruh maju, salah satu cara untuk merapatkan shaf adalah kaki kita menempel atau bersentuhan dengan jamaah yang ada di sebelah kita.
Pernah, pas gue lagi rapatin shaf gitu, orang yang kakinya udah kesentuh, tiba-tiba menjauhkan kakinya dari kaki gue.

Padahal kaki gue bersih, gak ada kutu airnya, kuku udah gue potong dan pedicure menicure. Karena ini menyangkut kesempurnaan sholat, gue terus berusaha merapatkan shaf ini!

Gue deketin lagi, eh dia jauhin lagi.

Gue deketin lagi, dia jauhin lagi.

Gue deketin lagi, dia jauhin lagi.

Awkward.

Gak lama, posisi sholat gue udah mirip chef Juna saat jadi juri acara master chef. Ngangkang. Karena gue gak mau sholat sambil ngangkang, yaudahlah gue biarin aja, gue tarik kaki gue lagi. Kalo sholat jamaahnya gak sempurna, malaikat tau harus mencatat dosa siapa.

Solat disebelah anak kecil
Hal paling ngeselin saat sholat berjamaah sebenernya adalah keberadaan anak kecil. Mereka cenderung cuma mainan doang di masjid. Jarang banget ada anak kecil yang duduk anteng atau gak mainan gitu.

Pas kemaren sholat tarawih, gue solat di sebelah anak kecil yang dibawa oleh orang tuanya. Awalnya baik-baik aja, si anak kecil tadi tampak mengikuti gerakan sholat, hingga pas imamnya hampir selesai membaca surat pendek dan akan menuju gerakan Ruku’, si anak kecil tadi tiba-tiba maju dan membalik badannya, lalu menatap bapaknya, gak lama dia berdiri di depan gue dan melakukan screening dari atas ke bawah dengan pandangan aneh.

Awkward.

‘Allahu akbar!’ suara imam tanda ganti gerakan pun terdengar.

Semua jamaah Ruku’, gue? Di depan gue ada anak kecil dan… INI GIMANA GUE RUKUNYA?!

Ini kalo gak ada bapaknya di sebelah udah gue keplak. Sumpah.

Buat para orang tua, emang bagus sih mengajak anaknya ke masjid untuk mengajarkan agama, tapi menurut gue, kalo anaknya belum siap dan cenderung akan mengganggu jamaah lain, sebaiknya diajarkan di rumah aja, atau dari rumah sudah dipesanin biar duduk anteng. Karena bisa aja anak kecil tadi malah bersikap imbisil, misalnya pas ada jamaah lagi sujud, eh dia naikin dan jadiin kuda-kudaan. Astaghfirullah!

Sundul gan!
Kecepatan membaca doa akan berbanding lurus dengan gerakan sholat. Ada yang ketika imam sudah mengucapkan Allahu akbar dan berganti gerakan, jamaahnya ngikut, tapi gak jarang ada jamaah yang gerakannya lambat sepersekian detik gitu.

Yang paling rawan adalah ketika dari gerakan sujud dan akan berdiri.

Pernah, gue dan temen gue lagi sholat berjamaah di masjid, imamnya sudah mengucapkan ‘Allahu akbar’, semua jamaah sudah mulai berdiri dari gerakan sujud. Kampretnya, temen gue lambat banget. Saat jamaah sudah setengah berdiri, dia baru mulai berdiri dan dia… nyundul pantat orang yang ada di depannya.

DIA NYUNDUL PANTAT ORANG YANG DI DEPANNYA!

Orang yang sholat di depannya sempet hampir jatuh karena hilang keseimbangan. Untungnya dia berhasil bertahan. Ketika sudah selesai sholat, orang yang kesundul tadi menoleh ke belakang dan melihat ke gue dan temen gue.

Awkward.

Seakan-akan tatapannya itu bilang: lo-yang-nyundul-gue-tadi-ya?!

Temen gue dzikiran, gue pura-pura gak kenal sama dia.

