A Great Story Comes With Great Stupidity : Tips sukses mencontek saat Ujian

Tips sukses mencontek saat Ujian


kelakuan..
Tiap ulangan selalu dapet nilai tinggi, sampe-sampe yang namanya ketemu remedial itu dianggap mitos, jadi orang paling santai di kelas disaat yang lain sibuk remedial. Kemudian digilai cewek-cewek cantik tapi bego yang butuh ‘sentuhan ajaib’ supaya ketularan pinter. Mau begitu? Mau aja atau mau banget??

Itu sedikit impian gue yang sampe gue lulus gagal gue capai. Jangankan dapet nilai tinggi, dapet nilai pas kkm aja gue udah manggil ustadz buat selamatan di rumah saking jarangnya. Mungkin gue kebalikannya, nilai diatas kkm itu mitos bagi gue. Gue percaya dia ada, tapi susah gue capai..

Ah sudahlah..

Berhubung gue udah lumayan berpengalaman dalam yang namanya ujian berkali-kali, tolong tiga kata terakhir dibaca remedial.
Gue mau sedikit berbagi tips sukses untuk menghadapi ujian, khususnya saat ulangan harian..

Gue gak bakal bikin tips, “Hindari belajar SKS (Sistem Kebut Semalem)” itu untuk anak-anak bermuka imut dan ada lingkaran malaikat di atas kepalanya, tips gue ini untuk kalian yang mulai depresi karena kebanyakan ujian berkali-kali. Iya, maksut gue remedial.

jangan lakukan tindakan seperti foto diatas saat baru mulai ulangan, berusahalah mencari jawaban sendiri, caranya? ini dia tips-tips bejat dari gue..
 
Tips pertama.
 Bangunlah silaturahmi ke semua kelas, minimal di kelas lain, kalian udah kenal satu atau dua orang yang bisa diandalkan. Jadi misalkan besoknya ulangan, kalian bisa minta bocoran soal.
“ummm.. kelasmu udah ulangan metik bab 2?”
“habis istirahat kita ulangan”
“catetin soalnya yaa.. kalo bisa sama jawabannya”
“oh okey, kelasmu udah ulangan biologi?”
“habis istirahat ini, ntar ya kucatetin jawabannya”
“okey”
Kemudian mereka berpelukan ala teletubbies..

Disini gue tegasin kalian cari orang yang bisa diandalkan dan siap nanggung resiko misalnya ke-gap guru dan yang terpenting, tangannya siap berotot karena nyalin jawaban 2 kali.
Gue pernah nyoba praktekin tips ini,waktu itu ulangan metik, kelas gue sehabis istirahat sedangkan kelas temen gue sebelum istirahat. 

Gue minta dia catetin soal. Sayangnya temen gue yang dari kelas lain itu ke-gap saat nyalin soal dan dia disindir sama gurunya..
“saya minta catat jawabannya, bukan catat soalnya..”
Dan pas giliran gue yang ulangan, gue cuma bisa ngemut-ngemut pensil, endingnya… gue remed. Antiklimaks..


Tips kedua
Catet rumus di tempat-tempat yang tidak mencurigakan! Kalo cara klasik yaitu catet dikertas, biar gak terlalu klasik tempellah doubletip atau solasi yang lengket dikedua sisinya di belakang kertas catetan kalian itu.

Jadi misalnya lagi asik liat rumus tiba-tiba gurunya curiga liat aksi kalian yang ngeliatin bawah meja mulu sambil senyum-senyum kuda, buru-buru kalian tempelin kertas kalian ke bawah meja. Biar gurunya ngubek-ngubek laci atau kantong saku, gak bakal ketemu.

Sedangkan menurut gue cara paling ampuh adalah kalian punya kertas ulangan yang biasa dipake buat ulangan oleh guru kalian. Kalian catet rumus atau malah udah nyatet jawabannya dari rumah, dan taruh di bawah laci, ketika mulai mengerjakan baru campur kertas yang di bawah laci itu dengan kertas yang ada diatas meja, ke-gap guru? Bilang aja kertas cakaran.

