A Great Story Comes With Great Stupidity : Analogi percintaan dalam PES

Analogi percintaan dalam PES

Cowok dengan game adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Layaknya roti tawar dan selai m*rin, mereka telah berjodoh. Pun anak cowok dengan game. Game yang banyak menjadi favorit anak cowok adalah Pro Evolution Soccer (PES) atau FIFA. Saking maniaknya sama game ini, gue sering banget liat tweet conversation kayak gini:

Cewek: "sayang, bisa bantu aku sebentar?"
Cowok: "aku lagi sibuk main FIFA."
Cewek: "oke! Aku pergi!"
Cowok: "oke sayang, beri aku 5 menit dan aku akan bantu kamu… untuk berkemas."
Cewek: *nangis kejer*

Gue pun kemaren ngalamin hal ini sewaktu lagi main PES, pacar gue sms.

Pacar: "Sayang, kok lama sih balasnya? Kamu lagi apa?"
Gue: "Lagi nge-PES beb"
Pacar: "OH."

FYI, cewek kalo sudah balas sms lo cuma 1 kata, capslock nyala, tanpa emoticon, itu artinya dia ngambek. Apalagi diduain sama game. Dan gue punya cara jitu ngatasinnya. Gue balas, "daripada aku main cewek mending main game kan?"

Pacar: "bye."

Dan ternyata cara gue gak berhasil. Doi makin ngambek dan gue ditinggal tidur. Antiklimaks.
Padahal, cowok yang lagi sibuk main game dan masih sempet balas sms dari pacarnya itu... Cium-able! Apalagi kalo si cowok lagi sibuk main game online, lagi war guild dan rela pause gamenya untuk balas sms dari pacar, itu... Suami-able! 

Percayalah, cowok gamers itu adalah tipe cowok romantis, walau kadang bau amis karena keasikan main game, lupa mandi.
Main game terutama PES itu tidak hanya untuk mencari hiburan, tapi juga pembelajaran soal cinta. Gak percaya? Gue punya beberapa analogi ngaco soal fungsi tombol stik PS. Here we go...

KOTAK + X , fungsi kombinasi ini di PES adalah ketika mau melakukan shooting, ternyata gak jadi atau hanya gertakan. Sama seperti dalam percintaan, ketika mau nembak gebetan, eh malah gak jadi. Siap-siap deh dicap PHP.

L1 + SEGITIGA (umpan lambung), untuk memanjakan striker yang sudah menunggu di daerah pertahanan lawan. Umpan lambung juga bisa dianalogikan sebagai gombalan untuk memanjakan gebetan agar doi klepek-klepek dan siap dijebol gawangnya. Ntah apa maksudnya 3 kata terakhir itu...

SEGITIGA FULL BAR, umpan terobosan mendatar untuk striker yang sudah siap menerima bola. Untuk memberikan umpan langsung, kita harus bisa memprediksi doi siap menerima atau tidak? Kalo dirasa sudah siap, berikan umpan terobosan berupa ajakan nge-date. Nonton, dinner atau ngepet bareng misalnya.

R1 + BULAT. R1 = lari. Bulat = sliding tackle. Terus berlari mengejar calon gebetan dan melakukan sliding tackle ke pacar doi. Trik ini cocok bagi kalian yang hobi nikung pacar orang.
Tapi kata temen gue si @ryanfrzl, "R1 + BULAT itu beresiko kena kartu merah, sebaiknya R1 + X, pelan-pelan bikin gebetan putus dari pacarnya."

Iya, Ryan bener-bener tukang tikung sejati.

ARAH BAWAH, KOTAK 1/2 BAR digunakan untuk melakukan tendangan bebas dari jarak dekat. Sama seperti nembak gebetan, kedua belah pihak harus sama-sama merasa dekat. Jika sudah, tunggu apalagi? Tembak!

Nah, jika masih belum yakin tentang kedekatan kalian, si @ramydhia punya trik lainnya, "ARAH BAWAH, KOTAK SEUPRIT alias pencet dikit aja, itu sama aja kayak cari kesempatan dalam kesempitan"
 Iya, ketika kita belum yakin doi memiliki perasaan yang sama dengan kita sedangkan keadaan sudah memaksa (gak tahan kelamaan jomblo) dalam menembak target kita harus bisa cari kesempatan dalam kesempitan. GOL alias diterima ya syukur,kalo ditolak?

Pencet R1 terus! Yang fungsinya adalah lari dari kenyataan...