Sujudnya lama

Saat sholat berjamaah, semua gerakan akan dipimpin oleh seorang Imam. Kita gak boleh mendahului imam, apalagi men-sliding tackle imam dari belakang. Gak boleh.

Yang jadi masalah adalah kadang ada imam yang bacaannya itu lama banget. Gue sering ngalaminnya saat sujud. Padahal bacaan saat sujud cuma:

Subhaana Rabiyal a’laa wabihamdih 3x

Tapi imamnya gak segera ngucapin ‘Allahu Akbar’ untuk berganti ke duduk di antara dua sujud.

Awkward.

Ini kan bikin ke-khusyu-an buyar karena kita akan sadar bahwa ‘kok lama bener nih?’ dan kita akan mulai menduga-duga

“Jangan-jangan imamnya ketiduran, nih?”

“Jangan-jangan imamnya diculik alien, nih?”

“Jangan-jangan imamnya baca Subhaana Rabiyal A’laa Wabihamdih-nya 1000 kali, nih?”

Selain bikin gak khusyu juga apalagi misalnya sholat tarawih, kan abis buka puasa tuh? Kalo sujudnya lama, rasanya makanan yang tadi kita makan itu kayak mau keluar lagi alias muntah. Semoga imam yang suka sujudnya lama bisa paham keresahan para jamaah ini.

Bertatapan
Masalah kecepatan membaca masih jadi masalah yang membuat momen menjadi canggung. Kali ini saat sudah hampir selesai sholat alias tahiyatul akhir.

Sholat akan diakhiri dengan mengucapkan dua salam, dengan menoleh ke kanan dan ke kiri.

Saat itu gue sholat, imamnya sudah mengucapkan dua salam, ‘Assalamualaikum warahmatullah’. Pas gue noleh ke kanan (salam pertama), orang yang ada di kanan gue, dia sudah menoleh ke kiri (salam kedua) dan ini bikin kita saling bertatapan untuk sepersekian detik. Dan dia sambil senyum.

Awkward.

Saat bertatapan itu seakan-akan langsung ada lagunya RAN – Pandangan Pertama.

“Kurasa ku tlah jatuh cinta… Pada pandangan yang pertama…”

Gue langsung menoleh ke kiri untuk salam kedua, lalu dzikiran.

Jabat tangan
Setelah selesai sholat, biasanya para jamaah akan saling bersalaman/jabat tangan gitu. Tapi pernah, waktu itu habis mengucapkan salam, otomatis kita akan mendekapkan kedua tangan kita ke muka, kan?

Nah, orang di sebelah gue, pas lagi mendekapkan kedua tangannya ke muka, tiba-tiba dia… bersin.

SROOOT.

Suara tarikan ingus terdengar syahdu.

Dia mengusap tangannya (yang bekas bersin) ke pahanya, lalu mengajak gue untuk bersalaman. Awkward.

Ekspresi gue saat itu:

ITU TANGAN BEKAS BERSIN WOI.
GUE DENGER SUARA INGUSNYA JUGA.
INI GIMANA NOLAKNYA YA ALLAH?!

Karena gak mungkin nolak dan bilang, ‘Cuci tangan dulu ica kaleee’ akhirnya gue berjabat tangan dan… kalo gue kena pilek, gue tau musti menyalahkan siapa.

Sendal Hilang
Keluar dari masjid dengan hati tenang, pas sampai teras masjid, sandal yang tadi gue pake pas datang tiba-tiba gak ada. Ini awkward banget.

“Perasaan tadi di sini.” Kalimat mainstream ini pasti terucap.

Lalu dilanjutkan dengan gerakan mencari sandal tapi dengan ekspresi sok tenang, hingga semua jamaah sudah pulang dan tersisa sandal jepit buluk tak layak pakai. Daripada pulang nyeker, mau gak mau pake sandal buluk itu dengan ekspresi sok tegar:

Itulah momen canggung yang pernah gue alami di masjid. Walaupun begitu, jangan pernah kapok untuk sholat berjamaah di masjid, selain pahalanya lebih besar daripada sholat sendirian, bisa juga nemu jodoh, bisa juga dijadikan bahan postingan. Kayak gini.





