A Great Story Comes With Great Stupidity : #CurhatanBejat: Best Friend Zoned.

#CurhatanBejat: Best Friend Zoned.

Dari SMA, gue biasa dijadikan tepat curhat oleh teman-teman gue, mulai dari curhat masalah cinta, keluarga hingga galau menentukan orientasi seksualnya. 

Oke, yang terakhir gue bohong. 


Gue cukup seneng karena ini artinya berarti temen-temen gue percaya sama gue. Percaya bahwa gue mampu membantu mereka menyelesaikan masalahnya, kalo pun gue gak bisa memberikan solusi, gue bisa menghiburnya. Kalo gue gak bisa menghiburnya, gue masih bisa memberinya pelukan hangat. Sayang, biasanya yang susah dihibur itu kebanyakan cowok.

 Jadi tempat curhat gak selamanya membuat gue bahagia, kadang ketika kita menggebet seseorang dan dia udah mulai terbuka dengan kita. Sampai akhirnya ketika dia curhat masalah percintaan. Kita bakal dibuat deg-degan sambil berharap doi ngasih kode kalo juga suka sama kita. Kadang kejadiannya begini,

“Gue lagi suka sama orang, tapi malu ceritanya….” Kata calon gebetan gue.

“Gak apa-apa, sama gue aja loh… cerita aja,” Jawab gue sambil mesem-mesem penuh harapan.

“Ummm… Gue suka sama Joko, lo ada saran gimana caranya supaya dia tau perasaan gue? Dia orangnya cuek sih, tapi itu yang bikin gue suka sama dia aaaaaak….”

Kretek. 

Terdengar suara hati yang retak dan suara yang terucap hanya, “Ummm… EH, LO TAU SIH GAK TERNYATA MATA UANG INDONESIA ITU RUPIAH! HAHAHA!”

Gak ada yang lebih nyesek ketika calon gebetan curhat suka sama orang dan itu bukan lo.
*Nulis-nulis nama mantan gebetan di pasir*
Semenjak kejadian retaknya hati gue itu, gue memutuskan pensiun sebagai konsultan cinta temen-temen gue. Hingga akhirnya beberapa hari yang lalu, ada yang ngirimin gue e-mail dan dia curhat tentang masalah percintaannya. Si pengirim e-mail kita sebut saja dengan nama Eva. Nama panjangnya Evala pundak lutut kaki. 

Loh? Guys? Pada kemana??

Oke gue lanjutin. Gue baca pelan-pelan isi e-mail dari Eva dan jiwa konsultan cinta gue kembali bangkit. Gue pengin bantuin dia dalam menyelesaikan masalahnya. Masalah yang dia alami cukup complicated.

Eva bercerita sekaligus bertanya:
Aku jatuh cinta sama sahabat aku kak, sebut aja Jack. Aku mendem banget perasaanku, jangan sampai ada yang tau. Cuma yang namanya cewek gak bisa mendem terus-terusan ya kak, aku akhirnya cerita ke  sahabat aku, Ayi. Dan sialnya, Ayi cerita ke sahabat kita yang lain, Dhevan. Dhevan itu super ceplas ceplos banget mulutnya kak, jadi aku harus nahan biar dia gak sampe bilang ke Jack. Ya aku jadi sering curhat ke Dhevan dan Ayi kak, mereka sih ngedukung aku kak. Cuma belakangan ini mereka suka ngodein si Jack, dan kayaknya Jack udah tau tentang perasaan aku kak. Cuma dia ya tetep kayak biasa. Nah, karena itu Dhevan dan Ayi nyuruh aku move on kak. Semenjak itu aku emang sedikit cuek sama Jack dan nggak tau kenapa aku ngerasa sekarang ada jarak antara kita kak. Aku merasa semakin kesini, kita semakin jauh kak. Sakit kak. Selama ini kita bareng terus, kalau ada apa-apa cerita. Dan sekarang aku mesti cuekin dia. Gimana kak? Menurut kakak apa yang harus aku lakuin? Lanjut buat cuek sama dia walaupun aku sendiri sedih banget? Atau tetep care sama dia kayak dulu, walaupun aku ngerasa kita udah jauh? Thx before kak, dibales yaaa. 

Yoga menjawab:

ELO SIH CERITA KE ORANG YANG MULUTNYA EMBER, GALAU KAN JADINYA?! MAMPUS!!