Tapi pernah di ulangan metik, gue udah catet daftar rumus yang bakal digunain. Gue udah campur kertas catetan gue itu dengan kertas lembar jawaban gue. Pas gurunya datang ke meja gue, beliau curiga, gue pun bilang,
“cakaran pak hehe” sambil senyum-senyum najong.
“tapi kok cakaran rapi betul, pake pulpen juga, pekerjaanmu ini pake pensil”
“ummmm…”
Belum selesai gue nyari jawaban buat ngeles, lembar jawaban gue yang baru setengah soal diambil. Endingnya jelas, gue remed. 
kalo ada guru begini rasanya...

Tips ketiga
Ini untuk kalian yang penakut akut dalam hal ‘ngerpe’ dengan kertas, baru aja megang kertasnya belum baca udah panas dingin, giliran gurunya noleh, udah pingsan dengan dubur cenat-cenut.

Tehnik ini lebih dikenal dengan nama membatik atau mentattoo, karena tujuannya jelas, mencatat rumus di bagian tubuh, kebanyakan di telapak tangan, pinggir jari-jari dan juga lengan. Semoga gak ada yang mencoba nyatet di telapak kaki, repot kalo mau liat..

Mungkin ada yang telapak tangannya sering keringetan kayak gue, gue pun punya solusi lain untuk membatik. Membatiklah di meja tepat di depan dada kalian. Untuk menutupi hasil membatik kalian di meja, bisa menggunakan dasi, atau yang paling gampang adalah menggunakan kertas lembar jawaban..

Dan gue juga pernah membatik diatas meja, ulangan biologi tentang sel hewan dan tumbuhan. Gue membatik membentuk gambar sel hewan dan tumbuhan serta nama organelnya. Gak kebayang misalnya gue membatik di bab reproduksi, gue bakal gambar titit gue sendiri di meja..

Selesai membatik sel beserta organelnya, gue tutup pake lembar jawaban gue dan siap untuk gue intip kapan saja. Sekali lagi, Untungnya  bukan bab reproduksi, kebayang gue ngintipin gambaran titit gue sendiri..

Giliran gue butuh sama hasil batikan gue, gue geser perlahan-lahan kertas gue dan gue menemukan….. meja gue yang mulus. Gue lupa kalo membatik pake pensil jangan di tutup pake kertas, digesernya pelan-pelan pula. Hilanglah batikan gue..
Endingnya? Gue remed.
murid salah gaul..
 Tips keempat
Join grup bbm atau whatsapp kelas. Disana pasti banyak betebaran jawaban saat ulangan, terlebih lagi saat ulangan semester. Biasanya kantong celana atau saku baju gak bakal berenti untuk getar dan mengeluarkan jawaban..

Yang perlu diperhatikan adalah cara kalian ngeluarin hape. Kalo gak hati-hati bisa aja ke-gap guru, hape kalian disita, dan sialnya kalian belum sempet liat jawaban.
*pukpuk*
Gue pun juga selalu hati-hati dalam urusan begini, saking hati-hatinya, gue sampe bingung menentukan timing yang pas untuk membuka hape, kelamaan bingung akhirnya gue gak buka hape dan gak bisa ngerjain sendiri. Endingnya? Remed lagi..
kadang beneran gue alami -___-

Tips kelima
cari juga temen sebangku yang bisa diandalkan, bisa diandalkan disini termasuk bisa kalian pinjem pulpennya kemudian gak kalian balikin..

Temen sebangku itu ibaratnya adalah dewa penyelamat kalian jika contekan sudah gak bisa membantu, call friend maupun 50:50 juga telah kalian gunakan.. walaupun kadang temen sebangku beda paket ulangan yang kalia kerjain, seenggaknya bisa memberikan inspirasi jawaban jika ulangan essay dan bisa memberikan rumus ketika ulangan metik,kimia ataupun fisika..

Gue pun selalu baik kepada temen sebangku gue dan gue juga gak pernah pindah tempat duduk untuk memupuk kerjasama yang baik dengan temen sebangku gue selama 2 taun, Cahyo. Tapi kadang kebersamaan kita berdua harus dipisahkan oleh guru yang sebelum ulangan dimulai, beliau mengatur tempat duduk muridnya.