--
Sumber gambar:
http://tipstren.pojoksatu.id/tips/06/06/2016/saat-berjamaah-disarankan-imam-memperpendek-sholat/
https://www.selasar.com/gaya-hidup/5-manfaat-sujud-yang-perlu-kamu-ketahui
http://www.keepo.me/cowsince-channel/ngakak-10-ekspresi-wajah-yang-pernah-loe-lakuin

38 comments

yang paling ngeselin imam yang khutbahnya lama ditambah bacaannya juga lama. biasanya dibenci sama anak warnet pas jumatan. Soalnya takut keabisan tempat gara-gara lama jumatannya. :v

Reply

Anjir gue ngakak! Hahaha :D

Btw, gue juga pernah tuh pas lagi sholat berjamaah terus mau rapetin kaki ke sebelah, eh dianya geser-geser terus. Rasanya pengen gue injek kakinya sambil bilang,

"Eh nyet, kaki gue ini bersih bangsat!"


Reply

Ya Allah maafkan hamba, malah ngakak baca ginian. Tapi emang bener awkward sih, apalagi yang tatap tatapan itu xD gue pernah ngalamin beberapa kejadian diatas, dan yang paling sering ya tatap tatapan itu wkwk

Reply

Muahahahahha. Gue kok juga ngerasanya diliatin ya kalo masuk mushola gitu. Yang canggung tuh gue kalo pas masuk mushola sepi, terus pas gue baru-baru solat, sadar ada beberapa orang yang masuk...

...langsung buru2 rukuk biar gak ditepuk jadi imam. Muahahahah. Astaghfirullah. \:p/

Reply

Bahahahahahaha. Tiap poinnya bikin ngakak. Jadi kalau pagi ini aku sakit perut dan sakitnya awet sampe adzan Maghrib, aku tau harus nyalahin siapa.

Yang sholat bareng anak kecil itu paling kampret, Yog. Aku pernah juga. Aku tarawih bareng para kakak, trus mereka pada bawa anak masing-masing. Total tiga anak. Nah, ada satu yang masih umur dua tahun, yang suka rusuh. Satunya lagi umur empat tahun, ikutan rusuh. Ponakanku yang umurnya dua tahun itu kalau aku lagi sujud, suka nunggangin aku. Jadi mau nggak mau aku sujudnya lebih lama. Trus pas lagi rukuk, dipukulin sama yang umur empat tahun. Berusaha tegar aja sih. Huhuhu. Tapi aku pernah pas ditunggangin, aku bangkit dari sujud aja gitu, dan ponakanku itu jatoh. Bunyinya kayak beras 25 kg dijatohin dari truk. Gedebuk. Habis itu dia langsung nangis. Huahahaahaha. Oke, aku jahap. Nggak keibuan :(

Trus yang sundul gan, aku juga pernah. Kesundul pantat ibu-ibu di depan dua kali. Untungnya aja empuk. Kalau tulang semua kayak aku, kasihan akunya. Langsung gegar otak kali ya :'D

Reply

hahahah itu yang diiatin juga lumayan sering sih, bukan, bukan karna aku bertampang 'non islam' tapi karna kalo masuk masjid suka rrusuh gitudeh, mau sama temen atau sama adek sendiri. :(
Ngomong-ngomong tentang muka yang dikira non islam itu kaya temen aku, dia keturunan Chines tapi dari lahir udah islam, pas dia mau sholat jum'at sampe pernah diusir pengurus masjid, katanya "Maaf mas, disini mau ada sholat jum'at kalau mau istirahat nanti saja setelah sholat jum'at" huhuhuhuh :(

dan yang poin tatap-tatapan itu sering sih bangke, sama ibu-ibu juga sering sampe disenyumin gitu. :(

Reply

Bhahahaa, itu yg paling ngeselin sih nyundul pantat orang yg di depannya. Watdepak banget, asli! :'D Gue sih Alhamdulillah blm prnah klo itu, wkwk (jan sampe deh).

