A Great Story Comes With Great Stupidity : Game Luar Negeri Terinspirasi Dari Indonesia?

Game Luar Negeri Terinspirasi Dari Indonesia?

Hampir semua orang pasti pernah main game di komputer/pc. Disaat jenuh ngerjain tugas, capek bikin laporan, gak ada video bokep baru, pasti game lah yang jadi pelarian.

Gue sendiri sering habisin waktu berjam-jam di depan komputer cuma untuk main game. Salah satu game favorit gue adalah football manager. Sampai sekarang gue masih mainin versi 2011. Selain karena spek laptop gue yang kurang mendukung, tim yang gue latih di sini udah jauh banget, udah sampe tahun 2017. Pemain macam Steven Gerrard, Frank Lampard, dan temen seangkatannya udah pada pensiun dan jadi pelatih/manager sebuah klub juga. Sir Alex Ferguson? Hggg... Profilnya sudah gak bisa di klik, mungkin beliau udah pensiun dari dunia (persepak bolaan).

Nah jeleknya adalah ketika sudah banyak pemain asli pensiun, mulai bermunculan deh pemain muda yang tidak nyata (disebutnya pemain regen). Jadi, gue agak bingung dalam membeli pemain baru. Akhirnya gue ngulang main FM lagi dari awal. Iseng, gue ngelatih klub asal Indonesia. Ternyata peraturan liga indonesia diterapin di game FM ini juga. Batasan pemain asing cuma boleh 5, suspend 1 pertandingan saat sudah nerima total 5 kartu kuning. Untungnya di game ini gak ada yang namanya telat bayar gaji pemain biarpun pengeluaran per bulan lebih banyak dari pada pemasukan. Hehe..
 
tim yang gue latih juara liga champions asia.
Karena game ini juga gue jadi kepikiran, gimana kalo game lain juga ngambil atau nerapin setting ala Indonesia di game-nya? Gimana jadinya?

1. Rise Of Nations

Terakhir gue main game ini adalah ketika kelas 1 SMA, itu sekitar taun 2009/10. Waktu itu gue main yang versi Rise of Nations Gold. FYI, Game ini tentang strategi perang gitu. Banyak mode perangnya, ada mimpin pasukan bareng Alexander the Great hingga perang zaman cold war (perang dingin) antara Amerika Serikat dan Rusia. Gue paling suka main mode conquer the world. Jadi, kita bakal disuruh milih satu suku/bangsa buat nguasain dunia. Setiap suku/bangsa itu punya kelebihan dan kelemahan, misalnya aja pilih inggris, kelebihannya armada lautnya kuat. 

Nah terus gimana caranya nguasain dunia?

Perang dengan suku/bangsa lain itu. Yang keren adalah perangnya dimulai dari zaman perang pake lempar-lemparan tombak sampai lempar-lemparan bom nuklir.

Sayangnya di game ini gak ada Indonesia, cuma ada peta negaranya doang. Nah, misalnya ada di Indonesia, pasti keren tuh kalo Indonesia yang nguasain dunia (walau cuma game). Juga pasti keren kalo ada mode perang antar kerajaan di Indonesia. Bisa sekalian pelajarin sejarah juga. Dan gue yakin, kelebihan bangsa indonesia adalah bisa ngeluarin siluman naga buat jajah negara lain.

2. PES/FIFA
Siapa sih yang gak tau game PES dan FIFA? Tiap tahun, kedua game ini terus bersaing memperbaiki kualitas gamenya agar terkesan nyata seperti aslinya. Baik dari segi grafis maupun gameplay.

Misalnya di tahun-tahun mendatang game ini bisa memberikan efek 'real' dan mengambil setting klub serta stadion sepak bola indonesia pasti....
Misalnya hujan, ngoper bola, bolanya berenti di tengah karena lapangan becek.

Misalnya gol tapi dianulir karena offside, hakim garisnya bisa dipukulin.

Misalnya lagi tanding lawan klub rival dan kalah di kandang, suporter bakal rusuh. Wasitnya bisa dipukulin.

Wasitnya juga bisa ‘berat sebelah’ misalnya mimpin partai kandang.

komentatornya juga bakal pake komentator Indonesia,
"BerbaHAYAAAAAA!!! AHAY PEMIRSA!!! HAKIM GARISNYA DIPUKULIN!!!"
Keren. Abis.

3. GTA
Sebenernya gue gak terlalu suka main GTA, gue main game ini kalo lagi bete aja. Jadi, gue bakal terbang pake jetpack, naik ke atas gedung, tembakin warga pake bazooka sampai bintang gue 5 alias most wanted. Pas udah dikejar polisi, aktifin deh cheat no-stars. Polisinya bete gue kerjain.

