A Great Story Comes With Great Stupidity : Samarinda: Sebuah Rencana.

Samarinda: Sebuah Rencana.

Bulan April kemaren gue nobatkan sebagai bulan terkampret selama 4 bulan pertama di tahun 2015. Gue dan bulan April kayaknya bener-bener gak jodoh dalam banyak hal. Mulai dari perkuliahan hingga ke percintaan.

Awal bulan April gue udah disambut dengan ujian tengah semester (UTS). Kampretnya, beberapa dosen ngasih UTS tanpa pemberitahuan dulu, tiba-tiba aja ngasih soal dan kertas folio. “Yak, kita UTS.” Kata sang dosen. Untungnya masih mendadak ngasih UTS, bukan mendadak menyatakan perasaan. Kalo untuk hal ini, gue belum siap.

Pertengahan April gue mulai kangen lagi sama pacar.
Semenjak terakhir ketemu tanggal 17 Maret, sebulan berlalu kita gak ada ketemu lagi. Iya, kesibukannya dengan biolanya yang bikin kita gak bisa ketemu. Dia bakal nampil di 2 konser. Konser pertama di kampusnya tanggal 19 April, disusul konser tahunan sebuah tempat les musik - tempat dulu dia ngajar. Nampilnya sih tanggal 2 Mei, tapi latihannya… dari bulan Maret.

Tiap dia mau pulang ke Balikpapan, selalu pas sama latihan buat konsernya. Jadinya kita cuma bisa saling bilang kangen, tanpa tau kapan bisa ketemu lagi. Gue sendiri belum bisa ke Samarinda lagi karena… dia sibuk di sana. Kalo gue datang pas dia latihan kan sama aja gue ke Samarinda cuma buat encokin punggung. 

Sebulan lebih tanpa ketemu, ditambah kesibukan dia yang kuliah pagi, latihan malam hampir tiap hari, gue ngerasa ada sesuatu yang berubah. Gue rasain itu dari balasan chatnya. Iya, salah satu cara yang paling sering kita gunakan untuk komunikasi mulai terasa beda. Balasan chatnya singkat abis dan bikin bingung mau bahas apa lagi, padahal kita pengin banget chat sama dia. Misalnya aja:

Gue: Ntar malam latihan, ya?
Doi: Iya.
Gue: Ummm… udah makan?
Doi: belum.
Gue: Ntar makan ya. Jaga kondisi, biar gak drop. Banyak kegiatan gitu kamu…
Doi: Iya.
Gue: *bingung mau bahas apa lagi* *galau*

Nah, gue adalah tipe cowok yang gak tahan kalo chatnya dibalas singkat dan dingin kayak gitu. Balasan-balasan kayak gitu bikin gue galau dan mikir yang enggak-enggak. Tau kan maksudnya mikir yang enggak-enggak? Iya, misalnya mikir jangan-jangan yang balas chat itu bukan Fita, tapi bapaknya. 
Ditambah lama gak ketemu, lengkaplah galau gue.

****

Hari kamis tanggal 23 April, gue yang lagi gak ada jadwal kuliah main ke rumah Dana. “Besok Fita gak pulang, nyet?” Tanya Dana.

“Enggak,” jawab gue sambil nyeruput kopi.

“Yelaaah… sebulan lebih sudah kalian gak ketemu. Ke Samarinda lagi, kah?!” tantang Dana, “Kalo mau ayok kutemenin lagi. Aku libur nih.”

“Dia sibuk latihan buat konsernya,” gue hembusin nafas panjang. “Percuma kita ke sana kalo dia sibuk, kan?”

“Emang kapan sih konsernya?”

“Sabtu, 2 Mei.”

Dana mengangguk. Suasana jadi hening. Kita kehabisan topik.

“Hggg… 4 Mei aku ulang tahun, loh.” Dana berusaha membuka obrolan lagi.

“Udah tau.” Jawab gue singkat.

Suasana kembali hening.

“Eh bentar, deh…” gue mengernyitkan dahi. “Ini kamu libur?”

“Iya. Kenapa? Mau ke sana?” Dana heran mendengar pertanyaan yang jawabannya sudah diinfokan ke gue sebelumnya.

“Kalo Kamis libur, berarti minggu depan kamu liburnya hari Sabtu?”

“Yoi.”

Gue buka aplikasi kalender di hape gue. Minggu depan, hari Sabtu, tanggal… 2 MEI! PAS!

“Sabtu minggu depan aja kita ke Samarinda, nonton konsernya dia. Gimana?” gue naik-naikin alis. Persis kayak om-om ngajak kenalan dedek gemes.

“Boleh.” Dana mengangguk. “Siapa guest star-nya? Deadsquad?”