Resiko jabatan tangan sama orang mah emg gtu, itu tangan bias bekas ingus, upil, ato bekas garuk2 pantat? Kan gak ada yg tau, karna lu udh tau aja jd gak geli :p Haha. Ini kok gue jd ngmgnin ginian? :'D

Sholat pas bnyak bocah2 gtu emg ngeselin. Itu ruku' nya begimana akhirnyah???
Lebih ngeselinnya lg kalo ngmng "Aaamiinn" nya itu, suka tarik urat treak2an, blm lg pas org sholat pada lari2an. Duhileeh, bkin puyenggg.

Sendal ilangg.... Gue pernah ngalamin, gue bawa sndal tante gue, msh bagus, eh pas gue pulang sendalnya jd jelek, bolong2, emg mirip sih, tapi yaa... Jelek :')

Reply

wwwekkk kalo gua pas canggung itu mah waktu disuruh maju buat ngisi shaf. asli cuy maka nya begitu imam mulai shalat gue langsu buru buru allahuakbar....

Reply

Hahaa ada-ada aja. Tapi emang bener sih.. hal-hal begitu lumrah terjadi dan bikin awkward. Haha, tapi aku jadi penasaran wajahmu. Sebentar aku coba cari.. seperti apa sih? Pengen heran juga kaya yg lain...

Reply

Gw cengar cengir mulu nih baca poin2nya wkwkk
Yg paling pernah gw alamin sih yg nyundul pantat org pas abis sujud. Dan itu selalu pengeen bikin gw ketawa, sholat yg tdnya dah khusuk sampe sujud, eh jd buyar gegara nyundul huhuuu

Reply

Ya ampun. Sundul gan!. Hahahahahaha. Eh gimana yak bilangnya.. Hahaha. Suer, itu nyundul beneran gitu? Gimana yak bilangnya. Lucu dah pokoknya.hahaha

Reply

Itu yang disuruh maju ke shaf depen beneran dah, awkward banget. Spotnya itu sempit banget dan gue tau badan gue kecil, ya tapi itu sempit men, SEMPIT, S-E-M-P-I-T! Gila, mana muat gue disitu. Tapi karena gue bukan orangtua dan 'dipaksa' oleh orangtua sebelah dan depan gue, akhirnya gue maju, dan pas tahiyat akhir, kaki gue kejepit! Ya Allah, untung gak cedera parah.

Sama tatapan itu juga, cuma karena perbedaan waktu pas noleh, bisa jadi cinta, bahaya lo. Kalau cowok sama cewek gak apa-apa, tapi kalau sholat gak mungkin sebelah kita cewek, pasti sejenis, kecuali jenis sebelah kita ini masih gak jelas. Huft, untung selama merasakan insiden tatapan sejauh ini, gak ada yang berlanjut ke jenjang berikutnya *eh?

Reply

Disuruh maju ke depan terus ke depan lagi dan lagi, ujung-ujungnya disuruh jadi imam hahaha
Emang akward banget kejadian kaya gitu. Shalat gak khusyu gara-gara kejepit + bau keringet dari kanan kiri termasuk keringet sendiri.
Yang jadi pertanyaan, emang muka nya kaya gimana sih ? ampe dikira non muslim ? O,O
Kalo masalah sujud yang lama, gue pernah denger dari guru ngaji dulu. Katanya ada juga do'a tambahan dalam sujud. Itu biasa dilakuin di rakaat ganjil. Wallahu'alam sih.
Nice post :)

Reply

astaghfirullah! tobatlah wahai kalian anak warnet!

Reply

(((kaki gue bersih bangsat)))

ini saking emosinya ya huhu

Reply

tatap-tatapan = the most awkward moment. really :')

Reply

BANGKE! TAKUT DITEPUK XD

Tobatlah wahai shohabat!