Gue pernah jadi duduk sebangku sama temen gue yang cewe, berjilbab dan jarang berkomunikasi dengan gue di kelas. Sampe akhirnya gue mau liat jawabannya aja bingung harus memulai darimana,
“umm… assalamualaikum.. maaf, kamu paket A ya?”
“i..iya..kenapa?”
“umm.. maaf sebelumnya, aku paket B”
“lalu kenapa?”
“jadi..umm… maaf bisa pinjem stip-nya sebentar hehehe…”
“…………..”
Saking bingungnya gue sampe gak fokus, akhirnya gak jadi nanya dan berusaha menjawab ulangan sendiri. Endingnya? Gue remed lagi dan lagi…
kalo begini makin gak fokus dan pasti remed
 Tips keenam
“Manfaatkan gadget sebaik-baiknya”
Itu salah satu pelajaran yang gue petik selama di SMA, khususnya ketika ulangan. Gadget bener-bener bisa jadi dewa penolong, dari hape hingga kalkulator.

Kalkulator untuk ngitung? Udah biasa.. kalkulator juga bisa untuk sharing jawaban dengan berlabel “pinjem kalkulator dong” pas dibuka, kadang terselip kertas diantara tutup kalkulator atau malah tertulis dilayar kecilnya.

Gue pun manfaatin kalkulator gue untuk bertanya sama temen gue, waktu itu ulangan semester fisika, gue terlebih dahulu negoisasi dengannya,dia duduk di depan gue.
“psssttt…sttt…  bagi jawaban 25 keatas dong”
“bolong-bolong Yog, banyak yang belum”
“yang udah aja…”
“susah nyebut nomernya, loncat-loncat”
“nih tulis di kalkulatorku”

Dan “plek”, kalkulator gue berpindah tangan, gue tinggal nunggu datangnya jawaban. 10 menitan dia balikin kalkulator gue dan ternyata layar kalkulator gue masih kosong! Gue protes ke dia,
“mana jawabannya??”
“kalkulator sayur gitu, gak bisa buat nulis huruf”
“……………….”
Iyah, ternyata untuk menerapkan tips ini harus memakai scientific kalkulator jadi bisa nulis di layarnya atau bisa disembunyiin ditutupnya..
ini si kalkulator sayur itu..
 karena gak dapet contekan, akhirnya gue ngisi sembarangan, endingnya jelas.. gue remed untuk kesekian kalinya...

mungkin itu aja tips yang bisa gue berikan, selamat menuju jalan kebejatan~ 

Peringatan : tips-tips dari gue ini memerlukan keahlian khusus untuk menerapkannya, lihatlah gue, bisa dibilang gue gak berhasil menerapkan tips-tips gue sendiri. Belakangan gue sadar kalo itu untuk memberikan pengalaman sehingga gue bisa memberikan tips-tips ini lebih lengkap.

Karena, “pengalaman adalah guru terbaik, karena pengalaman gak pernah ngasih pr, tapi remed sih iya”

harapan gue cuma ini..
WASSALAM!!




sumber foto :
koleksi pribadi.

61 comments

<-- udah pernah ngalakuin "hampir semua" kecuali pake kalkulator.
Tepok pundak udah jadi jurus jitu selama 2 tahun ini~

Reply

banyak roaming bahasa yog -_-..
um.. tips nyontek dari gue: masukin contekan di balik rok. sekian.

Reply

Gue pas SMP kalo sebelum ulangan ga belajar selalu dapet nilai bagus, tapi kenapa giliran pas SMA malah mandek otak gue T-T

Reply

wkwkwk , .ngakak gambarnya XD

Reply

catet rumus di meja ulangan :D

Reply

hahahaha pic nya si rivka sama bima kocak abis :))))

Reply
Anonymous Author

gila keren banget ini tips2nya, mana bikin ngakak XDDb

Reply

itu gambar yang terakhir apa banget --"

Reply

hahaha tipsknya bermanfaat dan buat ngakak hha :D

Reply

huahaha makasih kakak :))

Reply

yeah! terapkan ya nak :'D

Reply

i..itu yang terjadi pada gue sampe akhirnya gue lulus SMA -___-

Reply

ummm.... aku gak pake rok nan -__-

Reply

tepuk pundak berasa tukang hipnotis. okecip.

Reply

Fotonya bunda marie ini, bikin gag bisa ber kata kata sudah nih mulut :|

Reply

hehehe makasih ne dah banyak buat ketawa.. :D

Reply

muakakakak jadi inget pas masih jaman nya sekolah

Reply

Jadi kesimpulannya si Joga ga ada bakat nyontek dan ga ada bakat lolos dari ujian berkali-kali alias remedial #okecip.

