A Great Story Comes With Great Stupidity : Beberapa Tipe Pembeli Kampret..

Beberapa Tipe Pembeli Kampret..

Pernah rasain yang namanya di php-in??
Pernah rasain yang namanya dicuekin??
Pernah rasain yang namanya ditatap om-om??
Gue udah ngerasain semuanya dalam satu waktu. Keren ya? -__-

Jadi beberapa hari yang lalu gue ikutan jaga toko perlengkapan sekolah temen gue, @danasatrian. Sebenernya bukan sengaja ikutan, gue mampir ke tokonya buat bikin materi stand up comedy, tapi berhubung lagi musim anak-anak masuk sekolah, tokonya diserbu ratusan massa beberapa pembeli, pembeli satu kelar, datang pembeli lainnya,begitu berulang-ulang  dan endingnya, gue ikut bantuin jualin dan gak jadi bikin materi. Errrr…

Tapi berkat bantuin jaga toko ini gue jadi bisa membagi beberapa tipe calon pembeli, apa saja mereka??

1.Tipe pembeli php
Orang yang masuk Tipe ini memiliki ciri-ciri datang dengan tatapan meyakinkan dan langkah mantap, ketika sudah memasuki toko bibirnya mulai kembang kempis menanyai target php-nya, misalkan seragam. Kemudian dia mencoba beberapa seragam hingga celana berkali-kali, pas sudah mulai nanya harga, raut wajahnya berubah,  dan endingnya gak jadi beli. Dasar php!
seragam, si korban php

2.Tipe pembeli pengamat
Tipe pembeli ini datang dengan tatapan ragu, langkah goyah dan biasanya sambil garuk-garuk pipi atau dagunya. Ketika sudah sampe di dalam toko, dia cuma celingak-celinguk, ditanyain mau beli apa atau cari apa dia malah nyuekin si pedagang. Setelah puas celingak-celinguk dia pergi tanpa meninggalkan sepatah kata pun. 
Lebih kampretnya tipe ini biasanya muncul pas toko lagi sepi, beda tipis sama tipe php, seenggaknya dia gak nyobain macem-macem .Tapi yang bikin gue gak abis pikir, ini orang ngapain datang kalo cuma pengen liat-liaaaaat -__-


3.Tipe pembeli tukang nanya
Tipe pembeli ini beda dengan tipe php dan pengamat, kalo tipe pengamat dengan cermat melihat  benda yang dicari, tipe ini gak mau repot mencari dan malah nanya terus padahal barang yang dicari itu di depan matanya atau malah kadang udah dipegang.
pengen gue gampar..

4. Tipe pembeli selektif
Pembeli tipe ini sangat selektif sekali dalam urusan harga. Mencari barang dengan harga semurah mungkin, kualitas gak dipikirin. Jadi waktu itu ada ibu-bu berbadan mekar, datang tergesa-gesa ke dalam toko, beliau mencari lambang osis untuk anak smp.

Ibu-ibu : Mas, ada lambang osis anak smp?
Dana : mau yang bordir atau biasa bu? Yang bordir 3ribu, yang biasa seribu
Ibu-ibu: ummm.. yang biasa aja, ohiya ada ikat pinggang? Kena berapa?
Dana: 14ribu bu
Ibu-ibu: kemaren saya beli disini 10ribu mas
Dana: kemaren kapan bu?
Ibu-ibu: kemaren sebelum ulangan semester
Dana : ………….
Ibu-ibu: yaudah lambang osisnya aja satu, makasih ya mas.
Dana : ……………….
Gue cuma bisa melengos melihat adegan yang begitu cepat terjadi di depan mata gue itu..
mereka tampak sama tapi sebenarnya berbeda..

5.Tipe pembeli keluarga harmonis
Tipe ini  biasanya masuk toko membawa rombongan keluarga,  dan kalo udah bagian nyobain baju disinilah peran keluarga sangat berguna, misalkan sang anak mencoba baju ukuran S, si ayah bilang itu kekecilan,si Ibu bilang itu kekecilan juga dan minta ukuran M, ternyata masih dibilang kekecilan juga, dan si Ayah minta ukuran L,ternyata stoknya habis, si Ibu sudah mulai pasrah biarin aja ukuran L, tapi si ayah tetep gak mau. Akhirnya mereka diskusi lama, endingnya mereka pergi dengan seksama dan gak jadi beli. Semacam new php.
ayah yang sangat pengertian..