“INI KITA KE KONSER MUSIK KLASIK, KAMPRET!”

“Yaaaahhhh… kirain konser metal.”

Gue keplak Dana pake cangkir kopi.

*****

H-7 Konser, bener-bener jadi cobaan buat gue. Tugas kuliah mulai berdatangan kayak pengamen di lampu merah. Gue bener-bener butuh disemangatin pacar. Apa daya, balasan chatnya tetap singkat dan dingin begitu. Gue coba maklumi karena keadaannya dia emang sibuk, gue gak mau nambah beban pikirannya dia. Sok tegar banget, ya, gue? Padahal galau. Kampret memang.

Selama H-7 itu gue coba cari informasi tentang konsernya dia. Mulai dari di mana tempat acaranya? Berapa harga tiketnya? Kenapa cewek susah dimengerti? Semua pertanyaan itu gue usahakan tidak menimbulkan efek curiga dari dia kalo gue bakal nonton konsernya dia, karena dia tau, hari Sabtu gue kuliah dari pagi sampai siang. Beberapa kali dia nanyain, “Kamu hari Sabtu kuliah sampai sore, ya?” gue iyain aja dan selalu dibalas, “Yaudah.”

Iya, ini gue mau sok so sweet gitu, pura-pura gak bisa datang taunya muncul. Ehe.

Selain tanya-tanya langsung ke Fita, gue juga stalking instagram-nya Fita dan nemuin tag foto poster konsernya. Dari poster itu gue dapet info kalo tempat acaranya di Buddhist Center lantai 3, letaknya di jalan D.I Panjaitan nomor 68. Harga tiket 100 ribu. Alasan cewek susah dimengerti masih belum ditemukan jawabannya.
 
buddhist center pas tahap pembangunan (nemu di google)
Untuk gambaran di mana tempat acaranya, gue baru tau pas H-2 acara, saat itu dia lagi gladi kotor di tempat acara dan mau pulang ke kost.

Dia: Aku udah selesai latihan nih.
Gue: Istirahat gih.. makannya jangan lupa, ya..
Dia: Iya. Makan deket kost aja.
Gue: Kenapa gak makan di deket situ aja?
Dia: Jauh dari kost, ntar pulang kemaleman gak bisa masuk kost.
Gue: Emang jauh tempat acaranya dari kostmu?
Dia: Jauh. Jauh banget.
Gue: *bingung mau balas apa lagi* *galau lagi*

Setelah mendapat informasi ini, gue ke rumah Dana untuk mendiskusikan langkah-langkah untuk menuju ke tempat acara. Pas gue cek lewat google maps, tempatnya emang jauh banget dari satu-satunya tempat yang gue tau di Samarinda, yaitu Samarinda Central Plaza (SCP).

“Kata Fita, tempat acaranya jauh banget dari kostnya. Kostnya Fita deket SCP kan? Nah liat deh google maps.” Gue nyodorin hape gue ke Dana. “Dari SCP ke Buddhist Center, itu jauh!” gue nyerocos kayak sales panci.

“Udah tenang aja. Kemaren kita ke sana sama sekali gak tau arah buktinya bisa ketemu kan? Kali ini pasti bisa lagi. Yakin aja! Ikuti kata hatimu anak muda….” Kata Dana sok bijak. Mungkin dia kesurupan Mario teguh.

Gue mengangguk pelan. Berusaha meyakinkan diri sendiri kalo usaha gue kali ini bakal berhasil lagi.

“Oh iya, kita otw jam berapa hari Sabtu?” Tanya Dana.

“Ummm… jam 10 atau setengah 11 aja gimana? Konsernya jam 7 malam. Jadi kita gak buang banyak waktu di sana.”

“Eh bentar deh,” Dana menatap tajam ke gue. “Sabtu bukannya kamu kuliah, nyet?”

“Errr… gampanglah kuliah itu.”

Dana geleng-geleng. Gue pun jabarin rencana gue.

Pukul 10.30: Otw dari Balikpapan.

Pukul 13.30: Sampai Samarinda.

Gue perkirakan karena acaranya pukul 19.00, minimal Fita siap-siap ke tempat acara pukul 17.00. Jadi, bisalah rentang waktu 13.30 sampai 16.00 buat ketemu gue. Lalu antarin ke tempat acaranya, kalo bisa sekalian beliin tiketnya. #MahasiswaEkonomi #GakMauRugi

“Rencana macam apa itu, nyet?!” Kata Dana dengan ekspresi meremehkan. “Gak so sweet lah kalo minta antarin dia beli tiket. Apalagi minta beliin dia. Kayak gak ada perjuangannya! Cewek itu seneng kalo cowoknya berjuang buat dia.”

