A Great Story Comes With Great Stupidity : Ribetnya Nyari Judul

Ribetnya Nyari Judul

Sudah sekitar 2 minggu buku gue menginvasi pulau sumatera dan Jawa, serta beberapa daerah di Kalimantan. Gue gak tau apakah buku gue udah mendarat dengan selamat di sulawesi dan papua, gue cuma mengharapkan yang terbaik bagi mereka. Tidak lama-lama kedinginan di toko buku, segera dibawa ke kasir, dibawa pulang, dibuka plastiknya, dibaca dan mendapatkan kehangatan berupa pelukan cewek karena dibaca hingga ketiduran, lebih hangat lagi karena ketumpahan iler.
Ah, sudahlah.

Gue seneng banyak yang mention twitter gue tanda suka sama buku gue,
 Rata-rata yang baca adalah anak sekolahan, SMP hingga SMA. Dan gue dipanggil, "bang". Ini bener-bener keren. Hingga akhirnya ada yang ngemention,
 Oke, gue masih 18 tahun dan belum om-om.

Dan si om gue mau ceritain dikit soal buku gue, Senior High Stress. Gimana ceritanya buku gue judulnya jadi begitu? Gimana ribetnya gue nentuin judul? Gimana kalo Yoga makin ganteng?
IMHO, nentuin judul buku itu krusial banget, harus menggambarkan keseluruhan isi buku, yang gak kalah penting, harus kece. Iya, kece.

Bagi kalian yang mikir, "Ah, judul buku lo kan cuma plesetin Senior High School jadi Senior High Stress doang." Lo salah. Butuh proses panjang hingga akhirnya gue nemuin 3 kata keramat itu.
Awal gue kirim naskah, judulnya adalah "NostalGila SMA". Saat itu yang ada dipikiran gue adalah, "Ini cerita nostalgia gue ketika SMA." Voila jadilah judul itu. Setelah nunggu beberapa bulan, gue dapet e-mail dari Gradien sang penerbit khilaf yang nerima naskah gue. Isi e-mailnya mereka minta tambahan cerita, kata pengantar, thanks to, nasi padang dan... Ganti judul!

Saat itu alasan penolakan judul NostalGila SMA adalah karena... Terlalu biasa. Kurang greget. Terkesan jadul.

#jleb

Gue bersemedi seminggu... Sambil diskusi bersama temen gue, Dana dan Eric. Gue menemukan judul yang menurut gue keren banget, "Suckolah" dengan tagline "kisah absurd murid kacrut". Seminggu kemudian gue dapet e-mail dan gue harap judulnya diterima, ternyata ditolak.

Alasannya karena judul gue terlalu negatif, kesannya menebar kebencian kepada sekolah. Mungkin karena kata-kata Suck itu. Padahal menurut temen-temen gue, judul suckolah itu... Kece. Gue yang udah merasa sreg sama judul itu punya ide brilian, "judulnya negatif, harus dinetralkan dengan tagline positif..."
Gue buat tagline baru, "suka duka murid banyak tingkah." dan gue ajuin. gue harap dengan kata "suka duka" bisa menetralkan judul negatif tersebut...

Ternyata tetep ditolak. Daripada buku gue gak bisa masuk toko buku, gue memilih mencari judul lain.

Gue mulai depresi nyari judul. Saat itu yang dipikiran gue adalah "isi buku lo absurd... Absurd... Absurd~"
Gue kembali diskusi bersama Dana dan Eric.  Karena gue diskusi via bbm dan rumah temen gue si Dana itu mirip daerah evakuasi nuklir dimana sinyal provider gak tembus. Kadang pas gue butuh diskusi, bbm gue pending. 2 jam kemudian baru nyampe dan dibalas, gue lagi tidur. Pas gue bangun, balas bbm dana, pending lagi. Yang ada malah bikin mood gue jelek.

Kalo diskusi sama Eric, saat gue butuh ide atau kata-kata yang brilian, dia malah curhat soal dicuekin dan ditolak gebetannya. Ngehek maksimal.