6.Tipe penawar ulung
Tipe ini niat beli tapi mencari kualitas terbaik dengan harga miring, biasanya di dominasi oleh pembeli ibu-ibu berusia diatas 40 tahun, kampretnya adalah mereka nawar gak manusiawi. Misalkan harga bajunya 50ribu, ditawar jadi 30ribu.  Dan bayangin aja ibu-ibu berusia diatas 40 caun nawar dengan nada melas nan manja. Oh god why…
semoga gak beneran terjadi..
 Satu yang gue pelajari, Kalo sudah dalam keadaan begini, sebaiknya tolak tawaran kampret itu dengan menutup mata  dan nada yang gak kalah melas dan tak lupa cepet-cepet bungkus barang yang dibeli si pembeli ini. Dijamin pembeli tipe ini gak jadi nawar dan berbalik kasian sama lo dan berucap dalam hati, “kasian,masih muda udah depresi.
efek stress ditawar mulu..
 Itu menurut pandangan pribadi gue aja ya sebagai “pedagang” dadakan dan jadi pedagang perlengkapan sekolah itu  menurut gue penuh cobaan, rame banget pas semester baru dan sepi pas lagi liburan, paling banter nyari pulpen. Yang lebih kampret kalo misalnya ada yang datang dan dia malah nanya
“mas, jual es kelapa?”
“……………”
mati loooo...
Okey segitu dulu cerita gue tentang jadi ‘pedagang’ dadakan ini, semoga para pembeli yang gue sebut tipe-nya diatas segera bertobat dan menjadi pembeli yang budiman..

 Wassalam!

64 comments

Katanya standup comedian, ternyata sales peralatan sekolah -_______-"

Reply

pic nomor 6 kayak taek wkwkwkwk

Reply

Tipe ke2 ama ke6 gue banget nek wkwkwk

Reply

Tipe ke2 ama ke6 gue banget nek wkwkwk

Reply

haha, nah itu mah bisa dijadiin materi standup :D

Reply

Untung kalo gue beli perlengkapan sekolah gak pernah nawar parah, ntar takutnya pedagangnya senasib sama lo, Pung, depresi..... wkwk... :P

Reply

hahaha..
"mas jual hati yang lagi kosong ga ?"
#Jomblongenes

eh btw, itu elu yang gbr yog?

Reply

beu,,,ky'a ane gak segitu gile nawar2 barang di toko buku wkwkwkkwk

Reply

Hahaha, gokil banget tuh pembeli² macam kampret aja, udah kalo jadi pendagangnya mending dagang di mall yang gk bisa ditawar, cepet pindaaahhhh !!!

Reply

Muahaha gue yang sebagai pembeli tampaknya sudah melewati fase2 di atas, nek. Dan semenjak negara api menyerang, gue berubah. *.*

Reply

jadi...kamu dulu termasuk pembeli kampret?! :o

Reply

huahahaha :)) itu lain toko gue, jadi jaga suruh aku pindah mas ._.

Reply

ternyata masih ada populasi jomblo ngenes :( ciyaaan :p
umm..iya itu gambaranku, kenapa? :o

Reply

gue gak depresi yaaa -__-

Reply

haha tinggal di 'belok'in dikit :p

Reply

kiko ternyata pembeli kampret :))

Reply

mbak juni gak fokus nih, itukan gue bilang cari materi, berarti gue tetep comic :p

Reply

Tipe 'just window shopping' ga dibahas? #eaaa

Reply

Wkwkwkwk...
Dikatatain jadi sales peralatan sekolah. Hehehe...