Ehm. Menurut hemat saya masalah lo ini FTV banget. Suka sama sahabat sendiri, tapi si doi cuek-cuek aja dan lo akhirnya milih menjauh biarpun rasanya sakit. Kalo di FTV endingnya ketebak nih: Doi ngerasa lo menjauh dan berusaha agar tetep dekat kayak dulu. Ternyata doi juga suka sama lo tapi takut mau nembak soalnya ragu kedekatan selama ini bener-bener karena cinta apa sebatas sahabat. #azeght.

Tapi, ini dunia nyata, bukan FTV. 

Kebanyakan cewek, lebih memilih memendam perasaannya dibandingkan harus menyatakan langsung. Ada beberapa alasan kenapa hal ini terjadi:
1.Gengsi.
2.Kodratnya cowok yang harus memulai duluan.
3.Cewek nembak cowok itu masih jadi hal tabu.
 
Cewek pas liat cowok yang ditaksirnya lewat.
Dalam kasus lo ini sebenernya agak rumit karena kalian sahabatan. Dalam persahabatan cowok-cewek pasti sering curhat bareng, jalan bareng, kadang bisa merangkul seperti tanpa dosa, bahkan kalo sampe yang bener-bener sahabatan itu kadang malah sampe saling manggil “beb” saking lamanya sahabatan. Jadi, agak sulit menentukan kedekatan selama ini bener-bener karena cinta apa sebatas sahabat. 

(Bentar, kayaknya gue udah pernah nulis kalimat di atas.)

Sebenernya ngeliat cowok itu tertarik sama cewek lumayan gampang: Kalo doi sering hubungin lo duluan dengan alasan yang gak jelas misalnya doi tiba-tiba nanya apa mata uang Indonesia? Bisa jadi itu cuma modus biar bisa ngobrol sama elo.

Atau sering nanyain sudah makan? Sudah solat? Sudah mandi? Sudah dikafanin? Itu juga bisa sebagai tanda-tanda kalo cowok tertarik sama cewek.
Atau lebih sering hubungi elo daripada sahabat lain jenis lainnya, balas sms cepet dan cenderung bikin banyak pertanyaan biar gak cepet udahan texting-nya, mendadak tau segala kegiatanmu dan masih banyak lagi.

Suka sama sahabat dan mau nyatain perasaan kita itu kayak cabut lotere. Kalo diterima bahagia, kalo ditolak pasti bakal awkward banget tiap ngumpul bareng. Malah kadang banyak persahabatan hancur karena ada yang pacaran. Misalnya aja kalian sahabatan bertujuh. Lalu ada dua orang dalam geng kalian yang pacaran. Pasti jadi jarang jalan bertujuh lagi kan? Giliran sudah putus, mau balik ngumpul juga pasti jadi berkurang anggotanya. Bisa jadi cuma berenam karena satunya gak mau ngumpul dengan alasan males ketemu mantan ntar gagal move on.

Jadi, lebih baik lo bersikap biasa aja ke Jack. Tetep ngasih perhatian sewajarnya. Jangan takut sama cueknya doi. Cowok emang gitu, kalo udah denger kabar ada cewek yang suka sama dia dan tiba-tiba nge-sms atau apalah pasti langsung sok cool. Tinggal liat sikapnya aja ke elo sekarang. kalo si Jack tiba-tiba suka ngasih kode kalo dia juga suka sama lo, yaudah..

..Follow your heart.

Tapi, hati-hati. Kalian sahabatan. Bisa aja kodenya tadi Cuma main-main buat godain sahabatnya. Pengalaman gue, dalam satu geng yang isinya cowok-cewek pasti ada cewek yang sering jadi target buat digodain atau digombalin buat becandaan. So, hati-hati. Jangan geer dulu.

Jangan sampe lo yakin banget Jack suka sama lo karena doi sering godain lo, di Line lo kasih stiker ini:
 
#KODEKERAS
Gak lama si Jack balas pake stiker:



BEST-FRIEND ZONE!!
Serem kan?!

Gue sih lebih milih kehilangan pacar daripada kehilangan sahabat. Lebih baik tetep jomblo tapi dekat dengan orang yang kita suka selama kita sendiri senang dan nyaman. 

I don't care what role that I've played, as long as I'm with you I'm happy.”

