A Great Story Comes With Great Stupidity : Alasan-Alasan Untuk Ngefans Klub Bola Luar Negeri.

Alasan-Alasan Untuk Ngefans Klub Bola Luar Negeri.

Kompetisi liga-liga top eropa musim 2013-2014 sudah  dimulai. Gue yakin bukan cuma fans club bola aja yang seneng, para jomblo juga ikutan seneng. Akhirnya ada yang bisa dijadiin alasan untuk gak malam mingguan. ALL HAIL, MBLO!

Ntah perasaan gue aja atau emang kenyataan pada musim ini makin banyak yang suka klub bola luar negeri. Hal ini ditandai makin banyak orang yang update #GGMU #YNWA #HalaMadrid #ViscaBARCA #GWS #TFT di twitter. Juga dengan banyaknya orang yang pergi ke mall bahkan kampus pake jersey klub bola.

Iya, kemana-mana pake jersey bola kesannya gaul. Padahal sekitar taun 2006 kemana-mana pake jersey, lo bakal dibilang "ucup bajaj bajuri." 
 
Bad Luck Ucup
Yea, mungkin si Ucup lagi ketawa melihat banyaknya pengikutnya saat ini.

Banyaknya orang yang mendadak suka klub sepakbola (fans baru) kadang bikin gue gregetan. Waktu itu di liga champions Juventus bakal hadapin glasgow celtic. Temen gue yang baru ngefans juventus setelah baru juara di musim 2011/12 pun tanya ke gue, "Yog, Liga champions ini klub-klub eropa kan?"
"Yoi." Jawab gue santai.

"Lah, juventus kok ntar subuh lawan celtic??" Tanyanya lagi.

Gue cukup maklum, mungkin dia baru tau ada klub namanya Celtic.

"Lah kan celtic juara liga skotlandia, negara eropa." Jelas gue panjang lebar.

Gak sampe nunggu boyband punah, temen gue nanya lagi, "Loh? Celtic itu bukannya Amerika ya?"
Gue keplak kepala temen gue, "ITU BOSTON CELTIC, BANGKE!! KLUB BASKET!!"

Sama-sama celtic, sama-sama ijo, tapi beda benua..
Gue maklumin sih. Sama kayak jatuh cinta, pasti butuh proses untuk mengenalnya lebih jauh, tapi jatuh cinta pasti juga butuh alasan. Apa alasan orang bisa suka sama klub?

1.Mainnya enak diliat.
Fans baru tipe ini mungkin pada suatu sepertiga malam sedang mimpi basah dan terbangun, karena gak nyaman dia ke kamar mandi dan tak sengaja cuci muka. Akhirnya gak bisa tidur dan memutuskan nonton TV, saat itu dia takjub melihat pertandingan sebuah klub yang mengandalkan operan dari kaki ke kaki. Lawannya hanya dapat mengejar bola tanpa hasil kecuali kekalahan telak. 1 menit kemudian dia memutuskan menjadi fans klub tersebut.

2.Ikut-ikutan temen.
Orang suka sama klub bola juga bisa disebabkan terpengaruh temen. Sering diajak nonton bareng, karena keseringan  ikutan nobar akhirnya dia jadi fans klub tersebut.

Atau mungkin, sewaktu diajak nonton bareng, dia dihipnotis untuk ngefans sama klubnya itu.
“Dalam hitungan ketiga, anda akan tertidur. 1... 2... 3....”

*tidur*

“Saat terbangun nanti, anda adalah seorang fans Norwich city. Dan ketika anda mendengar tepuk tangan, maka anda akan  segera terbangun.”

*bangun* “GUE SUKA NORWICH CITY! LOGONYA IMUT! WARNANYA IJO-KUNING. AAAAK KEREN BANGET!!!”

Mission accomplished.

3.Karena Jersey-nya kece.
Sebenernya ini alasan yang cukup aneh, cuma karena liat jersey-nya keren, dia akhirnya ngefans. Mungkin ini yang namanya cinta pada pandangan pertama.
Contohnya temen gue suka man.united karena jersey away-nya musim 2012/13 yang mirip baju bayi. Tapi sayangnya wajah temen gue tidak mendukung untuk memakai jersey itu. Bayangkan saja wajah perompak somalia memakai baju bayi. BAYANGKAN!!

Nah, jersey klub kece juga bikin banyak cewek-cewek ikutan pake jersey. Dan menurut gue, cewek yang pake jersey, itu tingkat kecantikannya bertambah 100%. Suer.
 
*mimisan*
4.Benci klub rival
Benci klub rival juga bisa dijadikan alasan untuk ngefans sama klub. Contohnya temen gue. Dia fans Arsenal dan benci klub Chelsea karena meraih banyak gelar sejak jadi klub kaya. Tiap ada chelsea tanding lawan klub apapun dia pasti mendukung tim yang menjadi lawan chelsea. Termasuk misalnya Chelsea vs Hull city. Dia akan dukung Hull City. Ini karbitan banget.

5.Suka sama pemainnya
Fan tipe ini biasanya didominasi oleh para cewek-cewek. Alasannya simpel, cewek suka nonton bola karena pemainnya ganteng. Mungkin awalnya dia liat pemain yang ganteng itu, akhirnya dia juga suka klubnya. Yang jadi masalah adalah ketika pemain itu pindah ke klub lain. Dia akan pindah klub kesukaan juga ke klub baru dari pemain ganteng tadi.
 
true story.
6.Jarang kalah
Sekarang lagi jaman bully-bully-an antar fans klub bola misalnya dalam suatu pertandingan klub favoritnya kalah. Karena gak mau diolokin akhirnya mereka milih ngefans ke klub yang sering menang. Tapi, sepandai-pandainya playboy memikat, akan kena PHP juga.

