A Great Story Comes With Great Stupidity : Si Cemen vs Bendol KW

Si Cemen vs Bendol KW

Gue anak motor.

Bukan, maksud gue anak motor itu bukan anak-anak yang hobi kebut-kebutan dan utak-atik motor, misalnya aja kayak ganti knalpot pake knalpot racing, ganti ban pake ban sepeda roda tiga, ganti lampu motor pake senter. Maksud gue anak motor adalah ke mana-mana gue selalu naik sepeda motor, untuk menunjang aktifitas sehari-hari gue.

Pertama kali gue bisa mengendarai sepeda motor adalah saat kelas 6 SD. Tapi masih sebatas keliling komplek dan harus membonceng kakak gue biar aman. Untuk ke jalan raya, gue baru melakukannya saat kelas 2 SMA, setelah gue punya SIM C.

Selama naik motor itu, Alhamdulillah gue belum pernah mengalami yang namanya kecelakaan lalu lintas. Pernah sih nyerempet anak kecil, tapi itu pas gue baru belajar naik motor dan karena kesalahan si anak kecil itu nyebrang sembarangan pas gue lagi keliling di sekitaran komplek.

Jatuh dari motor sebenernya juga pernah, saat itu gue kelas 1 SMA. Gue pengin ke rumah temen gue. Pas lagi mundurin motor, gue gak sadar kalo gak ada pijakan di belakang gue, akhirnya gue jatuh sambil meluk motor. Bener-bener jatuh dari motor yang cemen.

Jadi, anggap saja gue gak pernah mengalami kecelakaan saat berkendara motor. Hingga akhirnya, rekor itu pecah. Iya, gue bener-bener ngalamin yang namanya kecelakaan lalu lintas.

Tanggal 27 Oktober, gue janjian bareng sohib gue, Dana, untuk ngobrol sambil ngopi-ngopi ganteng di sebuah café. Dana sudah ada di café itu sejak pukul 8 malam sedangkan gue masih dengerin ceramah dosen di kampus.

“Aku udah di TKP nih. Masih lama, nyet?” isi chat dari Dana.
“Ntar lagi kayaknya selesai. Ntar langsung otw. Tunggu aja.”
“Oke, santai aja.”

Lima menit kemudian dosen membubarkan kelas. Ini menjadi hal yang paling membahagiakan bagi mahasiswa yang badannya ada di kelas tapi pikirannya sudah di café (baca: gue). Sekitar pukul setengah 9 lewat, gue segara meninggalkan kampus dan segera menuju TKP. Gue ambil hape gue dan mengetik sebuah chat,

“Aku otw.”

hape gue taruh dalam tas dan mesin motor gue nyalakan. Gue kendarai si vixie dengan pelan dan santai. Gak ada keraguan sama sekali yang gue rasain saat menuju TKP. Yang ada di pikiran gue cuma “kopi… kopi… dedek gemes”. Perjalanan dari kampus ke café yang gue tuju sekitar 20 menit. Gue pun tiba di sebuah perempatan jalan untuk menuju café yang gue tuju.

Gue segera menyalakan lampu sein dan mengarahkan motor agak jauh, tanda gue bakal motong jalan, bukannya balik arah. Sebuah mobil berhenti tanda dia mengalah dan memberikan gue jalan. Gue segera lepas kopling dan tancap gas, pelan, sambil mematikan lampu sein.

Sedikit lagi gue sampai di jalan yang gue tuju, gue ngerasa ada cahaya lampu yang menyorot gue dari samping. Dengan cepat gue menoleh ke kiri dan terasa makin silau, sedetik kemudian…

BRAAAAAKKKK….

Sebuah motor menabrak bagian depan motor gue dari arah kiri, gue terjatuh ke arah kiri bersama si vixie. Gue melihat sebuah motor melayang bersama kedua pengendaranya dan jatuh tepat di samping gue. Iya, itu kampret yang nabrak gue.

Gue segera berdiri dan melihat pengendara itu berusaha kabur. Dia berusaha mengendalinkan motornya yang gas-nya lengket. Adrenalin gak mau rugi gue keluar, gue piting lehernya dari belakang,

“MAU KABUR KE MANA, WOY?!”

Orang itu masih berusaha mengendalikan motornya, gue masih piting dia biar dia gak kabur. Dia musti ganti rugi. Beberapa pengendara dan orang sekitar mulai melerai gue dan kampret itu. Seorang bapak-bapak mematikan motor si kampret itu.

“Pinggirin dulu motornya. Macet. Macet.” Sayup-sayup gue dengar suara sekitar gue.

Gue baru sadar kalo gue berdiri di tengah jalan dan membuat kemacetan.

“Sudah, mas. Sudah… lepasin dulu. Selesaikan baik-baik.” Kata seorang bapak-bapak ke gue. Gue ngelepasin pitingan gue dan ternyata yang gue piting… BAPAK-BAPAK.

BANGKEEEEE… KIRAIN ANAK MUDA!
GUE MITING BAPAK-BAPAK DI TENGAH JALAN!!!