Semoga jawaban gue membantu.
****
Nah, buat yang pengin curhat ke gue kayak si Evala pundak lutut kaki, atau gak hanya curhat, bisa Tanya-tanya soal apa aja. Kalo jawabannya panjang gue jawab via postingan blog kayak gini. Identitas asli? Aman! Nah, kalo berminat curhat bisa kirim curhatannya ke e-mail gue:

yogaesce@gmail.com

isi e-mail dari evala pundak lutut kaki.
Ciao!!

40 comments

Kodrat DI INDONESIA dimana cowok harus memulai duluan.
Di negara-negara lain macam Jepang dan Amerika cewek yang nembak cowok jatuhnya umum kok.
Mungkin karena hal itu juga DI INDONESIA menurut pandangan umum cewek itu makhluk lemah, iya lemah, memperjuangkan keinginan sendiri aja mereka takut karena dipandang 'tidak normal' menurut pandangan rangorang.

Tapi kenapa peduli sama pandangan orang kalau hanya bikin diri sendiri menderita?
Kalau kata Bintang Timur "bodo amat, kenal juga kagak!"

Reply

Udah mulai duluan, endingnya cuman jadi BFF doang. Surem, ya.

Reply

mirip mirip enggak sama cerita gue.haha
iye follow your heart aja, bersikap seperti biasa akan jauh lebih baik daripada menghindar :)

Reply

gue jdi tergugah hatinya buat curhat sama lo. gue punya masalah hampir mirip sama masalah evala pundak lutut kaki ;_; Mamah curhat dong._.

Reply

Dear Eva (sambil gua ga tau orangnya akan baca atau ngga...well whatever deh)

Gengsi ga akan membawa hidup lu ke arah yg lebih baik. Cuma memang sayangnya lu tinggal di negara Indonesia di mana kalo cewe nyatain duluan, dianggap cewe gampangan. Sedih memang. Saran gua, lu berusaha keras deh kasih tanda-tanda ke si Jack kalo lu suka ma dia. Kalo lu beneran suka ma dia, ga ada gunanya cuma di keep sebagai sahabat. Buat cowo dan cewe, ga ada istilah best friend forever. Kalo lu cuma keep Jack sebagai sahabat, suatu hari dia bakal jadian ma cewe laen, terus nikah, dan saat itu dia akan dedikasikan sebagian besar waktunya untuk pasangan dia, bukan lu. Status sahabat kalian hanya tinggal kenangan. Trust me, I've been there =)

Ga tau lu baca ato ngga, tapi sesuai kata sang empunya blog...yg penting komen, betul? ;p

Reply

Jadi, best-friend-zone ini lebih nyakitin drpd friend-zone dan time-zone kah? :(

Reply

Iya sih. tapi kalau nyatain cinta duluan ke cowok itu katanya si cewek harga dirinya turun

Reply

Wihi mulai ada yang curhat ke bang yoga. \:D/
Godain dikit ah: CIye yogaa~
*kabur* hahaha. komen macam apa ini.

Reply

KOMENTAR MACAM APA INI?! *Cubit*

Reply

pola pikir gini harusnya dirubah sih :')

Reply

IYA!


Tapi masih lebih enak time zone. #SalahFokus

Reply

*bowing*

kalo si pencurhat cowok sih gue kasih saran gini juga bang, sayangnya dia cewek dan ada 3 faktor yang gue tulis di atas tadi :')

Reply

NAH! KODRAT SEPERTI ITU ADA DI INDONESIA!!

Open minded aja sih harusnya buat perjuangan perasaan :')

*tumben gak komen salah fokus, apa perlu tiap postingan gue bikin begini biar komennya asoy? :))

Reply

KIRIM KE E-MAIL GUE GIH! BAHAHAHA :))

Reply

Permasalahan utama cewek kayaknya begini semua ya? bahaha :))

Reply

Kak YOGA,....
Curhat Dong! Masa Pak Ahok sabar aja ditinggalin sama Pak Jokowi? kenapa dia gak merasa gimana gitu. Padahal diakan udah setiaa! iya! SETIA! #curhatdanGosipyangtertukar

Reply

Hahaha. (Boleh diawali dengan ketawa dulu kan? Gapapa kan?)
Iya juga sih, ada semacam sistem yang sudah terlanjur berjalan di Indonesia, yaitu cowok harus mulai duluan, biasanya cewek akan ngasih kode yang sulit untuk di-decode oleh cowok dengan menggunakan decoder apapun. Sehingga, proses ini akan menyulitkan bagi cewek itu sendiri. Ceweknya akan bilang cowoknya cuek dan nggak peka, padahal bisa jadi cowoknya beneran nggak ngerti apa-apa (baca: kode dari si cewek).