Memang sih cari pacar jaman sekarang rada sulit, ada kalanya ketika kita menembak ke arah gawang, ditepis kiper dan menghasilkan corner kick (baca: nembak gebetan-ditolak-masih bisa nembak lagi asal kuat mental). Dalam corner kick itu yang harus lo lakuin adalah pencet X --> drible ke kotak pinalti --> gocek --> X ke temen yang kosong --> shooting --> GOL. Siapakah yang melakukan X ke temen yang kosong? Sebut saja dia makcomblang.

Tapi... Kadang juga orang yang melakukan tendangan corner kick bisa langsung menghasilkan gol. Itu artinya lo udah ditikung temen lo sendiri yang punya skill dewa. Dikhianati temen dalam urusan percintaan itu perihnya sama kayak sariawan diolesin balsem geliga.

Atau malah saat lo lagi dioper, lo malah tekan R1 dan bolanya out atau keluar. Sama kayak lo dicomblangin, eh elo-nya sok-sok gak mau padahal sudah jomblo sejak masih dalam bentuk sperma. Sia-siain peluang!

Kata pepatah, "jangan menyia-nyiakan peluang yang ada." Hal ini berlaku juga saat lo dapet hadiah pinalti. Itu artinya kesempatan lo untuk mencetak gol benar-benar terbuka. Ibaratnya sudah berduaan sama gebetan dan tinggal nyatain perasaan. Banyak kemungkinan yang bakal terjadi:
1) Pencet kotak full bar = lo gak bisa manfaatin peluang, depresi kelamaan jomblo.
2) Stick tiba-tiba rusak = sudah siap nembak, eh inget belum dibolehin pacaran sama orang tua.
Dan kata @Rambun14, saat mengeksekusi pinalti yang harus lo lakukan adalah... Sembunyiin stik! Biar bisa manfaatkan peluang yang ada dan doi gak ditikung temen lo yang siap nyamber bola hasil tepisan. Duh..

penalti, bisa banyak kemungkinan yang terjadi..
Cari gebetan itu jangan mudah putus asa walau "X-SEGITIGA-BULAT gagal dan berakhir BOLA OUT. Jangan BANTING STICK!" (Baca: frustasi banyak modusin orang tapi gak ada satupun yang nyantol)
Milih gebetan juga berprinsip sama asas difficult game PES. "Jangan main dengan difficult superstar kalo lo main dengan difficult amateur aja kalah 5-0." Lo harus sadar kemampuan lo atau memantaskan diri.
Kata si @ramydhia lagi, "sama kayak Throw in malah pencet bulet, itu sama kayak sok-sokan ngincer gebetan yang jauh padahal ada yang dekat ada yang ngarep."

Setelah memilih calon gebetan yang bener dan lo mau nembak, gue saranin pencet L1 + KOTAK. Itu digunakan saat one-on-one dengan kiper dan kita men-chip bola melewati kepala kiper yang hanya bisa melongo dan akhirnya gol. Tembaklah gebetan dengan kata-kata yang bikin doi nge-fly dan takjub.
Jika gol alias diterima, gue yakin lo bakal lakuin: REPLAY GOL-NYA DAN DI-SLOW MOTION BERKALI-KALI! Sambil bilang "wuiihh.. Keren kan gol gue? Keren kan?"

Semacam pamer kalo punya pacar ke temen yang masih betah jomblo. 

Setelah punya pacar pun kadang mulai muncul konflik. Beberapa analogi tentang konflik yang mulai muncul sebagai berikut:
"@ryanfrzl: *temen lagi ke wc* gol-in ke gawang sendiri pake team temen. = pacaran sembunyi-sembunyi, giliran ketauan bilang "engga kok engga. cuma temenan"

Atau..

"@ramydhia: lagi diserang di kotak pinalti, pencet start = ke-gep selingkuh, masih banyak alasan."

Akhirnya putus dan yang dilakukan adalah:

"Lagi asik nyerang, pencet start pura-pura ganti pemain = bikin cemburu mantan dengan cara pacaran di TL pake RT"

Bikin cemburu mantan walau lo punya pacar baru itu bukan tindakan bijaksana, sama aja kayak belum bisa move on alias BULAT+X, sudah mau ngasih umpan silang ke kotak pinalti, eh gak jadi.

Dan yang paling penting, ketika main PES, lo lagi nyerang di kotak pinalti lawan, tiba-tiba pemain lo di-smack down wasit, gue saranin lo segera lari keluar kamar dan teriak, "INI KIAMAAAAAT!!!"