Reply

ampun, jangan salahin gue :(

hmmm... ditunggangin. kok jadi pengin jadi keponakannya, ya?! *dikeplak*

eh kalo anak kecilnya jatoh, jatohnya di depan shaf orang yg di belakang dong ya :|

Reply

...kalo rusuh ya jelas diliatin dengan tatapan: itu anaknya siapa, sih? :')

kadang orang main asal judge gitu ya cuma dari muka. muka gue (banyak yg bilang) rada chinese, makanya yha... dikira non muslim, padahal yg keturunan juga banyak yg muslim.

Reply

kalo garuk2 kayaknya enggak deh, tapi kalo ngupil atau kucek2 muka yha sering gue liat :((

sendal ilang, sendal orang pula. sedih :"

Reply

astaghfirullah xD

buru-buru allahu akbar, bangke memang ya :)))

Reply

jangan dicari, mb. ntar khilaf :(

Reply

iya, nyundul. kayak main bola gitu. sundul, gol.

Reply

yang jadi masalah adalah pas sholatg berjamaah, sebelah kita gak mungkin beda jenis kelamin. bukan muhrim woy xD

Reply

(((jadi imam)))

oh gitu, ada bacaan tambahan, gue malah baru denger nih. Etapi ini imamnya di tiap sujud itu lamanya, bukan di rakaat ganjil aja :|

Reply

Wak waw banget itu yg dijepit sama manusia bertubuh gempal. Apalagi pas bagian tahiat akhir. Pas lo berasa kejepit, kan.. haha

Sendal hilang sudah menjadi rahasia umum. Gue juga pernah kehilangan. :(((

Untuk paling ngeselin gue mah disamping anak2 kecil. Yakin lah.. gue gak bisa khusuk. :(((((

Reply

Kalo gue canggung pas ada anak kecil itu, kejadiannya pas gue sujud ada anak kecil naek ke pundak gue, otomatis pas gue mo bangun dari sujud tuh anak masih nyangkut dipundak gue, parah.

sumpah ngeselin bgt dah kalo ada bocah yang solat dimasjid. Huhuhu.
.

Reply

kalo udah nyundul, bisa dipastikan solatnya gak khusyu, apalagi pas liat orang yg kesundul berusaha bertahan biar gak jatoh :"))

Reply

untung gue belum pernah rasain kejadian itu. Kalo ada anak kecil naik ke pundak gue pas sujud, gue masa bodo aja bediri biar tuh anak kecil kebanting. huahahha

Reply

paling nyiksa mah tahiyat akhir di shaf yang sempit :((

Reply

Paling ngakak di poin ngerapatin shaf, sih. Suka heran sama orang yang selalu menjauh itu. Maksud kita kan bagus ya? Tapi kenapa dia malah gak mau rapetin shaf? Gak ngerti lagi dah. XD

Reply

Wkwkwk momen canggung yang bener-bener canggung sebenernya memang itu sih, pas diliatin ._. padahal ngerasanya kita nggak ngapa-ngapain wkwk sering banget aku gitu wwkwk :D

Reply

HAhah itu yang hilang sandal paling ngenes banget mana sendalnya baru lagi, saya juga sering ngalamin tuh kaya gtu :D
kalau masalah di lihatin mungkin yang lain heran qo km tumben-tumbenan ke mesjid :D
Yang sundul gan itu bener banget tuh orang yang lambat pasti bakal nyundul pantat yang ada di depannya parah banget tuh
Kalau gue sih canggung nya kalau ada orang tua yang teraweh bawa anak kecil,apalagi anak nya nakal banget sampe nendang pantat orang lain, untuk bukan pantat imam yang di tentang :D

Reply

mungkin dia gak mau dideketin langsung, Us. harus ada prosesnya dulu, kenalan dulu, ntar akrab, baru deh mau dideketin.


#INIAPAAAA

Reply

kayaknya hampir tiap orang punya kemampuan untuk merasakan kalo lagi diliatin gitu, yak :))

Reply

salah satu ketakutan gue selain dinaikin pas sujud sama nak kecil adalah itu... pantat gue ditendang, kalo kena biji bisa gak bangun gue :(

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!