Bajigur… Mario Teguh ternyata masih ngerasukin Dana.

“Mending kita cari tempat acaranya sendiri, selesai dia nampil kamu muncul di panggung. Kasih ucapan selamat buat performnya.” Lanjut Dana. “Oiya, bawa bunga!”

“Masalahnya, kita….”

“SSSTTTTT….” Dana menaruh telunjuknya di bibir gue. “Gak usah terlalu dipikirin. Kalo terlalu direncanain biasanya malah gagal. Biarlah semesta bekerja.”

Gue mengangguk pelan dan bilang, “Super sekali, Pak Mario…”

*****

Bulan April nan kampret akhirnya terlewati. Hari Sabtu, 2 Mei 2015, selesai jam pertama kuliah, gue langsung cabut ke rumah Dana. Jam selanjutnya? Gue pura-pura amnesia.

Pukul 10 kurang gue udah di rumah Dana.

“Nyet, kayaknya ada perubahan rencana deh.”

“Ubah gimana?”

“Setelah beli tiket, kan ada rentang waktu lama sampai acara dimulai. Perkiraanku Fita bakal pergi jam limaan, gimana kalo kita beli tiket, lalu foto tiketnya, kirim ke dia. Dia pasti kaget. Itu momentum buat ajak ketemuan sebentar biar dia semangat nampilnya?”

“Beli tiket, foto, kirim ke dia?” Dana mengusap-usap dagunya. “Boleh juga… masih termasuk so sweet kalo gitu.”

Gue ngacungin jempol. Sambil nunggu Dana siap-siap, beberapa kali gue sempetin chat dengan Fita. Pertanyaan, “Kuliah sampai sore, ya?” masih ditanyain ke gue. Gue iyain lengkap dengan emoticon sedih biar dramatis. Dia balas, “Yaudahlah” Lagi.

Gue: “Gak latihan buat nanti malam?”  
Ini basa-basi gue buat gali informasi lagi.

Dia: “Enggak car. Males latihan sendiri di kost.”  
Bukan, car itu maksudnya ‘pacar’, bukannya mobil, ya!

Gue: “Seharian ini di kost aja sampai ntar mau nampil?”  
Nah ini maksud sebenernya pertanyaan gue. Mastiin dia di kost aja sampai gue sampai Samarinda.

Dia: “Iya ini di kost. Tapi setengah tiga udah otw ke tempat acara.”
Gue: “Saking jauhnya ya jarak kost ke tempat acara? Haha…”

WANJIR SALAH PREDIKSI!!!! KIRAIN JAM 5 OTEWE! ASLI GUE PANIK. KETAWA ITU PUN CUMA ALIBI BUAT NUTUP KEPANIKAN GUE.

Dia: “Ya gitulah… Kuliah sana…”


Gue: “Iyaaa.. Udah ada dosen nih. Tinggal dulu ya! Ntar lanjut lagi.”  
Padahal gue lagi lari ke depan pintu kamar mandi, gedor-gedor pintu biar Dana cepet kelar.

Dana nongolin kepalanya dari kamar mandi, kepalanya masih penuh busa shampoo, “Kenapa lagi, Nyet?”

Gue pun ceritain soal chat dari Fita tadi. Dana segera masuk lagi ke kamar mandi. mempercepat mandinya. Bagaimana cara mempercepat mandi? Yang biasanya sabunan dulu baru bilas, kali ini cukup bilas. Tanpa sabunan. Gitu.

5 menit kemudian Dana udah berpakaian lengkap, “Berangkat sekarang jadinya?”

“Yoi.” Jawab gue santai. Sebenernya berusaha santai. Jujur gue pengin ketemu sama dia sebelum dia nampil. Gue takut aja malah gak bisa ketemu di akhir konser karena biasanya setelah acara-acara gitu pasti ada yang namanya makan bareng. Sebagai anak kost sejati, Fita pasti gak akan menyia-nyiakan kesempatan itu.

Pukul 10.30, Dipenuhi rasa rindu yang membuncah di dada, dengan membonceng seekor kampret bernama Dana, gue berangkat menuju Samarinda. 

[TO BE CONTINUED]

6 comments

buruan update ya, penasaran jadinya -__-

Reply

capung udah semakin dewasa :')

dulu takut traktir temen makan dengan harga dibawah 100 ribu, sekarang bela2in pergi jauh buat nonton konser dengan tiket yang harganya 100 ribu. :')

Reply

Capung semakin dewasa. :")
Tulisannya terlalu bagus buat dimasukin ke blog nih yog. \(w)/

Reply

muahaha elo ngikutin perkembangan blog ini sih, jadi tau dikit beberapa karakteristik gue :))

Reply

dari pada blog ini gak diupdate :')

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!