Oke, buat yang bingung apa itu “piting”, gue jelasin dikit. Piting menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah mengapit atau menjepit dengan kaki atau lengan. Masih bingung? mungkin gambar di bawah ini bisa menjelaskan semuanya.

Nah, GUE MITING BAPAK-BAPAK!!!!

Setelah motor kami dibawa ke pinggir, gue cek keadaan gue sendiri. Alhamdulillah, gue gak kenapa-kenapa, cuma tangan kiri gue agak sakit, gue harap cuma keseleo, bukannya retak ataupun patah. Karena kalo cedera parah, gue bingung gimana ntar kalo cebok.

Setelah gue ngerasa gue baik-baik aja, gue kabarin si Dana kalo gue kecelakaan beserta lokasi gue sekarang dan minta tolong untuk panggilkan Mas Ge, komika yang juga seorang polisi buat bantuin gue. Gue sengaja gak nelfon orang tua gue karena lokasi tempat gue kecelakaan ini jauh banget dari rumah. Sedangkan rumah Mas Ge relatif lebih dekat dari lokasi gue sekarang.

Dari kejauhan gue tatap si kampret yang nabrak gue itu. Setelah gue liat-liat, orang yang nabrak gue mukanya serem abis. Mukanya mirip Benny Dolo, tapi agak kurusan. Umurnya gue taksir sekitar 30-35 tahun. Dan dia habis gue piting. Temennya yang dibonceng mukanya gak terlalu jelas, dia sibuk jongkok, ngecek keadaan motornya.
 
Pertanyaan: "Siapa yang habis kena piting?"
Di sini mulai awkward. Gue gak tau musti apa karena ini pertama kalinya gue kecelakaan. Haruskah gue ngamuk-ngamuk? Atau tetap diam aja? atau segera mengambil hape untuk stalkingin mantan? ASLI, GUE BINGUNG!

Si Bendol KW datangin gue. Gue pasang muka garang. Dan dia ngomel-ngomel pake bahasa daerah, dari logatnya gue tau dia pake bahasa banjar. Gue sendiri bingung dia ngomong apaan karena gue bukan orang banjar. Kosa kata dalam bahasa banjar yang gue tau cuma: ulun, ikam, burit.

Roaming suku dan bahasa.

Makin awkward.

Gue mencoba membela diri karena gue ngerasa gak salah. “Heh, itu mobil udah stop ngasih jalan, yaudah saya lewat lah. Eh anda malah ngebut. Ya salah situ, lah!”

Dan kembali, dia ngomel pake bahasa daerahnya. Beberapa kali gue coba mencerna kalimatnya, akhirnya gue ngerti kenapa dia gak mau disalahin. Alasannya adalah karena gue gak nyalain lampu sein.

Di sinilah repotnya, gue matiin lampu sein di tengah-tengah jalan karena menurut gue sudah aman. Lagi pula mobil udah stop seharusnya pengendara di sebelahnya menurunkan kecepatannya, apalagi jelas-jelas sudah di perempatan jalan. EMANGNYA MOBIL NGAPAIN STOP DI PEREMPATAN JALAN KALO BUKAN NGASIH JALAN? PARKIR?! BUANG KENTUT?! GALAUIN MANTAN?! ENGGAK, KAN?!

Di sinilah faktor usia mengalahkan gue secara psikologis. Mentang-mentang dia lebih tua, dia jadi nyalahin gue dan minta ganti rugi. Gue tetep gak mau disalahin, apa lagi ganti rugi. Tapi… Gue mulai takut karena gak ada yang bantuin gue. Orang-orang yang tadinya nontonin kita mulai pergian. Gue takut Bendol KW dendam lalu gue dipiting balik dan di-german suplex.
 
GERMAN SUPLEX!!!
Gue mulai menjauh sambil melirik keadaan motornya dia. Gue liat motornya dia rusak agak parah. Bagian ban depan agak masuk termundur ke belakang, gue sendiri belum ngecek keadaan vixie. Gue perkirakan lampu depannya pecah, dan musti diganti dengan lampu senter.

Bendol KW terlihat menelpon seseorang. Kalo dia punya temen polisi juga, posisi gue makin terjepit. Gue ambil handphone dan segera menelpon Dana agar cepat datang. Seharusnya dia sudah datang dari tadi. Lokasi gue kecelakaan dengan café yang akan gue tuju dapat ditempuh kurang dari 5 menit.

Gue juga menelpon Mas Ge. Di ujung telpon Mas Ge bilang, “Tunggu sebentar, lagi solat isya.”

INI ORANG LAGI SOLAT MASA BISA ANGKAT TELPON?!

Gue cek keadaan vixie. Perkiraan gue salah, lampunya baik-baik aja. Cuma stang kiri motor gue bengkok ke atas, persneling-nya juga. Gue coba nyalain, Alhamdulillah, bisa nyala. Tapi, tetep aja, gue musti minta ganti rugi ke Bendol KW itu!