63 comments

Shit, jomblo sejak masih bentuk sperma x)))

Reply

Jir.. Cakep! Coocok dah

Reply

huahahahaha ternyata lengkap banget jadinya XD
kapan-kapan kita harus main PES bareng nih

Reply

huahahahaha ternyata lengkap banget jadinya XD
kapan-kapan kita harus main PES bareng nih

Reply

CAKEPPPP !!! Ini postingan bikin malem minggu makin kerasa. Gue yg belum pernah menang main PES, jadi mikir apakah gara2 itu sampe skg gue belum jadian ? Anjing !

Jadi gue terlibat cinlok, cinlok ini gue dan dia yg pertama mulai di kelas. Kita udah kek pacaran, gue nyanyiin lagu, ngasih surprise ulang tahun yg keren, pacaran sampe dia tidur2an di paha gue, main uno bareng, kemana-mana bareng. Overall gue nikmatin itu banget.

Lain cerita, lo harus tau kalau gue macarin orang LDR. Jadi tau sendiri lah resiko orang main api. Sampai skg gue masih nyari peluang buat ngegolin tuh bola ke gawang. Soalnya pacarnya dia udah nggak peduli, gue kasian kalau dia harus dibikin nangis mulu tiap hari. Bawaannya nggak ada harapan hidup. Gue mau dia bisa ceria lagi, kayak pas gue htsan sm dia.

Sedih njingg :'))

Lo ibaratin model htsan sm orang LDR kalau di pes gimana ?

Gue lawan temen gue aja kalahnya jauh, 1- 6, 11-0, terakhir sih 2-3. Gue kalah mulu. Alhasil temen2 gue yg cinlok udah pada jadian semua (pacaran satu kelas), sedangkan gue yang memulai cinlok duluan belum jadian ampe sekarang.

Reply

Anjrit!!
ada2 lu yog hahaha
tp bener jg PES dianalogikan dgn percintaaan

Reply

Haha. Nice analogy.

Dan ada kala nya kita juga harus diving, mana tau ada kesempatan yang terbuka :D

Reply

Sumpah postingan lo yang ini keren! =))

Reply

gue suka yang adegan L1 + Kotak dikit. gantung kipernya sampe dia melongo. itu gue pengen banget bagian yang itu bang.

Reply

gue suka yang adegan L1 + Kotak dikit. gantung kipernya sampe dia melongo. itu gue pengen banget bagian yang itu bang.

Reply

bisa aja nih si bang yog :]] haha

Reply

Ati-ati kalo main segi tiga (umpan terobosan) ntar off side :v

Reply

hahaha ayo latian biar bisa :))

Reply

hehe thanks :D

wah curang lo :)))

Reply

sangka lo pom bensin -__-

Reply

MUAHAHAHAH IYA PADAHAL ISENG NGETWEET AJA :))

Semoga bisa ketemu di dunia nyata dan main PES

Reply

huahaha lagi ngaco nih :))

Reply

huahaha thanks anyway udah komen panjang2 walau banyak curhatnya :p

hts-an sama orang LDR-an itu ibarat lo main PES pake strategi counter attack dan banyakan pake 'X' , umpan-umpan sambil nunggu kesempatan buat nyetak gol B)

yaaa.. latian yang bener biar gak kalahs ama temennya :))

Reply

gue suka abis ngumpan maen R3+backward hayooo itu trik jitu ngelewatin pique~ hayooo artinya apa~

Reply

Ok, aku bingung mau comment apa karena aku nggak ngerti soal game. Tapi cewek nggak segitunya kok kalo cowoknya nggak bales sms atau nggak bisa nemenin ke mana gitu karena nge-game. Hehe. Sama kayak kalo cewek nggak sempet bales sms cowoknya karena lagi sibuk shopping, menurutku itu biasa aja. Ya tapi itu dari sudut pandangku sih. Soalnya aku sama cowokku kayak gitu.

Reply

gue lebih suka dari jarak jauh neken kotak + R2 daripada hanya neken kotak sambil lari. walaupun susah dapet goal. goal dengan tembakan menikung. penuh skill. keren. bikin goal biasa nggak ada yang bikin greget. ibarat ngejer cewek, jangan pake cara yg biasa2, walaupun dengan cara biasa bakal keterima, harus pake jurus yg greget biar doi selalu inget kita hahaha

dari tulisan lo diatas gue suka yg neken R1+x+x nyegal lawan daripada nekel lawan yg menyebabkan kartu merah :D nice

Reply

Gile..gue makin terpojok. Satu-satunya cowok yang gak pernah belajar maen PES.

Buku baru lo yang "Senior High Stress" gue udah baca lo gan, isinya keren.