GTA ini tentang kehidupan gangster. Misalnya ngambil setting di Indonesia? Pasti dia tinggal di emperan toko atau numpang tidur di mesjid. Misalnya lagi jalanin misi, lewatin pasar, malah dipalak preman. Lari dari kejaran preman, malah tersesat di jalan tikus. Lalu digebukin preman. Mati. 

Kalo di game GTA misalnya mati pasti game akan diulang dari keluar rumah sakit. Kalo di GTA versi Indonesia ini gak bakal bisa keluar dari rumah sakit. Gimana mau keluar kalo gak ada yang bayar? Dokter tidak akan bekerja sebelum bayar uang muka dulu. Sinetron abis.

4. Need For Speed (NFS).
Game balapan ini terakhir gue mainin pas kelas 2 SMA, sekitar taun 2010/11. Di game ini kita bakal jalanin misi berupa balapan-balapan liar di jalanan kota. Kadang yang ngeselin pas udah mau finish malah nabrak pengendara atau mobil biasa.

Nah, gimana kalo game NFS ngambil setting di jalanan jakarta?
Bukannya balapan, yang ada malah bagaimana cara keluar dari kemacetan. Gamenya pun bakal berubah nama jadi Need For Stuck.

5. Cooking Academy.
Sumpah, gue gak pernah main game ini. Gue tau game ini pas SMA kelas 1 dari temen gue yang cewek, kebetulan doi duduk di depan gue dan suka main game ini.

Jadi, kita bakal disuruh masak; mulai dari potong bawang, kupas kentang hingga goreng adonan. Gue pernah nyoba main dan dapet misi goreng pastel, hasilnya gosong semua. (Tadi katanya gak pernah main game ini). Nah, misalnya game ini pake resep ala orang indonesia, pasti gak bakal gosong. Soalnya udah dikasih boraks, pasti pastel gue jadi kuning kecoklatan dan makan-able.

6. Crazy Taxi
Di game ini, kita berperan sebagai sopir taksi dan mengantar penumpang sesuai tujuannya dengan batas waktu yang ditentukan, tergantung jauhnya.
Kalo kita berhasil ngantar penumpang tepat waktu, dapet duit. Kalo gagal? Ya dia gak bayar terus waktu kita terbuang percuma. 2 penumpang aja yang begini pasti game over.

Coba misalnya game ini pake setting di jalanan kota jakarta.  Baru juga jalan 5 detik, udah kejebak macet. Lewat jalan tikus malah ketemu preman. Digebukin. Mati bareng penumpang.

Udahan ah, sebelum postingan ini makin absurd. Ciao!
*terbang naik naga*



sumber gambar:
GTA.
NFS.

35 comments

Tjakep!!kocak bet dah yak haha xD akhirnya.......

Reply

Hahaha gue dulu sering main crazy taksi. :))
Itu kurang ajar amat yang pes/fifa. Apa-apa wasit dipukulin. Hahahaha.

Reply

ini abis nostalgia atau abis teler? -________-

"Soalnya udah dikasih boraks, pasti pastel gue jadi kuning kecoklatan dan makan-able."
ini juga pasti udah pengalaman bikin pastel pake boraks :P

Reply

Kalo di PES/FIFA selain wasit dipukulin, bisa juga yel-yel "Wasit gobl*k!" tuh.
Kalo di FM mungkin nanti kita yg frustasi mainnya bro, tiba-tiba konflik federasi, pemain dipanggil pelatnas jangka panjang, pemain kita dipenjara gara-gara mukulin orang di diskotik (inisial DM) hahaha.

Terus kalo cooking academy juga jangan sampe ada di versi Indonesianya, nanti dicaci maki makanan kita kayak sampah.

Reply

Crazy Taxi ..... ternyata Yoga tua :v

Reply

gue sukanya men Bisi-basi yog. PS1 -_- zaman purba banget emang.
kalo PS2 gue ga terlalu suka game berbau petualangan. ngebetein, bikin bolak-balik kencing mulu, soalnya tegang.

kampret banget emAng kalo NFS setingnya di indonesia, apalAgi pas hari lebaran kudu mudik. lewat jalan pantura, macet lagi. nilai balapannya dimana :3 ABSURD..