Reply

Lo aja ga pernah sukses nyontek, pake ngasih tips2 nyontek segala :P Tips remed sih iya~

Reply

Sebentar-sebentar-sebentar mau komen ketawa dulu ah ...

HAHAHAHA .... WKWKWKWKWKWK ....

Ah Hah ... sudah puas sekarang.

Saya pernah semua kecuali kakulator dan membatik di atas meja hehe .. (^__^).b

Salam Persahabatan

Reply

ayo dicoba yg kalkulator dan membatik huahaha :))

Reply

errrr.... kayaknya harus ganti judul nih -__-

Reply

wakakakak pasien tongfang dia :))

Reply

gokil tipsnya, tapi ada yang ketinggalan kayaknya. Berdoa bang biar conteknya ga ketahuan guru :_)

Reply

muahaha bakat nyontek ya? gue mah paling-paling bikin konsepan sama tanya. yang lainnya gak pernah. gak berani.

Reply

entah knp ane ngakak pas liad iklan tongpang :)))))

Reply

Owalah ini tipsnya... -__- Nenek mana nenek, getok kepalanya! :D :D etapi, komikstripnya sesuatu :p

Reply

Ngahahaha xD gue kirain beneran tips ternyataaa ... haha KEREN hampir semuanya gue pernah lakuin wkwk :3

Reply

wuanjrit.. ada yg seilmu sama gue :))

Reply

wahahaha :))
susuatu kenapa sist? :3

Reply

mau jadi bintang iklannya kak? :))

Reply

muehehehe gak bakat kok.. umm.. kalo takut berarti km cocoknya membatik aja nak #nyesatin

Reply

Oooh ini tipsnya? Sebagai siswa teladan alhamdulillah gue pernah ngelakuin semua itu tanpa terkecuali. Bahkan rela-relain bikin kantong ajaib di rok supaya pas ulangan bisa nyembunyiin hape, jadi ga perlu ikut ngumpulin hape.
Wassalam!

Reply

Bwakakakak asli gokiel n' jahanamnya dapet banget nih tips.. :D
Kalo mnurut pngalaman gue, nyontek malah bikin gue remed terus, jd ya gue prcaya diri aja deh!!

Reply

yang gue lakuin sampe saat ini sih bawa kertas kecil ang diselipin di tempat pensil, atau catat contekan di papan ujian awkwkwk XD

Reply

telat baca gue... -___-

berhubung masih smp, gue ga bisa pake kalkulator.. -_-
trik bbm atau whatsapp ga bisa karena gue ga pake dua-duanya -_-
trik ngegambar meja ga bisa karena meja kelas gue udah bersih dari segala macam coretan, bakal mencurigakan kalo ada gambar.. -_-
kelas gue gak bersebelahan sama kelas lainnya, yang ada meja piket guru.. -_-

udah, gue emang ga bakat buat nyontek... -___-
#curcol

Reply

hahaha ..
postingan elu gaul bray ...
post yang couple-an sama si daney :D

btw, komiknya keren deh..'sumpah !!

Reply

huahahaha..
kampret, mana tau kalo hampir sama :))
hehe makasih :D

Reply

itu cara klasik :)) *noted*

Reply

muehehehe :))
percaya jawaban sendiri kadang malah remed, dan y lain gak remed *malah curcol*

Reply

emang yg TUA lebih berpengalaman kok ;;)

Reply

Kenapa harus pake CAPSLOCK !! Aku masih 15 tahun kakak :")

Reply

ngakak gilak meme-meme nya :))))
btw, berguna juga nih tips2nya, terutama buat saya yg mau UN

Reply

hahahaha kocak.. yg gue pikirin itu gimana kalo ada anak sekolah lagi ujian persis kaya komik diatas hahaa

Reply

muehehehe...
kalo ada... kasian :(

Reply

terapkan sebaik-baiknya ya nak! :D

Reply

hahah,tipsnya gokil. follback blog gue ya http://grygarious.blogspot.com/

Reply

hahahah.. lucu banget. pernah ngalamin juga aku.

Reply

waaah makin canggih aja jaman sekarang kalau mau nyontek...heheheh...gak kaya jaman aku sekolah...:P

Reply

Praktekin ah :D
boro2 ngerpe gituan kak, gue megang hp buat browsing pas ujian aja kaki sampe gemeteran -_-

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!