Salam standup dari standup Banjarmasin :D

Reply

iya nih buat stand up komedi bagus nih:D

Reply

GUe termasuk yang terjebak dalam keluarga harmonis, alhasil seragam SMA gue udah kayak bajunya om Rama Aiphama --"

Reply

Untuk poin ke6, itu nyokap gue banget. Harga 200 ribu ditawar kurang dari 100 ribu. Tapi emang iya sih, banyak pedagang yang matok harga beberapa kali lipat dari harga normal, jadi rugi banget tuh kalo yang gak tau harga pasaran tu barang muahehe.
Contohnya kemaren pas gue nyari kain bali, pedagang nya ngasih harga 125 ribu, tapi gue tawar 30 ribu. Dapet? Dapet dong. See? Pedagang itu matok harga 4 kali lipet lebih mahal, mungkin krn diliat gue dateng sama rombongan study tour dari luar bali.
Dan emang ada yang enggak mausiawi kalo nawar, modalnya aja gak kembali. Ada juga yang udah nawar2 dan udah dikit lagi siap dibungkus, eh gak jadi. Itu bikin sebel pedagang kali ya :')

Reply

pembeli adalah raja katanya, jadi penjual harus bersabar

Reply

buakakakak ngakak gue gegara gambarnye :))

Reply

kampret haha -__-
salam dari balikpapan :D

Reply

kepanjangan hehehe.. bisa aja sih :p

Reply

BUAHAHAHAHAHAHAHK :))
sama aja kyk kemaren ada yg beli baju, anaknya pasrah baunya kegedean :))

Reply

buset panjang amat komennya :D
umm..iyasih, kadang ada pedagang nakal yg jual 2x lipat gitu, tp pembelinya jg gak kira2 nawarnya soalnya pembelinya udah pinter..
kalo di Bali maaahh.. jangan ditanyaaaa -___- 4x lipat wajar apalagi rombongan ehe :p
makasih komen panjangnya :D

Reply

wahahaha muuciw qaqaq :3

Reply

cerota yang kamu diliatin sama om2 mana yog? padahal aku nunggu yang itu. php :<
terus kenapa dana mirip sama si ibu2 rambut kuning itu??

Reply

errrrr.. bener juga tapi...tapiii...

Reply

kinan jiwa tante-tantenya keluar, nyari crita om-om :>
errrr... mirip kamu ah ibu-ibu baju kuningnya :3

Reply

itu tipe pengamat, mirip-mirip gitu deh :p

Reply

Kalau orang yang cuma nyari tester doang (cuma pengen makan gratisan) itu masuk kategori yang mana Jog?

Reply

errrr... ini toko perlengkapan sekolah om, mungkin tipe php~

Reply

Buatin postingan tipe2 pdagang kampret la, hahaha

Reply

hahahaha,,,, kaco nih
tapi keren,,sempat2nya ngamatin pembeli satu persatu

Reply

Heeh iya abisnya gatel bgt pengen ngomen yang beginian (?) sebenernya pgn nulis panjang lagi sih tapi cukup deh entar malah kayak buat entri, muaheheh. Sama sama ya :D

Reply

Kalo stand up comedian, postingnya full cerita ngomic dong XD

Reply

bhahah XD aku pernah ngeliat mamah aku ngelakuin semua itu XD

Reply

ntar kapan2 yak tunggu lo operasi kelamin dulu :D

Reply

nah.. dibikin entry aja kalo gatel ngomenin pedagang/pembeli huahaha :D

Reply

jiaaahhh ntar ngamatin pedagang2 dulu :p

Reply

huahahaha tiba2 kepikiran aja buat ngamatin :p

Reply

jadi..jadi... mamanya om karung tipe pembeli kampret level obelisk?! :o

Reply

Nice post qaqa...
Pengalamannya banyak juga ya, udah lebih dari 100
Keep writing kakak

Reply

wahaha keren nih blognya :D
exchange link yuk, link lu udah gue pasang di blog gue.
btw, jangan tanya kenapa jam segini gue bisa komen

- http://keriba-keribo.blogspot.com/

Reply

umm.. okey ntar gue pasang~

Reply

BAHAHAHAK FTW GAMBARNYA NGAKAK SEMUAAH X)))

Tipe yang pertama gue sering bet ngelakuin. :P

Reply

muehehehe tengkiu qaqaq :3

Reply

tenang yog,gue mah tipe pembeli budiman,kalo beli barang paling nawar sewajarnya saja.misal harganya 50rebu paling gue tawar 10rebu,nggak mau nggak beli :D

Reply

Bangke!!! ngakak aku baca ini.

itu komik nya kamu buat sendiri kah Mblooo?

Reply

huahahaha..
iya bikin sendiri komiknya :))

Reply

main ke blog gue dong bang, http://grygarious.blogspot.com/ makasih.

Reply

hahah.. gak bisa berkata-kata. xD

Reply

keren bro...

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!