Akhirnya kita bertiga hampir tiap hari diskusi di mekdi. Sampai-sampai mbak-mbak pelayan mekdi aja sudah hapal sama pesanan kita. "Sundae coklat 3." Udah. Dan nongkrong 4 jam.
Di mekdi gue berhasil menemukan beberapa judul kreatif,
-Absturdent (gabungan kata absurd dan student)
-The KISUT Highschool (Kisut = Kisah Absurd)
-NostalGilAbsurd <-- br="" ini="" judul="" maruk.="" paling="">
Gue ajuin ketiganya biar redaksi yang milih, jawabannya, "Semedi ada lebih lama, biasanya judul yang greget itu muncul pas akhir...." Yak, judul gue ditolak secara halus.
Gue mulai putus asa.

Selama Sebulan gue, Eric dan Dana menjadi pelanggan setia mekdi. Dari kejauhan kami mirip trio om-om pedofil. Kita ngemil sundae doang dan gak menemukan perkembangan berarti soal judul. Hingga datanglah Annasya yang ikut membantu mencari judul. Sayang, kehadiran Annasya hanya membantu agar gue, Dana dan Eric tak tampak seperti om-om abnormal penyuka anak SD.
Kedatangan Annasya sia-sia.

Gue inisiatif tanya sama temen gue yang kebetulan penulis juga soal judul, katanya "biasanya penerbit yang nentukan soal judul, penerbit lebih tau bagaimana selera judul di pasaran."
Gue mulai tenang. Mungkin judul 'suckolah' gue lagi dipertimbangkan redaksi. Gak lama gue dapet e-mail, "Gimana? Udah dapet judul? Naskahmu udah masuk bagian editing nih."
JEGER!!!
Gue inget satu hal, penerbit gue dan temen gue itu beda.

Mikirin judul bikin gue lebih banyak diem, kalem dan kayak orang gila, ngelamun dengan pandangan kosong seakan-akan liat dat-ass.

Sempet terbesit dipikiran gue untuk bikin judul dari singkatan-singkatan gitu dari istilah sekitar sekolah. Dan jadilah judul-judul yang (gak) kece ini...
-OSIS (Orang Sial In the School)
-URL (Ulangan-Remedial-Lulus)
-SMA (Sekolah Memang Absurd)
Judul itu gak gue ajuin, gue takut ditolak lagi. Ada sedikit perasaan trauma berkali-kali ditolak. Ditolak penerbit lebih sakit daripada ditolak gebetan ternyata...

Gue kirim e-mail menanyakan kriteria judul yang mereka minta, dan disini gue mendapatkan sedikit pencerahan.
"Bikin judul kayak SUCKOLAH, tapi yang beraura positif...."
Gue segera ngumpulin kata-kata seputar lingkungan sekolah dalam bentuk bahasa inggris. Graduate, Remedy, test, ceremony, teacher, student, highschool, failed, kampret. Semuanya gue coba gabungin. Hasilnya? Gue makin stres.

Karena hal ini, gue jadi sering ke gramed, bahkan lebih sering ke gramed ketimbang kamar mandi. Disana gue nyari-nyari referensi judul, hingga akhirnya gue menemukan judul yang gue yakin banget bakal diterima, "APESTUDENT". Iya! Gue murid (student) dan gue... Apes!!
Gue sujud syukur.

Gue tanya ke temen-temen gue, semua bilang, "keren".
Gue segera ngajuin judul itu. Besoknya gue cek email, belum ada balasan, besoknya lagi... Belum ada balasan. Hari ketiga gue cek, ADA! Gue buka sambil deg-degan. Ditolak. Terlalu biasa dan kurang greget. Selain kurang greget juga judulnya gue rasa agak ambigu, APE-STUDENT. Murid monyet. Lah?

*hening*

Gue mulai pasrah gak bisa nentuin judul untuk buku gue sendiri. Gue bener-bener stress. Disatu sisi gue mau nyerahin masalah judul ke penerbit biar cepet selesai, disisi lainnya gue mikir itu karya gue, harus gue namain sendiri.

Gue tetep berpegang pada "harus bikin kayak suckolah tapi beraura positif". Gue berusaha gabung bahasa indonesia-bahas inggris.
Apes Abu-Abu? Yang ada orang mikir kalo itu buku dongeng anak-anak soal monyet (ape) yang berwarna abu-abu.
Ekscool? Lah ini kesannya malah cerita mantan orang keren.
Gue mulai stress sama judul... Tiba-tiba terlintas dikepala gue,
Stress High School? Lumayan keren... Tapi, inikan cerita jaman SMA, harus gue tonjolkan SMA-nya, Senior High School... Senior High Stress!!!
Saat itu juga gue ajuin judulnya. Langsung via sms karena gue udah gak sabar nunggu e-mail. Beberapa menit kemudian dibalas, "Senior High Stress... Keren juga tuh."

