A Great Story Comes With Great Stupidity : Ngomentarin Fobia

Ngomentarin Fobia

Gue yakin, tiap orang pasti punya fobia.

Sebelum membahas terlalu jauh, tanpa bermaksud meragukan tingkat intelejensia kalian, gue jelasin dulu apa itu fobia.

Fobia menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ketakutan yang sangat berlebihan terhadap benda atau keadaan tertentu yang dapat menghambat kehidupan penderitanya.

Nah, kalo kalian masih bingung (sumpah, bukan bermaksud meragukan tingkat intelenjesia kalian), simpelnya, fobia itu takut akan sesuatu. Udah paham? Oke, lanjut.

Fobia ini banyak jenisnya. Masing-masing orang pasti punya fobia yang berbeda antara satu dengan lainnya. Ada orang yang fobia gelap, ada juga yang fobia ketinggian, bahkan ada yang fobia ketemu mantan.


Gue sendiri juga punya beberapa fobia. Bisa dibilang gue punya cukup banyak fobia, tapi ada tiga fobia yang paling bikin gue takut. Gue punya fobia gelap, fobia ketinggian dan fobia ketemu mantan.

Sumpah, ketiga fobia itu bikin gue bener-bener merinding. Apalagi yang ketiga.

Oiya, fobia ini gak pandang bulu, bisa dimiliki oleh siapa aja. Bahkan bisa bertolak belakang denga profesi kita. Dennis Bergkamp, mantan pemain Arsenal, dia punya fobia naik pesawat. Padahal, pemain bola pasti hampir tiap pertandingan selalu bepergian. Misalnya jarak pertandingannya deket, masih bisa naik bis. Lah, misalnya Arsenal harus bertandang melawan Persiwa Wamena gimana?

INI KAN NYUSAHIN KLUBNYA, YA?!

MASA IYA NAIK BIS DARI LONDON KE WAMENA?!

Tapi ternyata, setelah gue telusuri lebih jauh, fobia yang gue dan Dennis Bergkamp miliki itu cemen banget. Masih ada fobia-fobia lain yang entah kenapa menurut gue… aneh sekali.

1.Heorthofobia – takut liburan
Fobia ini menurut gue aneh banget. Di saat banyak orang yang merindukan hari libur, ternyata ada orang yang takut liburan. Orang yang punya fobia ini gue yakin, pas lebaran dia malah masuk kantor. Padahal kantornya libur. Nah, jika kalian adalah seorang bos dan punya karyawan yang hobi masuk kerja terus, jangan cap dia karyawan teladan. Karena bisa aja ternyata dia pengidap Heorthofobia.

2.Arithmofobia – takut angka/metik
Matematika emang dianggap sebagai pelajaran paling susah dan menyeramkan, bahkan gue pas SMA dulu, lolos dari remedial bisa dihitung menggunakan jari di satu tangan aja. Untungnya, gue gak sampe takut berhadapan dengan matematika dan angka-angka. Kebayang misalnya gue punya fobia ini? Gue bisa stress. Karena kita hidup, berdampingan dengan angka.

Tanggal? Pake angka.

Duit? Pake angka.

Jumlah mantan? Dihitung pake angka.

Bener-bener kasihan sama yang punya fobia ini. Hidupnya bener-bener gak tenang.

3.Pisthantrofobia – takut untuk percaya orang karena pengalaman buruk di masa lalu
Gue yakin, sebagian besar penderita Pisthantrofobia ini adalah orang-orang setia yang patah hati. Karena biasanya, orang yang setia, saat patah hati cenderung menjadi pribadi yang tertutup dan jadi gak mudah untuk percaya sama orang, karena jika terlalu mudah percaya dan memberikan hatinya, takut akan kecewa dan patah hati (lagi). :’)

*backsound: terlatih patah hati*

4.Hemathofobia – takut darah
Orang yang mengidap fobia ini biasanya karena trauma. Misalnya gara-gara kecelakaan lalu lintas. Jadinya dia takut melihat darah. Kasian gak sih takut darah padahal di dalam tubuh kita penuh darah? Jangan-jangan orang yang punya Hemathofobia akut, bakal jerit kalo diingetin, “Eh, di dalam tubuh kita ini penuh darah, lho!”