15 menit berlalu, belum ada tanda-tanda kedatangan Dana dan Mas Ge. Sementara itu, datanglah 2 pengendara motor lainnya menuju arah Bendol KW. Jumlah mereka sekarang 4 orang. Gue sendirian. Mampus. Gue bakal digebukin.
MAMPUS, GUE. MAMPUS!!!

Gue tetap gak bergeming dari posisi gue. Datangin mereka sama aja bunuh diri. Gue melihat mereka berempat berdiskusi sambil nunjuk-nunjuk ke arah gue. Dana dan Mas Ge belum juga muncul. Gue segera buka google dan mengetik keyword: cara menghindar dari german suplex. Cari aman.

Tapi, gue perhatikan mereka dari kejauhan, ada gerak-gerik mereka bakal pergi. Dengan penuh keberanian, gue datangi mereka, “ITU BAGAIMANA MOTOR SAYA?! SIAPA YANG MAU TANGGUNG JAWAB?!”

Dan lagi, Bendol KW ngomong pake bahasa daerahnya. Masih ngeles gak mau disalahin. Gue udah mirip cewek yang hamil di luar nikah dan minta tanggung jawab ke pacarnya, tapi dia gak mau tanggung jawab dengan alasan amnesia.

“Minggir kau.” Kata si Bendol KW sambil pergi menurunkan motornya dari trotoar dan mulai menyalakannya. Suara mesin motor yang kasar terdengar, gas motor dia lengket (tanda tadinya dia ngebut kan pas nabrak gue?). Karena gue dikepung 4 orang om-om dan merasa nyawa gue terancam, gue ngebiarin mereka pergi… dan mencatat plat nomor kendaraannya.

Entah gue harus seneng atau sedih. Seneng karena terbebas dari kemungkinan dipukuli om-om, sedih karena si vixie rusak.

Setelah di Bendol KW itu pergi meninggalkan gue sendirian, barulah Dana datang.

“Mana orang yang nabrak? Kamu gapapa?”
“Udah kabur, lama bener sih kamu datangnya, nyet.” Gue jadi agak kesel. “Tinggal turun aja dari atas ke bawah.”
“Sorry, nyet. Aku panik jadi salah fokus. Aku malah ke jembatan maryati.”
“Kan tadi sudah kubilang aku di jembatan martadinata.”

Beberapa menit kemudian Mas Ge datang. Gue ceritain kronologis kejadiannya ke dia, juga plat nomor si kampret itu.

“DA 3097 QL,” kata gue.

“Aduh, plat banjar lagi. Agak susah nih dilacak.” Kata-kata Mas Ge itu membuat gue pesimis bisa dapat ganti rugi.

Gue juga jadi mikir kenapa si Bendol KW itu pergi karena ya… motornya sudah jelek, motor gue masih bagus. Dia sebenernya tau kalo dia salah, tapi gak mau disalahin karena lawannya anak cemen yang belum pernah kecelakaan sebelumnya. Spare part motor laki lebih mahal, dan dia milih kabur karena gak mau ganti rugi.

Mungkin gue harus mengikhlaskan gak dapet ganti rugi, gue lebih baik bersyukur gak dapet luka parah dari kejadian ini. Gue masih selamat tanpa luka parah, cuma tangan kiri bengkak dan sedikit luka gores (2 minggu kemudian Alhamdulillah sudah sembuh), jaket, celana, sepatu yang gue pake pun gak ada bolong sama sekali, padahal gue jatuh nyium aspal. Yeah, gue masih dilindungi Allah. *sujud syukur*

Mulai sekarang gue bakal lebih hati-hati saat naik motor. Terutama saat mematikan lampu sein.

11 comments

Aku belom pernah ngerasain jatoh dari motor. Makanya sampe sekarang aku gak pernah bisa trampil bawa motor . Pernah aku bawa motor dijalanan komplek cuma pake kecepatan 15km/jam cemen gila. :v masa iya kalo mau bisa trampil bawa motor harus jatoh dulu...

Reply

Aku pernah juga kayak gitu pas mnau belok dan tiba2 pas bangun udah dirumah sakit. Dan yang nabrak ganti rugi pastinya. 😄

Reply

Pelajaran yang gue ambil dari kisah lo ini adalah: panik bisa bikin orang jadi bolot.

Itu si Dana kenapa ngawurnya jauh banget ya. :))

Reply

Hahaha. Gue orang Banjar, dan ngakak banget di bagian: ulun, ikam, burit. :")))

Reply

Jadi takut nih ngebut2, soalnya kalo lagi buru2, gue suka ngebut ngga jelas gitu. Pikiran gue cuman ngebayangin kalo gue itu Dominic Toretto~

Reply

kurang-kurangin ngebutnya, bro. selain bahayain diri sendiri juga bahayain orang lain. gue semenjak kejadian di atas naik motor jadi lambat banget, masih trauma wkwk

Reply

nah ini, ada istilah "kalo mau jago naik motor musti jatoh dulu". agak aneh :|

Reply

namanya juga baru pertama kali, bingung musti ngapain, mana sendirian wahahaha

Reply


ohya itu si bendol kw kok keras kepala banget ya..
kunjungi balik ya.. gan. akbarinformasi.blogspot.com

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!