Gue loncat-loncat kegirangan, perjuangan gue mencari judul lebih dari 1 bulan terbayar hingga akhirnya buku gue terbit,
udah dibuka di gramed...
penampakan di jogja
Gue seneng karya gue bisa dinikmati banyak orang. Juga yang gak kalah bikin seneng... Gue namain sendiri karya gue. Mencari judul ternyata gak segampang keliatannya, dan gue beneran percaya, "Judul yang keren biasanya muncul saat terakhir."
Buat yang udah beli atau baca buku gue, gue ucapkan terimakasih. Dan juga... Jangan panggil gue OM!

Wassalam :*

57 comments

Hua haha ... XD judul-judul yang ditolak ada yang buat tertawa saya #Hening ...

Oh, ini tho ... penulis Senior High Stress ...

Siap-siap di review Javas K nih ... dia tertarik sama buku kamu ... :D

Wih, sudah ada 3 orang yang menerbitkan buku di Grup Blogger Energy (^,^)b

Reply

Sumatera? Jawa? Kalimantan?
Oke, berarti di Mataram belum ada bukunya..

Huwaaah, ternyata nentuin judul aja ribet ya ._.
Padahal yang Suckolah keren lho..
Apalagi yang APE-STUDENT..
Fenomenal..

Reply

Gue kira itu emang judul lo dari awal ...
Emang bener, bikin judul itu bener2 bikin stres ..
Gue malah dikasih waktu cuma 2 hari.. CANCUT MARUT, agak enggak unyu .. Tapi gaul

Eh,tapi gue liat suckolah itu bagus juga loh ..

Reply

ayo bikin giveaway kayak bang edotz.. *modus nyari gratisan*
judulnya emang paling ngena yang terakhir. congratz yaaaa :D

Reply

panjang juga ya perjalanan seorang capung nyari judulnya hahaha

itu siapa om yang jongkok kaya kodok hamil ?

Reply

URL Ulangan_Remidial_Lulus
ngakak gue baca judul ini XD

Reply

bang, bikin giveaway buat dapetin buku lo gratisan dong #Akucintagratisan :))

Reply

judul lu pada absurd banget yog. aneh tapi bikin otak bedarah ngingatnya hahahahah. tapi nama terakhir emang gaul. unyu pula wkwkwk

Reply

perjuangan nyari judul susah juga ya.
dapat pelajaran baru nih kalo mao buat buku :D

Reply

sukses bang bukunya :')

Reply

gyaaaaaa ribet ye yog nyari judul, seribet kejombloan lo XD

di akhir postingan lo maen cium cium aje, gue sebagai cowok agak ragu buat komen -_-

buat yang mau buku yoga, mention me XD *eh ini jadi calo*

Reply

ribet ya nyari judul, pengalaman nih untuk yang mau nulis buku,, thanks udah share pengalamannya...

selamat ya udah terbit... mudah2an cepet kaya... whahah

Reply

hahaasikk asik bukunya udah terbit ciee udah terbit !!

Reply

ada thanks to Blogger Energy nya gak ???
keren yaaa buku lo terbit ... selamat yaaa

Reply

Keren sekrang banyak makin banyak orang berkarya . Didukung dgn kemajuan internet. Kalo jaman 2004-2007 (SMA gue) , duh ribetnya yg namanya mau nulis..kirim hardcopy gt.. Palagi klo ditolak. Wuawww.. *resiko.

Yg penting nulis dlu, judul belakangan. ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ ๑ˆ⌣ˆ๑ . Dan emang ribet nyari judul yg uniq.
Keep writin' yaiy!!
~(‾⌣‾~) (~‾⌣‾)~

Reply

Wihhh keren nih bikin buku... Ternyata butuh perjuangan juga ya buat nentuin judul yang pas. Semoga suatu saat bisa juga bikin buku kayak lu. kereen.:)

Perjuangan JK Rowling juga berat kok sampe ditolak juga tuh. Semoga lu makin sukses, bisa nerbitin buku lagi...