Sama seperti Dennis Bergkamp yang punya fobia bisa menghambat profesinya. Seorang Hemathofobia seharusnya tidak menjadi preman. Kebayang gak sih misalnya ada preman yang punya Hemathofobia? Mungkin dia pas malak gak bakal bilang, “Serahin duit lu! Atau gue tusuk nih pake piso?!” tapi bakal jadi, “Serahin duit lu! Atau gue gelitikin neh?!”

Gagal serem.

5.Xanthofobia – takut warna kuning
Di sekitar kita, pasti selalu dipenuhi oleh warna. Anehnya, ada aja orang yang takut sama warna kuning. Orang yang mengidap fobia ini, pasti dia benci banget sama sponge bob, buah pisang dan partai golkar.

Menurut gue, orang yang punya fobia ini kasian aja gitu. Mungkin dia bisa menghindar saat lagi jalan dan melihat objek benda berwarna kuning, dia akan tutup mata. Tapi pas buang air besar? Hmmmm….

Jadi, kalo kalian punya temen yang suka jerit sendiri di kamar mandi, kemungkinan:
-Liat kecoa
-Liat setan
-Dia Xanthofobia dan gak sengaja liat eeknya sendiri

6. Venustrafobia – takut cewek cantik
Fobia emang biasa timbul akibat trauma di masa lalu. Setelah gue baca-baca, ternyata orang yang punya Venustrafobia ini biasanya takut cewek cantik karena trauma dikecewain sama cewek cantik, jadi ya gitu… dia takut liat cewek cantik!

Sisi negatifnya adalah gue yakin TV di rumahnya sudah terbelah menjadi 8 bagian karena 90% acara TV, diisi oleh cewek-cewek cantik. Karena ketakutan, yha… TV-nya di-german suplex.


Sisi positifnya adalah… buat kalian yang jelek, bersyukurlah dan mulai berharaplah, ada cowok ganteng yang punya Venustrafobia dan jadi pacar kalian. :’)

7.Rhypofobia – takut buang air besar
Buang air besar itu sudah menjadi agenda wajib tiap hari. Tapi ternyata ada fobianya juga. Asli, gue gak abis pikir. Gue gak boker satu hari aja perut rasanya udah gak enak.

Karena biasanya fobia timbul dari trauma di masa lalu, gue mencoba menebak beberapa kemungkinan kenapa bisa muncul fobia ini.

KEJADIAN PERTAMA:
Saat dia sakit perut dan masuk ke wc umum, dia dapet kloset yang eeknya belum disiram pengunjung sebelumnya. Kejadian ini membuatnya shock berat dan akhirnya dia takut untuk buang air besar.

KEJADIAN KEDUA:
Saat dia lagi asik buang air besar, dia gak sadar kalo baknya gak ada airnya. Akhirnya dia gak cebok dan trauma untuk buang air besar lagi karena semua teman-temannya mengucilkan dia dari pergaulan.

KEJADIAN KETIGA:
Saat itu perutnya dia mules banget. Saking mulesnya, itu nulis mules-nya pake z. Mulez. Dia pun masuk wc dan membuka celana dengan bersahaja. Pas sudah di atas kloset, ternyata gak keluar-keluar dan mulesnya hilang. Atau dengan kata lain, di-PHP-in pantat sendiri. Karena trauma di-PHP-in pantat sendiri, dia pun takut untuk buang air besar.

8.Cherofobia – takut bahagia
INI APAAN COBA?! Di saat banyak orang berlomba-lomba untuk mencari kebahagiaan, dia malah takut untuk bahagia. :’)

Orang yang punya Cherofobia ini mungkin bakal bertahan di kantor yang ngasih gaji cuma Rp 1000/bulan. Karena dia takut bahagia. Dia lebih memilih tersiksa. Jika pengidap Cherofobia ini juga punya Heorthofobia, gue yakin bosnya bakal kaya raya.

Atau dia pacaran LDR, saat kangen dia memilih untuk memendamnya karena jika ketemu dia akan bahagia, sedangkan dia takut bahagia.

Bener-bener aneh.

9.Hippopotomonstrosesquippedaliofobia – takut akan kata panjang
INI NAMA FOBIANYA KENAPA JUGA IKUTAN PANJANG WOI?! KAN MAKIN BIKIN TAKUT PENDERITANYA!