Temen gue ada yang begini, dia ngefans dengan klub berinisial FCB. Sewaktu pertandingan liga champions musim 12/13 klub FCB itu kalah 7-0 padahal biasanya selalu menang. Akhirnya dia gak tahan di bully, dia berenti suka sepak bola, berubah jadi suka balet.

7.Sok anti-mainstream.
Fan tipe ini resah dengan banyaknya fan karbitan. Mendukung tim besar di berbagai macam liga udah mainstream. Akhirnya mereka mendukung tim-tim kecil untuk merasakan sensasinya menang-kalah-dicurangin wasit.  Ngefans dengan Scunthorpe contohnya. Ada yang tau klub apa itu? 
*brb googling*

8.Karena pacar.
Gue sering liat cewek-cewek ngambek di timeline twitter karena dicuekin cowoknya yang sibuk nonton bola. Dan cowoknya bakal membela diri, “coba deh kamu nonton bola, kamu rasain deg-degannya!”

Akhirnya cewek tadi ikutan nonton bola.

Cewek tadi ikutan ngefans dengan klub kesukaan pacarnya.

Mereka beli jersey couple.

Hoek.
jersey couple.
jersey threesome.

9.Glory Hunter
Masih perlu dijelaskan?

Menurut gue nih, sebagai orang Indonesia yang terkenal dengan fanatisme terhadap sepak bola, wajar sih kita punya tim favorit luar negeri, tapi gak perlu lah sampai marah kalo klubnya kalah terus diejek. Mereka tim luar negeri, fans asli di negaranya yang lebih berhak marah kalo dihina. Kadang juga mereka saling ejek lewat chants saat di dalam stadion. Begitu keluar dari stadion ya udah, biasa aja.

Ngefans lah secara wajar, jangan terlalu fanatik. Apalagi yang diidolai klub luar negeri, bukan klub atau negara sendiri.


Sumber gambar:
http://twicsy.com/i/gYtnXc
http://odetjersey.blogspot.com/2012/09/jersey-couple.html

30 comments

Fans Manchester United ninggalin jejak di sini!

*ngacir*

Reply

GUE LIVERPOOL!! MAU APA LO!! :))

Reply

Kurang hobi ngurusin bola, tapi ngakak aja bacanya. Fak banget, Yog! :))

Reply

Gak terlalu suka nonton bola sih, maklum cewe, hehehe. Tapi suka penasaran sama hasil pertandingannya :))
Kebanyakan temen gue yang cewek, sukanya sama klub-klub gede kayak Barcelona, Real Madrid, MU. yg dukung AC Milan aja gue belum pernah nemu...

Reply

Arsenal! hehe
Aku suka Arsenal awalnya suka pemainnya, Cesc (poin kelima bener banget). Tapi pas Cesc pindah, malah mantep suka Arsenal. Kadang suka sesuatu emang perlu alasan kecil dulu. haha

Tapi emang bener, jadi fans ya biasa aja. Pemainnya aja suportif, masa' cuma jadi fans malah enggak. Kalo gak suka klub favorit kita diejek ya santai aja. Anjing menggongong, khafilah tetap berlalu :)))

Reply

Kadang bisa juga gitu, suka pemainnya dulu, suka klubnya, biar pemainnya pindah tetep suka klubnya :D

yoi, tapi kebanyakan orang indonesia ngerasa jd fans no.1, klub favoritnya diejek langsung marah xD

Reply

cewek udah banyak kok yg mulai suka bola tapi ya gitu, sukanya sama klub gede doang :))

Reply

...ini anonim komen malah isi pake username twitter gue -__-

Reply

Hahaha. Point pertama nyindir barca banget. :))
Untung gue tipikal orang yang setia. Sejak lahir tau klub bola cuma AC.MILAN sampe sekarang udah gede gini. Tapi, sekarang milan sedang mengalami masa krisis. Dan, gegara itu gue dibully sama karbitan jaman sekarang. Kampret!

Reply

aku sukanya Chelsea ajaa eh... tp kurang suka sih nonton bola

Reply

haha gue liverpool, 2 musim di bully tetep sabar :') I KNOW THAT FEEL BRO

Reply

dulu suka di panggil ucup sama abang gue, itu karena gue suka pakai kaos bola. mungkin karena pengen bales dendam gue suka sama MU yang waktu itu lagi panas-panasnya sama Arsenal. yang dasar abang suka sama Arsenal.

Reply
This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

Gue fansnya FCB tp kuat waktu d bully 7-0. walaupun kalah gue gk pindah klub. dan gue ngakak baca postingan ini. :)

Reply

sayang alisa subandono nggak pake jersey MU, cantiknya jadi 80% seperapat .
haha

setau gue kalo fans2 karbitan biasanya suka yang club-nya lagi booming juara berkali-kali, karbit emang. hih

Reply

Gue adalah fans bola musiman.. Gue selalu suka Tottenham hotspur kalo motogp lagi jeda.. Ahaha

Reply

Hahaha gue sukanya Barca, yuppp pertama karena pemainnya si Aa Mesi..
Dan kedua krn permainannya ^^

Reply

tuh kan bener dipanggil UCUP :)))
jadi, lo suka MU karena ucup? huahaha

Reply

huahaha good.
thanks anyway :)

Reply

bagus pake liverpool #lah

yoi. poin nomer 9. gak perlu gue jelasin :))

Reply

Gue Liverpool. Dan tapi dulu banget. Sekarang malah ngga begitu ngikutin. Apalah daya aku hanya manusia biasa. :(

Reply

aku sih untungnya ga suka klub bola

Reply

gue juga, gue sukanya cewek #lah

Reply

wah sama *toss*
liverpool 3 musim terpuruk, musim ini sih kayaknya bangkit :))

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!