A Great Story Comes With Great Stupidity : kenyamanan adalah koentji

kenyamanan adalah koentji

Sekitar 2 tahun terakhir sebenernya gue pengin melakukan beberapa perubahan untuk blog ini. Iya, blog ini terhitung tampilannya gini-gini aja, padahal blog ini sudah aktif mulai tahun 2010. Yang paling parah jelas header blog. Header-nya sudah gak ganti 3 tahun lebih sodara-sodaraaaa!!! Udah mirip sama Bang Toyib yang gak pulang-pulang.

Berhubung gue udah gak se-excited dulu pas awal-awal ngeblog, di mana gue belajar kode-kode buat modusin blogger cewek HTML buat design blog, sekarang gue pasrah aja tampilan blog ini begini saja. Yang penting kontennya. Tul tidak? 

*anjrit, gaya banget padahal update aja sebulan sekali*

Selain tampilan, gue juga pengin re-branding blog ini. Walaupun blog ini kayaknya gak ‘ngejual’ apa-apa gue selain karena namanya yang superkampret ini, yang mau gue re-branding sebenernya adalah gaya nulis gue. Tentang penggunaan gue atau aku.

Jadi, di kota gue, Balikpapan, umumnya dalam percakapan sehari-hari menggunakan aku-kamu, bukan gue-elu. Kalo ada anak Balikpapan baca paragraph ini pasti kesel. ‘Balikpapan gak pake gue!’ lalu dia ninju monitornya.

Setiap kali gue nulis draft postingan, gue sempet nyoba pake ‘aku’ atau ‘saya’, tapi entah kenapa gue merasa asing sama tulisan gue sendiri. Kayak bukan tulisan gue aja gitu. Pas ngetiknya apa lagi, gue berasa kayak anak SD yang lagi bikin karangan pengalaman saat liburan.

Hari ini saya pergi ke rumah mantan saya…

Tuh, aneh aja rasanya.

Gue pernah nulis fiksi (bisa baca di sini), nah di situ gue pake ‘aku’. Mungkin kalo nulis fiksi gue lumayan nyaman, tapi untuk nulis non-fiksi, gue ngerasa aneh. Makanya di postingan gue, untuk narasinya pake ‘elu-gue’, tapi ketika masuk ke percakapan gue makenya ‘aku-kamu’. Biar beneran kayak percakapan di Balikpapan aja gitu.

Dalam menulis, tentunya kita punya orang yang menginspirasi atau role model gitu. Nah, awal ngeblog dulu, gue bacanya blog milik Shitlicious. Dari baca blognya dia, gue mulai tertarik untuk menulis di blog dan tentunya ngikutin dikit gaya nulisnya, termasuk penggunaan ‘gue’. Jadilah seperti ini, blog anak Balikpapan yang kayak bukan anak Balikpapan.

Gue bersyukur saat itu nemu blognya shitlicious, coba aja gue nemu blog orang Arab, blog ini pasti akan menggunakan ana-antum.

Selain ngeblog, gue juga seorang comic (yang kadang openmic), dulu pas awal-awal gabung komunitas stand up comedy Balikpapan, setiap kali maju openmic, gue juga make kata ‘gue’. Beberapa comic juga pake ‘gue’, Iya, kami make ‘elu-gue’ di Balikpapan.

Lagi-lagi alasan role model yang bikin kami pake ‘elu-gue’.

Dulu, pas awal-awal stand up comedy booming, itu karena banyak video stand up comedy-nya Raditya Dika, Pandji dll yang notabene orang jakarta. Kita yang nonton secara gak langsung terpengaruh untuk menggunakan ‘gue’ ketika tampil. Lama kelamaan jadi kebiasaan ngomong gue-elu pas ngobrol biasa.

Waktu itu sempet juga ada penonton yang mengkritisi kami kenapa pake ‘elu-gue’ ya karena di Balikpapan itu gak lazim.

“Di Balikpapan gak ada Monas!” Begitu katanya karena kami sok kejakarta-jakartaan. “Pake aku, saya atau ulun aja!”