10.Philofobia – takut jatuh cinta
Fobia ini bisa dijadikan alasan bagi kalian yang sudah jomblo bertahun-tahun. Misalnya ditanya temen, “Kenapa sih lo gak nyari pacar?”
Jawab aja, “Gue kena Philofobia.”
“Philofobia itu apa?”
“Takut untuk jatuh cinta.”
“Emang kenapa kok sampe lo takut gitu?”
“Soalnya gue Pisthantrofobia.”
“Errr… itu apa lagi?”
“Takut untuk percaya orang karena pengalaman buruk di masa lalu.”
“Pengalaman buruk gimana?”
“Iya, pacar gue selingkuh. Gue jadi Venustrafobia.”
“ITU APA LAGI?!”
“Takut sama cewek cantik.”
“BUNUH GUE AJA! BUNUH!”
“Uhm… Sorry, gue juga Hemathofobia.”
“APA LAGI ITU YA ALLAH?!”
“Takut liat darah. Gue gelitikin aja ya sampe lo mati?”
“Terserah, gue udah gak tahan ngobrol sama elo. :’)”

*****
Fobia emang banyak jenisnya dan mungkin memang keliatan aneh. Tapi, kita sebenernya gak boleh meremehkan fobia tiap orang, karena tingkat ketakutan orang itu berbeda-beda. Jika menurut gue kucing adalah hewan yang lucu, bisa aja orang yang fobia kucing menganggap kucing adalah monster berbulu yang hobi ndusel-ndusel. Ummm… apa lagi, ya? udah deh. Itu aja. Gue emang gak ahli bikin pesan moral.

59 comments

Takut. Buang. Air. Besar. Gue mau nangis bacanya. :(

Reply

Aaaak aku pengidap philophobia. :(( jatuh cinta cuman bikin sakit hati. :((

etapi yog, sebenarnya takut sama fobia itu beda. takut mah ya takut biasa. kalo fobia itu ketakutan yang berlebihan, yang kalo dia liat apa yang ditakutin bisa sampai jerit2, nangis, teriak2, bahkan sampai pingsan... gue bukan meragukan tingkat intelejensia lo... cuman kasih info tambahan aja. mhuahaha.

Reply

yang takut buang air besar..
hhmm terus itu yang diperut keluarnya digimanain? :(

Reply

http://bit.ly/1TS2woX << http://bit.ly/1TS2uND << kalo takut kulit salak namanya apa ya bang? cos temen gw takut kulit salak :v

Reply

Baru tau kalo ada phobia-phobia absurd kayak gitu. Keren.....

Reply

njirr..kasihan banget yg takut buang air besar.trus dia kalo kebelet bab gimana? ditahan ?

folbek boleh lah ya :v

Reply

Pantes tiap mati lampu km bawel banget yog, takut gelap toh..mudahan mati lampu terus yaaa....

Reply

jomblo mah jomblo aja, Us -_-

fobia itu levelnya lebih tinggi dari takut. Kan sudah ada pengertian menurut KBBI. Ini gue perjelas lagi ntar lo kira gue meragukan tingkat intelejensia lo :))

Reply

gue juga bingung dia ngeluarinnya gimana :((

Reply

walah gue belum pernah denger muahaha. Tapi kulit salak kadang nyeremin sih. Mirip sisik ular :o

Reply

alhamdulillah blog ini menjadi tampak sangat informatif.

Reply

gue juga bingung dan KENAPA INI PADA FOKUS KE FOBIA BAB DOANG YA?!

Reply

HUAHAHAHA. Iya, gak tahan lama2 dalam kegelapan gue. Tiap mati listrik jadi paranoid. :|

Reply

ASELIK VENUSTRAFOBIA bikin gue bergidig ngeriiih :(
apalagi kalo cewe cantiknya jalan sama gebetan gue!
aiiih makin takutlah

Reply

Widih, yang namanya otak itu kan unik, buktinya ini salah satunya, fobia yang gak masuk akal, buktinya keunikan otak manusia. Kalau gak salah, ada juga tuh Fobia Sendok sama Fobia Air. Kebayang gak yang Fobia Sendok, makan pakai tangan mulu. Tapi masih enak sih, daripada Fobia Air, bayangin dia gak mandi, terus kalau kehujanan gimana, jerit-jerit di tengah hujan kayak orang gila mungkin ._.