Reply

gue gak pake R3 *nangis*

Reply

hehe khusus untuk cowok mah postingannya ini sepertinya.

saling ngertiin pasangan aja sih, kan punya kesibukan masing2

Reply

plesing maksutnya? haha bisa juga analoginya XD

Reply

segeralah main PES nak.

hehe thanks ya udah baca buku gue :D

Reply

analogynya keren banget meskipun agak puyeng jg karna ga ngerti soal PES, tapi bener juga kalo cowok gamers itu romantis, kebukti soalnya :D

Reply

mungkin selanjutnya lo mau buat analogi cinta dengan remote TV? :| mgkn.
cowok yang mukanya bulet kaya donat punya kemungkinan gak dia demen sama tombol R1 + BULAT? ngahaha

Reply

banyak juga tuh cowok kalo lagi maen PES rela berbohong sama pacarnya, contoh ngomongnya mau tidur siang eh malah nge-PES sampe besok pagi wkwkkk..

gue paling suka dengan L1+X.. ketika kita mengumpan bola, kita maju kedepan terus kita diumpan lagi dan terjadi GOL (baca:kita pdkt dengan gebetan, terus direspon balik, dan akhirnya JADIAN)....

keren-keren ni postingan hahaaa...

Reply

begini jadinya ni kalo gamer jadi blogger...hahaha..sampe sedetail itu, sempet banget nge-relatenya! hahaha...
jadi inget mantan jga nih, aku sampe PUTUS gara gara game juga...selamat ya, ati ati lho,,, nanti PUT...lho..

Reply
This comment has been removed by the author.

Sama saya juga Gamers(ONLINE)...
Dan kalau saya sudah main Game gak akan bisa di ganggu... Gagaga

#jadi Gamers menyenangkan tapi susah di jalani...

Reply

Hahahha,,, daripada ngambek mending pacarnya diajak ngePES juga :v
Kreatif postingnya, Good job.

Reply

berarti cari pacar yang demen main PES juga dong
hehehe

RizaFirli.blogspot.com

Reply

Sumpeh ye, gue baru sdar kalo ternyata game yg tiap hari gu maenin bisa dihubungkan sma mslah percintaan ? _ _"
Tpi gue udeh nerapin smuanye belom pnya pcar jugaaa ???? Kensapaaaaaahhhh, bang ??
_ _"

Reply

Hahaha, gw ga hobi nge game jd agak ga nyambung sih. Tapi keren lo bisa nyambungin ke masalah percintaan. Tsaaah

Reply

balik lagi ke tampang sih :p

Reply

kalo pacar diajak main PES sudah gue bantai 11-0 atau lebih mungkin :p

yea, thanks

Reply

dan gue yakin lo jomblo :))

Reply

huahahaha..
wanjrit, horor ya. semoga gue enggak -___-

Reply

nah, itu dia :))

thanks :D

Reply

oke, ide bagus, ntar gue coba buat :))

Reply

jomblo sejak sperma.. gilaaa itu kata" nusuk bangeeett -,- #mala curcol

Reply

duhhh baca postingan game ini jadi ingetin aku sama mantanku yang maniaaaakkk banget main gamee.. baginya tiada hari tanpa game tp sebagai cewek aku ngerti aja sih meski di duakan dengan game alnnya dia kan lebih dulu cinta sama game drpd aku..malah lebih banyak waktuku nemanin dia main game ketimbang jalan bareng heheh.. syg skrg gk bisa nemani dia main game agy:-)

Reply

Anda terlalu jujur... -_-"

Reply

cieeeee inget mantan huahahahaha

Reply

Apalagi kalo si cowok lagi sibuk main game online, lagi war guild dan rela pause gamenya untuk balas sms dari pacar, itu... Suami-able!

game online bisa di pause yah ?? ;)

Reply

Akhirnya ada yang sadar bagian ini :)))
Awalnya gue jelasin kalo pause = exit. Tapi ya.. Biarkan pembaca yg mikir :)))

Reply

MAKSUD TIGA KATA TERAKHIR DI "L1 + SEGITIGA" APA YOG? APAAAAAAAAAAAA
GUE PENASARAN YOG!!!!! TANGGUNG JAWAB!!!!!!
BELIIN GUE TIKET THEATER JKT48 #lah #kemudian

Reply

bang, ane blogger pemula yg lagi belajar nulis. Sori telat tau keberadaan lo di hingar bingar dunia. At least, terimalah sungkeman ane buat berguru supaya bisa cerita asal jeplak macem enih #ngekeh

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!