Reply

baru tau kalau ternyata sesulit ini mencari judul.haha...
suckolah keren juga tu, yang paling maksa NostalGiabsurd..

sukses deh, semoga semakin laris bukunya :D

Reply

oh ternyata ini penulis buku SENIOR HIGH STRESS itu, wah wah selamat ya om udah terbit bukunya *ups.
wah nambah lagi dong daftar buku yg harus dibeli hehe, tapi insyaallah awal februari gua beli dah .
eh tapi yg suckolah keren padahal ya .

Reply

btw bukunya brapaan n ceritanya ttg apaan y?

Reply

wah nentuin JUDUL doank perjuangannya gila ya :')
bolak balik ke gramed untung lo gak dikira mau ngelamar jd SPB gramed :|
tp menurut gue proses buku lo lebih cepet dr bukunya edotz .__.
edotz pake pending2 mulu lebih dr sbulan XD
emang gak gampang ya, pingin juga tapi yah . .paling juga naskah gue nanti gak dibaca :'| langsung masuk spam :'|
tp emang judul yg skarang keren broh~

Reply

wuadooooh, keren banget nih temen temen blogger udah pada bikin bukuuu, saiyaaaa kapaaaaaaaaaaan???-____________________-
pliss giveaway ditunggu yaaaak..hehehehe

emang jdul itu penting buanget sih ya buat menjadi istilah kata model di etalase gitu kalo kayak toko bajuuu....
pingin baca!:D

Reply

namanya the power of kepepet itu pasti bro...

jiah, sampe 1 bulan perjuangan nyari nama judul

Reply

menurut komentar pertama, sudah ada 3 orang yang menerbitkan buku.
maka saya jadi yang.... terlaris :p
*amin*


btw salim dulu sama penulis beneran *sungkem*

Reply

Elo ditolak-tolak ide judulnya sama penerbit. Gue digodain penjaga Gramed pas beli buku lo!! Iya. Gue udah ngasih tau ini 3 kali, tapi kayaknya gue belom puas kalo gak ngomong sekali lagi!!
BUKU LO KERAMAT DAN SESAT!! HIH!

Reply

nape baru kebuka sekarang ntu buku diGramed.. -__-"

Reply

perjuangan untuk membuat juul ini begitu panjang dan melelahkan ya bang, dan lu dapet balasan yang tepat pula.
skali lagi selamat dah :)

Reply

susah gilak nyari judul yang pas itu :|

Reply

ayo mulai nulis! hehe

iya, kira2 begitulah maksut dari judul dan cover buku :)

Reply

haha kalo gue ngingetnya juga kayaknya panjang amat, tapi emang begitu adanya :')
buku gue 5 bulanan sih baru nyebar di gramed hehe
ayo semangat! jangan pesimis duluan :D

Reply

baca aja disini --> http://silumancapung.blogspot.com/2012/12/buku-gue-senior-high-stress_12.html :D

Reply

OM?! -___-
ayo beli :p yang suckolah terlalu negatif katanya, padahal gue uga suka yang itu :)

Reply

hanya berbagi cerita aja :)
iya, maksa emang yang NostalGilAbsurd XD

Aamiin o:)

Reply

hehe iya, semua butuh perjuangan :') amin, semoga bisa nyusul yaaa

Reply

wah angkatan tua nih komen :p
bener, nulis dulu, judul kemudian :)

Reply

gue waktu itu belom gabung BE hehe

Reply

hehe iya, cuma sharing dikit :)

aamiin haha

Reply

satu kata untuk isi komen lo: BANGKE! -___-

Reply

HUAHAHAHA... sayang gak gue ajukan :))

Reply

yang terakhir emang paling ketje :D

Reply

ihiy, seneng kalo bisa bantu ngasih info :)

Reply

iye, panjang banget :')

search aja @fabrezza di twitter haha

Reply

cek dulu atuh :p

apestudent terlalu biasa, belakangan gue juga mikir gitu :))

Reply

kalo penerbit gue ngasih watu 2 hari mungkin gue bunuh diri -____-

iya, suckolah paling keren, tapi kesan negatifnya juga keren haha

Reply

Kerenlah bang~

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!