Reply

Hahaha kamprettt itu yang takut bahagia, takut liburan, takut angka gak masuk akal banget.. haha.
Untung aku gak punya pobhia kayak gitu.

Reply

wkwkwkwkwk . ngakak broo!! memang harus di komentarin itu para fobia..

WB ya gan : http://forumgol.blogspot.com/

Reply

Kalo takut ngeliat orang jalan bareng, namanya fobia apa? :")

Reply

ITU NAMANYA LO CEMBURU, YA! BUKAN FOBIA! *keplak*

Reply

Mungkin yang fobia air itu bukan liat hujan lalu jerit, tapi biasanya air dalam jumlah besar (laut/danau/kolam), soalnya gue fobia itu dikit. Tiap liat laut gue merinding, gara2 dulu pernah tenggelam xD

Reply

yha.. karena gak masuk akal makanya gue komentarin muahaha

Reply

gak sekalian nanya, "takut ngeliat pacar jalan sama orang lain?" :')

Reply

eh Yog kalau fobia sama Limbad ape ye namanye? kasian yang pakek hape mito..

gue rasa penjelasan ilmiahnya (cie ilmiah)penderita fobia ini punya pengalaman yang nggak enak dengan fobianya tsb, dengan muatan emosional yang kuat juga kejadiannya nggak cuman sekali.
fobia ini nggak bisa diilangin tapi bisa 'ditimpa dengan file-file baru' tentang hal-hal baik (misal dia fobia kucing) tentang kucing. ini beneran yog gue nggak becanda hahaha

Reply

Fobia yang aneh.
Cuma bikin orang kesel gara-gara keanehannya.

Reply

aku baru tau kalau ljungberg takut ketinggian :D wkwkwk tapi dia nggak takut sama tim lawan ah yang penting *TETEP NGEBANGGAIN MANTAN PUNGGAWA KLUB IDOLA* wkwkwk

Itu... fobia taku bahagia :' kok rasanya sedih banget ya wkwkwk

Reply

wow menarik banget info web gratis yukk disini saja.. terimakasih

Reply

Arsenal lawan Wamena..alsi aku ngakak abis 😂😂😂

Reply

iya, gue baca2 juga biasanya karena kejadian yang bikin efek trauma gitu. Misalnya fobia darah karena dulu pernah ngeliat kecelakaan dan darah dimana2.. serem juga sih ._.

Reply

gak bikin kesel, cuma heran aja huahaha

Reply

eh dennis bergkamp ternyata, lain ljunberg *udah gue ganti* *baru inget* huahahaha

iya, gue sampe bingung ngomentarin yang fobia bahagia :'

Reply

Fobia nomer 3 dan 8.. Aneh banget. Buat apa dongggg hidup kalo gak bahagia dan gak berani memperbaiki kehidupan dari masa lalu? #ciegitu

Reply

Fobia sama cewek cantik? (oke, gue gak bahas fobia buang air besar, ya) Itu beneran ada ya? Gue kira cuman becanda aja. Kasihan juga orang yang kek gini, udah kenal lewat sosmed, pas muka jelek. Terus, pas ketemuan rupanya ceweknya cantik. Duh.... Bakal gak jadi kenalan itu.

Terus, fobia darah. Ini emang serem, sih. Gue tergantung darah apa dulu. Kalo darah ngalir gitu secara tiba-tiba di bawak kaki gue. Itu jelas takut. Tapi, kalo darah yang lain. Bukan takut, sih. Ngilu aja rasanya. Apalagi nonton film yg kepalnya copot dan keluar darahnya. Takutnya nggak. Tetep nonton, tapi ngilunya itu lho... Serem..

Btw, ada takut sendirian (jomlo) gak yog?

Reply

Agak menyedihkan emang klo punya pobia, apalagi yang aneh2.

Temen gue aja phobia sama daging. Jadi dia vegetarian gitu. Gak bisa menikmati rasanya daging. Haha

Satu lagi temen gue phobia warna kuning. Klo ada warna kuning dia langsung ketakutan. Sangat menyedihkan!