Lah, Ulun… Di Balikpapan memang ada soto banjar, tapi ya gak juga pake kata ‘Ulun’.

Emang sih, selain gak lazim, ada beberapa orang yang gak cocok pake ‘elu-gue’ apalagi kalo dia medhok. Misalnya aja ada pas openmic ada yang maju lalu perkenalan,

“Kenalin, nama ghuwe… bedjo.”

Penonton yang denger pasti ngelempar granat ke panggung.

Karena gue cocok-cocok aja, ya gue tetep make ‘gue’ ketika openmic, karena gue nyamannya di panggung begitu. Beberapa comic baru pun sering bertanya, “Bang, gapapa pake elu-gue pas openmic?”

Kalo menurut gue sih sah-sah aja selama dia nyaman dan gak belibet pas nyampaikan materinya. Daripada pas nyampaikan materi jadinya aneh. Kadang pake gue, kadang pake aku. Labil. Kayak anak SMP baru pacaran. Tapi emang sebaiknya sih, kalo openmic ya ngikutin bahasa yang umum digunakan di daerahnya. Sekarang, kalo gue openmic pake 'aku'. 

*Lah, dia labil*

Dari pengalaman-pengalaman gue itu, sepertinya gue pun mengurungkan niat untuk merubah gaya nulis gue. Karena gue lebih enjoy, karena gue merasa lebih lepas dalam menyampaikan cerita, dan yang terpenting karena gue ganteng nyamannya nulis begini.

Sama seperti orang pacaran. Kadang kita gak perlu yang cakep, yang penting bisa bikin nyaman sudah cukup.

Iya, karena kenyamanan adalah koentji.

8 comments

Lah gue baru tahu malah. Berarti di sana orang sehari-hari ngomongnya aku-kamu gitu ya? Gue cuman nyadar dikit kalo pas lo bikin dialog aja sih. Seru juga ya berarti. :))

Reply

Memang susah ya kalo belum biasa. Aku dulu juga pake 'gue', tapi mulai konsisten pake 'aku' sejak ganti pindah domain tahun 2013. Titip link boleh kan, gan? http://www.ridoarbain.com/2013/06/ridoarbaindotcom.html

Branding memang penting, tapi rebranding adalah pilihan.

*labilkan Yoga*

Reply

mwehehe gue lagi belajar ngotak ngatik html. belajar otodidak gini bikin mata juling, iya nggak sih?

gue malah lebih bingung sama temen kost.an gue.
jadi gini, yang namanya Mba susi itu orang Jowo (Jogja), terus satu lagi namanya Fitroh dia sama kayak gue orang Jawa tapi Ngapak. entah kenapa kalo gue ngomong sama mba susi pasti pake bahasa indonesia, abis itu lanjut ngomong sama fitrohnya pake bahasa ngapak, padahal itu kita posisi lagi ngobrol bertiga. aneh kan?

Reply

bahaha iya, salah dikit gak bakal jadi kalo html itu. sempet gregetan pengin ninju monitor kalo gagal :))

ummm... lebih karena kekbiasaan sih kalo gitu. temen2 gue yang pendatang dari jawa juga gitu, lagi ngumpul nih, awalnya pake bahasa indo, pas dia ngobrol sama temennya yg sesama orang jawa, berubah jadi bahasa jawa aja gitu.

Reply

penginnya ya pake 'aku', tapi udah terlalu banyak tulisan yang pake 'gue', di buku pertama pake 'gue' juga, ntar malah gak dikenalin lagi kalo bikin buku kedua pake 'aku' :))

Reply

intinya si kenyamanan.
sama aja klokita punya pasangan, klo gak nyaman tinggalkan. betul gak? *eh salah nanya, elo kan jomlo ya? wkwkwk

Reply

Ini keresahan gue awal-awal mulai ngikutin blog elu, ya gue pikir rada aneh org balikpapan pake elu gue, soalnya gue sendiri sbg org balikpapan lebih nyaman pake aku kamu. Oopps maaf aku pake elu gue sepanjang komen ini 😁

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!