Reply

wkwkwk GTA seting di Indonesia. Gak kebayang sama gue. Apalagi pas lo bilang, kalo lewat pasar bakal di palaki preman. xD
atau bisa juga di kejar sama anjing haha

Reply

huahahaha, gak nasionalis lu ah :p gak cinta negeri sendiri ye?
haha

parah ah dijelek-jelekkin mulu walau pd nyatanya emang gitu
hmm
tp gokil ;)

Reply

dari keenam game yang diceitain, aku paporitin 2 game.. cooking akademi sama NFS. keren kan? keren dong :3 suka aja sih.. dan ga mau ngebayangin kalo arena balapan NFSnya di jalan2 umum jekardah.. mana bisaaa plissss -____-

Reply

Dulu sukanya main Cooking Academy, seru tapi kadang bikin panik juga --

Reply

Bayangin yg Cooking itu dengan resep masakan daerah di Indonesia. Gilaaak! Keren abeez :))

Reply

Gile luhh...imajinasi lo bisa sampe mosting absurd yg kyk gini...haha.. sama gue jg pernah ngebayangin, kapan yah game PES, penontonnya turun kelapangan bikin ricuh... ngelemparin botol aqua ... trus ngejar wasit,

Reply

hahaha. aku cuman tau NFS sama PES...
NFS sih mending dibikin jadi game strategi buat ngehindari kemacetan...
tapi cooking academi bakalan keren banget kalo di mix sama masakan indonesia...secara kuliner di indonesia itu banyak-banget dan enak2...

Reply

hahaha. aku cuman tau NFS sama PES...
NFS sih mending dibikin jadi game strategi buat ngehindari kemacetan...
tapi cooking academi bakalan keren banget kalo di mix sama masakan indonesia...secara kuliner di indonesia itu banyak-banget dan enak2...

Reply

Aku cuma tau 4 game yang di tengah. Tapi kayaknya seru juga ya kalo emang beneran di Indonesia. Kalo PES nanti ada supporter yang rusuh, lempar-lemparan bekas minuman plastik, atau ngerusak pager. Polisi shock._.

GTA aku pernah main dan seru sih. Sayang nggak pernah tau cheat-nya :(

Paling parah kalo cooking academy tuh. Sebelum masak pasti chefnya mau ikutan eksis di depan kamera. Terus mereka basa-basi dulu dan dadah-dadahan sama kamera. Terus nunjukin dulu bahan-bahannya. Terus ditambah iklan produk yang bakalan mereka pake. Halah, baru aja ngomong waktunya keburu abis duluan. Gagal terus misinya:(

Reply

Liar juga imajinasi lo Yog haha
yang game FIFA itu kampret banget :D

GTA itu mungkin bisa juga sekalian ikutan geng motor biar gaul, bacokin orang2 di jalan... game masaknya kalo berhasil ntar ada backsound VOILA~~~~

Reply

hahaha tiba2 kepikiran aja x))
kalo FIFA emang gue bayanginnya gitu, taulah sepak bola indonesia kayak mana? :))

bisa tuh, terus terobos jalur busway haha.
faaak, gue tambahin bisa nih yang game masak

Reply

Hahaha.. tipikal suporter di indo kan gitu :p

GTA mah cheatnya banyak, tinggal gugling aja~

HAHAHA... BENER TUH!! :))

Reply

Nah, bisa tuh. Jadi game strategi nyari jalan pintas.

Iya kalo beneran masakan indonesia pasti keren, bukan bahan campuran yang aneh2 itu x))

Reply

TUA! x))

Wasit selalu jadi kambing hitam. *pukpuk wasit*

Reply

habis ngelamun x))

elaaah, gue korban reportase investigasi. Kan dikit2 pake boraks tuh pasti liputannya haha

Reply

so pasti chantsnya ada chant a la suporter indonesia juga...

Hahaha, kampretlah pelatnas jangka panjang, balik2 pemainnya teler semua :))

Reply

tau2 gamenya ada di laptop gue bang -__-

Reply

apa itu bisi-bisi? kayaknya kita beda generasi x))
Rata2 ini game PC kok, kalo game petualangan paling save-load doang biar gak ngulang jauh :p

HAHAHA... Bisa nih buat tambahan..

Reply

bukannya gak nasionalis, emang gitu keadaannya kan? gue cuma nyampaikan keresahan gue lewat sudut pandang lain, gue analogikan ke game :)

thanks anyway :))

Reply

hahahaha... biar ke jalan tolnya juga macet ntar, need for stuck jadinya

Reply

kadang kalo mousenya rusak juga ngeselin, kan diburu waktu tuh haha

Reply

kalo resep masakan indonesia emang keren. kalo bahan campuran yang dilarang itu yang jadi masalah hehe

Reply

#KemudianJadiGameSmackDown haha

Reply

Elo mah mikir gak bagus mulu tentang indonesia.
Emang gak bangga apa di indonesia terlahir alat transportasi elang dan naga?
Dan itu kan bisa jadi game ketjeh bingits.
Game Balapan elang gitu.

Ya gausah di bayangin deh kalo itu game semua yang lo sebutin bersetting kan Indonesia.
Yang main stress, pemain di dalem game nya lebih stress.

Reply

kalo menurut gue kayaknya judul crazy taxi kurang cocok, mending crazy angkot biar lebih sesuai dengan realita, haha :D

Reply

lah emang judul game aslinya itu, kalo versi indonesianya bisa lah :))

Reply

*hening*
eh keren tuh balapan pake elang atau naga haha

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!