Reply

Hahaha...
Ternyata fobia itu banyak sekali yang aneh-aneh.
Yang paling serem contoh percakapan yang berakhir dengan digelitiki sampai mati.
Jangan dong!
Sudah ada berita mati karena kopi, masa' iya akan ada berita mati karena digelitiki.

Reply

Beuh takut liburan, takut bahagia, takut bab?
Ada ya? Hidup mereka gimana terusan ya?

Padahal hal-hal semcam itu kan jadi bagian dari hidup. Apalagi bab, itu kebutuhan. Tapi barangkali dia bukan takut bab nya, tapi takut melihat fesesnya.

Kalau yang takut bahagia dan takut liburan gimanya yak? Masokis donk, suka nyiksa diri. :D

Untung aku nggak termasuk dalam fobia fobia itu.

Reply

itu kasian banget ya venustrafobia. gue sebenarnya juga fobia mantan, sih. bukan fobia sama dianya tapi.. sama pacar barunya. hmm, gue barunyadar nama blog lo siluman capung, selama ini gue kira siluman cupang. hahaha.. maafkan daku. ini kayaknya gue fobia nama blog -___-

Reply

itu kasian banget ya venustrafobia. gue sebenarnya juga fobia mantan, sih. bukan fobia sama dianya tapi.. sama pacar barunya. hmm, gue barunyadar nama blog lo siluman capung, selama ini gue kira siluman cupang. hahaha.. maafkan daku. ini kayaknya gue fobia nama blog -___-

Reply

aneh2 ya fobia ternyata hha. Cherfobia menurut gue yg paling kasian. masa bahagia malah takut. mungkin org2 kena fobia ini sering disakitin ya, apalagi sama mantan *uhuk

Reply

Bagi cewek yg fobia darah gimana ya? tiap bulan dia ketemu sama darah kan...
Aku jadi terinspirasi sesuatu dari baca beberapa pilihan fobia. :3 apa itu... adadeeehhh hihi Thanks yaaa...

Reply

obrolan terakhir kampret amat dah ah. hahaha tapi fobia kok aneh banegt gitu sih. yang paling aneh adalah fobia bahagia. orang mah ya pinginnya hidupbahagia. lha ini malah fobia. Alhamdulillah sih gue ga ada pake segla fobia fobia..tapi, gue fobia jatuh....uhm.jatuh nggak ya?? cinta?

Reply

Haha keren juga blog kamu cees.

Kunjungi juga ya blog saya http://agia-aprilian.blogspot.com/

Reply

yha makanya gue juga bingung itu aneh banget :((

Reply

kalo fobia darah sih biasanya karena liat darah dalam jumlah banyak (misalnya kecelakaan/pembunuhan), pengidap fobia ini biasanya ya karena trauma.

takut jomblo ada deh kayaknya. tapi gak gue masukin haha

Reply

wow, takut daging xD

kalo fobia kuning temen gue juga ada sih. aneh memang sebenernya tapi ya mau gimana lagi coba haha

Reply

hoho iya jenis fobia mah banyak banget. ratusan-ribuan, ini pun yang gue pilihin cuma yang aneh2 menurut gue. kalo lo googling mungkin 'aneh' menurut lo beda lagi :))

Reply

yha itu makanya gue juga bingung kalo fobianya yang memengaruhi kebutuhan, gimana coba jalanin kebutuhannya kalo dia sendiri takut xD

Reply

CAPUNG WOY! CAPUNG!!! :(((

Reply

Iya, gue juga ngerasa yang paling kasian iti fobia untuk bahagia. hobinya pasti disiksa terus nih :(

Reply

alhamdulillah ternyata postingan ini inspiratif.

Reply

fobia jatuh dari ketinggian? :p

Reply

Adaaa yaa orang yang takut bahagia sama takut liburan,..
Aku mahh bahagia banget kalo liburan. Btw nice infoo, aku mah taunya fobia.. cuma fobia kecoak. Haha

Reply

ini phobianya bener2 ada ya? sumpah aneh banget, masak phobia ama eek sendiri, kan tai banget. lah kagak boker aja udah kebingungan, minum obat pencahar biar besok bisa boker, bisa2nya ada yg takut, ini mah sakit jiwa

Reply

hai kak infonya menarik dan keren banget.. oo ifa kakan cara membuat website

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!