Oh iya, balik ke suka sama sahabat sendiri. Gue pernah baca kutipan yang kalau nggak salah isinya kayak gini, "Sahabat itu gampang berubah status jadi pacar, tapi nggak selalu berlaku sebaliknya", apalah pokoknya gitu.

Btw gue suka sama cara lo nulis.

Reply

pupuk buat Evala pundak lutut kaki hahaha :D
jadi ceritanya jadi pakar percintaan yang menjawab semua email masuk ya, kapan2 mau juga lah curhat ke kamu, hehe tapi gak jadilah entar malah ditulis di blog ini juga, kan malu apalagi ntar nama ku jadi Ivala pundak lulut kaki juga, hahaha
tapi gue setuju banget sama yang elu jawab, itulah susahnya kalau suka sama sahabat, yg ada ngebuat hancur, tapi kalau saling balas dan abadi ya bagus :D

Reply

waduh ini kisahnya mah engga beda jauh sama yang sering gue alamin-_- sahabat jadi cinta,dan putus yaudah engga akan bisa ngerasain kaya dulu lagi sama sahabat yg pernah dipacarin, lebih baik yaudah jalanin aja sahabat dengan rasa sayang yang lebih, kalo emang nantinya udah enggga kebendung yaudah langsung aja kawinin, eh maksud gue nikahin, gausah dipacarin dulu, anggep aja masa2 sahabat itu masa2 pdkt, kalo pas dan emang jodohnya yaudah sikat hehe, :D

Reply

"Suka sama sahabat dan mau nyatain perasaan kita itu kayak cabut lotere. Kalo diterima bahagia, kalo ditolak pasti bakal awkward banget tiap ngumpul bareng. Malah kadang banyak persahabatan hancur karena ada yang pacaran."

gue galamin kejadian persis kayak cerita diatas broo,,,, it so kampret bangat rasanya,,, huhuuhu....

Reply

Ternyata mas Yoga bisa dipercaya ya jadi tempat curhatan? haha, tidak meyakinkan.. canda-canda.
Curhat ke mas Yoga pasti serasa lagi di dukun.

Reply

INI CURHAT MACAM APA?!! -__-

Reply

Iyap. Sistem perasmaraan di Indonesia harus direformasi. Kasian cewek, gak bisa memperjuangkan haknya dalam menyatakan cinta.

thanks anyway :)

Reply

kirim aja kalo mau :p
HAHAHA IVALA~ Iya, kalo banyak yang ngalamin permasalahannya ya gue tulis di blog hehe, kayak gini kan rata2 semua cewek ngalamin :p
Iyap, i've been there so, gue lumayan bisa ngerasain dan tau :')

Reply

Gue setuju sama komen lo :)

Reply

I know that feel, bro :')

Reply

kalo lagi bener ya jawabannya gini, kalo lagi geser paling ujung2nya gue suruh jomblo aja #PenjombloanMassal

Reply

Baru-baru bener nangkap kalo sahabatan itu lebih enak daripada pacaran itu pas dijelasin salah seorang guru pas lagi kegiatan belajar mengajar di kelas. Dari situ baru bener-bener sadar kalo sahabatan memang lebih aman. Pacaran sama sahabat sebenarnya juga sudah membuat kita selangkah lebih dekat dengan aksi saling diam-diam dan males teguran. Tapi balik lagi, kalo cinta ya dikejar atuh. Persetan dengan konsukuensinya.

Gitu sih kayaknya.

Reply

gak papa sebenarnya, nyatakan cinta dari cewek ke cowok. Walau di Indonesia katanya gak umum, makanya dibuatin umum saja :) . Kalau saya mah kagak peduli yg nyatakan cinta mana dulu, pokoknya ketika itu sudah ada rasa dan kesempatan ya langsung aja ditembak.

Reply

Bodo amat! *eits ngeles

Reply

Btw lo udah berapa kali masuk Friendzone?

Reply

lebih sering hts-an daripada kena friendzone :))

Reply

kalo udah sama2 yakin buat pacaran sih gak masalah, apalagi kalo cowok, kan biasanya nekat dan perjuangin apa yang diinginkannya :))

Reply

iya tapi di indo masih tabu cewek yang mulai duluan haha

Reply

Pad lo bilang "mending kehilangan pacar" gue setuju tuh.. Bahagia aja kalo lihat jomblo dakwah 😀😂

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!